KETIKA PARA BLOGGER BERPESTA

Pesta Blogger 2007Pesta Blogger 2007

Blitz Megaplex yang berlokasi di Lantai 8 Grand Indonesia tak jauh dari Bundaran HI Jalan MH.Thamrin Jakarta, pada Hari Sabtu,27 Oktober 2007 mendadak gegap gempita “dikerubuti” para blogger Indonesia yang akan menghadiri Pesta Blogger 2007 (PB 2007). Saya tiba di lokasi hajatan temu darat terbesar para penulis di dunia maya ini di salah satu jaringan bioskop terkemuka di Indonesia pukul 10.15 WIB. Di pelataran lobby bioskop terlihat sekitar dua ratusan orang bergerombol membentuk kelompok-kelompok sendiri, berbincang akrab satu sama lain.Beberapa orang panitia, termasuk Chairman PB 2007, Enda Nasution, terlihat sibuk mondar-mandir mempersiapkan perhelatan akbar ini. Spanduk-spanduk serta poster sejumlah sponsor acara terbentang dibeberapa tempat nyaris menyaingi poster-poster promosi film di Blitz Megaplex. Nampak pula beberapa komunitas blogger mengenakan seragam kaos khusus yang mencirikan identitas komunitas mereka masing-masing. Memang, sejumlah komunitas blogger—baik regional maupun non regional—hadir di PB 2007, sebut saja misalnya Komunitas AngingMammiri Makassar, Angkringan dan Cahandong Yogyakarta, Loenpia Semarang, Bandung Blog Village (BBV) Bandung, Go Ranah Minang Padang, Tukang Lenong dari Jakarta serta komunitas non regional seperti Blogfam, Komunitas Blogger Muslim, Merdeka, Multiply Indonesia dan ID-Gmail. Pokoknya begitu Semarak, meriah serta menyiratkan suasana dan spirit “pesta” sedang berlangsung disana.

Saya sempat menyapa beberapa blogger yang saya kenal termasuk berkenalan dengan blogger professional di Indonesia, Budi Putra. Di salah satu sudut lain, salah satu blogger senior Indonesia, Wimar Witoelar, tengah “dikeroyok” para penggemarnya dari yang sekedar ingin menyapa atau berfoto bersama. Saya akhirnya terlibat asyik berbincang dengan sejumlah kawan-kawan blogger di komunitas khusus blog yang saya ikuti yakni blogfam dan Anging Mammiri. Tidak hanya itu saya juga menemui kawan-kawan yang kerap mengunjungi blog saya meninggalkan pesan disana atau yang biasa saya temui ketika “blogwalking”. Sungguh sebuah pertemuan sangat menyenangkan dengan orang-orang yang hanya sering saya temui secara virtual di internet dan ingat dari nama blognya saja.

Tepat pukul 11.15, pesta yang mengusung tema “Suara Baru Indonesia” itu dimulai. Acara pembukaannya berlangsung di Auditorium-2 Blitz Megaplex dengan dihadiri oleh 482 orang blogger, pemerhati blog dan wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik. Hampir seluruh kursi yang tersedia di tempat tersebut terisi.

Dalam kata sambutannya, Enda Nasution, sebagai Chairman PB 2007 mengajak agar, pada hari yang bersejarah ini ditandai sebagai sebuah tonggak dimana pertukaran idea, keterbukaan, dan partisipasi akan mengalahkan kejumudan, ketertutupan dan apatisme. Inilah waktunya untuk berbicara, untuk berkekspresi, untuk berpartisipasi. Inilah waktunya bagi kita semua untuk menjadi. Lewat blog, lanjut Enda yang juga dijuluki sebagai Bapak Blog Indonesia ini, kita melihat, mencermati, menulis, dan berbagi tentang keseharian kita, tentang apa yang terjadi di sekeliling kita. Lewat blog, sebuah kesadaran kolektif di dunia maya tengah terbangun. Dan lewat blog, percayalah, pada suatu titik kita pun dapat mengambil aksi. Akhirnya Enda mengajak hadirin untuk menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional yang segera disambut tepuk tangan gemuruh.

Menkominfo Muhammad Nuh yang tampil setelah itu, segera menyambut ajakan Enda dengan mengukuhkan tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Pengukuhan itu tak ayal mengundang tepukan riuh membahana hadirin PB 2007. Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya itu lalu balik menantang blogger untuk membuat lagu resmi Blogger Indonesia, jika perlu dilombakan dan akan dikumandangkan pertama kali pada Pesta Blogger mendatang. Menkominfo juga menjamin Departemennya tidak akan melakukan pembredelan blog yang membelenggu kebebasan berekspresi serta memberikan apresiasi sepenuhnya bagi perkembangan dunia blog di Indonesia. Muhammad Nuh juga menyampaikan harapan agar acara-acara seperti ini dapat dilaksanakan secara intensif dimasa-masa yang akan datang. “Saya rasa pertemuan atau acara seperti ini perlu dilakukan secara berkala, jangan berhenti disini, apalagi pertemuan secara fisik memang penting daripada hanya secara virtual,”tutur Muhammad Nuh yang konon memiliki anak yang doyan ngeblog ini.

Usai sesi Pembukaan, dilanjutkan dengan Talk Show yang menampilkan Wimar Witoelar sebagai moderator dan para panelis antara lain, Muhammad Nuh, Budi Putra, Enda Nasution dan Adrianto Gani. Pada sesi yang dipandu oleh Wimar dengan segar, kocak dan memikat ini, ada tanggapan menarik dari Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Ahmad Jayadi. “Blogger itu adalah Perekat Bangsa,” ujar Cahyana yang juga adalah seorang mantan mahasiswa yang pernah diajar oleh pemandu acara, Wimar Witoelar.

Menurut Cahyana lagi, dengan konten yang menarik dan berkualitas, seorang blogger—melalui posting di blognya–sangat berpeluang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebaliknya meski memiliki desain menarik namun isinya tidak berbobot, maka blognya akan kehilangan makna, mungkin malah justru memperbodoh kehidupan bangsa.

Tak hanya itu, Cahyana kembali “menantang” para blogger untuk meningkatkan jumlah blogger di Indonesia dari 130,000 blog yang terdeteksi sekarang menjadi Satu juta blog ditahun depan. “Akan lebih baik,”sambungnya lagi, “jika jajaran guru juga menjadi blogger dengan mengupload bahan ajaran di blognya, sehingga tak hanya dibaca oleh murid-muridnya tapi juga oleh setiap orang yang berkunjung ke blog tersebut. Namun Cahyana mengakui bahwa, prasarana menjadi kendala utama dalam program ini. Ia berharap agar kiranya para guru dan departemen terkait dapat bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia untuk mengusahakan program Laptop murah untuk Guru (Laptop for Teacher).

Ada hal menarik dalam sesi talkshow ini. Ketika Wimar Witoelar menanyakan siapa saja yang datang dari jauh menghadiri acara ini, seorang blogger asal Poso, Ruslan Sangadji mengacungkan tangan. Ruslan mengaku nekad datang ke Jakarta untuk menghadiri PB2007. “Tapi saya tidak punya uang beli tiket kembali ke Poso,”ujar Ruslan tersipu. Untunglah kegundahan Ruslan soal tiket ini dapat terselesaikan berkat salah satu provider GSM yang turut menjadi sponsor acara PB2007 bersedia membayarkan tiket pulang ke Poso buat Ruslan.Tidak hanya Ruslan sebenarnya. Ada empat orang blogger dari Makassar (dari total 8 orang perwakilan resminya) yang mewakili komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri (www.angingmammiri.org) datang dari jauh untuk mengikuti acara ini. “Saya tiba dari Makassar pagi ini dan kembali lagi ke Makassar dengan pesawat sore. Tiga kawan yang lain sudah datang lebih dulu dua hari sebelum acara,” kata Irayani Queencyputri, sang ketua komunitas AM, bersemangat. Komunitas AM turut berpartisipasi dalam acara PB2007 sebagai kontributor dengan mempersembahkan 500 CD-ROM untuk para peserta yang berisi profil, kegiatan AM dan tutorial blog yang disertakan bersama dalam “goodie bag” peserta.Pada kesempatan talkshow itu pula, Rovicky Dwi Putrohari, seorang blogger Indonesia yang saat ini bekerja di salah satu perusahaan migas di Kuala Lumpur Malaysia dan mengasuh blog “Dongeng Geologi” ini meminta agar pasca Pesta Blogger 2007 agar bisa ditindaklanjuti dan tidak hanya berhenti sampai disini saja. “Kita harus memikirkan strategi terbaik, agar blogger Indonesia tak seperti katak dalam tempurung,” tegas Rovicky yang mengaku tiba dari Kuala Lumpur dengan pesawat pagi dan rencana akan kembali dihari yang sama.Enda Nasution menanggapi komentar Rovicky dengan menyatakan bahwa, kedepan pasca PB 2007, diharapkan akan dibentuk Blogging Center Indonesia sebagai media informasi,edukasi, koordinasi dan advokasi untuk para Blogger. Meski sebenarnya, lanjut Enda yang mengasuh blognya di www.enda.goblogmedia.com ini, “sejumlah komunitas blog yang telah ada sudah melakukan fungsi-fungsi layaknya Blogging Center itu”.Pada kesempatan lain, Budi Putra seorang blogger senior dan juga CEO Asia Blogging Network mengungkapkan, bahwa seindah apapun desain sebuah blog namun jika tidak memperhatikan isi yang ditampilkan, maka blog bersangkutan akan kehilangan artinya. “Ingat,”tukas Budi,”Masa depan Blog itu ada di Content. Dengan content yang bagus tentu akan menarik minat pengunjung dan tentu saja akan memberikan kontribusi bermanfaat bagi pembacanya”. Budi memuji pula kemampuan para blogger Indonesia yang mampu menulis dengan baik dengan metode Learning by doing.Pihak Panitia PB 2007 juga menyediakan layanan liputan online secara “real-time” bagi para blogger Indonesia yang berhalangan hadir atau yang berada diluar negeri untuk ikut menikmati pesta secara virtual. Layanan tersebut berupa liputan online webcam melalui fasilitas conference chatting di YahooMessenger(YM) dan IRC.

“Wah..repot juga, Mas, saya sempat kewalahan melayani permintaan para blogger di YM. Ada yang kirim salam mesra dari jauh buat blogger Indonesia di PB2007, ada yang marah-marah karena koneksinya putus-putus atau malah ada yang heboh tebar pesona di ruang chatting. Tapi saya senang, kawan-kawan yang tidak datang bisa saya dapat jembatani untuk menikmati pesta meski secara online,” kisah Be Samyono yang bertindak sebagai relawan yang menangani liputan online PB 2007 di YahooMessenger dan mewakili komunitas blogfam. Usai makan siang dan memilih blog favorit di 5 laptop yang disediakan panitia, peserta memasuki acara “break-out session”. Pada acara ini para peserta diberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan para blogger handal sesuai dengan kategori blog mereka. Ada 7 kategori yang ditawarkan, antara lain kategori Online marketing dan Sales: Nukman Luthfie dan Budi Rahardjo, Women’s issues: Lita Mariana dan Enny, Blog Teknologi: Priyadi dan Risman Adnan, Blog Personal: Anjar Priandoyo dan Nila Tanzil, Blog Selebriti: Maylaffayza dan Joko Anwar, Current Issues: Ndoro Kakung Pecas Ndahe dan Sir Mbilung Mac Ndobos dan Bridge Blogging: Ong Hock Chuan dan Fatih Syuhud.Saya memilih untuk mengikuti sesi blog Personal bersama Nila Tanzil dan Anjar Priandoyo yang dilakukan secara santai sambil berlesehan ria di lantai 9 Blitz Megaplex. Saya memilih sesi ini karena sangat terkait dengan topik blog yang saya miliki sekarang , selain itu saya ingin mendengar langsung pengalaman dari Nila Tanzil, seorang blogger yang sempat menjadi kontraversi karena postingnya tentang kinerja dewan pariwisata Malaysia diblog tanggal 1 Februari 2007, hingga mengundang kecaman Menteri Pariwisata Malaysia Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor dengan mengatakan bahwa apa yang ditulis Nila dalam blog-nya adalah bohong belaka.
Dalam sesi tersebut, Nila, yang menyandang gelar Master dari European Communication Studies University of Amsterdam ini menceritakan sungguh terharu atas dukungan para blogger Indonesia ketika ia dirundung masalah, hingga ia mesti kehilangan pekerjaannya sebagai presenter di sebuah stasiun TV terkenal. Melalui pengalamannya tersebut, Nila menarik banyak hikmah yang sungguh berharga. “Kita mesti berani menyatakan pendapat atas dasar kebenaran. Tidak usah takut. Dan sebagai blogger kita mesti siap menerima segala resiko yang mungkin terjadi,” tandas Nila.
Sementara itu Anjar yang saat ini bekerja sebagai auditor disebuah akuntan publik membagi pengalamannya, sempat menggemparkan orang-orang dikantor karena postingnya diblog. Salah seorang blogger yang hadir disesi tersebut, Meity Mutiara (www.meitymutiara.blogsome.com) , menyatakan blog bisa menjadi sarana komplain yang efektif terhadap pelayanan fasilitas publik. Seorang blogger lain, membagi pengalamannya berhasil mengumpulkan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam hampir sebesar satu milyar dalam jangka waktu dua tahun, semua ini karena tulisannya diblog yang senantiasa mengangkat tema sosial. Pada kesempatan itu, saya juga sempat membagi pengalaman saya dapat membukukan blog anak saya, Rizky (http://muhrizkyauliagobel.blogspot.com) serta Cerita Pendek yang saya tampilkan diblog diangkat menjadi episode di Sinetron Religi Maha Kasih-2 dan Pintu Hidayah di RCTI.Sayang sekali, waktu yang disediakan panitia sudah habis. Dengan waktu hanya sekitar satu jam, saya merasa kurang cukup untuk berdiskusi lebih dalam mengupas bagaimana sesungguhnya potensi blog personal dalam mempengaruhi opini publik. Kami para peserta “Break Out Sesion” di sesi Personal Blog, mesti kembali ke ruang Auditorium.Pukul 14.45 seluruh peserta PB2007 sudah kembali ke auditorium untuk menyimak hasil rangkuman diskusi di “Break Out Session”. Kesimpulan menarik datang dari Nukman Luthfie. CEO Virtual Consulting ini memaparkan bahwa blog ternyata membuka peluang lapangan kerja, khususnya dibidang internet marketing. Nukman memberi contoh situs toko buku online www.kutukutubuku.com yang memperoleh omzet hingga lima juta rupiah satu bulan berkat kehandalannya melakukan promosi yang gencar lewat online sales dan marketing termasuk memasang iklan melalui blog. Pokoknya, kata Nukman, berani “mem-branding-kan” diri sendiri, itulah suara baru para blogger.Di kesempatan berikutnya, Wicaksono yang mengasuh blog di

www.ndorokakung.com dan menjadi panelis di sesi Current Issues memberikan tips jitu untuk menulis diblog. “Jadilah diri sendiri dan tulislah apa adanya serta buatlah tulisan yang menarik dan berbeda dengan media-media konvensional yang sudah ada,” ujar Wicaksono yang juga berprofesi sebagai seorang jurnalis ini.Maylaffayza , panelis di sesi Celebrity Blog menyepakati bahwa blog memiliki kekuatan tersendiri dalam membangun hubungan personal antar blogger. Interaksi blogger akan kian dekat ketika kita tahu apa saja aktifitas keseharian blogger yang lain dengan berkunjung ke blognya. “Inilah,” kata Maylaffayza yang juga berprofesi sebagai violist handal Indonesia itu,”The beauty of blog”.Tepat Pukul 15.30 Pesta para penulis di dunia maya itu, ditutup dengan ditandai pengumuman blog favorit dan doorprize. Blog favorit untuk kategori online marketing and sales adalah Media Ide Bajing Loncat , blog favorit untuk kategori woman’s issues adalah Fashionese Daily , blog favorit untuk kategori Blogging technology adalah ilmukomputer, blog favorit untuk kategori Personal Blog adalah Istri Bawel , blog favorit untuk kategori Celebrity blog adalah Jennie S. Bev, blog favorit untuk kategori Current issues adalah Perspektif Online, blog favorit untuk kategori Bridge blogging adalah Enda Nasution , dan Blog favorit untuk kategori blog Pendatang Baru adalah Lidya Wangsa. Masing-masing pemenang mendapat hadiah yang menarik, dan sertifikat. Khusus untuk pemenang kategori Blog Pendatang Baru terfavorit memperoleh hadiah Nokia N-73 Music Edition. Pada kesempatan itu pula dibagikan sejumlah doorprize dari berbagai sponsor kegiatan PB2007.Keberuntungan berpihak pada “Media Ide Bajing Loncat” karena berhasil memperoleh Laptop persembahan spesial dari Kementerian Menkominfo.
Sebelum meninggalkan panggung setelah acara talkshow selesai, Menkominfo Muhammad Nuh, menjanjikan akan memberi hadiah laptop bagi siapapun yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan blog favorit. Ternyata, di akhir acara, yang mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan tersebut adalah Enda Nasution (48 poin), tetapi ia menyerahkan kemenangannya itu kepada blogger yang meraih suara kedua terbanyak, yakni Media Ide Bajing Loncat (41 poin).

Dan pesta itupun berakhir sudah. Dalam perjalanan pulang kerumah, masih terngiang ditelinga saya ucapan blogger senior Indonesia Wimar Witoelar yang menggema lantang hingga ke relung-relung batin terdalam. Menurut lelaki yang sudah ngeblog 12 tahun ini, “3 hal penting yang perlu dimiliki seorang Blogger yakni, punya sikap, berani menyatakan sikap dan siap menerima segala konsekuensinya”.

SELAMAT HARI BLOGGER INDONESIA!!

Related Posts
LIBURAN KE THAILAND, SERUNYA PERGI KEMANA? SIMAK EMPAT REKOMENDASI TEMPAT WISATA INI!
Sebagai salah satu negara tetangga, Thailand menjadi destinasi wisata yang sangat disukai oleh warga Indonesia. Bukan karena jaraknya yang dekat dan zona waktu yang sama, tapi juga karena banyaknya pesona ...
Posting Terkait
EARTH HOUR, REFLEKSI CINTA PADA BUMI
Hari Sabtu, 27 Maret 2010, saya dan keluarga sudah mencanangkan untuk ikut mendukung gerakan "Earth Hour" sebuah gerakan yang digagas oleh WWF, Organisasi Konservasi Terbesar di dunia, berupa inisiatif global ...
Posting Terkait
Kenanganlah yang akan menuntun kita berjalan kedepan meski ia selalu tertegun melihat kita menjauh meninggalkannya dan tak sekalipun marah jika kita datang lagi mengusiknya. Kenangan, sahabat sejati. Kenangan, kekasih sejati -- ...
Posting Terkait
SPIRIT KEPAHLAWANAN ALM.THAYEB MOHAMMAD GOBEL
aat berkunjung ke Gorontalo bulan lalu, saya menyempatkan diri untuk berziarah ke makam keluarga Gobel (Hubulo) di Kabupaten Tapa Gorontalo. Di kompleks Makam keluarga yang terletak diatas bukit dengan pepohonan ...
Posting Terkait
SUDAH SIAPKAH ANDA MENCONTRENG ?
Alhamdulillah, kemarin saya dan istri sudah menerima pemberitahuan untuk mencontreng pada Pilpres 2009 pada hari Rabu, tanggal 8 Juli 2009 (seperti surat pemberitahuan diatas).  Mudah-mudahan, DPT (Daftar Pemilih Tetap)-nya tidak kacau ...
Posting Terkait
JAKARTA ART AWARD 2012 : APRESIASI TERHADAP KARYA LUKIS DAN KEMITRAAN STRATEGIS BLOGGER
um'at sore (28/9) saya dan keluarga berangkat menuju Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol menghadiri undangan pembukaan Jakarta Art Award 2012. Ini menjadi kesempatan berarti buat saya, sebagai blogger, karena ...
Posting Terkait
ECOPARK ANCOL, WISATA HUTAN KOTA YANG ASRI DENGAN DESAU ANGIN PANTAI
ebuah kehormatan tersendiri buat saya kembali diundang oleh PT Pembangunan Jaya Ancol untuk berbuka puasa bersama para blogger di Ecopark. Dan demikianlah, Sabtu (27/7), bersama istri dan kedua buah hati, ...
Posting Terkait
KEBERSAMAAN YANG MENGESANKAN DALAM FAMILY BIKE CIKARANG BARU CYCLING
etelah seminggu sebelumnya kami mengikuti acara funbike RW 10 (seperti sudah diceritakan disini) maka tepat pada minggu berikutnya saya bersama si sulung Rizky mengikuti Family Bike keluarga besar Cikarang Baru ...
Posting Terkait
Ini sebuah kesempatan dan kehormatan berharga untuk saya. Majalah Intern Nasabah Asuransi Bumiputera "BP News" edisi Februari-Maret 2010 memuat hasil wawancara saya dengan salah satu staf komunikasi majalah tersebut. Pelaksanaan wawancara ...
Posting Terkait
Foto bareng seusai kopdar
ahagia sekali rasanya, kemarin, Minggu (29/1) kami semua anggota dan pengurus Blogger Bekasi bertemu kembali dengan sang ketua, Mas Aris Heru Utomo yang kebetulan “mudik” ke Indonesia selama masa penugasannya sebagai diplomat Kemenlu RI ...
Posting Terkait
MAIN BOLA DIBAWAH KIBARAN SARUNG
Rizky ikut lomba makan kerupuk  SUNGGUH meriah perayaan hari kemerdekaan RI ke-63 di lingkungan sekitar rumah saya kemarin (17/8). Dengan dikoordinir oleh ibu-ibu peserta arisan gang di jalan Antilop V Blok H3 ...
Posting Terkait
DARI KOPDAR PERDANA KOMPASIANA: DI DUNIA NYATA MAUPUN MAYA, GAUL ITU NISCAYA
  Blogger Kompasiana (tua dan muda) ngobrol santai sebelum acara dimulai Bersama rekan se-hidup se-"Cikarang", Pak Eko"Eshape", saya berangkat bareng menuju Bentara Budaya Jakarta untuk menghadiri Kopdar alias kopi darat pertama blogger ...
Posting Terkait
MEMAKNAI RASA SYUKUR
Di atas bis saat berangkat kerja tadi pagi, saya sempat tersenyum-senyum sendiri membaca kisah berjudul "Bersyukur dan Bersabar" yang ditulis oleh Makmun Nawawi pada buku kompilasi tulisan Hikmah REPUBLIKA bertajuk ...
Posting Terkait
PERKENALKAN : POLISI LALULINTAS CILIK BERGIGI OMPONG  :)
Hari ini, Jum'at (17/7) saya mengantar Rizky ke sekolah dengan seragam polisi lalu lintas. Kebetulan hari ini adalah hari terakhir Masa Orientasi Sekolah (MOS) di SDIT An Nur dan dihari ...
Posting Terkait
SURAT BALASAN UNTUK TAKITA
alo Takita, Apa kabar? Senang sekali membaca suratmu disini. Terbayang kembali masa kecil yang indah ketika kedua orang tua saya tercinta--terutama ibu--yang sering menceritakan dongeng-dongeng penuh kesan menakjubkan sebelum tidur. Sampai ...
Posting Terkait
TENDANGAN DARI LANGIT : TENTANG SEPAKBOLA, CINTA DAN JIWA PANTANG MENYERAH
utra sulung saya, Rizky, yang memiliki hobi sepakbola dan fans berat pada Irfan Bachdim sejak awal liburan lebaran lalu sudah meminta kepada saya untuk nonton film "Tendangan Dari Langit" yang ...
Posting Terkait
LIBURAN KE THAILAND, SERUNYA PERGI KEMANA? SIMAK EMPAT
EARTH HOUR, REFLEKSI CINTA PADA BUMI
MEMAKNAI KENANGAN, MENGHARGAI KEHIDUPAN
SPIRIT KEPAHLAWANAN ALM.THAYEB MOHAMMAD GOBEL
SUDAH SIAPKAH ANDA MENCONTRENG ?
JAKARTA ART AWARD 2012 : APRESIASI TERHADAP KARYA
ECOPARK ANCOL, WISATA HUTAN KOTA YANG ASRI DENGAN
KEBERSAMAAN YANG MENGESANKAN DALAM FAMILY BIKE CIKARANG BARU
TAMPIL PADA MAJALAH “BP NEWS” EDISI FEBRUARI-MARET 2010
KEMERIAHAN KOPDAR BERSAMA KETUA BLOGGER BEKASI
MAIN BOLA DIBAWAH KIBARAN SARUNG
DARI KOPDAR PERDANA KOMPASIANA: DI DUNIA NYATA MAUPUN
MEMAKNAI RASA SYUKUR
PERKENALKAN : POLISI LALULINTAS CILIK BERGIGI OMPONG
SURAT BALASAN UNTUK TAKITA
TENDANGAN DARI LANGIT : TENTANG SEPAKBOLA, CINTA DAN

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.