KATA MEREKA TENTANG BLOG SAYA

Sungguh riang hati saya di bulan “kasih-sayang”ini. Beberapa rekan, baik dari Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri juga dari Majalah Online Blogfam mereview blog saya, sebagai wujud tanda kasih untuk saya. Thanks guys!

Kegiatan saling review blog di komunitas Anging Mammiri, yang dimulai sejak bulan lalu, dicanangkan sebagai sebuah program rutin bulanan sepanjang tahun 2008. Beruntunglah, untuk bulan Februari, blog saya dan blog Rara–sang ketua komunitas Anging Mammiri–terpilih menjadi “target blog” yang direview.

Sementara itu, pada Majalah Online Blogfam pada liputan bz!aktual di edisi Ulang Tahunnya yang kedua tanggal 6 Februari 2008, menurunkan laporan review blog jajaran redaksi yang dilakukan secara “bersilang” dengan anggota redaksi bz! yang lain. Saya yang menjabat sebagai Redaktur Pelaksana di majalah tersebut, direview blognya oleh Yaya sang jabrik alias penanggung jawab rubrik bz!jumpa dan bz!blog.

Dibawah ini saya pajang kutipan dari review-review tersebut:

1. Reviewer : Yaya di Majalah Online Blogfam edisi February 2008:

bz.JPG

Inilah kata Yaya, nona yang selain aktif sebagai redaksi di bz! juga getol berbisnis online serta menjadi kontributor tetap di Parenting Channel Asia Blogging Network, tentang blog saya:

Rumah maya yang beralamat di Daengbattala.com itu terlihat begitu apik, sederhana, penuh dengan kelucuan-kelucuan yang terselubung dalam balutan kalimat-kalimat indah nan bijaksana.

Mendatangi kediaman Daeng Battala atau Pak Amril ini membawa hati menjadi damai, apalagi bila membaca tulisan-tulisan beliau yang sarat dengan wejangan, walaupun beliau dengan cerdiknya menuliskan dengan gaya humoris–khas dengan sifat beliau juga. Orang tidak akan menyangka kalau pemilik rumah maya ini sudah memiliki 2 orang anak, soalnya ia menulisnya sama dengan gaya anak muda sih.

Walaupun Battala sendiri berarti berat dalam bahasa Makassar, Pak Amril tampak tidak mengambil pusing dengan julukan yang diberikan kepadanya. Saya sendiri paling suka dengan tampilan headernya, lucu dan unik banget.

Saya mencoba mencari kekurangan pada blog ini, tapi rasanya kok gak ada ya? seperti saya bilang tadi: Rumah adalah di mana hatimu berada. Dan Daeng Battala memang menulis dari hatinya.

Selengkapnya, silahkan baca disini

Yaya, Thanks ya!

2. Reviewer : Kamaruddin Aziz Daeng Nuntung

de-nun.JPG

Partner Blogger Daeng saya, Daeng Nuntung–De-Nun, begitu saya memanggilnya dengan mesra, sama seperti dia memanggil saya De-Bat–memajang review tentang blog saya dan Rara, tepat di Hari Kasih Sayang, 14 Februari 2008!. Oh..so sweet, De-Nun!

Ini antara lain kata De-Nun yang sedang bertugas di Banda Aceh itu mengenai blog saya yang dibuat terkait dengan program saling me-review blog di komunitas Anging Mammiri :

Topik atau tema yang diangkat banyak yang berkaitan dengan kesehariannya, kejadian yang memberikan pembelajaran bagi dirinya dan keluarganya. Melalui blog, DB merefleksikannya, ya disinilah kelebihan DB yang bisa memancing minat dan antusiasme yang kuat. Beberapa analisis faktual juga pernah saya abaca misalnya tentang bagaimana bekerja efektif dan praktis dengan apa yang menjadi fokus atau tuntutan pekerjaan.

Selain itu, DB juga punya minat pada pembelajaran masa lalu, tentang kenangan dan refleksi atas perubahan-perubahan zaman, tentang pentingnya menakar progress kita sebagai manusia biasa. Lewat blognya semua yang ditulisnya jika ditelaah lebih jauh adalah pembelajaran. Tidak ada yang sia-sia.

Di rumahnya, DB bisa mengeksplorasi sisi psikologis pembaca, DB dari mengeksplorasi cerita-cerita seputar rumah dan dinamika didalamnya menjadi pembelajaran buat pembaca. Rumah adalah lingkungan yang paling mendekatkan emosi pembaca. DB memahami bahwa inilah momentum yang paling tepat untuk mengkespresikan suka dukanya agar pembaca bisa terbawa secara emosional.

Enaknya, karena cara mengangkat topik sangat matang (saya menyebut matang dengan tegas) matang. Ini dari perspektif manuasia diewasa yang memang sangat memahami dinamika berkeluarga.

Selengkapnya bisa dibaca disini

Thanks Daeng Nuntung!

3. Reviewer : Ally

ally.JPG

“Sedikit Cerita tentang Catatan-Catatan dari Hati”, demikian Ally memberi judul pada review atas blog saya dalam rangka program review blog Komunitas Blogger Makassar. Ally–yang ternyata adalah adik yunior saya di Fakultas Teknik UNHAS –ini mengungkapkan pendapatnya tentang blog saya sebagai berikut:

Tak sekalipun saya mengerutkan kening karena bahasa yang digunakan didalamnya benar-benar mudah dicerna. Bahkan ketika menuliskan hal –hal yang berbau serius di dalam catatannya. Mungkin karena pengalaman menulis bertahun-tahun lamanya membuat Daeng Battala yang juga aktif di beberapa komunitas ini bisa menggunakan pilihan kata yang tepat,Tak jarang beberapa catatan membuat saya tersenyum sampai ngakak. Nonbar di 21, insiden kecil di Alfa, dan tentu saja postingan si Raja Dangdut. Bhenharh bhenarh lhuchuh.Saya tunggu postingan berikutnya, Daeng.

Saya juga sempat dibuat terharu ketika melangkah pada halaman-halaman yang bercerita tentang keluarga. Kehangatan sebuah keluarga benar-benar terasa di sana. Catatan yang benar-benar yang tertuang dari hati. Banyak dari tulisan itu yang membawa saya ke masa lalu Daeng Battala. Dari sana saya tahu bahwa tengkorak dan warna merah sudah menjadi simbol keramat bagi FT-UH bahkan ketika saya masih asyik main perosotan di TK. Sayangnya Daeng Amril tidak menceritakan bagaimana prosesi Ospek tahun 89. Yah, sekedar bahan perbandingan. Mengingat POSMA 2001 dulu termasuk kelam. Hehe….salah satu akibatnya yah sampai sekarang saya tidak pernah hapal dengan Mars UNHAS. Parah kan?

Selengkapnya bisa dibaca disini

Thanks, Ally!

Terimakasih kawan-kawan, saya sangat memperhatikan dan menindaklanjuti catatan dan saran yang diberikan untuk blog ini dari review diatas. Terimakasih.
 

 

Related Posts
MENIKMATI SEKEPING SURGA DIRUMAH
SAYA selalu menikmati "ritual" harian itu.  Setiap malam di hari kerja, usai pulang kantor, saat membuka pintu pagar rumah, kedua anak saya, Rizky dan Alya datang menyambut kedatangan saya dengan kegembiraan ...
Posting Terkait
Berfoto dulu sebelum berangkat ke Hongkong
  Hari Kamis sore 17 Maret 2011, kegairahan saya untuk "menjemput impian" jalan-jalan ke Hongkong Disneyland begitu membuncah. Sebuah impian yang sesungguhnya dapat terwujud secara tak terduga berkat aktifitas dan konsistensi ...
Posting Terkait
ANAKKU, SHOLAT ITU MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR
Lokasi : Mushalla Rumah Makan Sami Kuring, Cikarang saat acara Blogshop Kompasiana tanggal 5 Juli 2009 (foto : Darmawan Saefullah)
Posting Terkait
KETIKA POTENSI ITU “MENETAS” DI “IDENTITAS”
  Saya menyampaikan kata Sambutan sebagai Redaktur Pelaksana "identitas" pada acara ramah tamah HUT Identitas ke 18 di kediaman Rektor UNHAS Prof.DR.Basri Hasanuddin, 16 Januari 1992   TAK pernah sekalipun terlintas dalam benak ...
Posting Terkait
KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”
Edi Taslim (General Manager Kompas Cybermedia) didampingi Pepih Nugraha memberikan penjelasan soal Kompas Phone dan QR Code Kompas dalam kesempatan Kopdar kedua Kompasiana bertempat di JHCC, Minggu,14 Juni 2009 Hari Minggu ...
Posting Terkait
NOSTALGIA AGUSTUSAN
Saya (ketiga dari kiri) saat bertugas bersama Pasukan-8 Paskibra mengibarkan bendera pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1988 di Lapangan Kassi Kebo, Kab.Maros Setiap Peringatan Hari Kemerdekaan ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
abtu pagi (25/6), gairah saya begitu menggebu untuk hadir di acara terakhir dari rangkaian 7 kota penyelenggara Blogilicious, yang kali ini dilaksanakan oleh rekan-rekan Komunitas Blogger Depok sebagai panitia lokal ...
Posting Terkait
CATATAN DARI NONTON BARENG “RUMAH TANPA JENDELA”
Minggu pagi (27/2), kami sekeluarga sudah bersiap-siap berangkat ke Jakarta untuk menghadiri acara nonton bareng film "Rumah Tanpa Jendela" yang dilaksanakan oleh Komunitas Mata Sinema. Syukurlah sebagai anggota blogger Bekasi, ...
Posting Terkait
MENYUSURI JEJAK LELUHUR DI GORONTALO : REUNI KELUARGA & JADI KAKEK !
esempatan itu datang setelah 22 tahun berlalu. Kembali mengunjungi kampung halaman kedua orangtua saya di Gorontalo, yang kini telah menjadi Provinsi ke-32 Indonesia sungguh merupakan berkah yang sangat saya syukuri. ...
Posting Terkait
WAWANCARA DI PENERBITAN KAMPUS IDENTITAS UNHAS EDISI AKHIR DESEMBER 2012
ibawah ini adalah potongan Penerbitan Kampus "Identitas" UNHAS Makassar yang sudah mewawancarai saya pada kesempatan membawakan materi tentang blogging awal Desember tahun lalu. Wawancara ini dimuat di suratkabar kampus tertua ...
Posting Terkait
MENIKMATI SEKEPING SURGA DIRUMAH
MENJEMPUT IMPIAN KE HONGKONG DISNEYLAND
ANAKKU, SHOLAT ITU MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR
KETIKA POTENSI ITU “MENETAS” DI “IDENTITAS”
KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”
NOSTALGIA AGUSTUSAN
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
CATATAN DARI NONTON BARENG “RUMAH TANPA JENDELA”
MENYUSURI JEJAK LELUHUR DI GORONTALO : REUNI KELUARGA
WAWANCARA DI PENERBITAN KAMPUS IDENTITAS UNHAS EDISI AKHIR

3 comments

  1. wah..sebenarnya sy juga ada niat mo bikin review blognya p’Amril walopun ndak disuruh…tapi sayangnya ndak sempatka belah..tapi tenang..saya akan tetap mengusahakannya..

    suatu hari…:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *