‘BERAKSI” DI WORLD BOOK DAY INDONESIA 2008

launching22.jpg

USAI menghadiri hajatan sunatan anaknya Pak Ketua RT didekat rumah (sekaligus makan siang gratis 😀 ), Hari Sabtu siang, 26 April 2008, saya bergegas berangkat menuju lokasi acara World Book Day di Museum Bank Mandiri Kota dimana saya menjadi salah satu narasumber dalam launching buku “Makan Tuh Cinta” (MTC) hasil kerjasama komunitas blogfam dan penerbit Gradien-Yogya. Sebelum berangkat, saya mencium pipi kedua anak saya Rizky dan Alya yang sedang lelap tertidur. Pukul 14.00 saya pamit pada istri dan segera memacu sepeda motor Suzuki Shogun sekencang-kencangnya, menuju tempat penitipan motor yang terletak di gerbang depan lokasi perumahan saya di Kota Jababeka-Cikarang. Saya mesti mengejar waktu untuk–paling tidak–tiba di lokasi acara jam 16.00 sore.

Setelah menerima tanda terima penitipan motor dan helm, saya segera menanti bis ke arah Jakarta di pinggir jalan. Hampir setengah jam, belum ada satupun bis yang lewat. Saya makin cemas. Saya lalu saling berkirim SMS dengan Kang Iwok Abqary–salah satu editor “Makan Tuh Cinta” dan juga seorang penulis cerita anak dan remaja produktif–yang berangkat dari rumahnya di Tasikmalaya sejak pagi tadi dan juga sedang dalam perjalanan menuju lokasi acara. Iwok membalas sedang berada diatas angkot dan lagi terkena macet di dekat lokasi acara. Sayapun mengirim SMS ke Indah Juli, Ketua Panitia acara untuk memastikan kedatangan saya. Tak lama kemudian bis 121 jurusan Cikarang-Blok M datang. Saya lalu melompat masuk ke dalam bis. Beruntunglah bis kosong dan saya mendapatkan tempat duduk yang cukup nyaman. Saya melirik arloji. Pukul 14.45. Duh, moga-moga tidak terlambat.

Bis melaju dengan kecepatan konstan. Saya mencoba untuk tenang. Dalam perjalanan, saya berkirim SMS ke Mas Ang Tek Khun salah satu pembicara yang juga adalah CEO Gradien Mediatama, penerbit buku “Makan Tuh Cinta” serta 3 buku karya anggota blogfam lainnya. “Saya juga masih dalam perjalanan ke lokasi, Mas”, demikian balas Mas Khun melalui SMS. Saya tersenyum lega. Pukul 15.45, bis yang saya tumpangi tiba di halte Komdak bawah. Cukup cepat, hanya satu jam. Biasanya, di hari kerja waktu tempuh Cikarang-Komdak mencapai 2 jam karena macet yang begitu panjang. Saya lalu bergegas turun dari bis dan langsung membeli tiket bis Transjakarta yang akan membawa saya ke lokasi acara. Perjalanan dari halte komdak bawah ke depan stasiun Kota cukup lancar. “Sudah dimana nih Pak Amril? Acara sudah mau dimulai,” demikian SMS Mbak Indah Juli yang masuk saat saya baru turun di Kota, halter terakhir bis transjakarta jurusan Blok M-Kota. Saya tersenyum dan membalas SMS tersebut, “Baru turun dari bis, ini lagi jalan kesana”.

Setelah menyusuri jalan bawah tanah yang menghubungkan halte busway ke stasiun Kota dan Pasar Pagi Mangga Dua, saya lalu masuk ke area Museum Bank Mandiri. Sebuah gedung tua peninggalan masa lalu yang lekat dengan ornamen-ornamen khas Barat dan terkesan kuno. Tembok-tembok kusam dan pilar-pilar besar terlihat di gedung bank lama itu. Lokasi acara itu sendiri berada di sisi belakang gedung, saya mesti menaiki lift ke lantai dua. Tiba di lokasi, saya disambut dengan senyum lega oleh jajaran panitia blogfam, Kang Iwok dan Mas Khun yang sudah tiba lebih dulu. “Ih, kamu itu bikin kita deg-degan aja!,” canda Mbak Indah yang masih terlihat kepanikan diwajahnya.

Untung saja giliran kami belum dimulai, karena ketika itu Komunitas Harry Potter sedang melaksanakan acara dipanggung. Kami lalu melakukan briefing singkat. Kang Iwok–yang seharusnya menjadi salah satu pembicara bersama saya dan Mas Khun–didaulat menjadi Pengarah Acara menggantikan Mbak Nunik yang berhalangan hadir. Mas Khun datang membawa 5 goodie bag berisi buku-buku terbitan Gradien yang akan dibagikan kepada pengunjung. Beliau juga membawa 2 X-Banner buku “Makan Tuh Cinta”. Saya bersama Mbak Indah berdiskusi mengenai slide perkenalan komunitas blogfam yang akan saya paparkan nanti di laptopnya. Pada kesempatan itu pula kami menyiapkan “door prize” serta hadiah untuk para pengunjung. Saya mohon pamit sebentar untuk “ganti kostum” dari mengenakan kaos menjadi kemeja batik di Toilet.

Tak lama kemudian, komunitas Harry Potter menuntaskan acaranya. Dengan sigap panitia blogfam bergerak. X-Banner Blogfam dan buku MTC dipasang disamping panggung dan sebuah spanduk bertuliskan “Blogfam Goes to World Book Day 2008” dipajang menyolok di sisi kanan panggung. Saya, Mas Khun serta Kang Iwok menempati kursi yang tersedia diatas panggung. Pengunjung yang datang cukup banyak, sekitar 50-an orang yang memadati kursi-kursi didepan panggung. Lumayanlah, masih jauh lebih banyak dari pengunjung di sesi acara sebelumnya.

Saya diberikan kesempatan pertama untuk menjelaskan sejarah, latar belakang dan kegiatan komunitas blogfam yang kini memasuki usia tahun kelima sejak berdiri tanggal 6 Desember 2003. Saya menjelaskan semuanya berdasarkan slide-slide Power Point yang “dikemudikan” dari laptop Mbak Indah. Tidak hanya itu, saya juga menjelaskan lika-liku serta suka-duka saat menyeleksi karya-karya anggota blogfam hingga menghasilkan buku komedi cinta MTC ini. Cukup sulit bagi kami 3 editor buku tersebut untuk menyeleksi karya-karya terbaik untuk dibukukan. Apalagi definisi “lucu” dan “komedi” berbeda-beda di masing-masing kepala kami bertiga. Bisa jadi cerita yang menurut saya bisa membuat ketawa belum tentu lucu menurut Mas Khun maupun Kang Iwok. Untunglah kami akhirnya bisa menetapkan 15 karya terpilih anggota blogfam dari 33 karya yang masuk untuk dibukukan, setelah melalui prosesi seleksi dan kompromi yang cukup alot. Salah seorang penulis buku ini, Cepi Komara alias Ceko, sempat dimintai “keterangan” soal proses kreatifnya menulis cerita komedi di MTC.

dsc_0135.jpg

Waktu yang disediakan panitia sangat singkat. Hanya 30 menit. Saya sempat keasyikan bercerita sampai kemudian, Kang Iwok sebagai pengarah acara dengan tangkas mengendalikan situasi. Setelah itu giliran Mas Khun memaparkan latar belakangnya memilih Blogfam sebagai partner strategisnya menerbitkan buku. Tema-tema “evergreen” yang tak lekang dimakan waktu, menurut Mas Khun, masih menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk membeli buku. Dan beruntunglah buku MTC, mengusung dua tema “evergreen” sekaligus : Komedi dan Cinta. Tampaknya inilah yang menjadi salah satu keunggulan buku ini hingga laris manis dipasaran.

Usai sesi penjelasan dari saya dan Mas Khun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama pengunjung. Ada 5 penanya yang beruntung mendapatkan masing-masing 3 buku MTC dan 2 kaos blogfam. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi kuis yang langsung dipandu oleh Kang Iwok. Pertanyaannya seputar komunitas blogfam. Wah, rupanya, pengunjung yang datang menyimak apa yang sudah saya paparkan sebelumnya. Terbukti dari 5 pertanyaan, semua “disikat” habis oleh 5 pengunjung yang beruntung mendapatkan “goodie bag” dari Gradien Mediatama. Acara peluncuran buku Makan Tuh Cinta ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis buku MTC dari Mas Khun mewakili Penerbit Gradien Mediatama kepada saya mewakili komunitas blogfam.

launching4.jpg 

launching5.jpg

Syukur Alhamdulillah, acara peluncuran buku MTC ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Kami, tim panitia blogfam bersama Mas Khun masih sempat berfoto bersama didekat panggung dan di stand komunitas blogfam di ajang World Book Day Indonesia. Saya dan kawan-kawan dari blogfam sempat bercengkrama dan bercanda bersama. Sangat berbahagia rasanya bisa berinteraksi secara langsung dan nyata dengan kawan-kawan yang selama ini hanya saling menyapa di dunia maya.

Foto-foto : Diaz Fitra via Blog Iwok

 

Related Posts
SRIKANDI BLOGGER 2013 : INSPIRASI UNTUK AKTUALISASI PEREMPUAN INDONESIA DI ERA DIGITAL
uasana aula pertemuan lantai 6 Gedung F Kemendiknas Jl.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan, Minggu (28/4), terlihat semarak ketika saya, bersama isteri dan kedua buah hati (Rizky dan Alya) tiba dilokasi. Setelah ...
Posting Terkait
TEMPAT BELI BARANG HOBI YANG LENGKAP DAN MURAH
Sumber foto Selain pergi berlibur, melakukan hal-hal yang kita sukai (hobi) adalah cara untuk mengurangi stres. Bagi kita yang hidup di zaman modern ini, stres adalah sesuatu yang akrab dan sering ...
Posting Terkait
RESENSI BUKU KOMPASIANA, ETALASE WARGA BIASA: MELAJU PASTI DENGAN JURUS “ANTI MATI GAYA”
Judul Buku : KOMPASIANA, Etalase Warga Biasa Penulis : Pepih Nugraha Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan : Pertama, Oktober 2013 Tebal : xi + 268 halaman ISBN : 978-979-22-9987-8 asih segar di ingatan saya ...
Posting Terkait
‘BEHIND THE SCENE” HONGKONG DISNEYLAND BLOGGER TOUR (Bagian Pertama)
Sudah lewat 2 pekan berlalu sejak kepulangan saya dari Hongkong Disneyland yang di-inisiasi oleh IDBlognetwork. Ada berjuta kenangan yang tak terlupakan seumur hidup selama perjalanan kami, 6 orang blogger Indonesia ...
Posting Terkait
GCC : MENGGALANG PARTISIPASI GLOBAL MENUJU KORPORASI LEBIH SEHAT & PRODUKTIF
emarin pagi, Selasa (22/5), saya menerima paket Starter Pack GCC (Global Corporate Challenge) yang terdiri atas Tas Punggung, Stress Ball, Kaos kaki dan 2 pedometer. Saya bersyukur perusahaan saya (PT ...
Posting Terkait
MENIKMATI SENSASI FASILITAS XPLOR SENAYAN CITY
ada hari Rabu (8/8) lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri acara buka puasa bersama provider telekomunikasi XL Axiata bertempat di XPLOR--sebuah wahana edukasi dan hiburan khususnya bagi pelanggan provider tersebut yang ...
Posting Terkait
ABFI 2013 SOLO (2) : REFLEKSI WAJAH BUDAYA ASIA TENGGARA UNTUK KEBERSAMAAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015
ajah-wajah penuh antusias dari para blogger terlihat pada Hari Jum'at pagi (10/5) di Ruang Tirtasari Hotel Kusuma Sahid Prince Hotel Solo tempat pelaksanaan seminar ASEAN Blogger Festival 2013. Meski pulang ...
Posting Terkait
MENAPAK USIA 45, HARI INI…
"amu lahir di sana, Nak. Di Rumah Sakit Bersalin Siti Khadijah, tepat didepan lapangan Karebosi,” demikian ungkap ibu saya, disebuah petang yang senyap sekitar tiga puluh tahun silam saat saya ...
Posting Terkait
FOOD REVOLUTION DAY 2014 : MENGANGKAT CITRA HANDAL KULINER NUSANTARA
ari Minggu (18/5) kemarin, saya bersama keluarga diundang oleh Yayasan Omar Niode untuk menghadiri acara Food Revolution Day 2014: Local Culinary Delicacy Kuliner Gorontalo, yg diadakan di Cook Shop Jl.Hang ...
Posting Terkait
BUKU FLYING TRAVELER: “JURUS ANTI MAINSTREAM” ALA JUNANTO HERDIAWAN
Judul Buku : Flying Traveler (Berburu Momen Anti Mainstream) Penulis : Junanto Herdiawan Penerbit : B First (PT Bentang Pustaka) Penyunting : Sian Hwa dan Qha Tebal : 150 halaman ISBN : 978-602-8864-97-8 elalu menyenangkan membaca ...
Posting Terkait
“GEBRAKAN” SASTRA DARI MAKASSAR
Media citizen journalism Panyingkul! (www.panyingkul.com), kafe baca Biblioholic, penerbit Nala Cipta Litera dan Forum Tenda Kata meluncurkan inisiatif Sastra dari Makassar, upaya yang dikerjakan secara independen dengan mengandalkan partisipasi lembaga ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN FAMILY GATHERING PT CSI DI LEMBANG BANDUNG
agi yang cerah, Sabtu (7/6) ketika rombongan keluarga besar PT Cameron Services International (CSI) sudah bersiap-siap untuk berangkat menuju Lembang, Bandung untuk melaksanakan kegiatan Family Gathering. Sejumlah anak-anak karyawan baik ...
Posting Terkait
BARISAN KENANGAN BERSAMA SKM “CHANNEL 9”
undel Surat Kabar Mahasiswa "Channel 9" saya terima dengan penuh haru dari sahabat saya, Nasrun.A.Samaun yang saat ini bekerja di Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Maluku Utara dan kebetulan sedang ...
Posting Terkait
Hujan baru saja reda membasahi sekujur jalan Orchard, pada Senin malam, 29 Juni 2009. Pantulan lampu-lampu pusat perbelanjaan terkemuka di Singapura itu berkelip melalui genangan-genangan air di aspal. Juga ...
Posting Terkait
FGD ENERGI IKA UNHAS : MENGANTISIPASI KENISCAYAAN DARURAT ENERGI NASIONAL
uasana ruang Agung Business Center Hotel Sultan sudah terlihat ramai saat saya tiba, kemarin malam, Jum'at (7/11). Saya langsung menyapa Pak S.Herry Putranto, Ketua Komunitas Migas Indonesia yang telah tiba ...
Posting Terkait
Penjelasan Produk Biofir oleh Pak Ahmad Rivai
esehatan adalah harta paling berharga bagi manusia. Tidak peduli berapapun banyaknya harta yang kita miliki, tapi jika tubuh tak pernah sehat rasanya harta itu jadi tidak berguna. Sejak jaman dahulu ...
Posting Terkait
SRIKANDI BLOGGER 2013 : INSPIRASI UNTUK AKTUALISASI PEREMPUAN
TEMPAT BELI BARANG HOBI YANG LENGKAP DAN MURAH
RESENSI BUKU KOMPASIANA, ETALASE WARGA BIASA: MELAJU PASTI
‘BEHIND THE SCENE” HONGKONG DISNEYLAND BLOGGER TOUR (Bagian
GCC : MENGGALANG PARTISIPASI GLOBAL MENUJU KORPORASI LEBIH
MENIKMATI SENSASI FASILITAS XPLOR SENAYAN CITY
ABFI 2013 SOLO (2) : REFLEKSI WAJAH BUDAYA
MENAPAK USIA 45, HARI INI…
FOOD REVOLUTION DAY 2014 : MENGANGKAT CITRA HANDAL
BUKU FLYING TRAVELER: “JURUS ANTI MAINSTREAM” ALA JUNANTO
“GEBRAKAN” SASTRA DARI MAKASSAR
KEMERIAHAN FAMILY GATHERING PT CSI DI LEMBANG BANDUNG
BARISAN KENANGAN BERSAMA SKM “CHANNEL 9”
SURAT DARI ORCHARD (1)
FGD ENERGI IKA UNHAS : MENGANTISIPASI KENISCAYAAN DARURAT
JAGA KESEHATAN DAN KUALITAS HIDUP DENGAN BIOFIR

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 + five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.