MERIAH DAN SUKSES, PELAKSANAAN PESTA BLOGGER 2010 (1)

Tepat pukul 08.30 pagi, Sabtu (30/10), kami, rombongan komunitas Blogger Cikarang, yang dipimpin oleh Presidennya Pak Ceppi Prihadi, tiba  di lokasi Rasuna Episentrum Walk tempat pelaksanaan Pesta Blogger 2010. Rombongan g terdiri dari Pak Maulana Agus, Pak Ipung, saya, Pak Syamsoe dan Pak Mas’ud.  Saat teman-teman melakukan registrasi, saya sendiri langsung bergabung dengan Panitia Pesta Blogger 2010.

Suasana terlihat sangat ramai dan hiruk pikuk. Perhelatan akbar tahunan Blogger Indonesia kali ini, memang jauh lebih meriah dari 3 kali penyelenggaraan sebelumnya karena memang menggalang komunitas onliners non bloggers serta penggiat social media. Itulah yang menyebabkan ada tanda “Plus” setelah kata “Pesta Blogger’. Saya memperkirakan ada 2000 orang datang memeriahkan acara ini. Dan merupakan Pesta Blogger yang menghadirkan peserta terbanyak dari 3 kali perhelatan serupa sebelumnya.

Setelah berganti baju dengan kostum resmi panitia (duh..sesak bener, walaupun ukurannya sudah XL :)) ). Saya langsung menyapa kawan-kawan di stand Blogger Bekasi yang membuka stand serta memamerkan aktifitas BeBlog dan menjual kaos serta asesoris.

Saya juga menyapa kawan-kawan di stand Blogfam yang dijaga oleh Kang Iwok Abqary dan Labibah”Maknyak”Zain. Kami saling melepas rindu karena sebagai sesama moderator di forum blogger tertua di Indonesia itu, selama ini kami hanya berinteraksi lewat dunia maya karena Maknyak berdomisili di Yogyakarta, Iwok di Tasikmalaya dan saya di Cikarang. Sebuah momen yang sangat berharga. Di stand 1001 buku, saya menyerahkan sumbangan buku-buku bekas yang sudah saya siapkan dari rumah. Ada sepuluh buku yang saya sumbangkan untuk gerakan ini. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik. Tak lupa pula saya menyapa kawan-kawan di stand komunitas Blogger Multiply Indonesia yang dipimpin oleh mbak Sri Sariningdiyah.

Suasana Ruang Utama Pesta Blogger 2010 sebelum acara dimulai

Rangkaian pesta dibuka dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang dinyanyikan dengan khidmat oleh seluruh hadirin.

Tari pembuka Pesta Blogger 2010 : Gandrang Bulo

Setelah itu pembukaan Pesta Blogger 2010 ditandai dengan tarian khas ala Makassar “Gandrang Bulo” yang dimainkan secara atraktif dan penuh semangat oleh anak-anak sebuah sanggar tari Makassar dari Tanjung Priok.  Saya terharu. Mendadak ingatan saya melayang di sebuah waktu di tahun 1976 saat saya bersama-sama anak-anak TK Aisyah menarikan tarian serupa di TVRI Makassar. Tepuk tangan hadirin terdengar meriah saat pertunjukannya selesai.

Setelah itu giliran sponsor utama kegiatan ini menyampaikan kata sambutan antara lain perwakilan Acer Indonesia dan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Keduanya menyatakan sangat mendukung Pesta Blogger yang merupakan refleksi support mereka untuk kebebasan berekspresi melalui dunia internet di Indonesia. Acer Indonesia bahkan di kesempatan Pesta Blogger kali ini menggelar penghargaan Guraru atau Guru Era Baru sebagai bentuk apresiasi untuk guru yang menggunakan teknologi digital, internet dan social media untuk misi pendidikan.

Rara menyampaikan kata sambutan sebagai Ketua Pesta Blogger 2010

Ketua Panitia Pesta Blogger 2010, Irayani Queencyputri dalam kata sambutannya menyatakan kegembiraan dan penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi berbagai komunitas yang turut memeriahkan acara ini. Tak lupa pula, sebagai wujud keprihatinan pada musibah yang tengah melanda negeri ini, Rara mengajak hadirin untuk mengheningkan cipta, berdoa bersama untuk para korban di daerah bencana.

Sambutan Pembukaan Mendiknas Muh.Nuh pada Pesta Blogger 2010

Di kesempatan selanjutnya, Menteri Pendidikan Nasional Muh.Nuh yang pada tahun 2007 lalu (saat masih menjabat sebagai Menkominfo) mencanangkan hari Blogger Nasional tiap tanggal 27 Oktober dalam acara Pesta Blogger pertama, menyampaikan kata sambutan. “Teknologi Informasi memegang peranan penting dalam menjembatani keberagaman di Indonesia. Spirit Nasionalis dari Pesta Blogger kali ini yang merangkum segenap potensi komunitas lebih luas, menjadi momentum agar kita senantiasa untuk merayakan sekaligus merawat keberagaman itu,” kata Muh.Nuh. Beliau kemudian melanjutkan, “dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, ada 4 hal yang berkontribusi dalam penyampaian pendidikan melalui media online, yaitu konektivitas, transaksi, kolaborasi, dan transformasi. Dengan adanya konektivitas internet lewat media online, maka kolaborasi bersatu dapat dibangun termasuk mengakomodir transaksi dalam dunia pendidikan untuk kemudian mewujudkan transformasi sosial dan budaya di masyarakat”.

Saykoji beraksi di Pesta Blogger 2010

Acara semakin heboh ketika Saykoji tampil membawakan lagu-lagu andalannya diatas panggung. Beberapa saat kemudian, aksinya kian seru ketika grup ini membagi-bagikan CD musik gratis kepada hadirin. Tak ayal beberapa blogger maju kedepan ikut berusaha mendapatkan kesempatan pertama mendapatkan CD Saykoji. Setelah Saykoji, tampil kemudian Panji Pragiwaksono yang membawakan materi Kaleidoskop Dunia Online dan Sosial Media di Indonesia. Panji yang juga adalah blogger dan presenter terkenal di Indonesia membawakan acaranya begitu menarik dan interaktif.

(Bersambung ke bagian kedua) 

Related Posts
MERIAH DAN SUKSES, PELAKSANAAN PESTA BLOGGER 2010 (2)
Seusai makan siang dan sholat Dhuhur, saya mengikuti sesi Breakout session yakni diskusi "Makassar Tidak Kasar" yang berlokasi di "Pulau Bunaken". Oya, memang untuk sesi diskusi khusus Pesta Blogger 2010 ...
Posting Terkait
MERIAH DAN SUKSES, PELAKSANAAN PESTA BLOGGER 2010 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *