MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010

Januari 2010

Hari ini, Senin 25 Januari 2010, wajah saya yang imut, montok, menggemaskan dan bersahaja itu nongol di iklan Kompasiana di Harian Kompas. Ini adalah kali pertama saya bergaya — dengan sengaja — dan tampil di media layaknya seorang foto model. Pengambilan gambarnya sendiri dilakukan dua minggu lalu di ruang kantor Kompas Cyber Media (induk Kompasiana) Gedung Kompas Gramedia Lt.5 Jln.Palmerah Selatan. Yang membanggakan, saya ikut mejeng bareng dengan mantan Wakil Presiden RI Bapak HM.Jusuf Kalla. Iklan ini adalah serial iklan kedua Kompasiana, setelah sebelumnya, pada Kompas hari Minggu,17 Januari 2010 sudah muncul edisi pertama.

Februari 2010

Bertempat di Istora Senayan Jakarta, tanggal 27 Februari 2010, saya menghadiri event nangkring Kompasiana bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Pameran Buku dan Media Kompas Gramedia Fair 2010. Pada kesempatan itu, selain berkopdar, kami juga melaksanakan diskusi bersama pengelola Kompasiana Kang Pepih Nugraha dan Mas Iskandar Zulkarnaen. Kopdar yang dihadiri sekitar 50 orang itu juga dimeriahkan dengan kehadiran Bapak Publik Blog Kompasiana Pak Prayitno Ramelan.

Maret 2010


Tanggal 6-7 Maret 2010 Komunitas Blogger Bekasi yang baru berusia 6 bulan menyelenggarakan event temu blogger berskala nasional yang bertajuk “Amprokan Blogger” yang juga dirangkaian dengan HUT Kota Bekasi. Kegiatan ini dihadiri oleh 300-an orang blogger serta perwakilan komunitas blogger seluruh Indonesia. Alhamdulillah acara ini berlangsung sukses dan lancar.

April 2010


Tanggal 15 April 2010, Secara resmi, Panitia Lomba Blog Internasional The Bobs ke-enam telah mengumumkan daftar pemenang perolehan voting terbanyak kompetisi ini yang ditutup sehari sblmnya waktu setempat (sekitar pukul 22.00 WIB). Alhamdulillah, Blog saya meraih peringkat pertama perolehan voting terbanyak untuk kategori blog Berbahasa Indonesia dengan perolehan suara 28% mengalahkan 10 blog nominator lainnya. Terdapat 11 kategori bahasa The BOBs, dari setiap bahasa akan dipilih satu blog terbaik pilihan juri. Selain itu masih ada enam kategori umum lainnya: Best Weblog, Best Podcast, Reporter Without Borders Award, Blogwurst Award dan Special Award: Perubahan Iklim.

Dalam kompetisi ini, selain ditetapkan pemenang dengan voting terbanyak per kategori, juga ditetapkan pemenang pilihan juri internasional yang diumumkan dalam konferensi internet re:publica.di Friedrichstadtpalast Berlin. Dari Indonesia, sebagai pemenangnya adalah Blog Paman Tyo di www.blogombal.org

Ini sebuah pengalaman yg luarbiasa dan mengesankan selama 7 tahun “karir” saya ngeblog

Juni 2010

Alhamdulillah sebuah kabar gembira datang dari Yahoo Indonesia yang menyatakan saya sebagaipemenang kontes mingguan berhadiah sebuah Ipod Nano 8 GB lewat kompetisi bertajuk Football Mim Minggu ini. Dalam kompetisi tersebut. saya mengikut sertakan foto saya ketika bermain bola memakai sarung dalam ajang lomba HUT Kemerdekaan Indonesia tahun 2008. bersama bapak-bapak yang tinggal di dekat rumah saya Jl.Antilop 5 Perumahan Cikarang Baru.

Juli 2010

Alhamdulillah, Bulan Juli 2010 saya berhasil memenangkan sebuah handphone Nokia C 3 dalam Lomba Menulis Blog 1000 tulisan 100 menit yang diselenggarakan oleh Kompasiana. Kisah kemenangan itu saya tulis disini.

Pada tanggal 18 Juli 2010 juga, saya menghadiri sebuah kopdar blogger paling unik yaitu Kopdar Aerobik. Kami, para blogger Bekasi berkumpul dan melakukan olahraga aerobik bersama dipandu instruktur profesional pada ajang Car Free Day Bekasi. Kisahnya ada disini.

Agustus 2010

Saya memandu Seminar Sosialisasi Pengembangan ASEAN kerjasama Komunitas Blogger Bekasi bersama Kementerian Luar Negeri RI bertempat di Hotel Horizon Bekasi tanggal 7 Agustus 2010.

Kegiatan Seminar sosialisasi pengembangan Komunitas ASEAN di Bekasi ini adalah kegiatan yang ketiga dari dua kegiatan serupa yang pernah diadakan di Surabaya (kerjasama dengan Komunitas Blogger Tugu Pahlawan) dan Solo (kerjasama dengan komunitas Blogger Bengawan).

Dalam Seminar yang dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta (termasuk sejumlah siswa dan siswi SMU wilayah Bekasi) itu, saya tampil sebagai moderator yang memandu diskusi dengan Narasumber Jose Tavares Direktur Mitra Wicara Antar Kawasan ASEAN, Irmawan Emir Wisnandar Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN dan Foster Gultom Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN serta Pepih Nugraha (Jurnalis Kompas dan admin Kompasiana).

September 2010


Pada bulan ini sebuah babak baru saya lakoni sebagai seorang Blogger.

Kontrak sebagai Freelance Blogger YahooIndonesia selama setahun yang dibuat langsung oleh Yahoo South East Asia Singapore, saya terima di pertengahan puasa Ramadhan dan sudah saya tandatangani serta kirim kembali ke Singapore sehari setelahnya. Sejak saat itu saya telah resmi menjadi Freelance Blogger Yahoo Indonesia dan akan mengisi artikel-artikel di beberapa kanal yang ada disana dimulai dengan mengisi tulisan tentang daerah-daerah wisata Indonesia khususnya di rubrik Jalan-Jalan YahooTravel dan Yahoo OMG Indonesia.

Oktober 2010

Untuk kedua kalinya saya bergabung kembali menjadi Panitia Pesta Blogger 2010 yang diketuai oleh Irayani Queencyputri. Setelah menghadiri Blogshop dan menghadiri mini Pesta Blogger di Yogyakarta tanggal 8-10 Oktober 2010, saya menghadiri acara puncak perhelatan akbar para blogger Indonesia itu di Rasuna Episentrum tanggal 30 Oktober 2010. Acara ini berlangsung sukses dan meriah, dihadiri oleh 2000 orang peserta. Yang membanggakan adalah, Komunitas Blogger Bekasi, dimana saya menjadi penasehatnya berhasil meraih predikat sebagai komunitas blogger berbasis komunitas terbaik di Indonesia pada ajang Blog Award.

November 2010

Pada tanggal 27 November 2010 bertempat di MU Cafe, saya menghadiri acara perayaan HUT Kedua Kompasiana. Acaranya sangat menarik dan inspiratif, disaat yang sama diperlihatkan pula piala untuk Kompasiana yang berhasil memenangi Silver Awards (peringkat kedua) Konten Digital Terbaik kategori Konten Berbasis Pengguna (Best in Digital Content Award – User Generated Content) pada acara Digital Media Award 2010 di Singapura, bersama dua situs media sosial lain, yaitu Oknation (www.oknation.net) di peringkat pertama dan Stomp (www.stomp.co.sg) di peringkat ketiga. Kemenangan ini semakin melengkapi prestasi serupa yang diraih Kompasiana sebelumnya secara nasional yaitu penghargaan sebagai Kanal Blog Citizen Journalism Terbaik dari Pesta Blogger 2010 dan Marketeers Netizen Champion dari majalah Marketeers.Pada acara pemotongan kue ultah, saya diberi kesempatan mendapat potongan kue pertama mewakili penggiat Kompasiana yang diserahkan langsung oleh Adminnya, Pepih Nugraha.

Desember 2010

Tanggal 10 Desember 2010, saya kembali ‘beraksi’ sebagai moderator pada kegiatan Seminar Sosialisasi Pengembangan ASEAN kerjasama Kemenlu RI dan Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri bertempat di Hotel Horizon Makassar. Seminar yang diikuti oleh 100 orang peserta ini menghadirkan Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN yang diwakili oleh Wisnu Edi Pratiknya yang memaparkan mengenai Perkembangan ASEAN pasca Penandatangan Piagam ASEAN, kemudian Duta Besar Hazairin Pohan (Mantan Duta Besar RI untuk Polandia dan Pejabat Senior Kemlu RI) membahas mengenai Hubungan Kerjasama ASEAN dan pelaksanaan kemitraan ASEAN;  dan Duta Besar Prof.DR.Basri Hassanudin,MA (Mantan Duta Besar RI untuk Iran dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudin) yang akan membahas mengenai Peran Pemerintah Daerah di tengah perkembangan kerjasama ASEAN.

SELAMAT TINGGAL 2010…

Related Posts
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
Seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya, setiap awal tahun saya senantiasa membuat Kaleidoskop yang merangkum segala aktifitas terkait dunia blog yang saya ikuti sepanjang tahun 2014. Tidak terlalu banyak memang dibanding tahun-tahun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
Januari 2011 Sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan blogging saya dipancangkan di bulan ini. Tepat di Hari Kesepuluh Bulan Januari 2011, buku saya yang merupakan kumpulan cerita Narsis atau Narasi Romantis berjudul “Balada ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
Januari 2012 Sabtu (28/1) saya berkesempatan menghadiri peluncuran buku "Japan After Shock" sahabat blogger saya, mas Junanto Herdiawan dan Hani Yamashita. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang ini menghadirkan Pak Prayitno ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
Januari 2015 Mengawali tahun 2015, saya berpartisipasi mengisi blog film "Karbon Dalam Ransel" (KDR) yang digagas oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Pada blog tersebut saya menuliskan 14 artikel dalam kurun ...
Posting Terkait
Kawan-kawan, Dibawah ini, saya akan menyajikan semacam "kaleidoskop" atau napak tilas perjalanan saya sepanjang melaksanakan aktifitas blogging sepanjang tahun 2009. Sekedar sebuah dokumentasi yang mudah-mudahan tidak sekedar untuk dikenang-kenang tapi juga ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
Pengantar: Seperti "tradisi" yang biasa saya lakukan di akhir tahun, saya biasanya membuat Blogging Kaleidoskop yang merekam sejumlah jejak langkah dan kiprah saya di dunia blogging sepanjang tahun sebelum pergantian kalender ke ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2009
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013

6 comments

  1. Thn 2010 sepertinya tahun prestasi ya daeng…mantap! Jangan sampai passion itu surut. Semoga bisa menular ke saya di thn 2011 ini. Amin

    — Thanks ya Daeng. Insya Allah, saya akan selalu berusaha menggelorakan “passion” itu sebaik mungkin, Semoga.

  2. Luar biasa, tahun yang padat. Saya kira Daeng fulltimer penulis (dan blogger) ternyata eksekutif juga toh (di perusahaan minyak Amerika lagi). Bagaimana bagi waktunya? Salut bahkan sebagai senior blogger masih sempat ikutan kontes menulis juga ya, what a competitive person! Salam kenal Daeng, sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *