DARI DEKLARASI KOMUNITAS BLOGGER ASEAN-INDONESIA: MENDUKUNG INTEGRASI ASEAN BERBASIS KERAKYATAN

Babak baru dalam jagad blog Indonesia telah dimulai tadi malam (10/5) setelah dilaksanakan Deklarasi Komunitas Blogger ASEAN-Chapter Indonesia. Bertempat di Kedai Es Teler 77 Jl.Adityawarman Jakarta Selatan dan dihadiri oleh kurang lebih 70 orang Blogger yang diinisiasi oleh IDBlognetwork (IBN), yang kini memiliki jaringan 3,700 blogger seluruh Indonesia. Deklarasi tersebut dibacakan kemudian ditandatangani dengan disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Djauhari Oratmangun.

Diruangan yang cukup luas tempat pelaksanaan deklarasi, saya menyaksikan sejumlah wajah-wajah Blogger yang mayoritas saya kenal dan memiliki solidaritas yang sama serta semangat luar biasa mendukung kehadiran komunitas blogger ASEAN chapter Indonesia. Terlihat diantaranya ada Wijayakusumah yang akrab dipanggil Om Jay, guru di SMP Labschool dan blogger aktif Kompasiana, Rawi Wahyudiono, Blogpreneur sukses di Bekasi, Maulana Agus Humas Komunitas Blogger Cikarang, Isnuansa rekan blogger IBN yang ikut bersama saya dan 4 blogger lainnya ke Hongkong Disneyland Maret lalu, Iskandar Zulkarnaen admin blog Kompasiana, Ndoro Kakung mantan Ketua Pesta Blogger 2008, Irayani Queencyputri mantan Ketua Pesta Blogger 2010, Aulia Halimatussaddiah atau Ollie yang bulan lalu mengikuti seminar blogger ASEAN di Malaysia, Donny BU aktifis di ICT Watch, Simbok Venus pengelola situs Ngerumpi,com, Indah Juli wakil presiden Komunitas Blogger Blogfam, dan masih banyak lagi lainnya.

Turut hadir pula Direktur Utama IBN Mochammad Farid, Direktur Bisnis IBN Mubarika Darmayanti dan Direktur Teknik IBN Kukuh TW.

Dimulai pukul 19.00 malam, acara ini dibuka oleh Ketua Panitia Deklarasi Iman Brotoseno. Mantan Ketua Panitia Pesta Blogger 2009 ini menyatakan,”Deklarasi Komunitas Blogger ASEAN chapter Indonesia ini dilaksanakan sebagai upaya strategis mendukung terbentuknya Komunitas ASEAN dan sejalan dengan prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN 2011 serta memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred)”.

Deklarasi pembentukan ABC Chapter Indonesia, lanjut Iman lagi, didukung oleh para blogger dari berbagai daerah dan kota di Indonesia yang mewakili Komunitas Blogger ataupun individu. Keanggotaan ABC Chapter Indonesia bersifat terbuka bagi siapapun yang berminat dalam menyebarluaskan informasi dan kegiatan ASEAN serta mendorong partisipasi masyarakat.

Mengutip pernyataan Presiden SBY pada KTT ke-18 ASEAN tanggal 7-8 Mei 2011, Iman  menjelaskan bahwa misi ABC Chapter Indonesia seiring dengan seruan pemerintah Indonesia dalam mentransformasikan ASEAN yang selama ini menjadi domain antar-pemerintah 10 negara-anggota ASEAN menjadi organisasi yang berbasis pada masyarakat di Asia Tenggara.

Dalam kata sambutannya, Dirjen Kerjasama ASEAN, Djauhari Oratmangun menyatakan, “Saya menyambut baik baik inisiatif para blogger Indonesia untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam proses pembentukan Komunitas ASEAN melalui medium blog dan sosial media serta berbagai kegiatan offline yang dilakukannya dalam wadah ABC-Indonesia. Upaya ini merupakan langkah konkrit pelibatan masyarakat, agar mereka semua memilki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi. Karena pada akhirnya, masyarakatlah yang akan menjadi yang pertama, dan yang paling utama mendapatkan keuntungan dari inisiatif ini”.

“Sosialisasi program-program ASEAN di kalangan masyarakat untuk memiliki rasa kesetiakawanan dan identitas dirasakan krusial mengingat seringnya perbedaan pendapat antar-negara dalam soal-soal politik, ekonomi dan social budaya yang menimbulkan pergesekan dan bahkan cyber-war:, lanjut beliau lagi.

Pembentukan ASEAN Blogger yang dimulai dengan inisiatif blogger di tanah air ini karena kedudukan Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dalam arti penduduk, luas wilayah, maupun secara ekonomi.  Oleh karena itu, bagi para blogger Indonesia keberhasilan ASEAN adalah keberhasilan yang perlu dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh rakyat Indonesia.  Ditambahkan, bahwa kedudukan Indonesia sebagai pengguna paling aktif media sosial bukan hanya di kalangan negara-negara ASEAN, tetapi juga pada tingkat dunia.

Pembacaan Deklarasi dilaksanakan oleh Iman Brotoseno secara khidmat oleh hadirin yang hadir dan berdiri menyaksikan saat-saat penting tersebut. Adapun isi deklarasi yaitu:

Bahwa sejalan dengan perkembangan kerjasama ASEAN, khususnya pasca disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN telah berubah menjadi suatu organisasi baru dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality, menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN 2015 yang didasarkan pada tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

Bahwa sejalan dengan perkembangan yang terjadi, kepemilikan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ASEAN menuju dan paska Komunitas ASEAN 2015 dirasakan penting untuk mendorong partisipasi berbagai lapisan masyarakat tak terkecuali blogger Indonesia dalam proses pembangunan Komunitas ASEAN. Sebab itu, kami para blogger Indonesia sepakat untuk:

Pertama, membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain.

Kedua, memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Ketiga, menjembatani komunikasi di antara  blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline.

Keempat, menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN.

Kelima, membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta -melaksanakan  berbagai kegiatan terkait ASEAN yang kami beri nama Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia atau ASEAN Blogger Community Chapter Indonesia dengan alamat blog http://aseanblogger.com. . Keanggotaan Komunitas bersifat inklusif, mewakili Komunitas ataupun pribadi.

Ditandatangani di Jakarta pada tanggal Sepuluh Mei Dua Ribu Sebelas oleh para blogger Indonesia dengan disaksikan oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Djauhari Oratmangun

Seusai pembacaan dilakukan penandatanganan Deklarasi oleh perwakilan sejumlah blogger serta inisiator kegiatan IDBlognetwork. Pada kesempatan itu pula diluncurkan akun twitter @aseanblogger selain situs www.aseanblogger.com.

Sementara itu Kukuh TW mewakili IDBlognetwork yang menjadi inisiator acara ini dalam kata sambutannya menyampaikan kebanggaan IBN turut mendukung hadirnya Komunitas blogger berbasis regional di Indonesia tersebut. Menurutnya, IBN yang memiliki jaringan blogger hampir 4000 blog di Indonesia dengan konten berkualitas dan terus bertumbuh dari waktu ke waktu akan berusaha menjadi mitra terbaik komunitas ini dalam membangun serta mengembangkan interaksi blogger lintas kawasan di ASEAN.

Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan 3 narasumber masing-masing Hazairin Pohan (Mantan Dubes RI untuk Polandia dan juga seorang blogger), Aris Heru Utomo (Diplomat Kemenlu RI,Ketua Komunitas Blogger Bekasi), Gempur Abd.Ghofur (Komunitas Blogger Tugu Pahlawan Surabaya) dengan dipandu oleh Blontankpoer (Komunitas Blogger Bengawan Solo)

Hazairin Pohan mengutarakan optimismenya dengan kehadiran Komunitas ini akan memberikan peluang bagi Blogger Indonesia untuk menjadi duta informasi dan sosialisasi pengembangan komunitas ASEAN. Karena sifatnya yang kolegial dan referral, lanjutnya, potensi komunitas ini untuk memberikan informasi yang jelas bagi masyarakat tentang berbagai kebijakan-kebijakan strategis terkait pengembangan ASEAN dimasa depan.

Sementara itu Gempur Abd.Ghofur menyatakan harapan agar kelak komunitas ini lebih membumikan perannya dalam implementasi program-program yang menyentuh kebutuhan masyarakat banyak. Apa yang disampaikan blogger lewat informasi di blog akan menjadi referensi yang bermanfaat bagi peningkatan kesadaran masyarakat untuk hidup lebih baik.

Pada kesempatan berikutnya, Aris Heru Utomo mengemukakan mengingat potensi blogger yang sangat besar di Indonesia, maka hadirnya blogger ASEAN di setiap negara anggota ASEAN bukan hanya untuk keperluan sosial-budaya semata, tetapi juga sangat berarti dalam pembentukan kerjasama strategis di bidang ekonomi”. Aris juga mengharapkan agar komunitas ini tetap independen dan berjalan atas dasar ikatan kolegial dan solidaritas yang kuat antar sesama blogger.

Acara yang menandai hadirnya Komunitas Blogger Regional berbasis negara pertama di dunia ini, berakhir pukul 21.30 malam diakhiri foto bersama.

Selamat atas terbentuknya Komunitas Blogger ASEAN chapter Indonesia !

Foto-foto oleh : Om Jay, Eko Eshape dan Mubarika Darmayanti 

Related Posts
MENITI KESEJUKAN PAGI DI BOTANICAL GARDEN KOTA JABABEKA
inggu pagi, 13 November 2011 saat embun masih melekat erat di dedaunan pohon dan rerumputan, ketika matahari bersembunyi malu-malu di ufuk timur, saya memacu sepeda MTB Thrill Agent hitam saya ...
Posting Terkait
KISAH MUDIK 2010 (3) : MALAM TAKBIRAN YANG MERIAH & SHOLAT IED YANG SYAHDU
Tiba di rumah mertua, saya langsung meluruskan badan yang pegalnya minta ampun setelah duduk hampir 20 jam di mobil. Punggung saya sakit sekali dan saya langsung minta bantuan adik ipar ...
Posting Terkait
MUDIK CERIA BERSAMA IDOLA CILIK, PETER PAN DAN DIAN PIESESHA
Pagi belum sempurna benar melingkupi hari ketika kami sekeluarga bersiap mudik keYogya pada hari Senin (29/9). Kedua anak saya, Alya dan Rizky sudah siap dan sangat antusias menjajal pengalaman baru ...
Posting Terkait
INISIATIF KORPORASI UNTUK PEMBANGUNAN PENDIDIKAN INDONESIA
etika ditunjuk langsung untuk pertama kali sebagai Ketua Komite CSR (Corporate Social Responsibility) di kantor (PT Cameron Service International), saya sungguh terkejut. Setelah sebelumnya mengemban jabatan jadi Ketua Panitia Employee ...
Posting Terkait
PAPA, JANGAN MENANGIS !
Peringatan Hari Kemerdekaan ke-62 tahun ini, 17 Agustus 2007 merupakan hari kelabu buat keluarga kami. Anak tertua saya, Muh.Rizky Aulia Gobel, yang baru saja keluar dari Rumah Sakit seminggu sebelumnya ...
Posting Terkait
DEWI LESTARI, SOSIAL MEDIA DAN UPAYA MEMBANGUN HARMONINYA
adi malam (19/6) bertempat di Marketing Galery Jababeka Movieland Cikarang saya berkesempatan bertemu langsung dengan salah satu penulis idola saya, Dewi Lestari. Penulis yang akrab dipanggil Dee ini terkenal dengan karya-karya ...
Posting Terkait
KEMATIAN ITU NASEHAT KEHIDUPAN
Saya bersama Almarhum Ilham, duduk disebuah acara Bazaar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNHAS, sekitar bulan Juli tahun 1992 Judul posting diatas diucapkan oleh Agus Kuncoro Adi, pemeran Azzam ...
Posting Terkait
KARTU POS DARI LIBERIA
SUNGGUH bahagia dan terharu hati saya hari ini. Sebuah kartu pos dari Liberia kiriman dari rekan blogger yang bertugas disana, Kang Luigi Pralangga telah "hinggap" dengan manis di meja kerja ...
Posting Terkait
JELAJAH GIZI 2015 (1) : MENGUAK POTENSI PANGAN, KEKAYAAN NUTRISI DAN KEARIFAN LOKAL DI PULAU DEWATA
esawat Lion Air JT-030 yang ditumpangi rombongan peserta Jelajah Gizi 2015 mendarat mulus di bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Jum'at (30/10) setelah mengalami keterlambatan selama satu jam ...
Posting Terkait
SITUS ONLINE BARANG PASAR GELAP TELAH MENCOMOT TANPA IZIN DAN MEMANIPULASI FOTO SAYA !
um'at pagi (25/5) saya dikejutkan oleh informasi dari kawan kantor saya mbak Nevy bahwa secara tidak sengaja, sang adik, menemukan fotonya (juga foto saya) di situs penjual barang pasar gelap ...
Posting Terkait
MENITI KESEJUKAN PAGI DI BOTANICAL GARDEN KOTA JABABEKA
KISAH MUDIK 2010 (3) : MALAM TAKBIRAN YANG
MUDIK CERIA BERSAMA IDOLA CILIK, PETER PAN DAN
INISIATIF KORPORASI UNTUK PEMBANGUNAN PENDIDIKAN INDONESIA
PAPA, JANGAN MENANGIS !
DEWI LESTARI, SOSIAL MEDIA DAN UPAYA MEMBANGUN HARMONINYA
KEMATIAN ITU NASEHAT KEHIDUPAN
KARTU POS DARI LIBERIA
JELAJAH GIZI 2015 (1) : MENGUAK POTENSI PANGAN,
SITUS ONLINE BARANG PASAR GELAP TELAH MENCOMOT TANPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *