IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian Pertama)

Jum’at siang (21/5) Pesawat Boeing 737 dari Maskapai Penerbangan Lion Air yang saya tumpangi bersama Kukuh TW (Direktur Teknik IDBlognetwork), Mubarika Darmayanti (Direktur Bisnis IDBlognetwork), Radityo DA (Media & Financial Head IDBlognetwork), Terren (pembicara Blogging Security), Anjari Umar (anggota panitia pusat IDBlognetwork) mendarat mulus di bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Rombongan kami datang dalam rangka pelaksanaan kegiatan IDBlogilicious dimana Kota Daeng ini menjadi Kota kedua, setelah Surabaya minggu yang lalu, sebagai tuan rumah penyelenggara Seminar Blog yang diinisiasi oleh IDBlognetwork ini. Malam harinya pembicara lainnya menyusul yakni mas Gempur Abdul Ghofur (pembicara SEO Optimalization) dan Setyo Budianto (pembicara Mobile Blogging) dari Surabaya juga Irayani Queencyputri (pembicara Social Media) serta mbak Ajeng (pembicara Etika Blogging) dari Jakarta.

Rombongan kami dijemput oleh kawan-kawan dari Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri Makassar yang dipimpin langsung oleh Syaifullah “Ipul Daeng Gassing” , sang ketua Komunitas ini. Seusai sholat Jum’at di Masjid Bandara, saya yang satu mobil bersama Ipul dan Daeng Taqdir Arsyad meluncur ke Gedung PKP Unhas, lokasi pelaksanaan acara ini untuk melihat persiapan tempat.

Gedung yang diresmikan tahun 1996 oleh Mendiknas saat itu, Prof.DR.Wardiman cukup representatif dengan ruangan seminar yang berada satu setengah lantai diatas lantai dasar. Kita harus meniti tangga dulu yang tidak terlalu terjal untuk mencapai lokasi. Ruangannya cukup luas dan bisa menampung hingga 300-an peserta. Saya masih ingat betul tahun 1994 ketika lulus kuliah dari Teknik Mesin UNHAS, gedung ini belum berdiri.

Dari kunjungan ke Gedung PKP, kami mampir sejenak di Warung Mie Titi Jl.Perintis Kemerdekaan (yang merupakan cabang Jl.Irian). Perut kami memang sudah keroncongan minta diisi. Saya melirik jam tangan : sudah pukul 15.00. Saya langsung memesan menu khas restoran tersebut : Mie Titi Porsi besar!. Setelah kenyang makan siang menjelang sore, saya dan rombongan langsung menuju ke Radio Madama FM Makassar, tempat pelaksanaan talkshow tentang komunitas termasuk promosi kegiatan ini. Sayangnya kami datang terlambat dan untunglah sudah diwakili oleh Iqko, Tika dan Unga dari Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri.

Malam harinya, pukul 20.30 masih ada sesi wawancara di Radio Prambors Makassar namun sayangnya saya tidak bisa ikut. Disaat yang sama saya menerima kehadiran rekan-rekan dari Blogger Gorontalo Agus Lahinta dan Suwito Pomalingo yang datang mampir ke rumah orang tua saya di Bumi Antang Permai sekaligus mendiskusikan tentang wacana pembentukan Komunitas Blogger Gorontalo. Rombongan teman-teman panitia dan pembicara dari luar kota menginap di hotel JLStar dikawasan Panakukkang Mas.

Pukul 07.30 pagi keesokan harinya, Sabtu (21/5), saya sudah berada kembali dilokasi. Peserta mulai berdatangan dan melaksanakan registrasi. Saya sempat menyapa dan ngobrol sejenak dengan Kamaruddin Aziz “Daeng Nuntung” rekan saya sesama penasehat Blogger Makassar. Saya juga mendekati Wijayakusumah atau akrab dipanggil Om Jay, guru SMP Labschool Jakarta, Blogger aktif Kompasiana dan juga rekan sesama penasehat bersama saya di komunitas Blogger Bekasi. Om Jay “nekad” datang dengan biaya sendiri ke Makassar untuk menghadiri acara ini dan menginap bersama rombongan lain di Hotel JLStar.”Kalau ada acara-acara seperti ini, sepanjang Om Jay sehat, tak akan terlewatkan walau menyeberang lautan sekalipun,” kata Om Jay bersemangat.

Pukul 09.00 acara IDBlogilicious Makassar dibuka dengan pagelaran tari tradisional  Paduppa.’ yang menggambarkan kegembiraan dan penghormatan menyambut tamu. Kelima penari dengan piawai menarikannya dengan gemulai disertai musik tradisional ala Makassar. Sangat memukau.

Pada sesi paling awal saya tampil sebagai pembicara pertama membawakan “Tips Blogging” (schedule yang sama seperti di Surabaya).Dipandu oleh Ipul Daeng Gassing sebagai moderator, saya membawakan materi tentang tips blogging termasuk “keajaiban-keajaiban” yang menyertainya. Sesudah saya tampil mbak Ajeng, yang membawakan materi tentang Etika Blogging. Peserta tyang hadir kurang lebih 200 orang sangat antusias mengajukan pertanyaan. Di akhir sesi, saya menghadiahkan 2 buku saya “Narsis (Narasi Romantis)” dan kumpulan puisi “Menyesap Senyap” pada 2 peserta yang saya nilai sudah mengajukan pertanyaan berbobot.

Sesi berikutnya disajikan oleh mas Setyo Budianto, praktisi dibidang Telekomunikasi yang juga seorang blogger membawakan materi Mobile Blogging. mas Setyo juga merupakan rekan seperjalanan saya ke Hongkong Disneyland bulan Maret lalu.

Setelah mas Setyo tampil Irayani Queencyputri atau akrab disapa Rara membawakan materi tentang Social Media. Founder Komunitas Blogger Anging Mammiri serta Ketua Panitia Pesta Blogger 2010 ini membawakan peran Social Media di era kemajuan dunia digital dan online saat ini. Setelah Rara tampil, salah satu sponsor kegiatan www.berniaga.com mempresentasikan produk yang ditawarkan pada hadirin.

Usai istirahat makan siang, mas Aris Heru Utomo dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mempresentasikan materi tentang sosialisasi ASEAN dan Blogger ASEAN. Mas Aris yang juga Ketua Komunitas Blogger Bekasi ini mengungkapkan peran blogger sebagai Duta Media Informasi dan Komunikasi bagi sosialisasi pengembangan ASEAN apalagi pada tanggal 10 Mei lalu dilaksanakan deklarasi Komunitas Blogger ASEAN chapter Indonesia.

Asri Tadda, Direktur utama Asta Media Group yang juga membawahi Sekolah Blogging pertama di Asia, Astamedia Blogging School tampil membawakan materi tentang Blogpreneur. Secara memikat Asri Tadda menyampaikan materi dengan gaya presentasi yang membuat peserta betah di tempat duduknya. Kiat-kiat praktis dengan contoh-contoh yang aplikatif mendayagunakan blog sebagai “mesin uang” yang powerfull disajikan Asri secara menarik dan diselingi canda yang meletupkan tawa. Pukul 16.30 seluruh rangkaian acara hari pertama berakhir.

Bersambung..

Catatan:

Sumber foto dari Amir Al Maruzy dan koleksi foto-foto saya 

Related Posts
SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA
Hujan mengguyur Kota Surabaya saat saya turun dari pesawat Lion Air JT 748, Sabtu (14/5) pagi bersama salah satu pembicara , Alderina Gracia. Inilah kedatangan saya kembali ke kota Pahlawan ...
Posting Terkait
BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI
ajar merekah cerah di Cikarang ketika Bis Primajasa menuju Bandung yang saya tumpangi menembus pagi, Sabtu (18/6). Saya menyaksikan, perlahan bias mentari kian menampakkan gemilang sinarnya lewat kaca jendela saat ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
ada hari kedua Blogilicious Jakarta, Minggu (26/6), saya datang agak terlambat karena menghadiri perayaan sunatan keponakan di Tanjung Priok bersama keluarga. Saat tiba di gedung Telkom Jakarta Selatan lantai 8---tempat ...
Posting Terkait
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
esawat Lion Air JT 562 dari Jakarta mendarat mulus di lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (11/6). Baru pukul 07.30 pagi, saya bergumam seusai melihat jam tangan sebelum membawa ransel turun ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
abtu pagi (25/6), gairah saya begitu menggebu untuk hadir di acara terakhir dari rangkaian 7 kota penyelenggara Blogilicious, yang kali ini dilaksanakan oleh rekan-rekan Komunitas Blogger Depok sebagai panitia lokal ...
Posting Terkait
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
agi di Palembang terlihat begitu bersahabat "menyambut" kedatangan saya di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sabtu (4/6). Setelah mengurus bagasi, bersama 2 pembicara dari Jakarta lainnya, mas Iman Brotoseno dan ...
Posting Terkait
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian Kedua)
Malam minggu (21/5) terasa begitu berkesan dilewatkan bersama rekan-rekan panitia dari Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar serta tim IDBlognetwork dan para narasumber acara IDBlogilicious. Bertempat di lantai 2 Restorant Apong ...
Posting Terkait
SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA
BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI
KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *