SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA

Hujan mengguyur Kota Surabaya saat saya turun dari pesawat Lion Air JT 748, Sabtu (14/5) pagi bersama salah satu pembicara , Alderina Gracia. Inilah kedatangan saya kembali ke kota Pahlawan itu setelah 17 tahun silam pernah kesana. Bandar udara Djuanda terlihat begitu megah dan indah. Saya melirik jam tangan, sudah pukul 07.45 waktu setempat. Untunglah kami tidak membawa bagasi, jadi bisa langsung keluar setelah turun dari tangga pesawat (saya hanya membawa sebuah ransel karena memang rencana menginap hanya satu malam saja).

Tak lama kemudian, penjemput kami datang. Syukurlah hujan sudah reda dan kamipun menembus jalanan yang basah menuju Kampus UPN Gunung Anyar Surabaya. Diatas mobil saya sempat berbincang dengan Alderina yang ternyata lahir dan besar di kota Pahlawan ini. Ia menamatkan kuliah tahun silam dan kini bekerja di Jakarta sebagai Social Media Manager sebuah perusahaan periklanan dan public relation.

Rupanya kampus UPN Gunung Anyar Surabaya tidak terlalu jauh dari Bandara. Hanya sekitar 20 menit perjalanan, kami sudah tiba di kampus Fak.Teknik Industri tempat pelaksanaan kegiatan IDBlogilicious. Kami langsung menuju ke lantai 4 dimana sudah terlihat begitu ramai peserta yang hadir dalam ruang aula yang cukup luas.Kurang lebih 300 peserta sudah datang dan memenuhi hampir seluruh barisan kursi diruangan. Saya mendecak takjub. Luar biasa, antusiasme peserta menghadiri seminar dan workshop blog di kota pertama dari 7 kota penyelenggara kegiatan serupa ini.

Saya kemudian disambut hangat oleh Ketua Panitia, mas Novianto yang segera membawa kami ke depan. Disana sudah ada mas Setyo Budianto (kawan seperjalanan ke Hongkong Disneyland bulan Maret lalu sekaligus pembawa materi “Mobile Blogging”), mas Eko Eshape (moderator) yang kali ini didampingi sang istri tercinta Yeni Eshape juga kawan-kawan dari tim IDBlognetwork (mbak Mubarika dan mas Kukuh TW) serta rekan-rekan dari Komunitas Blogger Surabaya Tugu Pahlawan Community (TPC). Yang istimewa pula adalah, datang Ayad dari Banjarmasin yang merupakan peserta kehormatan hasil pilihan IDBlognetwork. Ayad diminta memilih satu dari 7 kota pelaksana IDBlogilicious dimana ia ingin hadir dan semua biaya transportasi serta akomodasi ditanggung oleh IDBlognetwork. Ayad memilih kota Surabaya dan ia datang langsung dari Banjarmasin sehari sebelum acara diadakan.

Acara dimulai dengan Tarian Tradisional Selamat Datang yang memukau, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan bersama Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang segera membangkitkan rasa haru. Suara hadirin yang menyanyikan lagu tersebut bergema lantang dan penuh semangat bergelora.

Ketua Panitia Kegiatan ini Mas Novi memberikan kata sambutannya seusai kami semua menyanyikan lagu kebangsaan. Menurut Novi, kegiatan ini merupakan sebuah upaya konstruktif untuk mengajak para calon blogger dan juga blogger untuk menghasilkan konten positif, orisinil serta bermanfaat dan tentu saja dari kegiatan tersebut bisa mendapatkan penghasilan tambahan. “Antusiasme peserta yang terdaftar sangat tinggi, karena kuota ruangan terbatas, kami hanya menerima 300 orang saja meski yang ingin ikut masih banyak antri. Merupakan sebuah kebanggaan luar biasa buat kami diberikan kepercayaan menjadi kota pertama membuka rangkaian IDBlogilicious di 7 kota di Indonesia. Moga-moga kedepan acara serupa bisa dilaksanakan lagi disini,” harap Mas Novi dengan mata berbinar.

Dekan Fak.Teknik Industri UPN Surabaya menyatakan kegembiraannya atas pelaksanaan kegiatan ini yang dirangkaian dengan Dies Natalis Fak.Teknik Industri UPN Surabaya ke 43 ini. “Seminar dan Workshop yang diadakan hari ini dan digagas oleh IDBlognetwork memberi makna penting dan sangat berarti bagi perayaan 43 tahun Fakultas ini. Semoga memberikan manfaat bagi semua peserta,” ujar Pak Dekan yang disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Pada kesempatan berikutnya, mbak Mubarika Darmayanti (Direktur Bisnis IDBlognetwork) menyampaikan kata sambutannya. “Saya sangat berbahagia dan terharu hari ini, melihat begitu besar minat para peserta IDBlogilicious di UPN Surabaya untuk mengikuti kegiatan yang digagas oleh IDBlognetwork, sebuah jaringan blogger yang mempertemukan antara advertiser dan publisher (blogger) dan usianya belum cukup setahun. Saya berharap dari kegiatan ini akan semakin membuka wawasan para peserta mengenai Ngeblog yang positif dan menghasilkan uang”, kata Mubarika–yang juga seorang blogger ini— dengan mata berkaca-kaca menahan keharuan. Setelah itu, Dekan Fak.Teknik Industri UPN Surabaya menyerahkan cindera mata kepada mbak Mubarika dan sebaliknya, mewakili pihak IDBlognetwork mbak Mubarika juga menyerahkan plakat kepada Dekan Fak.Teknik UPN Surabaya sebagai wujud ucapan terimakasih menjadi mitra kegiatan ini.

Pada sesi pertama seminar, saya tampil membawakan materi Tips Blogging dipandu oleh Moderator mas Eko SHP yang sangat piawai mencairkan suasana dengan anekdot-anekdotnya yang kocak dan menghibur. Saya membawakan materipun menjadi lebih santai meski ini adalah kali pertama saya melaksanakan seminar blog dengan audiens 300 orang lebih. Tanya jawab seusai saya membawakan materi juga berlangsung secara aktif.

Seusai membawakan materi, saya menghadiahkan 2 buah buku saya masing-masing satu buah Kumpulan Puisi “Menyesap Senyap” dan Kumpulan Cerita Narsis (Narasi Romantis) yang diterbitkan melalui Nulisbuku kepada 2 penanya terbaik. Rencananya pada Kota-kota lain dimana saya membawakan materi, saya akan membagikan hadiah buku serupa.

Menyusul setelah saya, ada mbak Ajeng yang menyajikan materi tentang Etika Blogging kemudian setelah itu Mas Setyo Budianto yang juga bekerja di perusahaan Telekomunikasi, sponsor kegiatan ini menyajikan materi Mobile Blogging.

Pada acara istirahat, ada organ tunggal yang menghibur para peserta. Di kesempatan tersebut, saat didaulat untuk menyumbangkan lagunya, saya akhirnya tampil menyanyikan lagu favorit saya “My Way”. Alhamdulillah, saya berhasil menyanyikan lagu tersebut dengan lancar dan tanpa kendala berarti serta tentu saja tepuk tangan meriah hadirin yang menonton “Frank Sinatra asal Cikarang” ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi Alderina Gracia yang membawakan materi Social Media dan mas Novi, sang Ketua Panitia, menyajikan materi Blogpreneur. Para peserta tetap antusias mengikuti acara ini, termasuk dengan penuh minat mengikuti materi selanjutnya berupa Blogmonetizing yang dibawakan oleh mbak Mubarika dan mas Kukuh TW (Direktur Teknik IDBlognetwork) didampingi salah satu sponsor Pak Steven dari Berniaga.com.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan kuis Job Review dari IDBlognetwork (IBN) berupa Job Review untuk 5 orang yang terpilih masing-masing senilai Rp 1 juta/orang. Para peserta begitu bersemangat mengikuti acara seru ini yang isinya terkait tentang pengenalan profil IBN.

Acara hari pertama selesai, dan kami semua, tim dari Jakarta kembali ke Wisma Girisena (tempat kami menginap) yang terletak hanya 500 meter dari lokasi. kegiatan. Setelah mandi, kami dijemput oleh mobil panitia untuk menikmati makan malam sambil ber-karaoke di Restoran Nur Pacific di kawasan Gubeng.

Suasana Karaoke yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang ini (terdiri dari Panitia dan Pembicara) berlangsung akrab, lucu dan meriah. Hampir semua dari kami menyumbangkan suaranya dalam acara tersebut. Bahkan ikut berjoged ria bersama-sama ketika mengalun lagu dangdut atau lagu bernada cepat. Acara karaoke bareng berakhir pukul 22.00 malam.

Keesokan paginya, Minggu (15/5), dengan berjalan kaki dari wisma, saya bersama Mas Eko menuju tempat pelaksanaan acara. Ruang pertemuan sudah penuh oleh para peserta. Di kesempatan pertama tampil Mas Zulkarnain menyajikan materi tentang Tema dan Desain Blog.

Setelah itu mas Frenavit membawakan materi tentang Blogging Security. Frenavit secara memikat juga menyajikan simulasi/demo memasang pengaman di Blog untuk menghindari blog terkena ancaman hacker.

Saat makan siang. kami kembali dihibur oleh kesenian musik tradisional Jabal Nur Gunung Anyar yang sangat memukau. Lagu-lagu khas Jawa Timur hingga lagu-lagu masa kini seperti yang dipopulerkan oleh Grup Musik Wali mereka nyanyikan dengan atraksi penggunaan alat-alat musik beragam, mulai dari Gong, Kendang hingga Tong Plastik bekas yang menghasilkan harmoni yang indah.

Sebelum acara berikutnya dimulai, saya tampil kedepan mengumumkan lomba menulis semi SEO (Search Engine Optimalization) khusus untuk IDBlogilicious Surabaya berhadiah satu buah Samsung Galaxy Mini yang dimulai tanggal 15 Mei sampai 30 Mei 2011. Dengan keyword “Blogilicious  de Surabaya” para peserta berlomba menuliskan pengalamannya mengikuti acara ini serta harapannya kedepan.

Pada sesi terakhir, sekaligus menutup rangkaian IDBlogilicious Surabaya, tampil mas Gempur Abdul Ghofur yang menyajikan materi tentang SEO Optimalization. Dengan sangat menarik mas Gempur, yang juga adalah seorang guru ini serta seorang praktisi SEO membawakan materinya.

Acara berakhir pukul 15.30 sore dan diakhiri dengan do’a serta foto bersama. Saya pribadi menyatakan salut dan terimakasih sebanyak-banyaknya atas kerja keras panitia bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan meriah dan sukses.

Sampai ketemu di kota kedua, Makassar, tanggal 21-22 Mei 2011

Catatan:

Foto-foto kegiatan IDBlogilicious di Surabaya dari kamera saya bisa dilihat disini .

 

Related Posts
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian Kedua)
Malam minggu (21/5) terasa begitu berkesan dilewatkan bersama rekan-rekan panitia dari Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar serta tim IDBlognetwork dan para narasumber acara IDBlogilicious. Bertempat di lantai 2 Restorant Apong ...
Posting Terkait
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
esawat Lion Air JT 562 dari Jakarta mendarat mulus di lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (11/6). Baru pukul 07.30 pagi, saya bergumam seusai melihat jam tangan sebelum membawa ransel turun ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
abtu pagi (25/6), gairah saya begitu menggebu untuk hadir di acara terakhir dari rangkaian 7 kota penyelenggara Blogilicious, yang kali ini dilaksanakan oleh rekan-rekan Komunitas Blogger Depok sebagai panitia lokal ...
Posting Terkait
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
agi di Palembang terlihat begitu bersahabat "menyambut" kedatangan saya di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sabtu (4/6). Setelah mengurus bagasi, bersama 2 pembicara dari Jakarta lainnya, mas Iman Brotoseno dan ...
Posting Terkait
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian Pertama)
Jum'at siang (21/5) Pesawat Boeing 737 dari Maskapai Penerbangan Lion Air yang saya tumpangi bersama Kukuh TW (Direktur Teknik IDBlognetwork), Mubarika Darmayanti (Direktur Bisnis IDBlognetwork), Radityo DA (Media & Financial ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
ada hari kedua Blogilicious Jakarta, Minggu (26/6), saya datang agak terlambat karena menghadiri perayaan sunatan keponakan di Tanjung Priok bersama keluarga. Saat tiba di gedung Telkom Jakarta Selatan lantai 8---tempat ...
Posting Terkait
BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI
ajar merekah cerah di Cikarang ketika Bis Primajasa menuju Bandung yang saya tumpangi menembus pagi, Sabtu (18/6). Saya menyaksikan, perlahan bias mentari kian menampakkan gemilang sinarnya lewat kaca jendela saat ...
Posting Terkait
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian
KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *