BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI

Fajar merekah cerah di Cikarang ketika Bis Primajasa menuju Bandung yang saya tumpangi menembus pagi, Sabtu (18/6). Saya menyaksikan, perlahan bias mentari kian menampakkan gemilang sinarnya lewat kaca jendela saat bis yang hanya ditumpangi 7 penumpang itu memasuki tol Cipularang. Saya melirik jam, masih pukul 06.30. Saya kemudian memutuskan untuk memutuskan meneruskan bacaan novel “Menatap Punggung Muhammad” karya Fahd Jibran yang belum usai saya baca.

Pukul 08.15 pagi, bis memasuki kawasan Terminal Leuwipanjang. Perjalanan ke Bandung praktis ditempuh 2 jam dari Cikarang. Saya lalu melompat turun dari bis dan mencegat taksi untuk diantar ke lokasi penyelenggaraan Blogilicious Bandung di Cafe S28 Jl.Sulanjana 28 Kawasan Dago.

Para peserta sudah banyak berkumpul dan melakukan registrasi di meja panitia. Pelaksanaan acaranya sendiri diadakan di lantai 2 Cafe S28. Saya menyapa sang ketua Panitia Lokal mas Agus Herry yang kebetulan, pada tahun 2008, kami pernah sama-sama menjadi pembicara di Makassar dalam acara HUT kedua Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri. Didekat tangga saya ngobrol dengan mas Ikhlasul Amal, salah seorang blogger senior Bandung dan menjadi pembawa materi Tips Blogging dalam acara Blogilicious di kota kembang tersebut.

Pukul 09.30 acara dimulai. Kurang lebih 150 peserta yang datang dalam even keenam dari 7 kota penyelenggara Blogilicious tersebut. Berbeda dengan kota-kota lain, khusus di Bandung acaranya hanya diselenggarakan satu hari saja. Dua materi terpaksa dihilangkan yakni Blogging Security dan Desain/Themes.

Saya kembali bertindak sebagai moderator (dengan demikian, ini adalah tugas saya yang ketiga setelah sebelumnya menyandang tugas sebagai pemandu diskusi tersebut dikota Palembang dan Yogya). Sesi pertama dibawakan oleh 2 narasumber masing-masing Tips Blogging oleh mas Ikhlasul Amal dan Etika Blogging oleh mbak Ajeng.

Sesudah itu dilanjutkan dengan materi sponsor kegiatan ini yaitu Berniaga.com yang dibawakan oleh Pak Julian yang selanjutnya diikuti dengan materi tentang sosial media yang dibawakan oleh mbak Wiwik. Peserta terlihat antusias dengan begitu banyaknya pertanyaan yang masuk.

Menjelang istirahat siang, tampil mas Rawi Wahyudiono yang juga adalah wirausaha dibidang pelayanan jasa perbankan dan printer, pemenang UKM Award dari Menteri Koperasi dan UKM tahun lalu serta finalis Blogpreneur Award Pesta Blogger 2010 membawakan materi Blogpreneur.

Pada saat jam istirahat saya menyapa teman-teman peserta. Diantaranya ada kang Iwok Abqary, penulis 40 buku dan aktifis komunitas blogger Blogfam. Saya dan kang Iwok sama-sama pernah menjadi editor 2 buku Komedi Cinta Blogfam yang diterbitkan pada tahun 2007. Meski berdomisili di Tasikmalaya, sang penulis spesialis cerita anak ini, bela-belain datang ke Bandung, menempuh perjalanan 3 jam untuk ikut Blogilicious. “Saya perlu banyak belajar soal blog monetizing dan sekarang saya sedang semangat-semangatnya mengurus blog saya,”ujarnya antusias.

Pada acara istirahat diselingi dengan pengumuman Lomba Mini SEO khusus kota Bandung berhadiah Samsung Galaxy Mini dengan Keyword Blogilicious van Bandung oleh mbak Ajeng. Juga diumumkan pemenang lomba Mini SEO Blogilicious Horas Medan.

Seusai sholat dan makan siang dilanjutkan dengan materi Mobile Blogging oleh Kuncoro Wastuwibowo. Praktisi telekomunikasi ini dengan memikat membawakan materinya.

Sayang sempat terjadi gangguan listrik sehingga presentasinya agak terganggu. Untunglah gangguan tersebut bisa segera diatasi sehingga materi presentasi berikutnya yang dibawakan oleh Mas Aris Heru Utomo mewakili Kementerian Luar Negeri RI yang menyajikan profil dan prospek Komunitas Blogger ASEAN. Presentasinya sungguh memikat karena disertai video animasi tentang ASEAN.

Materi SEO (Search Engine Optimation) dibawakan secara menarik oleh sang Ketua Panitia Lokal Blogilicious Bandung, Agus Herry.

Penulis buku “Meraup Dollar Lewat Blog” ini menyajikan kiat-kiat praktis bagaimana mengoptimalisasi blog agar mendapat peringkat teratas dalam index Google.

Acara selanjutnya adalah materi Blog Monetizing oleh tim IDBlognetwork yaitu Mubarika Darmayanti (Business Director) dan Kukuh TW (Technical Director). Acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh peserta terutama karena ada kuis untuk 4 pemenang yang beruntung memenangkan Job Review masing-masing senilai Rp 1 juta. Tak ayal perebutan pemenang kuis itu berlangsung seru dan heboh.

Tepat pukul 16.30 seluruh rangkaian acara berakhir. Setelah membeli oleh-oleh, saya bersama mbak Ajeng dan mbak Wiwik menumpang mobil Mas Rawi kembali ke Cikarang. Sungguh sebuah pengalaman menyenangkan mengikuti Blogilicious Bandung.

Sumber foto : Koleksi Rawi Wahyudiono

Related Posts
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian Pertama)
Jum'at siang (21/5) Pesawat Boeing 737 dari Maskapai Penerbangan Lion Air yang saya tumpangi bersama Kukuh TW (Direktur Teknik IDBlognetwork), Mubarika Darmayanti (Direktur Bisnis IDBlognetwork), Radityo DA (Media & Financial ...
Posting Terkait
SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA
Hujan mengguyur Kota Surabaya saat saya turun dari pesawat Lion Air JT 748, Sabtu (14/5) pagi bersama salah satu pembicara , Alderina Gracia. Inilah kedatangan saya kembali ke kota Pahlawan ...
Posting Terkait
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian Kedua)
Malam minggu (21/5) terasa begitu berkesan dilewatkan bersama rekan-rekan panitia dari Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar serta tim IDBlognetwork dan para narasumber acara IDBlogilicious. Bertempat di lantai 2 Restorant Apong ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
ada hari kedua Blogilicious Jakarta, Minggu (26/6), saya datang agak terlambat karena menghadiri perayaan sunatan keponakan di Tanjung Priok bersama keluarga. Saat tiba di gedung Telkom Jakarta Selatan lantai 8---tempat ...
Posting Terkait
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
agi di Palembang terlihat begitu bersahabat "menyambut" kedatangan saya di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sabtu (4/6). Setelah mengurus bagasi, bersama 2 pembicara dari Jakarta lainnya, mas Iman Brotoseno dan ...
Posting Terkait
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
esawat Lion Air JT 562 dari Jakarta mendarat mulus di lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (11/6). Baru pukul 07.30 pagi, saya bergumam seusai melihat jam tangan sebelum membawa ransel turun ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)
abtu pagi (25/6), gairah saya begitu menggebu untuk hadir di acara terakhir dari rangkaian 7 kota penyelenggara Blogilicious, yang kali ini dilaksanakan oleh rekan-rekan Komunitas Blogger Depok sebagai panitia lokal ...
Posting Terkait
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian
SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA
IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian
KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)

11 comments

  1. Senangnya dikunjungi blogger senior, sudah gitu jadi pembawa acara. Jadi bisa lamaan nih pesertanya melihat pemilik blog daengbattala.com 😀
    Terima kasih dukungannya, dan juga ceritanya. Jangan sungkan2 ke Bdg lagi, saya juga belajar jadi penyelenggara event nih, ternyata repot skali.

  2. kapan IBN ngadain blogilicious lagi? siap hadiiiiir …
    Terima kasih Daeng atas berbagi semangat ngeblognya. Alhamdulillah blog spirit saya cukup tinggi skrg ini 🙂

  3. Mas Amril, padahal acara yang di luar S28 itu adalah acara bedah bukunya Fahd Jibran loh. Kalau tahu, bisa langsung tandatangan tuh buku hehehehe … Hatur nuhun sudah menyemarakkan acara di Bandung, Mas. Salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *