KEMERIAHAN SENSASIONAL DALAM BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Pertama)

Sabtu pagi (25/6), gairah saya begitu menggebu untuk hadir di acara terakhir dari rangkaian 7 kota penyelenggara Blogilicious, yang kali ini dilaksanakan oleh rekan-rekan Komunitas Blogger Depok sebagai panitia lokal sekaligus merayakan Milad kedua komunitas ini. Acara Blogilicious dilaksanakan di Aula Gedung Telkom lantai 8 Jakarta Selatan Jl.Sisingamangaraja.

Pukul 08.30 saya sudah tiba di lokasi dan menyapa kawan-kawan panitia yang sudah siap di lokasi. Ada mas Bradley Marisa, mas Iman Sulaiman, mbak Luvie Melati dan lain-lain. Pagi itu saya akan membawakan materi tips blogging (sama seperti yang pernah saya bawakan sebelumnya di Blogilicious Surabaya dan Makassar) bersama-sama dengan praktisi di bidang HAKI mbak Risa Amrikasari.

Pukul 09.30 pagi, acara dibuka dengan didahului tarian tradisional khas Betawi yang memukau. Hentakan irama Gambang Kromong moderen yang memikat mengiringi tarian empat penari yang sangat luwes bergoyang. Tepuk tangan riuh kurang lebih 150 peserta yang hadir mengakhiri pagelaran tersebut. Setelah itu giliran Iman Sulaiman, Ketua Panitia Penyelenggara Blogilicious menyampaikan kata sambutan.

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Chief Technical Officer IDBlognetwork, Kukuh TW sebagai pihak yang menginisiasi kegiatan Blogilicious di tujuh kota. Setelah itu, ada pemutaran video pelaksanaan Blogilicious di kota-kota sebelumnya yakni di Makassar, Palembang dan Medan.

Acara Blogilicious Jakarta dibuka dengan sesi pertama yakni Etika Blogging dan Tips Blogging. Dipandu oleh Anjari Umarijanto tampil sebagai pembicara pertama Risa Amrikasari yang membawakan materi Etika Blogging. Risa, Penulis beberapa buku dan praktisi di bidang HAKI ini dengan sangat memikat dan interaktif membawakan materinya. Ia mengajak para peserta menyampaikan argumentasi tentang bagaimana ngeblog yang beretika.

Argumentasi peserta tersebut kemudian dituangkan dalam butir-butir kesepakatan yang kemudian ditandatangani sebagai wujud komitmen untuk melaksanakannya secara konsisten. Berikut butir-butir kesepakatan itu yang saya salin dari blog mbak Risa:

  • Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.

  • Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.

  • Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.

  • Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.

  • Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.

  • Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.

  • Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.

  • Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.

  • Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA.

  • Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.

  • Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.

  • Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog.

  • Setelah mbak Risa, menyusul saya tampil membawakan materi Tips Blogging. Sama seperti yang pernah saya sajikan dalam Blogilicious Surabaya dan Makassar, saya membagi pengalaman saya dalam hal blogging yang sudah saya lakoni sejak tahun 2003.

    Di akhir acara kembali saya membagikan 2 buku saya kepada peserta yakni buku Kumpulan Narasi Romantis (Narsis) dan Kumpulan Puisi Cinta “Menyesap Senyap”.

    Dua pemenang yang beruntung mendapatkan buku tersebut setelah berhasil menjawab pertanyaan yang saya ajukan.

    Setelah saya dan mbak Risa tampil, giliran materi Mobile Blogging dibawakan oleh praktisi Telekomunikasi mas Kuncoro Wastuwibowo.. Materi yang disajikan tak kalah menarik karena memberikan pencerahan bagi peserta tentang bagaimana menggunakan perangkat mobile device untuk ngeblog.

    Saat istirahat saya gunakan sebaik-baiknya untuk bercengkrama bersama teman-teman blogger. Teman-teman dari Blogger Bekasi ternyata mengutus peserta cukup banyak. Hadir diantaranya mbak Mira, mbak Irma, mbak Umi, mbak Indah Juli serta 9 orang anak-anak muda Blogger Bekasi yang tergabung dalam Ibote (Ikatan Bocah Telo). “Kami sangat antusias mengikuti acara ini karena memberikan banyak manfaat juga semangat untuk terus ngeblog”, ujar Ilhammi Gani, salah satu anggota Ibote dengan sorot mata berbinar.

    Seusai istirahat tampil mas Nukman Luthfie, CEO Virtual Consulting yang membawakan materi Sosial Media. Dengan gaya yang santai dan kocak, mas Nukman berhasil menyegarkan suasana. Para peserta tertawa terpingkal-pingkal mendengarkan sajian materi mas Nukman yang dipaparkan secara memikat dan lucu.

    Setelah itu tampil mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, pejabat di Kemenlu RI dan juga seorang Blogger, Hazairin Pohan menampilkan materi tentang Sosialisasi ASEAN Blogger Community. Pak Pohan memaparkan kepada para peserta Blogilicious tentang kehadiran komunitas Blogger ASEAN chapter Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 10 Mei 2011 lalu.

    Materi berikutnya disampaikan oleh Pak Julian Gaffar dari Berniaga.com–salah satu sponsor Blogilicious 7 kota–yang menyajikan materi profil situs jual beli online itu kepada peserta. Pak Julian juga menyatakan bahwa sudah bermitra bersama IDBlognetwork untuk memasang iklan CPA (Cost Per Action) sejak awal minggu lalu.

    Mas Masim”Vavai”Sugianto, praktisi dibidang “Open Source” dan juga seorang pengusaha muda menutup materi di hari pertama dengan sajian Blogpreneur. Mas Vavai berhasil memukau para peserta dengan memaparkan pengalaman-pengalamannya selama ini dalam bidang Blogpreneur.

    Acara hari pertama Blogilicious Jakarta ditutup pukul 17.00 sore dan dilanjutkan keesokan harinya.

    Catatan : Foto-foto koleksi dari Priyadi dan Risa Amrikasari

    Related Posts
    IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian Pertama)
    Jum'at siang (21/5) Pesawat Boeing 737 dari Maskapai Penerbangan Lion Air yang saya tumpangi bersama Kukuh TW (Direktur Teknik IDBlognetwork), Mubarika Darmayanti (Direktur Bisnis IDBlognetwork), Radityo DA (Media & Financial ...
    Posting Terkait
    SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
    agi di Palembang terlihat begitu bersahabat "menyambut" kedatangan saya di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sabtu (4/6). Setelah mengurus bagasi, bersama 2 pembicara dari Jakarta lainnya, mas Iman Brotoseno dan ...
    Posting Terkait
    BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI
    ajar merekah cerah di Cikarang ketika Bis Primajasa menuju Bandung yang saya tumpangi menembus pagi, Sabtu (18/6). Saya menyaksikan, perlahan bias mentari kian menampakkan gemilang sinarnya lewat kaca jendela saat ...
    Posting Terkait
    IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian Kedua)
    Malam minggu (21/5) terasa begitu berkesan dilewatkan bersama rekan-rekan panitia dari Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar serta tim IDBlognetwork dan para narasumber acara IDBlogilicious. Bertempat di lantai 2 Restorant Apong ...
    Posting Terkait
    KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
    ada hari kedua Blogilicious Jakarta, Minggu (26/6), saya datang agak terlambat karena menghadiri perayaan sunatan keponakan di Tanjung Priok bersama keluarga. Saat tiba di gedung Telkom Jakarta Selatan lantai 8---tempat ...
    Posting Terkait
    BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
    esawat Lion Air JT 562 dari Jakarta mendarat mulus di lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (11/6). Baru pukul 07.30 pagi, saya bergumam seusai melihat jam tangan sebelum membawa ransel turun ...
    Posting Terkait
    SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA
    Hujan mengguyur Kota Surabaya saat saya turun dari pesawat Lion Air JT 748, Sabtu (14/5) pagi bersama salah satu pembicara , Alderina Gracia. Inilah kedatangan saya kembali ke kota Pahlawan ...
    Posting Terkait
    IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH, INSPIRATIF ! (Bagian
    SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
    BLOGILICIOUS BANDUNG : SENSASI BERBAGI WALAU HANYA SEHARI
    IDBLOGILICIOUS MAKASSAR : SERU, MERIAH DAN INSPIRATIF (Bagian
    KEMERIAHAN SENSASIONAL BLOGILICIOUS MILAD JAKARTA (Bagian Kedua)
    BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
    SUKSES, PENYELENGGARAAN IDBLOGILICIOUS PERTAMA DI SURABAYA

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *