Saya dan Om Jay (berkopiah) dalam Blogilicious Jakarta, Juni 2011

Saya mengenal sosok Wijayakusumah atau akrab dipanggil Om Jay yang berbodi montok, ramah, bersahaja dan selalu tersenyum ini pada kopdar perdana Kompasiana 2 tahun silam. Rasanya betah ngobrol bersama blogger dan guru TIK SMP Labschool Rawamangun Jakarta tersebut dengan bahan pembicaraan yang tak kunjung habis serta selera humornya yang tinggi. Sosok yang juga pernah menjadi nominasi Blogger Kompasiana teraktif tahun 2010 serta memenangkan banyak penghargaan ini memiliki pembawaan yang supel dan gaul. Tak heran, Om Jay tak hanya dikenal sebagai guru dan blogger namun juga menjadi pembicara serta motivator handal dalam berbagai kesempatan.

Bersama Om Jay, saya lalu “didaulat” menjadi penasehat Komunitas Blogger Bekasi pada tahun 2009. Maka, interaksi saya dan ayah dari dua orang puteri yang cantik-cantik ini, kian intens dalam berkomunikasi mengembangkan komunitas dengan slogan “Menembus Tapal Batas” tersebut. Saya tertarik mewawancarai sosok guru inspiratif ini terutama terkait aktifitasnya dalam dunia blogging. Berikut petikannya:

Sejak kapan Om Jay ngeblog dan apa posting pertamanya?

Om Jay ngeblog sejak tahun 2007. Tepatnya Agustus 2007.

Apa yang mendorong Om Jay untuk ngeblog dan apakah bisa diceritakan pencapaian-pencapaiannya sejauh ini?

Blog membuat saya merasakan betapa nikmatnya berbagi pengalaman dan pengetahuan. karena senang berbagi ituah saya juga menerima lebih banyak. Banyak keajaiban saya peroleh setelah saya konsisten ngeblog, seperti juara pertama lomba blog dan pemenang buku pengayaan tingkat nasional dengan judul Yuk Kita ngeblog untk anak SMP. saya pun banyak diundang sebagai nara sumber atau pembicara dari hasil ngeblog di internet. Saya menjadi dikenal dan terkenal. Ternyata blog merupakan alat efektif untuk mempromosikan diri.

Keuntungan apa saja yang bisa Om Jay peroleh melalui aktifitas ngeblog ?

Banyak sekali keuntungan yang kita peroleh mas. Selain kita mendapatkan banyak teman baru, kita pun menjadi banyak belajar dari blog orang lain. Dengan begitu kita mendapatkan keuntungan ilmu pengatahuan dari orang lain. Selain itu, kitapun diuntungkan karena semakin banyak orang yang mengenal kita, dari tulisan-tulisan kita di blog. Sudah banyak juga artikel yang dibuat di media cetak bermula dari blog ini. Saya bisa menuliskan pokok-pokok pikiran saya, dan mengembangkannya ke ranah ilmiah.

Dengan menjalani profesi sebagai guru di SMP Labschool apa saja kontribusi positif yang bisa diberikan terkait profesi guru dengan aktifitas ngeblog Om Jay?

Saya menularkan virus ngeblog ini kepada teman-teman guru dan juga para peserta didik saya. kebetulan, dalam pelajaran TIK kelas IX SMP ada materi internet. Di dalam materi internet itu saya masukkan blog sebagai tugas pengayaan dari pelajaran internet.

Bagaimana Om Jay mengatur waktu untuk ngeblog dan aktifitas keseharian lainnya?

Karena setiap saat saya berhubungan dengan komputer dan internet, ngeblog bisa saya lakukan kapan saja dan dimana saja. Apaagi dengan adanya internet mobile. Ngeblog bisa saya lakukan sambil jalan-jalan. tapi yang paling sering adalah saya menulis sebelum tidur. Dengan begitu saya membiasakan diri menulis setiap hari.

Siapa saja blogger-blogger yang menginspirasi Om Jay untuk ngeblog dan apa alasannya?

Waktu itu saya diperkenalkan oleh pak Dedi Dwitagama. Seorang kepala sekolah yang hobi ngeblog. dari beliaulah saya menjadi suka ngeblog. Lalu saya bertemu mas Budi Putra di JHCC dan kami diajari bagaimana memasukkan film/video ke dalam blog. saya pun menjadi semakin tertarik dengan blog. Apalagi waktu itu mas Budi mengatakan dia keluar dari wartawan dan eksis dari dunia blogging.

Bagaimana tanggapan orang-orang terdekat Om Jay (istri dan anak-anak) mengenai aktivitas “sampingan” Om Jay sebagai blogger? Apakah sempat mendapatkan kendala berarti sebelumnya dan bagaimana cara Om Jay mengatasinya?

Waktu awal-awal sih mereka menganggap ngeblog itu pekerjaan yng sia-sia dan tak menghasilkan apa-apa. Tertama istri saya. namun ketika saya berhasil juara pertama lomba blog tingkat nasional, dan pemenang pertama buku Pengayaan tingkat nasional dari hasil ngeblog, barulah istri saya mengatahui kedahsyatan blog. Istripun akhirnya sering menemani saya dan membuatkan kopi kalau saya sedang asyik ngeblog.

Apa tanggapan Om Jay menjadi seorang guru yang ngeblog?

Saya merasakan bertambah wawasan berpikir saya, dan mengenal dunia yang begitu luas. saa bisa keluar kotak dan teman-teman saya bukan hanya guru-guru Labschool saja. saya pun menjadi banyak tahu hal-hal yang dulu saya tidak tahu, seperti tempat-tempat keren di jakarta. saya ketahui tempat itu setelah menghadiri kopdar teman-teman blogger.

Apakah Om Jay juga mengajak siswa-siswanya untuk ngeblog? Bagaimana umpan balik mereka terhadap ajakan ini serta apa yang Om Jay lakukan jika ternyata ada yang menanggapi secara kontraproduktif ajakan tersebut?

Saya selalu mengajak peserta didik saya ngeblog, dan bahkan saya jadikan bahan penelitian saya utuk mengikuti lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran. Alhamdulillah, saya masuk final di tingkat nasional pada tahun 2008, dan berkat mengajak anak-anaka ngeblog pula saya lulus S2 tepat 2 tahun.

Selama ini saya belum menemui hal-hal yang kontraproduktif, karena anak-anak sendiri merasa enjoy. saya tak pernah memaksa mereka. Kalau ada yang tidak suka, ya saya biarkan saja mereka tak mengelola blog. Buat saya, mengelola blog itu pilihan, dan bukan paksaan. Jadi saya lebih mengajak mereka untuk sadar sendiri. Buktinya, banyak yg berterima kasih kepada saya setelah mereka lulus, dan hal itu saya baca dalam blog mereka. Kalau ada yg gak suka ada sih satu dua, tapi saya biarkan saja, karena presentasinya kecil, saya lebih fokus kepada presentase yg besar, dan itu yang membuat saya akhirnya eksis dan anak-anak yang suka dgn dunia blog pun akhirnya ikutan pula ngeblog seperti saya. Anda bisa melihatnya di http:/wijayalabs.blogspot.com. Itulah blog kedua saya setelah saya membuatnya dihttp://wijayalabs.wordpress.com. saya juga membuat blog ketiga di http://wijayalabs.multiply.com, ketika ada anak yang memberitahu saya kalau ngebog di multiply enak dan enjoy.

Bagaimana cara Om Jay menjaga spirit dan semangat ngeblog selain dengan “menantang” diri sendiri dengan slogan : “Menulislah Sebelum Tidur”?

Kalau pertanyaan ini ada rahasianya mas. Caranya adalah menjadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan sama halnya kita makan. saya belum bisa tidur pulas kalau belum menulis satu postingan, dan biasanya itu saya lakukan sebelum tidur.

Namun, bila saya sudah menulis hari ini, misalnya satu postingan saja, maka saya akan tidur dengan nyenyak.

Saya akan terasa lapar, bila belum menulis, dan menulis sebelum tidur telah menjadi kegiatan alam bawah sadar saya setelah menjadi blogger. Saya lebih banyak menuliskan itu di blog keroyokan kompasiana.com daripada di blog pribadi saya di http://wijayalabs.com. hal itu saya lakukan karena kompasiana sebagai inkubator tulisan-tulisan saya, sehingga yang masuk blog pribasi saya itu sudah terseleksi dengan baik.

Menjaga konsitensi menulis itu didorong oleh sebuah semangat ngeblog seorang Rektor di Jawa Timur yang telah mendapatkan rekor muri. namanya Prof.Imam Suprayogo di blog http://www.imamsuprayogo.com/index.php.

Saya juga pernah menuliskan tentang konsistensi menulis di sini
dan juga di sini

Apa harapan Om Jay ke depan terhadap aktifitas ngeblog di Indonesia terutama soal kebebasan berekspresi di Internet dan kaitannya dengan etika berinteraksi di dunia maya?

Budaya menulis masyarakat kita masih rendah. Begitupun dengan budaya baca. Adanya bog membuat kita menjadi suka menulis dan otomatis menjadi suka membaca. Dengan menulis, kita dapat mengekspresikan apa yang kita pikirkan, dan kita pun bisa menyampaikan pesan yang mungkin agak sulit dituangkan dengan cara-cara lisan. Adanya blog memudahkan kita berteu dengan orang penting negeri ini. Seperti pak Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden), saya temui setelah saya ngeblog, dan begitupun ketua DPR pak Marzuki Ali. Intinya, ngeblog membuat sesuatu yang dulu tidak mengkin menjadi mungkin. seperti mudahnya kita bertermu dan berbicara langsung dengan pejabat yang tanpa melalui proses birokrasi yg rumit. Hal itu tentu akan terjadi bila pejabatnya juga ikutan ngeblog.

Dengan ngeblog, kita pun akan berkenalan dengan para blogger lainnya. Oleh karenanya etika ngblog harus dijaga dan jangan asal posting atau asal tulis. Berpikir sebelum memposting akan membuat kita menjadi blogger yang bijaksana.

Terakhir nih, kok dipanggil Om Jay sih ?  :))

Saya menjadi guru mulai tahun 1992, dan entah kenapa saya lebih suka dipanggil Omjay ketimbang pak wijaya. anak-anakpun suka memanggil saya dengan nama itu. akhirnya sampai sekarang banyak orang dan murid-murid saya lebih suka memanggil omjay. Termasuk para alumni yang bertemu kembali dengan saya. mereka lebih kenal omjay ketimbang nama asli saya sendiri. hehehe

Sumber foto : Blog Pribadi Om Jay dan Kompasiana

Biodata pribadi

Nama Lengkap : Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd

Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 28 Oktober 1970

Pendidikan Terakhir : S2 teknologi pendidikan pps UNJ

Jabatan/Profesi saat ini : Guru TIK SMP Labschool Jakarta

Alamat blog : http://wijayalabs.com

Alamat Facebook/Twitter : facebook.com/wijayalabs

Alamat Rumah : Jl. Bintan Blok B No 144 Komplek TNI AL Jatibening Indah Bekasi

Prestasi di bidang akademis/profesi :

Finalis Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran tingkat nasional 2008

Juara I lomba Karya Tulis Imtak tahun 2005

Prestasi di bidang Ngeblog :

Juara I lomba Blog pusat bahasa tingkat Nasional 2009

Juara pertama Naskah buku pengayaan pusat perbukuan tingkat nasional 2009

Buku yang sudah ditulis:

Yuk Kita ngeblog untuk SMP

Menjadi blogger handal di era global untuk SMA

Buku TIK kelas 7,8, dan 9 SMP

Mengenal PTK untuk mahasiswa dan guru

Rencana Buku yang akan ditulis :

Menulislah setiap hari untuk siswa dan mahasiswa

Related Posts
WAWANCARA BERSAMA MUBARIKA DARMAYANTI (Chief Business Officer IDBlognetwork): “SETIAP TANTANGAN MENJADI “MILESTONES” KAMI DALAM BERKIPRAH!”
ehadiran IDBlognetwork (selanjutnya saya singkat menjadi IBN) di jagad blog Indonesia, sungguh fenomenal. Gebrakannya yang tampil menjadi "jembatan" antara blogger dan publisher dengan beragam fitur yang unik serta tawaran kompensasi ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA LUIGI PRALANGGA : “BLOGGER ADALAH ELEMEN STRATEGIS YANG HARUS DIPERHITUNGKAN DALAM DIALOG PEMBANGUNAN !”
osok blogger satu ini mungkin tak asing bagi kita semua. Luigi Pralangga yang kini bertugas sebagai Procurement Officer, United Nations Assistance Mission for Iraq (UNAMI), Iraq sejak Agustus 2010, merupakan ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA MUBARIKA DARMAYANTI (Chief Business Officer IDBlognetwork):
WAWANCARA BERSAMA LUIGI PRALANGGA : “BLOGGER ADALAH ELEMEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

July 2011
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Profil di LinkedIn

Arsip

My Karaoke @ SoundCloud

Kicauanku di Twitter

Iklan

Creative Commons License

Lisensi Creative Commons
ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi. Silakan anda mengambil atau mengutip sebagian maupun seluruh isi blog ini asalkan jangan lupa mencantumkan sumber asli tulisannya. Terimakasih atas pengertian anda

Recent Comments

    My Instagram

    Good Reads Book Shelf

    Amril's books

    Nge-blog Dengan Hati
    3 of 5 stars
    Blogisme ala Ndoro Kakung Judul Buku : Ngeblog Dengan Hati Penulis : Wicaksono “Ndoro Kakung” Editor : Windy Ariestanty Penerbit : Gagas Media, Terbitan : Cetakan pertama, 2009 Jumlah Halaman : 142 Di ranah blog Indonesia, nama N...

    goodreads.com

    Page Rank Checker

    Free Page Rank Tool Pagerankchecker.com — Check your Pagerank Website reputation
    Alexa rank,Pagerank and website worth
    Powered by WebStatsDomain
    Blog

    Live Traffic Feed

    badge