XLNETRALLY(3) : OBSAT YANG MERIAH DAN PESONA DUA BRIPTU AYU

Setelah diguyur hujan deras di sore hari saat kami tiba, pada Sabtu (23/7), malam harinya, cuaca terlihat begitu bersahabat. Kesejukan mewarnai Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) tempat penyelenggaraan Obsat (Obrolan Langsat) #72 edisi Semarang, saat kami, rombongan blogger dan staf XL Axiata yang mengikuti XL Net Rally tiba di tempat tersebut. Obsat kali ini adalah Obsat yang kedua dilaksanakan diluar Jakarta. Jika selama ini Obsat diadakan di Rumah Langsat Jakarta Selatan, markas Saling Silang, maka setelah kota Bandung sebagai penyelenggara Obsat pertama lintas propinsi, maka kota Semarang menjadi kota berikutnya, kali ini mengambil tema “Persiapan Mudik dan Lebaran 2011” bersama XL Axiata, NTMC (National Traffic Management Center) Polri, Saling Silang didukung oleh Komunitas Blogger Loenpia, serta sejumlah komunitas lainnya di Semarang seperti komunitas blogger Detik.com, Bike to Work Chapter Semarang, Fiksi Mini dan lain-lain.

Tidak hanya itu para peserta XL Net Rally dari kota Jakarta, Surabaya, Solo, dan Yogya ikut hadir plus 8 orang Otoblogger yang menguji ketangguhan sinyal XL dengan sepeda motor Jakarta-Semarang. Teater terbuka TBRS benar-benar menjadi tempat pertemuan lintas komunitas dalam dialog akrab ala Obsat yang menghadirkan Vice President Network Operation XL Axiata Robert Dedy Purwanto, Kombes Polisi Gata Chaeruddin Kabid Tekinfokom Korlantas NTMC Polri, Febriati Nadira Communication Head XL Axiata dan dipandu oleh blogger senior Wicaksono “Ndoro Kangkung”.

Dihadiri oleh lebih kurang 200 orang, acara ini berlangsung sangat meriah, dibuka dengan sajian musik keroncong yang merdu mendayu-dayu serta hidangan tradisional khas Semarang seperti Tahu Pong dan nasi Gudeg serta Angkringan. Pada kesempatan tersebut, saya sangat senang bertemu dengan mas Bambang Priantono, seorang blogger yang aktif di Multiply yang kebetulan tinggal di Semarang dan kerap saling sapa melalui akun Multiply saya. Bagaikan 2 kawan lama yang baru bertemu, kami saling menyapa dengan akrab.

Kemeriahan semakin menjadi-jadi dengan hadirnya 2 Briptu cantik NTMC Polri yang kerap membawakan informasi lalulintas di salah satu stasiun TV swasta Nasional, Briptu Eka Frestya dan Briptu Avvy Olivia. Kedatangan mereka menjadi pusat perhatian hadirin yang hadir, terutama kaum Adam.

Bertubi-tubi permintaan foto bersama datang kepada mereka berdua. Dan, saya termasuk orang–tepatnya lelaki–yang beruntung bisa berfoto bareng dengan salah satu diantaranya  🙂

Laksana selebriti, kedua Briptu cantik ini tetap menebar senyum ramah meski berkali-kali diminta foto bersama dengan para “fans”dadakannya. Bahkan ketika acara dimulai sekalipun nampak beberapa fans meminta foto bareng ketika keduanya sedang duduk diatas  bangku di depan lapak angkringan acara Obsat

Menjelang acara dimulai, saya tiba-tiba dihubungi salah satu kru televisi untuk menyampaikan testimoni tentang XLNetRally. Setelah menyatakan persetujuan, saya lalu dibawa ke sebuah tempat dibelakang lokasi acara dimana sebuah kamera TV telah tersedia untuk mengambil gambar saya.

Cukup grogi juga karena merupakan pengalaman pertama saya untuk tampil menyampaikan testimoni seperti ini. Saya sampai mengulang enam kali sampai sang “sutradara”-nya mengangguk setuju adegan yang saya lakonkan. Ternyata memang tak mudah, tapi ini sebuah pengalaman sangat mengesankan buat saya.

Acara dimulai dengan pemaparan Pak Robert mengenai kesiapan jaringan XL dalam rangka melayani lonjakan saat-saat menjelang puasa dan lebaran tahun 2011. “Kami banyak belajar dari tahun-tahun sebelumnya, dan ditahun ini kami harapkan gangguan signifikan karena jeleknya jaringan bisa diantisipasi lebih awal. Masukan-masukan berharga serta konstruktif dari para blogger dan netizen yang mengikuti @XL Net Rally ini menjadi acuan berharga untuk memperbaiki langkah kami kedepan,”kata Pak Robert sumringah.

Dikatakannya lagi bahwa komitmen XL untuk memuaskan pelanggannya dengan pelayanan yang prima melalui ketersediaan jaringan yang handal menjadi prioritas utama. Kenaikan traffic layanan XL di masa-masa puasa dan lebaran sampai 30-40%. .

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini, PT XL Axiata Tbk (XL) sudah mulai mempersiapkan kesiapan jaringannya dengan antara lain menaikkan kapasitas jaringan hingga 2 (dua) kali lipat. Selain itu, XL juga melakukan uji kesiapan jaringan (drive test) di berbagai daerah di Indonesia. Uji sinyal dilakukan mulai 22-23 Juli 2011 di sepanjang jalur mudik pelanggan di 15 wilayah di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar. Selain itu, kegiatan uji kesiapan jaringan juga dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Jakarta-Semarang,Jogja-Solo-Semarang dan Surabaya-Semarang) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut – ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Dengan menggunakan peralatan dan metode standar yang diakui secara regulasi, pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service),  dan data (internet dan BlackBerry).

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga  530 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 630 juta SMS, dan trafik data sebesar 33 terabytes. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2011 nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 30% dari trafik normal sehari-hari.

Jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 24.000 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa  dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke pulau Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.

Untuk layanan BlackBerry, kini XL juga telah meningkatkan kapasitas  bandwidth secara langsung ke RIM dari 1,6 Gbps menjadi 2 Gbps untuk menjamin kenyamanan pelanggan. Dan seiring dengan proses penambahan bandwidth ke RIM tersebut yang melalui 2 (dua) penyedia layanan infrastruktur yang berbeda menjadikan XL satu-satunya operator di Indonesia yang terkoneksi  ke RIM dengan dual carrier partner.

Selain itu, saat ini XL juga memiliki bandwidth internet ke International dengan kapasitas 650 Mbps yang bisa di upgrade setiap saat menjadi sebesar N x Gbps  dan di gunakan untuk berbagai macam keperluan layanan internet XL baik pelanggan corporate maupun pelanggan regular.

“Tentunya kita mesti menyiapkan segala daya dan infrastruktur pendukung untuk mengantisipasi kenaikan ini,”ujar Pak Robert bersemangat .

“XL Net Rally yang kami adakan ini menjadi sebuah cara kami untuk menunjukkan kepada masyarakat sejauh mana kesiapan jaringan kami khususnya sepanjang jalur yang dilewati oleh rombongan XL Net Rally, termasuk rombongan Otoblogger Indonesia yang untuk pertama kalinya menjadi bagian dari kegiatan ini dengan melakukan uji ketangguhan sinyal XL lewat sepeda motor Jakarta-Semarang.

Secara keseluruhan kegiatan uji kesiapan jaringan yang dilakukan bersama para blogger dan netizen di jalur mudik Jakarta – Semarang ini juga merupakan bagian dari program uji kesiapan jaringan yang sudah dilakukan oleh XL di 15 kota diseluruh Indonesia, yang meliputi : Jakarta, Medan, Pekanbaru, Banjarmasin, Denpasar, Mataram, Makassar, Palembang, Padang, Bandung, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Solo serta Surabaya. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi partisipasi Blogger dan Netizen yang telah ikut serta dalam kegiatan ini,” tambah Pak Robert

Pada kesempatan berikutnya Kombes Gata Chaeruddin tampil membawakan materi. Sebelumnya diputarkan video berbagai pelanggaran lalulintas yang kerap dilakukan oleh masyarakat yang menunjukkan perilaku berkendara yang tidak mematuhi aturan-aturan lalulintas.Saya sempat menggeleng-gelengkan kepala menyaksikan para pengguna lalulintas yang nekad melanggar rambu-rambu yang ada dan mengabaikan keselamatan berkendara.

“Kehadiran kami dalam acara ini juga sekaligus mendukung segala upaya-upaya positif masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban berlalulintas dengan mengadakan sosialisasi yang intens terutama menjelang masa-masa puasa dan lebaran yang kerapkali menjadi saat-saat dimana traffic lalulintas mudik meningkat tajam dengan potensi kecelakaan yang tinggi,”kata Kombes Gata.

“Kesiapan aparat kami disepanjang jalur mudik, di stasiun atau terminal — seperti selama ini kami laksanakan menjelang masa-masa puasa dan lebaran — telah dilakukan tentu dengan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya,”tambahnya lagi.

Edo Rusyanto, sang pemimpin rombongan Otoblogger XLNetRally Jakarta-Semarang juga tampil ke depan mempresentasikan pengalaman 8 blogger melakukan uji jaringan yang mereka lakukan dengan berkendara sepeda motor. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan setelah berangkat dari Jakarta Jum’at subuh (22/7) menuju Semarang, Edo menyampaikan sejumlah rekomendasi seperti yang tertera dibawah ini:

 

Rekomendasi Otoblogger XLNetRally 2011 (capture by : @pitra)

Pada kesempatan tersebut, Briptu Eka dan Briptu Avvy juga tampil ke depan ikut sharing pengalaman mereka. Ketika kedua Briptu cantik itu sudah duduk manis didampingi pembicara lain, mendadak sisi depan “panggung” menjadi penuh. Antusiasme peserta Obsat meningkat tajam. Saat sesi Pertanyaan dibuka, ternyata tidak hanya pertanyaan mencakup tugas mereka berdua di TMC Polda Metro saja, namun juga soal-soal seperti apakah kedua Briptu cantik ini kerapkali merasa galau dalam bertugas. Secara diplomatis, Briptu Avvy menjawab,”Galau itu manusiawi, dan untuk menghadapi hal tersebut, saya senantiasa mengembalikan semuanya pada filosofi awal dan spirit saya ketika memutuskan untuk menjadi polisi. Mengemban tugas negara ini memang tidak mudah namun saya sudah memutuskan menempuh resiko itu dan mengatasinya dengan sebaik-baiknya”. Jawaban tersebut spontan mendapatkan tepuk tangan meriah dari hadirin.

Tepat pukul 22.15 rangkaian acara Obsat berakhir. Bagi saya, kegiatan ini sangat mengesankan karena memperlihatkan sinergi positif antara masyarakat, Polri dan operator telekomunikasi seperti XL Axiata khususnya dalam menyongsong masa-masa puasa dan lebaran tahun ini. Semoga apa yang diharapkan dapat tercapai. Sukses buat semuanya!

Bersambung

Catatan:

Foto-foto diambil dari koleksi pribadi, foto dari blog Obsat dan foto Twitpic Pitra Satvika 

Related Posts
XLNETRALLY(4) : MENJELAJAHI EKSOTISME KLASIK LAWANG SEWU
ahaya mentari pagi menyapa hangat saat saya membuka jendela kamar 1202 Hotel Gumaya tempat saya dan Goenrock menginap. Hari Minggu (24/7) ini merupakan hari terakhir kami, peserta XL Net Rally ...
Posting Terkait
XLNETRALLY (2) : TOKO OEN YANG LEGENDARIS DI SEMARANG
ujan deras membasahi bumi Semarang saat rombongan kami, peserta XLNetRally yang menggunakan kereta dari Jakarta tiba. Dua bis yang membawa kami semua melaju pelan menyusuri jalan-jalan kota yang baru pertama ...
Posting Terkait
XLNETRALLY(6) : SOTO PAK MAN DAN “INSIDEN” YANG MENYENANGKAN ITU
etelah puas berjalan-jalan menikmati wisata sejarah di Lawang Sewu dan Kawasan Sam Poo Kong, Saat terik matahari kota Semarang mulai menyengat, bis yang membawa rombongan XL Net Rall berhenti di ...
Posting Terkait
XLNETRALLY (1) : PENGALAMAN MENYENANGKAN NIKMATI KERETA BER WI FI PERTAMA DI INDONESIA
ikarang masih dilingkupi kegelapan, Sabtu (23/7) saat mobil yang saya tumpangi meluncur menuju Stasiun Gambir tempat “start” pelaksanaan XLNet Rally. Usai mandi dan sholat Subuh, saya dengan antusias mempersiapkan diri ...
Posting Terkait
XLNETRALLY(5) : JEJAK LAKSAMANA CHENG HO DI KAWASAN SAM POO KONG
eusai mengikuti perjalanan wisata sejarah ke Lawangsewu, Minggu (24/7), kami semua rombongan XLNetRally melanjutkan perjalanan menuju kawasan Sam Poo Kong. Kawasan ini seperti dikutip dari situs Visit Semarang dikenal juga ...
Posting Terkait
XLNETRALLY(4) : MENJELAJAHI EKSOTISME KLASIK LAWANG SEWU
XLNETRALLY (2) : TOKO OEN YANG LEGENDARIS DI
XLNETRALLY(6) : SOTO PAK MAN DAN “INSIDEN” YANG
XLNETRALLY (1) : PENGALAMAN MENYENANGKAN NIKMATI KERETA BER
XLNETRALLY(5) : JEJAK LAKSAMANA CHENG HO DI KAWASAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *