AMPROKAN BLOGGER 2011 (6) : JABABEKA MOVIELAND & HARAPAN BLOGGER SEBAGAI HATI NURANI MASYARAKAT INDUSTRI

Cuaca begitu cerah menyongsong kedatangan rombongan peserta Amprokan Blogger 2011 yang terdiri atas 3 bis di Movieland Kota Jababeka, Minggu (18/9). Rombongan disambut dengan ramah oleh tim Marketing Kota Jababeka yang dipimpin oleh ibu Lilis Nuraeni serta Pak Eka Budianta, pengelola Jababeka Botanical Garden di Hollywood Plaza Movieland. Sekitar 180 orang peserta (yang mengenakan kaos biru) dan panitia (mengenakan kaos kuning) Amprokan Blogger langsung menempati area pertemuan yang disiapkan dalam gedung yang menjadi kantor pusat perusahaan property terkemuka di Cikarang, Kota Jababeka.

Setelah saya menyampaikan kata sambutan mewakili Blogger yang hadir, Pak Purbadi General Manager Kota Jababeka menyampaikan pengantar sebelum kami semua mengikuti perjalanan “Jababeka Amazing Tour 2011” dalam rangka Amprokan Blogger 2011 ini. Dalam kata sambutannya, Pak Purbadi menyatakan rasa bangga dan senangnya, karena untuk kedua kalinya Jababeka menjadi sasaran kunjungan Amprokan Blogger 2011. “Saya berharap kunjungan kawan-kawan Blogger di Kota Jababeka ini akan semakin membuka wawasan tentang bagaimana kami mengelola serta mengembangkan lingkungan yang hijau dan harmonis disela-sela gemuruh pembangunan property dan pabrik di Kota Jababeka,”ujar pak Purbadi sembari tersenyum.

Setelah itu tampil Pak Eka Budianta, sosok yang dikenal sebagai budayawan dan sastrawan ini merupakan pengurus dari Botanical Garden serta Jababeka Multicultural Center memberikan pencerahan yang sangat berarti kepada para peserta tentang pohon, pelestarian lingkungan dan tentu saja tentang kecerdasan ekologis. Setidaknya, ada tujuh poin penting yang dikemukakan Pak Eka dalam pertemuan tersebut, yakni:

Pertama, pengertian industri. Kalau mendengar kata industri, yang terbayang adalah mesin, pabrik, polusi, pemogokan buruh, hidup sumpek dan berat. Padahal pengertian mendasar dari industrius adalah rajin, terampil, hidup yang produktif. Jadi para blogger perlu meluruskan pengertian yang benar dari industri sebagai cara hidup yang rajin, tekun dan produktif.  Industriwan artinya orang yang rajin, tekun, bekerja keras, dan selalu belajar untuk meningkatkan ketrampilan serta pengetahuannya.

Kedua, industri hijau punya dua macam pengertian. Pertama, hortikultura atau perniagaan tanaman, perkebunan, budi daya pohon dan rumput untuk taman. Kedua: industri yang hemat energi, efisien mengolah bahan baku, tidak mencemari alam. Kedua pengertian ini dilaksanakan di Jababeka.  Hal itu dapat dilihat pada pengembangan nurseri, lapangan golf, botanic gardens, tanaman hias dan sawah-sawah yang dilestarikan. Di saat yang sama ada 1500 pabrik yang berjuang menjadi industri bersih, dengan continuous improvement – peningkatan berkelanjutan.

Ketiga, para bloggers diharapkan menjadi hati nurani dari masyarakat industri.  Hati nurani berfungsi menjaga kesadaran untuk selalu di jalan yang benar, meningkatkan mutu kehidupan dari waktu ke waktu. Setiap industriwan bekerja keras, berpikir keras, dan memiliki semangat mengabdi. Sering kali melebihi kewajiban atau kebiasaan sehari-hari.  Ketika masyarakat pada umumnya (yang konsumtif itu) tidur nyenyak, para bloggers sebagai industriwan justru berpikir.  Mereka bekerja sebagaimana para arsitek, sastrawan dan peneliti berkutat di laboratorium tanpa mengenal waktu.

Keempat, dalam industri hijau kita mengutamakan ekologi di atas ekonomi, karena sadar bahwa hidup memerlukan lingkungan yang sehat.  Kita memperhatikan dan melindungi flora dan fauna, keaneka-ragaman hayati, kesehatan lingkungan. Para bloggers dapat membantu masyarakat untuk selalu meningkatkan kecintaan pada lingkungan.

Kelima, cinta pada sesuatu berarti: memahami, mengelola, dan mempromosikan dengan benar.  Kalau kita cinta pohon artinya kita mengenal dan paham betul nama pohon itu, apa manfaatnya, dari mana berasal.  Kita juga terampil merawatnya, mulai dari menanam sampai panen. Kita paham penyakitnya, keistimewaannya dan bagaimana pengembangannya.  Tentu yang tak kurang pentinya: kita berhasil mengajak orang lain ikut mencintai tanaman yang kita cintai.

Keenam, sebagai kelanjutan menanam pohon, memperbaiki habitat, tentu adalah melengkapinya.  Karena itu pada kunjungan kedua para bloggers di Jababeka ini, kita tidak menanam pohon tapi melepaskan burung.  Kita mengisi lingkungan yang sudah mulai bagus dengan fauna.  Burung dilepas pada bulan Agustus sampai Oktober.  Ikan dilepas pada bulan Maret sampai Mei.  Dan agenda tanam yang paling ideal adalah November sampai Februari.  Hari menanam nasional adalah 1 Desember.

Ketujuh, kita berusaha meneruskan tradisi dan setia pada pelestarian bumi.  Untuk melakukan tugas ini kita perlu bimbingan Khalik Pencipta Alam semesta.  Kita lakukan yang terbaik sesuai dengan kekuatan, bakat dan kesempatan yang kita miliki.  Tetapi kita serahkan hasilnya, dan kita mohon bimbingan Tuhan dalam melakukan tugas kewajiban ini.  Maka, seorang blogger yang juga pengurus rumah yatim piatu di Bekasi, memimpin doa pelepasan burung dengan indah sekali.   Mohon blogger yang memimpin doa itu dihubungi untuk membagikan doanya kepada semua bloggers di Indonesia.

Setelah pemaparan yang inspiratif dari Pak Eka tampil Pak Alan Yee, Business Development Manager Indonesia Movieland Jababeka. Beliau menerangkan konsep dan pengembangan kawasan Movieland di Jababeka sebagai “Hollywood”-nya Indonesia. Silakan simak presentasi beliau dibawah ini:

Indonesia movieland

Impian Jababeka akan menjadi masa depan bagi industri film dan televisi di Indonesia dipaparkan secara visioner oleh Pak Alan .

Setelah foto bersama didepan Hollywood Plaza, rombongan blogger bergerak menuju acara tour keliling di Kota Jababeka yang dipimpin oleh Ibu Lilis yang menjadi penanggung jawab kegiatan Kota Jababeka Amazing Tour (KJAT) ini. Dengan dikawal mobil Security PT Jababeka, 3 bis yang membawa para blogger diajak berkeliling mulai dari melihat kawasan Movieland kemudian Presiden University, Sekolah Islam Al Azhar, Korean ICT Training Center, Jababeka Medical Center, Jababeka Golf & Country Club, Kawasan Perumahan Tropikana dan kemudian berhenti di Botanical Garden dimana tahun lalu para Blogger pernah melakukan penanaman pohon disini.

“Tujuan kami melaksanakan KJAT Tour ini selain mengenalkan fasilitas yang dimiliki sekarang oleh Kota Jababeka kepada para blogger juga ingin memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pengembangan kedepan kawasan ini sebagai kawasan kota Mandiri, Terpadu, dan tentu saja tetap mempertahankan kelestarian lingkungan,” demikian ungkap ibu Lilis Nuraeni kepada kami sebelum melaksanakan tour. Rombongan Blogger sangat menikmati rindangnya pepohonan dan keasrian alam di Botanical Garden Jababeka.

“Lihatlah ini pohon yang ditanam Ketua Blogger Bekasi, Pak Aris masih tumbuh dengan subur setelah setahun ditanam,” kata Pak Eka sambil menunjuk sebuah pohon disebelahnya. Anhie, anggota Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri, juga terpekik riang saat melihat pohon yang ditanamnya tahun lalu dalam Amprokan Blogger 2010 tumbuh semakin tinggi.

Seperti yang dikemukakan Pak Eka pada presentasinya, kali ini para blogger tidak menanam pohon namun melepaskan burung. Pihak Jababeka sudah menyiapkan burung merpati dan tekukur untuk dilepaskan dari sangkarnya oleh para Blogger. “Pelepasan burung ini sekali lagi menunjukkan bahwa kita ingin melengkapi kawasan flora yang sudah dibangun dengan baik di Botanical Garden ini dengan fauna, sebuah upaya membangun harmoni ekosistem di lingkungan kita,” demikian kata Pak Eka sebelum prosesi pelepasan burung dilaksanakan.

Suasana menjadi sangat meriah saat burung dilepaskan udara. Para perwakilan komunitas blogger daerah dengan sangat antusias melepas burung dengan sorak-sorai penuh semangat. Prosesi pelepasan burung dan ziarah pohon di Botanical Garden ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Mas Yulef.

Dari Botanical Garden, rombongan blogger bergerak menuju sarana WTP (Water Treatmeant Plant) yang dikelola oleh PT Jababeka dan melayani khususnya kawasan perumahan. Di fasilitas ini, dijelaskan bagaimana air bersih dihasilkan dari pengolahan air yang diambil dari Kalimalang Bekasi kemudian didistribusikan kepada pelanggan perumahan.

Makan siang yang nikmat sudah menunggu saat rombongan kembali ke Hollywood Plaza. Pada kesempatan tersebut diumumkan pula Juara lomba “Live Tweet” dengan tagar #JababekaMovieland dengan mentioned ke akun twitter @kjat01 untuk 3 orang pemenang yang beruntung. Hadiah menarik berupa souvenir dan merchandise dari Kota Jababeka Amazing Tour dianugerahkan kepada para pemenang.

(bersambung)

 




 

Related Posts
AMPROKAN BLOGGER 2011 (4): KECERDASAN EKOLOGIS DALAM PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL
"ari kita berkaca pada diri masing-masing, apakah kita semua sudah memiliki kecerdasan ekologis?" Sebuah pertanyaan menohok datang dari Emmy Hafild seorang "pendekar" wanita di bidang pelestarian lingkungan hidup saat membawakan presentasi ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (1) : MENGASAH KECERDASAN INTERNET DAN EKOLOGIS ITU”SESUATU BANGET”!
abtu pagi (17/9) matahari menyapa penuh kehangatan saat saya tiba di aula Asrama Haji Bekasi, tempat pelaksanaan kegiatan Amprokan Blogger 2011 yang kedua. Sejumlah rekan panitia tampak sibuk menyambut kedatangan ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (7) : JELAJAH SITU BEKASI & TAMAN BUAYA CIBARUSAH
atahari seakan "membakar" Cikarang dengan teriknya yang menyengat saat Rombongan peserta Amprokan Blogger 2011 bergerak menuju lokasi kunjungan berikutnya dari Jababeka Cikarang menuju Situ Bekasi yang berada di Kec.Serang Kabupaten ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (5): DISKUSI SANTAI TENTANG KEBEBASAN BEREKSPRESI & PERAN NETIZEN
alam minggu (17/9) di aula Asrama Haji terlihat begitu romantis. Ada bulan menggantung dan sembunyi malu-malu di balik awan. Saya menyaksikan pemandangan itu dari lantai 2 tempat penyelenggaraan Amprokan Blogger ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (2) : TENTANG MATAHARI KECIL YANG MENGHANGATKAN & ATRAKSI ANGKLUNG YANG MEMUKAU
rosesi acara pembukaan Amprokan Blogger 2011 yang dibuka oleh Menkominfo Tifatul Sembiring (baca artikelnya disini) kemudian dilanjutkan diskusi tematik tentang Kebebasan Berekspresi di Internet. Dipandu oleh Presiden Blogger ASEAN chapter ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (3) : SOSIALISASI KEGIATAN BLOGGER DAN ACUAN KONSEP ETIKA ONLINE
eusai makan siang sembari dihiburan 'Angklung Orchestra" dari SMK Banisaleh, para peserta Amprokan Blogger 2011 kembali mengikuti sesi berikutnya yang kali ini diisi oleh sosialisasi kegiatan acara blogger antara lain ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (4): KECERDASAN EKOLOGIS DALAM PERSPEKTIF
AMPROKAN BLOGGER 2011 (1) : MENGASAH KECERDASAN INTERNET
AMPROKAN BLOGGER 2011 (7) : JELAJAH SITU BEKASI
AMPROKAN BLOGGER 2011 (5): DISKUSI SANTAI TENTANG KEBEBASAN
AMPROKAN BLOGGER 2011 (2) : TENTANG MATAHARI KECIL
AMPROKAN BLOGGER 2011 (3) : SOSIALISASI KEGIATAN BLOGGER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *