KEGEMBIRAAN YANG MENYEHATKAN, SPIRIT UTAMA FORNAS 2011

Main Layang-layang adalah salah satu hobi saya dimasa kecil, selain sepakbola dan berenang. Saat masih tinggal di Bone-Bone (sebuah kampung yang berjarak 500 km dari Makassar) dulu , permainan ini kerap saya mainkan bersama teman-teman sebaya. Meningkat ke SMP, hobi ini tidak saya tinggalkan. Dibelakang rumah saya di Kompleks Pertanian Kab.Maros terdapat pelataran luas untuk menjemur padi dengan hamparan sawah disebelahnya. Ini sebuah “arena” terbaik bermain layang-layang karena selain berada di area luas dan terbuka juga hembusan angin yang cukup kencang dan stabil menerbangkan layang-layang.

Aktifitas bermain ini sungguh sangat memicu rasa gembira dan tentu saja menjalin interaksi antar sesama sahabat yang ikut main layangan bersama saya. Menyaksikan layang-layang kami meliuk-liuk di udara dengan latar belakang awan berwarna biru sungguh menerbitkan sensasi tersendiri. Suasana menjadi kian seru ketika kami saling beradu layangan. Benang tempat mengikat layang-layang memang sudah kami persiapkan untuk “bertarung” diudara. Dibutuhkan keterampilan sendiri untuk mampu memutuskan benang sang lawan. Bila ada salah satu layangan yang putus, kami akan bersorak-sorai kegirangan menyongsong kemenangan itu.

Hari ini, saya kembali terkenang masa muda yang indah bermain layangan saat membaca situs Festival Olahraga dan Rekreasi Nasional (FORNAS) dimana salah satu mata acaranya adalah Festival Layang-Layang. FORNAS adalah ajang lomba olahraga rekreasi dan tradisional yang diselenggarakan oleh FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) yang baru pertama kali diadakan dan belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 6-9 Oktober 2011 di Parkir Timur Senayan Jakarta.

Tidak hanya Festival Layang-Layang saja, dengan mengusung konsep Sportainment (sport and entertainment), FORNAS 2011 akan berisikan rangkaian kegiatan yang diantaranya melibatkan cabang-cabang olahraga rekreasi yang memikat, menggembirakan dan tentu saja menyehatkan . Adapun rangkaian kegiatan tersebut terdiri dibagi menjadi Sport Competition diantaranya:  Modern Sport seperti atraksi sepeda BMX, Skate Board, Inline Skate, Cheerleader, 3 on 3 Basket Ball dan Street Soccer. Sementara dari cabang lomba tradisional ada  Liong dan Barongsai, Olahraga 3 in 1 (Terompah Panjang, Dagongan dan Engrang), Tarik Tambang, Gebuk Bantal dan Gulat Tradisional. Dari cabang Massive Sport Senam Taichi Chuan, Senam Tera, Senam Aerobik Marathon, Senam Jantung Sehat Seri 5, Senam Ayo Bersatu 1 & 2, Senam PORPI, Senam Line Dance. Kemudian ada Sport Exhibition: Senam Kreasi Daerah dan Olahraga Beladiri Modern (Capoeira dan Parkour). Untuk Sport Festival ada Festival Layang-layang, Festival Pencak Silat Budaya, Festival Olahraga Tradisional Daerah dan Olahraga Beladiri Tradisional (Aikido, Jujitsu, Kendo, Karate).

Selama 4 hari para peserta FORNAS akan menjajal kemampuan masing-masing, menaklukkan lawan hingga akhirnya masuk ke babak final di puncak acara tanggal 9 Oktober 2011. Para pemenang akan mendapatkan Dana Pembinaan dari panitia FORNAS. Bagi anda yang tidak ikut dalam kegiatan lomba, jangan khawatir. Tersedia event Bazaar, DJ Performace, Live Music serta tentu saja stand food court yang akan memanjakan lidah anda dengan sajian masakan yang lezat.

Tidak hanya itu, panitia FORNAS juga menyiapkan lomba-lomba menarik seputar kegiatan ini. Mulai tanggal 22 September 2011 hingga hari pelaksanaan (6-9 Oktober 2011) diadakan Lomba Foto tentang Olahraga Rekreasi terutama cabang olahraga yang akan dipertandingkan di FORNAS. Peserta lomba tidak dibatasi dan bisa diikuti siapa saja. Caranya mudah, tinggal upload foto anda ke Halaman Facebook FORNAS dan anda akan memiliki kemungkinan memenangkan hadiah senilai Rp 8 juta mulai dari Voucher, telepon genggam dan sepeda khususnya untuk foto yang mendapatkan “Like” terbanyak. Pemenang diumumkan tiap minggu di Facebook dan akan dihubungi langsung oleh Admin Social Media Facebook.

Di kanal Twitter, panitia FORNAS juga menyiapkan kuis-kuis menarik seputar pelaksanaan acara. Silahkan follow akun twitter @fornasindonesia Setiap 2 hari sekali dilaksanakan kuis dan dihari kedua akan diumumkan pemenangnya dengan total hadiah Rp 2 juta dalam bentuk voucher pulsa (Rp 100 ribu) dan voucher belanja (Rp 100 ribu).

Saya sangat menyambut baik inisiatif pelaksanaan FORNAS ini karena tidak hanya memiliki esensi menyehatkan tubuh melalui gerakan badan yang energik namun terlebih penting lagi adalah iklim kompetisi yang dibangun dalam nuansa kegembiraan. Suasana yang menyenangkan melalui interaksi intens para peserta kegiatan (termasuk tentu saja para penontonnya) akan menumbuhkan semangat kekeluargaan dan kebersamaan.

Mari kita sukseskan FORNAS 2011 !

Sumber Foto : Halaman Facebook Fornas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *