BLOGGER NUSANTARA & WAWASAN BLOGPRENEUR INDONESIA

Sejarah Indonesia menunjukkan, harapan adalah sesuatu yang sulit, tapi tak pernah padam. Kita memang sering kecewa; kita memang tahu sejak 1945 Indonesia dibangun oleh potongan-potongan optimisme yang pendek. Tapi sejak 1945 pula Indonesia selalu bangkit kembali. Bangsa ini selalu berangkat kerja kembali, mengangkut batu berat cita-cita itu lagi, biarpun berkali-kali tangan patah, tubuh jatuh, dan semangat terguncang.

 

Sementara itu, makin lama kita makin arif: kita memang tidak akan bisa mencapai apa yang kita cita-citakan secara penuh; tapi kita merasakan bahwa Indonesia adalah sebuah amanah-dan dalam pengertian saya, sebuah amanah adalah tugas takdir dan sejarah. Dengan kata lain, kita tak bisa melepaskan diri dari komitmen kita buat Indonesia. Selama kita ada.

–Goenawan Muhammad, Majalah Tempo 24 Mei 2010

Setelah sebelumnya jagad blogger Indonesia “gonjang-ganjing” dengan pertemuan Amprokan Blogger yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Bekasi bulan lalu, maka akhir Oktober ini, blogsphere Indonesia kembali dihebohkan dengan pelaksanaan Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo, tanggal 28-30 Oktober 2011. Bagi saya ini merupakan sebuah fenomena yang “sesuatu banget”, dimana blogger Indonesia semakin memaknai perannya, tidak hanya sebatas mengungkapkan curhat lewat “diary online” namun juga mengagas inisiatif perubahan kearah lingkungan dan peradaban lebih baik bahkan mampu mandiri dengan memanfaatkan blog sebagai lahan untuk menghasilkan uang.

Semangat luhur yang digemakan oleh Blogger Nusantara dalam blognya sungguh sangat mengesankan. Seperti dinyatakan pada halaman “Tentang Kami”:

Blogger Nusantara digagas sebagai paguyuban blogger yang bersifat
lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat
kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia.

Sangat disadari bahwa bukan sesuatu yang mudah mencapai semangat
kebersamaan itu. Butuh waktu yang tidak singkat memupuk rasa
persaudaraan blogger hingga terhimpun dalam paguyuban; suatu
masyarakat atau kelompok yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan
perseorangan yang kuat.

Mungkin ada yang menganggap bahwa ini adalah sebuah ungkapan yang cenderung retoris dan utopis. Tapi bagi saya, ini bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.Harus diakui memang butuh waktu yang tidak singkat untuk memupuk rasa persaudaraan antar blogger, namun saya meyakini, interaksi online yang intens lintas jarak dan waktu akan menjadi katalisator sekaligus pemicu yang efektif untuk membina serta mengembangkan kebersamaan antar sesama blogger Indonesia, ,melalui Blogger Nusantara.

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Prof.Dan Gilmor, penulis buku “We The Media:  Grassroots Journalism by the people,  for the people (2004)” yang antara lain menyatakan evolusi media di masa depan akan dicirikan dengan terbentuknya sebuah ekosistem yang menghadirkan dialog multi arah, serta penguatan dialog masyarakat sipil di tingkat lokal,nasional maupun internasional. Dan Blogger memegang peran penting sebagai bagian utama dari ekosistem tersebut dengan membangun dialog yang sehat dan bermartabat lintas komunitas  lewat masing-masing media yang dimiliki.

Kehadiran Blogger Nusantara bagi saya — mengutip ungkapan sastrawan Goenawan Muhammad diatas — adalah wujud komitmen untuk Indonesia. Menunjukkan eksistensi. Menunaikan amanah, sebagai bagian dari tugas dan sejarah. Sama halnya seperti Komunitas Blogger Bekasi menggelar Amprokan Blogger kedua, tanggal 17-18 September 2011 lalu yang menghadirkan perwakilan komunitas blogger seluruh Indonesia, ditenagai oleh semangat silaturrahmi yang tinggi, spirit kebersamaan dan tentu saja bagian dari amanah kolektif membawa bangsa ini kearah yang lebih baik.

Kopdar Blogger Nusantara yang memberikan aksentuasi khusus pada Blogpreneur Indonesia, menjadi memiliki arti khusus karena kegiatan ini berusaha mengartikulasikan keinginan agar Blogger-Blogger Indonesia bisa menjadi lebih mandiri secara finansial dengan memberdayakan blog yang dimiliki dengan mendapatkan penghasilan baik melalui optimalisasi SEO, menjadikan blog sebagai sarana promosi bisnis atau menjadi blogger profesional.

Kebersamaan Blogger dalam Amprokan Blogger 2011, Bekasi

Kesempatan pertemuan Blogger Nusantara di Sidoarjo yang seperti ditulis penyelenggara merupakan “anomali” karena dilaksanakan jauh dari ibukota dengan mengusung tema “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia” menurut saya menerbitkan asa untuk menghadirkan lebih banyak lagi Blogpreneur-Blogpreneur Indonesia baru yang mandiri dan menghasilkan konten-konten bermutu serta inspiratif.

Sekiranya bisa menitipkan harapan, maka dengan segala kerendahan hati saya menginginkan agar:

1. Kopdar Blogger Nusantara akan menjadi inspirasi nasional bagi Gerakan Konten Blog Positif dan Berkualitas. Dengan kopdar ini yang tentu bakal menghadirkan banyak narasumber yang memiliki kapasitas mumpuni dalam bidangnya diharapkan menjadi sumber acuan untuk menjadikan acara ini sebagai momentum dashyat tumbuhnya kesadaran menjadikan Indonesia lebih baik melalui konten blog yang positif dan mencerahkan. Terlebih sehari sebelum acara ini diadakan diperingati pula Hari Blogger Nasional kelima yang jatuh setiap tanggal 27 Oktober.

2. Kopdar Blogger Nusantara yang juga didukung oleh mitra terpercaya blogger Indonesia, IDBlognetwork, kiranya menjadi sarana kolaborasi efektif lintas daerah, lintas komunitas untuk menggagas peran masing-masing dalam menumbuhkan iklim berinternet yang sehat dan kondusif di Indonesia. Saya meyakini, momentum ini menjadi sebuah posisi tawar yang bagus buat blogger nusantara untuk merealisasikan pemerataan berinternet yang murah dan cepat di negeri ini.

3. Acara kopdar Blogger Nusantara ini tidak sekedar berhenti sebagai ajang seremonial belaka, namun yang paling penting adalah, seusai acara yang akan melibatkan lebih dari seribu blogger tersebut, terjalin ikatan emosional yang kokoh dengan mendayagunakan database peserta yang lengkap dan terintegrasi, dimana kedepan diharapkan bisa terjalin sinergi konstruktif antar daerah, antar komunitas berdasarkan identifikasi kebutuhan dan profil yang akurat pada database Blogger Nusantara.

4. Kopdar Blogger Nusantara memberikan dampak sosial yang efektif terutama bagi tumbuh dan berkembangnya iklim & budaya menulis, mengungkapkan aspirasi serta pendapat secara terbuka, demokratis dan elegan lewat blog serta menjadi pelopor lahirnya blogger-blogger baru yang “menularkan” semangat kebangsaan yang positif tentu ini sejalan dengan spirit Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan juga menjadi awal kegiatan Blogger Nusantara ini.

5. Kopdar Blogger Nusantara akan menjadi acuan gerakan kesadaran kolektif mencintai produk Indonesia dengan memberdayakan keunikan potensi serta kekayaan sosial budaya masing-masing blogger lintas daerah serta saling mempromosikan potensi-potensi tersebut lewat blog dan jaringan masing-masing. Diharapkan, selepas acara ini, website blogger nusantara dapat menjadi basis promosi wisata di Indonesia dengan konten-konten yang berasal dari berbagai komunitas blogger daerah.

6. Kopdar Blogger Nusantara memberikan wawasan baru Blogpreneur Indonesia, yang akan menyajikan gambaran nyata prospek gemilang Blogpreneur sebagai alternatif solusi dunia kerja di Indonesia. Diharapkan pertemuan ini akan menggagas sosok Blogpreneur Indonesia yang cerdas, kreatif, gaul dan bermartabat.

7. Kopdar Blogger Nusantara ini akan menggagas inisiatif strategis dan taktis untuk memberikan kontribusi lebih luas bagi upaya mengembangkan kebebasan berekspresi, terbuka dan bertanggung jawab di Internet pada tingkat regional dan global. Diharapkan peran ini bisa dimainkan salah satunya melalui Blogger ASEAN chapter Indonesia yang baru dicanangkan Bulan Mei lalu.

Semoga semuanya bisa terwujud dan menunjukkan kita ada.

Hadir dan mengalir.

Untuk Indonesia yang kita cintai.

Maju terus Blogger Nusantara!

 

 

 

Related Posts
DELLIANI : “MY NEW BLOGGING WEAPON”
Kehadiran si Delliani, sebuah nama yang saya sematkan pada Netbook DELL Inspiron Mini 9 yang saya terima kemarin sebagai hadiah doorprize saat peluncuran produk Dell Terbaru di Plaza FX tanggal ...
Posting Terkait
Ustadz Syuhada Memimpin Pengajian
abtu malam, 9 April 2011, bertepatan dengan perayaan ulang tahun saya ke 41, kami sekeluarga berinisiatif melaksanakan pengajian/pembacaan surat Yaasin di rumah sebagai wujud rasa syukur, selain atas bertambahnya usia ...
Posting Terkait
KUNJUNGAN SINGKAT KE MAKASSAR
um'at malam (23/12), saat saya bersama istri dan anak-anak tengah menyantap hidangan ala Sunda di Rumah Makan "Dapur Coet" sekedar merayakan hasil Ujian Akhir Rizky dan Alya yang memuaskan, tiba-tiba ...
Posting Terkait
CATATAN DARI HALAL BI HALAL KOMUNITAS TDA & BLOGGER BEKASI
Sabtu pagi (31/8), sekitar pukul 10.15, saya tiba di Nic's Cafe Bekasi bersama-sama dengan juragan Netcomm Computer Pak Darmawan Syaefullah alias Pak Wawan. Kami memang janjian berangkat bareng dari Cikarang, ...
Posting Terkait
SPIRIT KETANGGUHAN ELANG PENJELAJAH DALAM KEHANDALAN DAN KENYAMANAN BERKENDARA
ada 18 Maret 2013 silam telah dilaksanakan Public Launching produk paling anyar dari Produsen otomotif terkemuka di negara kita PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia : Etios Valco. City Car bertransmisi ...
Posting Terkait
DARI SEMINAR PRE-EVENT ABFI 2013 : MENJADI BLOGGER YANG HIGH TECH DAN HIGH TOUCH
"logger Indonesia, patut bersyukur karena menjadi Blogger paling beruntung khususnya di kawasan ASEAN," kata sang Begawan Marketing terkemuka, Hermawan Kartajaya, dalam acara Seminar Pre-Event ASEAN Blogger Festival Indonesia (ABFI) yang ...
Posting Terkait
1. Hanya Tiga Kata Ya, cukup 3 kata untuk mendeskripsikan siapa anda atau kawan anda. Ini sebentuk media sosial gaya baru yang unik dengan menyajikan deskripsi mengesankan tentang seseorang dalam tiga ...
Posting Terkait
DARI TALKSHOW DI PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA ; MENULIS ITU MENYENANGKAN !
"unia Menulis sesungguhnya Dunia Orang Biasa!," demikian ujar mas Junanto Herdiawan, penulis buku "Shocking Japan", "Shocking Korea" dan "Japan After Shock" ini dalam acara Talkshow "Menulis Itu Menyenangkan" yang diselenggarakan ...
Posting Terkait
KEBEBASAN BEREKSPRESI DI INTERNET DAN DINAMIKA SOSIOLOGIS MASYARAKAT KITA
ada sebuah kesempatan ke Kota Palembang sebagai moderator dalam acara Blogilicious bulan lalu, saya sangat beruntung dapat "oleh-oleh" spesial DVD Film Linimasa dari mas Donny BU, dosen dan Senior Associate ...
Posting Terkait
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
Lihatlah gadis yang berjalan sendiri di pinggir sungai Lihatlah rambutnya yang panjang dan gaunnya yang kuning bernyanyi bersama angin Cerah matanya seperti matahari seperti pohon-pohon trembesi Wahai, cobalah tebak kemana langkahnya pergi (“Gadis dan Sungai”, ...
Posting Terkait
DELLIANI : “MY NEW BLOGGING WEAPON”
KEJUJURAN KUNCI KEBAHAGIAAN RUMAH TANGGA
KUNJUNGAN SINGKAT KE MAKASSAR
CATATAN DARI HALAL BI HALAL KOMUNITAS TDA &
SPIRIT KETANGGUHAN ELANG PENJELAJAH DALAM KEHANDALAN DAN KENYAMANAN
DARI SEMINAR PRE-EVENT ABFI 2013 : MENJADI BLOGGER
YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (40)
DARI TALKSHOW DI PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA ; MENULIS
KEBEBASAN BEREKSPRESI DI INTERNET DAN DINAMIKA SOSIOLOGIS MASYARAKAT
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN

30 comments

  1. h – 20 : tinggal 20 hari lagi event ini dimulai 🙂
    deg degan, sama deg degannya ketika pertama kali ke Blogilicious, bahkan kali ini akan hadir dari Seluruh Indonesia,

    Smpai jumpa di Sidoarjo pa 🙂
    Kali ini bila sempat aku ingin foto bareng ama pa Amril, soalnya dulu gak sempat Foto kayaknya xixixixi

  2. sepertinya temu blogger nusantara saya terpaksa tidak hadir, namun kami pasti akan kirim utusan dari sukabumi, insyaAllah di Sukabumi akan ada event blogger utk tanggal tersebut, tidak apa berhenti sejenak di kota kami untuk mengejar kalian yang sudah berlari di dunia blogging comunity 😀 tetep semangat pak Amril dkk, rekan2 blogger nusantara juga

  3. Blogger Nusantara adalah milik kita bersama.

    Milikku, Milikmu dan Milik kita semua…

    Terlahir dari sebuah kesadaran untuk bersatu seperti halnya Soempah Pemoeda 1928, sejarah tak bisa dipungkiri, pemuda – pemuda Indonesia berperan besar dalam perjalanan bangsa ini.

    Kini, jadikan Blogger Nusantara 28 Oktober 2011 sebagai tonggak berdirinya sebuah semangat baru blogger Indonesia ….

    Maju terus Indonesiaku….

    I’am Blogger Nusantara

  4. even ini bagi saya merupakan momen kebangkitan blogger nusantara..

    blogger nusantara sudah selayaknya menjadi blogger yang mandiri, dimana blogger itu sendirilah yang menentukan arah dan jalannya. tidak seperti saat ini yang cenderung terpaku pada perusahaan-perusahaan besar, semisal google..

    bukannya tidak boleh bekerja sama dengan google (adsense), tapi akan lebih baik lagi jika blogger yang menciptakan bisnis onlinenya sendiri..

  5. Kopdar 1000 Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia memang “sesuatu bangeeetz..” semoga dengan adanya Blogger Nusantara lahir ide2 kreatif lainnya, terutama memajukan perekonomian bangssa… TANPA KORUPSI!
    Salam Sukses 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *