256043_10150243299048304_522343303_7316269_849161_o

Kehadiran IDBlognetwork (selanjutnya saya singkat menjadi IBN) di jagad blog Indonesia, sungguh fenomenal. Gebrakannya yang tampil menjadi “jembatan” antara blogger dan publisher dengan beragam fitur yang unik serta tawaran kompensasi yang menggiurkan membuat kehadiran IBN bagaikan oase yang menyegarkan dalam hiruk pikuk dunia blog Indonesia yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun (data terakhir menyebutkan sudah mencapai lebih dari 5 juta blog).

Sebagai sebuah start-up lokal yang baru merintis bisnis publikasi online dengan mengandalkan jaringan blogger Indonesia, langkah IDBlognetwork setelah setahun lebih kelahirannya sangat spektakuler. Dengan cerdik IBN memasuki “ceruk pasar” yang potensial tapi nyaris tak terlirik yakni memberdayakan blog-blog Indonesia sebagai media publikasi. Para pengiklan besar pada umumnya memang lebih memilih portal atau media online untuk beriklan. IBN merangkul blogger Indonesia sebagai mitra strategis mereka memasarkan iklan produk klien mereka lewat  blog dengan kompensasi yang “lumayan”.  Melalui kemampuan kolegial serta referal para blogger pesan advertorial yang disampaikan mampu menjangkau sasaran target yang diharapkan sang pemasang iklan.

Tidak hanya sudah merangkum 5201 blog (data terakhir saat posting ini dibuat) dalam komunitasnya namun perusahaan ini sudah mampu menjalin kerjasama dengan klien-klien besar dan potensil yang mempercayakan iklan produk mereka lewat publikasi blogger melalui IDBlognetwork. Tercatat Telkomsel, XL. Kemenbudpar (Promosi Pariwisata), Nokia, Berniaga, Mazda, Indosat, OSK188 dan Unilever Indonesia masuk dalam jejaring klien IBN. Berkat IBN, saya bahkan mendapatkan kesempatan emas jalan-jalan ke Hongkong Disneyland sebagai salah satu dari 6 Blogger Indonesia yang terpilih berwisata ke Taman Disney kedua di Asia itu. Pada Rabu 21 September 2011, Idblognetwork mengumumkan mendapatkan partner dalam pendanaan dari investor terkemuka yang senantiasa memberikan perhatian pada Start Up Indonesia yang potensil yakni, East Ventures. Ini sebuah momentum besar bagi IBN untuk mempercepat akselerasi mereka untuk bertumbuh.

Ada sejumlah kanal layanan yang disediakan oleh IBN yakni  PpC (Pay Per Click) adalah advertising berdasarkan jumlah klik yang didapat, advertiser membayar jumlah klik yang didapat, PpA (Pay-Per-Action) adalah Advertiser membayar berdasarkan jumlah ‘Action’ yang didapat oleh advertiser, ‘Action’ itu berupa feedback berupa isian form yang diisi oleh calon customer, jumlah download brochure ataupun sales order serta PpP (Pay-Per-Post) adalah review ulasan mengenai produk/services yang diulas oleh blogger, Advertiser membayar berdasarkan jumlah artikel yang ditulis oleh para blogger. Yang menarik IBN JUGA menyediakan terobosan baru berupa Twitter Campaign dimana melibatkan blogger melakukan kampanye iklan lewat microblogging twitter.

Saya beruntung mendapatkan kesempatan mewawancarai Mubarika Darmayanti, Chief Business Officer IBN salah satu yang merintis kehadiran perusahaan ini (selain Mubarika, juga ada Kukuh TW dan Moch.Farid sebagai co-founder). Perempuan cantik dan energik kelahiran 19 Maret ini memang berada di garda paling depan untuk meyakinkan klien atau pihak publisher untuk mengiklankan produknya melalui jejaring Blogger di IBN  yang mengandalkan Jaringan high quality blogs (No SARA + No Adult content) , memiliki traffic tinggi, konten orisinal dan memiliki passion besar dalam dunia blogging. IBN membuka kesempatan yang luas bagi advertiser/brand untuk langsung “menyentuh” target konsumen mereka. Secara ketat IBN melakukan seleksi dan verifikasi pada blog-blog yang sesuai dengan visi dan misi mereka. Saat ini masih ada 6446 blog yang berada dalam proses penilaian untuk masuk ke dalam jejaring IBN.

Melalui email alumni jurusan Komunikasi FISIPOL Universitas Hasanuddin, Makassar dan pernah bekerja sebelumnya di berbagai perusahaan (khususnya dibagian advertising)  seperti Admax Network, FeminaGroup, dan KompasGramedia ini menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan.

Berikut petikannya:

Pertama-tama saya ucapkan selamat Ulang Tahun pertama untuk IDBlognetwork pertama yg jatuh pada tanggal 1 Agustus 2011 lalu, bisa mbak Rika menceritakan bagaimana awalnya mendirikan IDBlognetwork?

Pertengahan Juni 2010, saya bertemu pertamakalinya dengan KukuhTW. Menurut saya, dia
seorang programmer yang brilian juga “pecandu” IT. Meeting tersebut selesai 6 jam
kemudian, yang akhirnya menghasilkan ‘embrio” blog aggregator. Buat saya, KukuhTW
adalah soulmate dan hanya dia yang bisa menerjemahkan hal tersebut.

Bagaimana latar belakang pendirian IBN? Apakah sebelumnya pernah terinspirasi dari layanan/produk serupa dari luar negeri?

Jujur, waktu itu saya belum banyak tahu mengenai layanan /produk serupa dari luar negeri yang telah ada. Saya justru terinspirasi dari banyaknya tulisan teman-teman blogger yang keren saat melihat di SERP. Saya berpikir, begitu banyak blog di Indonesia yang memiliki konten berkualitas namun belum bisa atau belum dapat memaksimalkan penghasilan dari aktifitas nge-blog.

Bisa diceritakan apa saja “produk” andalan IBN saat ini dan siapa saja yang telah menjadi mitra IBN dalam memasarkan produknya?

Produk andalan IBN saat ini adalah CPA (Aquisition). Campaign ini memungkinkan advertiser untuk mendapatkan KPI yang lebih akurat dan lebih “convert to sales”. Dimana dari data yang masuk, Akuisisi yang terjadi berupa database email/telpon, download materi/lagu, booking produk, dan lain-lain.

Sebagai jembatan antara Blogger dan Publisher apa saja hambatan yang dialami oleh IBN dalam mengelola secara profesional perusahaan dengan jumlah blogger yang bergabung sudah lebih dari 5000 orang dan terus bertambah setiap waktu?

Saya melihatnya sebagai proses belajar. Dalam 1 tahun ini, baik idblognetwork.com, teman-teman blogger sebagai publisher dan advertiser sendiri juga seiring sejalan bersama-sama memberi masukan dan kritikan terhadap kinerja Idblognetwork.com

Bagaimana strategi dan solusi IBN mengantisipasi tantangan-tantangan yang dihadapi?

Setiap tantangan kami hadapi dengan mempercepat roda progress kerja Idblognetwork itu sendiri. Tiap tantangan kami perlakukan sebagai milestones kami sehingga IBN tidak perlu “menengok ke belakang” bila ada tantangan serupa di masa datang.

Bulan Mei-Juni 2011 lalu, IBN menyelenggarakan Roadshow Blogilicious di 7 Kota besar
Seluruh Indonesia, apa target atau sasaran yang ingin dicapai oleh IBN melalui kegiatan tersebut? Dan apakah kegiatan akan rutin dilaksanakan tiap tahun?

Target Blogilicious sangat sederhana. PERTAMA ingin bertemu langsung dengan teman-teman blogger yang sudah dan akan bergabung di IBN; yang KEDUA adalah ajang berbagi pengalaman, ilmu, dan pengetahuan dari teman-teman Blogger Senior yang sudah mumpuni di dunia blogging kepada teman-teman blogger muda lainnya.

Bulan Maret lalu IBN bekerjasama dengan Hongkong Disneyland mengirim 6 orang blogger Indonesia kesana untuk meliput perayaan 5 tahun wahana tersebut disana, apakah ada rencana lanjutan dengan pihak Hongkong Disneyland atau pihak lain di luar negeri untuk kegiatan serupa?

Jujur untuk berbagai kerjasama perjalanan keluar negeri, sebenarnya ada beberapa agenda yang dilewatkan oleh IBN. Kami sedang mempersiapkan platform rekomendasi bagi para advertiser tersebut. Mudah-mudahan tahun depan hal ini sudah berjalan lancar, sehingga liputan blogger keluar negeri bisa terus berjalan.

Apa strategi jangka panjang IBN untuk tetap terus bertahan di tengah gempuran era digitalisasi informasi saat ini?

Strateginya hanya satu yakni fokus terhadap service dan pengembangan produk IBN agar dapat memenuhi ekspektasi publishers dan advertisers.

Ngomong-ngomong pernah gak sih ada blogger IBN yang pernah memperoleh pendapatan hingga 8 digit? Perolehan terbesarnya didapatkan dari layanan mana mbak?

Tiap blogger rata-rata memiliki spesialisasi tersendiri. Paling besar adalah dari CPA dan CPC. (Catatan: Dari Blog Mbak Rika yang saya baca disini ada blogger yang berhasil mendapatkan pendapatan hingga Rp 45 juta dari iklan ini!!)

Apa saran-saran mbak Rika kepada blogger-blogger khususnya bagi yang belum dan sudah bergabung dengan IBN ?

IBN adalah salah satu alternatif teman-teman blogger yang memiliki unique content dan
kombinasi dengan traffic yang baik untuk memonetize blognya. Kami terbuka bagi blogger
mana saja yang ingin bergabung dengan IBN.

IBN menjadi penyokong utama kegiatan Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo yg dilaksanakan akhir bulan Oktober 2011 nanti. Apa yang menjadi harapan IBN dengan adanya pertemuan tersebut dan apa yang menjadi dasar alasan IBN mendukung kegiatan kopdar Blogger Nusantara?

Kopdar Blogger Nusantara adalah acara dari blogger untuk blogger. Suatu bentuk lintas komunitas dimana siapa saja boleh bergabung. Idblognetwork sangat mensupport kegiatan tersebut. Jikalau nanti Blogger Nusantara memiliki agenda tersendiri diluar IBN yang sesuai visi dan misinya, kami tetap mensupport 100%.

Related Posts
WAWANCARA BERSAMA LUIGI PRALANGGA : “BLOGGER ADALAH ELEMEN STRATEGIS YANG HARUS DIPERHITUNGKAN DALAM DIALOG PEMBANGUNAN !”
osok blogger satu ini mungkin tak asing bagi kita semua. Luigi Pralangga yang kini bertugas sebagai Procurement Officer, United Nations Assistance Mission for Iraq (UNAMI), Iraq sejak Agustus 2010, merupakan ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA OM JAY : “NGEBLOG BUKANLAH PEKERJAAN YANG SIA-SIA!”
aya mengenal sosok Wijayakusumah atau akrab dipanggil Om Jay yang berbodi montok, ramah, bersahaja dan selalu tersenyum ini pada kopdar perdana Kompasiana 2 tahun silam. Rasanya betah ngobrol bersama blogger ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA LUIGI PRALANGGA : “BLOGGER ADALAH ELEMEN
WAWANCARA BERSAMA OM JAY : “NGEBLOG BUKANLAH PEKERJAAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

October 2011
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Profil di LinkedIn

Arsip

My Karaoke @ SoundCloud

Kicauanku di Twitter

Iklan

Creative Commons License

Lisensi Creative Commons
ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi. Silakan anda mengambil atau mengutip sebagian maupun seluruh isi blog ini asalkan jangan lupa mencantumkan sumber asli tulisannya. Terimakasih atas pengertian anda

Recent Comments

    My Instagram

    Good Reads Book Shelf

    Amril's books

    Nge-blog Dengan Hati
    3 of 5 stars
    Blogisme ala Ndoro Kakung Judul Buku : Ngeblog Dengan Hati Penulis : Wicaksono “Ndoro Kakung” Editor : Windy Ariestanty Penerbit : Gagas Media, Terbitan : Cetakan pertama, 2009 Jumlah Halaman : 142 Di ranah blog Indonesia, nama N...

    goodreads.com

    Page Rank Checker

    Free Page Rank Tool Pagerankchecker.com — Check your Pagerank Website reputation
    Alexa rank,Pagerank and website worth
    Powered by WebStatsDomain
    Blog

    Live Traffic Feed

    badge