CATATAN DARI PERJALANAN KE BATAM

Selasa (13/12) pagi pukul 06.15 pesawat Garuda GA 150 menyentuh mulus landasan Bandar Udara Hang Nadim, Batam. Hari itu, saya bersama staf dari bagian logistik, Andi Susanto, melaksanakan tugas rutin tahunan yaitu melakukan inventory asset di salah satu fasilitas kami di Batam. Cuaca cerah sedikit berawan menyongsong kedatangan kami berdua di kota otorita itu. Ini adalah kunjungan saya yang kedua ke Batam, setelah sebelumnya, tahun 1993 saya yang ketika itu masih mahasiswa Teknik Mesin Universitas Hasanuddin Makassar melakukan studi interaksi Jawa-Sumatera-Batam bersama kawan-kawan seangkatan didampingi 2 orang dosen pembimbing mengunjungi PT McDermott Indonesia.

Saya masih ingat, ketika itu kami menumpang kapal kayu kecil dari Dumai setelah melaksanakan kunjungan di PT Caltex Indonesia menuju pelabuhan Sekupang Batam. Kehadiran saya di Bandara Hang Nadim sendiri adalah kedatangan saya pertama disana. Setelah celingak-celinguk sejenak di lobi kedatangan saya melihat sosok salah satu engineer kami di Batam, Pak Raldi Isfa. “Selamat datang di Batam pak,” sapa Pak Raldi hangat seraya memperkenalkan supir kantor kami, Pak Galumbang Panjaitan alias pak GP. Barang yang kami bawa segera dimasukkan kedalam mobil Toyota Kijang Innova

Mobil kamipun segera meluncur ke Hotel Harmoni. Lalu lintas tidak begitu padat waktu itu. “Disini jarang, bahkan nyaris tidak pernah macet pak. Tidak seperti di Jakarta, macet melulu,” kata Pak GP seraya tersenyum. Setiap pagi pak GP memang menjemput Pak Raldi dan Ibu Hotma (Project Coordinator Batam) dirumah masing-masing kemudian menuju ke kantor, PT Cameron System. Pagi itu, Ibu Hotma memutuskan berangkat sendiri dari rumah sementara Pak Raldi menjemput kami di bandara. Kebetulan, saya dan Andi juga membawa “oleh-oleh” dari kantor berupa offshore bag besar untuk seluruh karyawan PT Geographe Energy Indonesia atas pencapaian 1000 hari tanpa LTI (Lost Time Injury) sejak kecelakaan kerja terakhir 3 tahun silam, dan staff di Batam ikut mendapat bagian yang sama.

Setelah check in di Hotel Harmoni Batam, kami segera meluncur ke kantor. Di atas mobil saya masih terkantuk-kantuk karena bangun serta mandi pagi-pagi dari Cikarang (sekitar pukul 03.00) kemudian berangkat ke Bandara. Ternyata perjalanan dari hotel ke kantor di kawasan Batu Ampar Batam tidak terlalu jauh. Hanya menempuh waktu 15 menit sudah sampai ke lokasi. Kantor PT Cameron Systems menempati area yang cukup luas dan merupakan salah satu fasilitas fabrikasi dan distribusi divisi Surface System grup perusahaan Oil & Gas terkemuka, Cameron. Sejak tahun 2009, PT Geographe Energy Indonesia telah diakuisisi dan menjadi bagian dari perusahaan raksasa tersebut.

Hari pertama di Batam kami langsung isi dengan kegiatan merapikan aset yang akan dihitung. Kebetulan terdapat 2 container milik PT Geographe yang ada disana (satu berkapasitas 20 ft dan satunya lagi 40 ft yang dijadikan “kantor” proyek di daerah customer) serta area didalam workshop PT Cameron System. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan keesokan harinya saat mbak Nevi Susanti dari bagian Accounting datang menyusul kami. Siang itu kami makan siang di Rumah Makan Padang Bukit Manis. Hidangannya sangat lezat dan mengenyangkan. Yang cukup menggelikan, Andi sempat terkaget-kaget ketika memesan teh dan pelayan langsung menjawab “Teh Obeng” ya?. Andi jadi kebingungan dan setelah dijelaskan bahwa Teh Obeng adalah istilah setempat untuk Teh Manis. Sepulang makan siang kami kembali ke kantor.

Tanpa terasa, senja merambat pelan dan malam melingkupi Batam. Dari kamar 901 Hotel Harmoni saya menyaksikan lamat-lamat saya mendengar suara adzan berkumandang dari Masjid Baitussyakur yang terletak tepat didepan hotel tempat saya tinggal. Bergegas saya turun dan ikut bersama jamaah melaksanakan sholat Maghrib disana.  Saat berjalan kembali ke hotel, dengan mencoba jalan memutar, saya baru sadar bahwa ternyata dibelakang hotel terdapat sejumlah pub dan club malam. Sungguh paduan yang “kontras”, saya membatin .

Karena terlalu letih (bangun dinihari menuju Bandara), selepas makan malam, sayapun langsung tertidur pulas. Setelah sarapan, Pak Raldi, Bu Hotma dan Pak GP sudah menunggu kedatangan kami di lobi hotel. Rencananya setelah mengantar kami ke kantor, Pak GP akan menjemput mbak Nevi di Bandara Hang Nadim dan langsung ke hotel. Sesampai dikantor, kami kembali melanjutkan pekerjaan yang belum sempat diselesaikan kemarin termasuk membersihkan dan membuang sejumlah barang ex project yang sudah tidak bisa terpakai lagi.

Pukul 09.00 mbak Nevi tiba dan kami langsung melaksanakan kegiatan inventory aset. Tak terasa siang menjelang. Kami, crew Geographe Energy, bersama pak GP langsung meluncur ke Sop Ikan Yong Kiee yang konon kabarnya merupakan rumah makan terkemuka yang menyediakan hidangan khas ala Batam: Sop Ikan. Kami menikmati hidangan sop ikan dan seafood disana. Lezat sekali dan betul-betul mampu “menggoyang lidah”.

Sore harinya, kami tidak langsung pulang ke hotel tetapi mencari oleh-oleh khas Batam dulu di BCS (Batam City Square). Alhasil Kacang Campur, dkk akhirnya masuk ke dalam daftar belanjaan kami. Dari BCS kami makan malam di Pondok Batam Kuring  Hujan mengguyur kota Batam membuat keadaan terasa sejuk. Suasana rumah makan khas sunda itu begitu nyaman. Kami duduk disebuah “saung” berkapasitas 8 orang dibawah keteduhan pepohonan. Didepan Saung terdapat kentongan yang biasa dipakai untuk ronda malam. Rupanya itu tanda untuk memanggil pelayan.

“Saya trauma mukul-mukul kentongan,”kata Pak GP.

“Lho kenapa pak?” saya bertanya

“Pernah di sebuah Bar di Batam ketika sedang menemani minum bos bule saya, ada semacam kentongan diletakkan di dekat saya. Iseng-iseng saya pukul dengan bersemangat dan disambut tepuk tangan meriah pengunjung bar yang hadir disana. Saya kaget tapi terus memukulnya. Ternyata, saat pulang saya baru tahu dari bos saya bahwa kalau mukul kentongan itu berarti kita mentraktir orang seluruh bar yang hadir. Bos bule saya mesti membayar Rp 4 juta untuk keisengan saya itu. Makanya sampai sekarang saya trauma nih,” kata Pak GP sambil mengulum senyum disambut derai tawa kami semua.

Tak lama kemudian pesanan hidangan kami datang. Ada Gurame Asem Manis, Gulai Kepala Ikan, Tahu dan Tempe Goreng,  Gado-Gado, Sate ayam dan Perkedel Jagung.

Dengan lahap kami menyantap makanan tersebut. Yang menarik adalah nasinya dibungkus dengan daun pisang dengan aroma yang memikat hati. Saya sendiri memesan teh tarik panas untuk menghalau rasa dingin malam itu.

Pulang dari Pondok Batam Kuring, kami sempat berjalan-jalan sejenak menikmati suasana malam kota Batam sebelum kembali ke hotel.

Keesokan harinya, Kamis (15/12) kami berangkat ke kantor dulu sebelum ke Bandara. Pesawat kami pulang ke Jakarta pukul 11.45 WIB.  Pak GP menyempatkan diri untuk mendaftarkan “City Check-In” untuk kami bertiga di kantor Garuda Indonesia. Sebelum ke Bandara, kami sempat membeli kue Cake Pisang dan Buah Naga untuk oleh-oleh. Tak disangka, perjalanan ke Bandara ternyata macet. “Ini tidak biasanya lho, biasanya lancar-lancar saja,” kata Pak GP. Saya mulai panik. Saat itu sudah jam 11.20.  Ternyata macet panjang karena ada prosesi penanaman pohon di salah satu wilayah ke arah Bandara oleh sejumlah pejabat.

Pak GP memacu kendaraan dan sampai di gerbang bandara pukul 11.25. Kami pontang-panting membawa barang. Dan…ternyata loket sudah tutup. “Anda terlambat, jadi bagasi tidak termuat dan dikirim pada penerbangan berikutnya dari Batam jam 16.00 sore nanti,” kata petugas loket. Kami pasrah. Apa boleh buat. Kamipun berlari menuju hanggar pemberangkatan. Rupanya, tinggal kami bertiga yang ditunggu. Saya melihat raut wajah Andi terlihat pucat dan panik. Mbak Nevi terengah-engah karena berlari. Ketika kami sampai didalam pesawat nampak pandangan sinis penumpang pada kami, 3 penumpang malang penyebab keterlambatan. Syukurlah kami jadi berangkat pulang ke Jakarta, meski akhirnya, Andi terpaksa menunggu di bandara Bagasi kami yang terbawa di pesawat berikutnya.

Sungguh sebuah pengalaman yang mengesankan ke Batam..

Related Posts
MERIAH, PELAKSANAAN REUNI NASIONAL IKA UNHAS 2015 DI ISTANA CIPANAS
agi baru saja merekah, Sabtu (22/8) ketika saya dan Yusnawir, tetangga rumah di Cikarang yang juga adik angkatan di Teknik Mesin Unhas tiba di area halaman parkir Kementerian Perindustrian Jl.Jend.Gatot ...
Posting Terkait
BUKU “SHOCKING JAPAN” : DAYA KEJUT JEPANG DAN SENSASI YANG MENGIKUTINYA
Judul Buku : Shocking Japan (Sisi Lain Jepang yang Mengejutkan) Penulis : Junanto Herdiawan Penerbit : B-First (PT Bentang Pustaka) Penyunting : Sophie Mou & Ikhdah Henny Halaman : x + 162 halaman ISBN : ...
Posting Terkait
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM BENTENG VREDEBURG HINGGA KE KOMPLEKS MAKAM RAJA IMOGIRI
ekitar pukul 11.30 siang, Rabu (30/7), kami check-out dari hotel Malioboro Palace dan dengan menumpang taksi kami pulang ke Kuncen. Disana kami bertemu dengan kakak Ipar saya, mas Sukarjana yang ...
Posting Terkait
SPIRIT KEPAHLAWANAN ALM.THAYEB MOHAMMAD GOBEL
aat berkunjung ke Gorontalo bulan lalu, saya menyempatkan diri untuk berziarah ke makam keluarga Gobel (Hubulo) di Kabupaten Tapa Gorontalo. Di kompleks Makam keluarga yang terletak diatas bukit dengan pepohonan ...
Posting Terkait
BLOGGER NUSANTARA 2013 : SEMARAK DALAM NUANSA KESEDERHANAAN DAN KEKELUARGAAN
esawat Air Asia QZ7552 yang saya tumpangi dari Jakarta mendarat mulus di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pukul 13.10, Sabtu (30/11). Saya menghela nafas panjang, "Akhirnya sampai di Yogya juga". Ya, perjalanan ...
Posting Terkait
SELARIK KENANGAN DI BONE-BONE
SAYA menggunakan kesempatan pulang ke Makassar tanggal 24-25 November 2007 lalu untuk mencari dan mengoleksi foto-foto lama saya. Untuk menghindari kerusakan dan agar tetap lestari sepanjang masa, saya membawa beberapa ...
Posting Terkait
KISAH MUDIK 2010 (3) : MALAM TAKBIRAN YANG MERIAH & SHOLAT IED YANG SYAHDU
Tiba di rumah mertua, saya langsung meluruskan badan yang pegalnya minta ampun setelah duduk hampir 20 jam di mobil. Punggung saya sakit sekali dan saya langsung minta bantuan adik ipar ...
Posting Terkait
ANJANGSANA BLOGGER CIKARANG KE OMAH BURUH : MENGGAGAS SINERGI DASHYAT 2 KOMUNITAS
amis malam (5/7) minggu lalu, saya bersama Pak Ceppi Prihadi (Ketua Komunitas Blogger Cikarang) berkesempatan untuk melakukan anjangsana ke Omah Buruh, "markas besar" komunitas serikat pekerja di Cikarang yang berlokasi ...
Posting Terkait
PUISI CINTA GOMBAL DARI MASA LALU
Dalam dua kesempatan liburan panjang bulan Desember lalu, saya dan istri bergotong royong merapikan arsip-arsip lama kami digudang yang terletak dikamar belakang. Dan luar biasa, kami--secara tak sengaja--menemukan arsip-arsip surat ...
Posting Terkait
MERIAH DAN SUKSES, PELAKSANAAN PESTA BLOGGER 2010 (2)
Seusai makan siang dan sholat Dhuhur, saya mengikuti sesi Breakout session yakni diskusi "Makassar Tidak Kasar" yang berlokasi di "Pulau Bunaken". Oya, memang untuk sesi diskusi khusus Pesta Blogger 2010 ...
Posting Terkait
Tadi siang (11/5), Bidadari kecil di keluarga kami yang riang dan penuh vitalitas, Alya Dwi Astari Gobel, terpaksa menjalani perawatan di Rumah Sakit Harapan International Cikarang karena sakit Typhus. Mohon ...
Posting Terkait
CATATAN KECIL JEJAK LANGKAH DI SINGAPURA
"Hoii...update dong blogmu. Udah banyak tuh sarang laba-labanya!", demikian pesan SMS seorang kawan yang saya terima di handphone kemarin. Sebuah "sindiran" yang sangat menggelitik dan membuat saya tersentak dari kesadaran. ...
Posting Terkait
MENIKMATI PESONA PERUMAHAN BINTARO JAYA DALAM ONE DAY BLOGGER TOUR
atahari bersinar begitu cerah di Hari Sabtu (22/6) ketika saya bersama sejumlah blogger berkumpul di fX Plaza Jl.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan untuk berkumpul kemudian bersama-sama berangkat menuju Perumahan Bintaro Jaya. ...
Posting Terkait
YANG MELENGKING DARI BLOGWALKING (22)
1. Ketika Amril Menjadi Emery Kemampuan "mesin translasi" Google benar-benar luar biasa. Selain melengkapi diri dengan 35 bahasa, mesin ini juga cukup mumpuni untuk menerjemahkan bahasa di blog. Lihatlah, bagaimana Blog ...
Posting Terkait
“CRAZY SLIDE” ATLANTIS ANCOL YANG SPEKTAKULER
ari Sabtu (15/12) kemarin, kami mendapatkan undangan dari Taman Impian Jaya Ancol untuk menghadiri peresmian wahana baru "Crazy Slide" di Atlantis. Setelah 3 bulan sebelumnya kami memenuhi undangan pada acara ...
Posting Terkait
ALYA, SELAMAT ULANG TAHUN KEEMPAT!
Bahagia rasanya menyaksikan si bungsu yang centil dan ceria ini tumbuh besar, sejak ia lahir melalui operasi Caesar dari rahim ibunya, 4 tahun silam.  Saat mengumandangkan azan di telinganya waktu itu, tak ...
Posting Terkait
MERIAH, PELAKSANAAN REUNI NASIONAL IKA UNHAS 2015 DI
BUKU “SHOCKING JAPAN” : DAYA KEJUT JEPANG DAN
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM
SPIRIT KEPAHLAWANAN ALM.THAYEB MOHAMMAD GOBEL
BLOGGER NUSANTARA 2013 : SEMARAK DALAM NUANSA KESEDERHANAAN
SELARIK KENANGAN DI BONE-BONE
KISAH MUDIK 2010 (3) : MALAM TAKBIRAN YANG
ANJANGSANA BLOGGER CIKARANG KE OMAH BURUH : MENGGAGAS
PUISI CINTA GOMBAL DARI MASA LALU
MERIAH DAN SUKSES, PELAKSANAAN PESTA BLOGGER 2010 (2)
ALYA SAKIT, MOHON DOANYA
CATATAN KECIL JEJAK LANGKAH DI SINGAPURA
MENIKMATI PESONA PERUMAHAN BINTARO JAYA DALAM ONE DAY
YANG MELENGKING DARI BLOGWALKING (22)
“CRAZY SLIDE” ATLANTIS ANCOL YANG SPEKTAKULER
ALYA, SELAMAT ULANG TAHUN KEEMPAT!

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.