DEMO BURUH BEKASI, LUMPUHKAN KAWASAN CIKARANG & CIBITUNG

Apa yang saya khawatirkan itu terjadi.

Pasca pernyataan Sofyan Wanandi, sebagaimana yang dikutip oleh Dakta FM online yang sempat memicu kemarahan Buruh di Bekasi menjadi pangkalnya. Dalam situs tersebut disebutkan, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tersebut menyatakan menolak untuk mencabut gugatan APINDO Bekasi di PTUN Bandung terkait kebijakan pengupahan yang ditujukan kepada pemerintah daerah. Hal ini membuat perwakilan Buruh Bekasi yang tergabung dalam Buruh Bekasi Bergerak menjadi kecewa dan marah. Pernyataan itu sempat membersitkan kekhawatiran dihati saya karena bila ini benar-benar terjadi, maka massa buruh akan bergerak menuntut konsistensi hasil kesepakatan sebelumnya. Tanggal 15 Januari 2012 lalu telah tercapai kesepakatan dalam musyawarah antara perwakilan buruh dan APINDO yang dimediasi oleh Kapolres Bekasi yang antara lain berisi pihak APINDO akan mencabut gugatannya pada sidang tanggal 19 Januari 2012 dan pihak perwakilan buruh Bekasi juga sepakat untuk membatalkan aksi demo besar-besaran mereka yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 16-19 Januari 2012.

Dan hari ini, Kamis (19/1) ketika kemudian penolakan pencabutan gugatan oleh APINDO itu benar-benar terjadi. Ribuan buruh yang marah atas inkonsistensi kesepakatan itu keluar bersamaan melumpuhkan pabrik-pabrik dikawasan Bekasi, khususnya MM2100, EJIP, Kawasan Hyundai, Kawasan Industri Jababeka dan lain-lain. Saya sendiri, hingga tulisan ini dibuat, masih terkurung di pabrik saya dikawasan Jababeka. Akses keluar tertutup dan diblokir.

Di beberapa titik terdapat konsentrasi massa bahkan kabar terakhir sejumlah massa buruh melakukan sweeping langsung ke pabrik bahkan ada yang melakukan aksi anarkis merusak pagar. Saya memantau berita dan informasi lewat teman-teman di mailing list Cikarang Baru dan memperoleh gambar-gambar eksklusif update terbaru melalui kamera amatir mereka yang saya bagikan dibawah ini.

Aksi Buruh di depan salah satu pabrik di Kawasan MM2100 Cibitung

 

Rombongan Konvoi buruh
Iring-iringan konvoi massa demo buruh di Cikarang
Perempatan akses masuk Kawasan Industri EJIP Cikarang yg diblokir
Buruh bergerak didepan pabrik Samsung-Jababeka
Aksi Buruh yang sudah memasuki kawasan pabrik Samsung di Jababeka

Kami semua berharap agar aksi demo ini bisa berakhir dengan baik sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan, apalagi aksi-aksi anarkis yang berpotensi menyebabkan kerusuhan massal. Hasil Mediasi yang sudah dilakukan sebelumnya dibicarakan kembali secara baik-baik agar tercapai kesepakatan terbaik dan tidak saling merugikan semua pihak. Saat ini saya, bersama teman-teman kantor masih bertahan. Sejumlah kawan yang berdomisili di Bekasi dan Jakarta harap-harap cemas melihat kondisi terakhir yang kian memburuk apalagi akses pintu tol juga diblokir ribuan buruh. Mohon doanya agar semuanya bisa berakhir dengan baik. 

Related Posts
CATATAN DARI PELUNCURAN NOKIA N97
Selasa Malam (9/6), bertempat di Café Poste East Building Kawasan Lingkar Mega Kuningan Jakarta Selatan, saya diundang atas nama salah satu Blogger di Asia Blogging Network (ABN) ,untuk menghadiri Exclusive ...
Posting Terkait
SYARIKAT ISLAM, KEMANDIRIAN UMAT DAN KENISCAYAAN EKONOMI PERADABAN
angit Jakarta terlihat "bersahabat" saat saya memasuki area kantor Syarikat Islam, Jl.Diponegoro No.43 Jakarta, Sabtu (12/8) pagi. Keteduhan pepohonan di kawasan tersebut terasa menyejukkan suasana terik saat saya menapakkan kaki ...
Posting Terkait
PERAN MEDIA SOSIAL DALAM “MEMBUMIKAN” PESAN KESADARAN EKOLOGIS
adi malam, Senin (24/9) saya bersama beberapa orang blogger Indonesia diundang oleh UNDP Indonesia dan IDBlognetwork untuk berdiskusi seputar Bagaimana Media Sosial di Indonesia dapat berkontribusi untuk menyingkap 'mitos' tentang Perubahan ...
Posting Terkait
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
Lihatlah gadis yang berjalan sendiri di pinggir sungai Lihatlah rambutnya yang panjang dan gaunnya yang kuning bernyanyi bersama angin Cerah matanya seperti matahari seperti pohon-pohon trembesi Wahai, cobalah tebak kemana langkahnya pergi (“Gadis dan Sungai”, ...
Posting Terkait
RESENSI BUKU “ARUS DERAS” : SENARAI KISAH TENTANG MISTERI CINTA DAN HIDUP YANG TAK MUDAH
Judul Buku : Kumpulan Cerpen “Arus Deras” Karya : Agnes Majestika, Ana Mustamin, Kurnia Effendi, Kurniawan Junaedhie Jumlah halaman : 172 halaman Penerbit : Kosa Kata Kita, 2017 ISBN : 978-602-6447-16-6 KETIKA buku ini tiba ...
Posting Terkait
BERAKSI DI WORDCAMP, NAMPANG DI DETIK.COM
Wah..tak disangka, foto saya tengah mengetik di laptop dalam acara wordcamp hari ini, jadi berita di Detik dot com Bisa baca di:sini Berita soal ini, menyusul ya..masih capek nih
Posting Terkait
BANG RAMELAN, BAPAK BLOGGER KOMPASIANA, MERETAS JALAN MENUJU KURSI GUBERNUR DKI JAKARTA
aya sempat tersentak kaget, saat pertama kali membaca berita tentang tampilnya Pak Prayitno Ramelan yang juga dikenal sebagai Bapak Blogger Kompasiana sebagai salah satu kandidat calon Gubernur DKI Jakarta periode ...
Posting Terkait
PELUNCURAN BUKU BAPAK PUBLIK BLOGGER KOMPASIANA YANG BERTABUR BINTANG DAN CINTA
Sabtu pagi (05/12), saya bersama si sulung Rizky berangkat bersama Pak Eko Eshape dan sang putra bungsu, Lilo dari kediaman kami di Perumahan Cikarang Baru. Pagi begitu cerah terlihat saat ...
Posting Terkait
IN MEMORIAM MAKSUM.A.KARAROK : KETEGARAN DAN KONSISTENSI DALAM KESEDERHANAAN
aya tak pernah menduga, pertemuan saya dengannya hari Senin pagi, 13 Februari 2018 silam adalah jumpa terakhir saya dengan, Maksum Achmad Kararok, sahabat seangkatan di Fakultas Teknik Unhas. Malam tadi, ...
Posting Terkait
CATATAN DARI MAKASSAR : BLOGSHOP YANG RAMAI DAN HEBOH
Kamis (27/8) pagi, suasana ruang Digital Library gedung Perpustakaan Unhas Makassar Lantai 3 terlihat ramai. Hari ini adalah pelaksanaan Blogshop Pesta Blogger 2009 yang merupakan rangkaian Roadshow 10 Kota ...
Posting Terkait
CATATAN DARI PELUNCURAN NOKIA N97
SYARIKAT ISLAM, KEMANDIRIAN UMAT DAN KENISCAYAAN EKONOMI PERADABAN
PERAN MEDIA SOSIAL DALAM “MEMBUMIKAN” PESAN KESADARAN EKOLOGIS
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
RESENSI BUKU “ARUS DERAS” : SENARAI KISAH TENTANG
BERAKSI DI WORDCAMP, NAMPANG DI DETIK.COM
BANG RAMELAN, BAPAK BLOGGER KOMPASIANA, MERETAS JALAN MENUJU
PELUNCURAN BUKU BAPAK PUBLIK BLOGGER KOMPASIANA YANG BERTABUR
IN MEMORIAM MAKSUM.A.KARAROK : KETEGARAN DAN KONSISTENSI DALAM
CATATAN DARI MAKASSAR : BLOGSHOP YANG RAMAI DAN

21 comments

  1. hari ini 26 januari 2012,PTUN Bandung memenangkan GUGATAN APINDO,dan UMK bekasi yg udh disepakati jadi BATAL DEMI HUKUM,ayo TEMAN2 Kita lawan PENGUSAHA2 YG SERAKAH INI,MEREKA TELAH MEMBELI HAKIM PTUN DGN UANGNYA,INILAH SAATNYA KITA MELAWAN,TAPI JNG ANARKIS KRN INI AKAN MERUGIKAN KITA SENDIRI,SELAMAT BERJUANGGGGGGGGGGGGGGGGG

    1. setuju……!!!!!
      buruh indonesia ini sudah paling murah diantara negara lain?
      kok tega amat UMK segitu aja masih ditawar?
      APINDO APINDO? HERAN GUA

  2. Berapa upah yang diharapkan? apakah sesuai kinerja nya, tanyakan kepada saudara anda yg wiraswasta maupun pengusaha????, perekonomian lemah, minta upah naik, yang salah pemerintahan kita, apalagi demo membawa2 ras lagi (hati2 provokator lg), malang nya nya indonesia ku, bersyukur, dan bantu untuk membenahi pemerintahan nya, jng pengusaha nya, krn mereka juga susah menyesuaikan pendapatan untuk upah, drpd teman2 kalian kena PHK masal, hanya mementingkan upah naik

    RASA BERSYUKUR LEBIH BAIK

  3. klo mau gaji gede,,,,kerja sendiri aja mas,,,,klo buruh pada demo nanti pengusahanya pada pulang kampung baru tau,,,,you

  4. Wahai saudara2 ku kaum buruh. Tak ada gunanya kalian nuntut upah naik kalau akhirnya harga2 malah juga naik. Malahan karena kalian nuntut upah naik ini harga2 udah lebih duluan naik. mendingan kalian menuntut agar harga2 pada turun,jadi upah yang ada sekarang bisa lebih bermanfaat dan juga bisa membantu meringankan beban pengangguran seperti saya. Akibat kalian pada menuntut upah naik,lalu harga2 pada naik juga,kami nih termasuk saya yang pengangguran yang kena getahnya,gaji tak ada,tapi harga pada naik.bikin repot aja kalian nih,mana kalian pada demo jalanan jadi macet lagi,sampe2 ada orang yg mau buru2 kerumahsakit karena darurat jadi keburu mati dijalan krn gak bisa lewat akibat demo kalian ,,,mau pada dipecat apa ya…?!!!! Pada pulang aja sono kekampung kalian, nyangkul kek,nggembala kambing kek,udahlah biar yang mau aja yang kerja disini. (sorry kalo kasar,biar tambah hot aja suasana,wkwkwk…)

    1. iya betuuull… kalo udah tau jadi buruh itu tiap taun demo mlulu..bikin sengsara ngapain jga ngelamar kerja di pabrik??!! kerja udah kaya robot gtu ga da enak2nya.. pasti alesan awal karja tergiur gjinya kan?? hayo pada ngaku.. jgn so nmlarat deeh! hehehe..

  5. Rekan- rekan sekalian janganlah kalian berbuat merugikan perusahaan dan kepentingan umum. kita negara demokratis, jadi carilah solusi secara demokratis melalui lembaga – lembaga yang telah ditentukan oleh pemerintah agar tercipta suatu solusi dan suasana yang harmonis antara pekerja dan pengusaha, karena kita saling membutuhkan

    thanks & Regards

    Hendra Gunawan.

    IKAPPUD DPW Timur.

  6. faktanya.. kaum buruh di Indonesia dengan gaji segitu dah bisa beli yg mewah2 tuuh.. klo ga percaya cek lah di lapangan! paling mreka minta gaji naek karna taun depan mau beli mobil..! jangan sama2in ma negara lain yg udah maju.. di sni masih banyak profesi lain yg gajinya ga sesuai.. masih banyak hak2 pekerja lain yg belum terpenuhi.. gila bgt naiknya, sekalian aja jadiin PNS!

  7. udah sih temen2x ,, percuma aja kita pada demo,, buang2x waktu aja,, alangkah bijaksananya kalau kita ini antara buruh dan pengusaha menjalin mitra kerja yg baik, karena kita saling membutuhka, dan saling keterkaitan,, ok brow,,,, slam ,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *