IMG551

Apa yang saya khawatirkan itu terjadi.

Pasca pernyataan Sofyan Wanandi, sebagaimana yang dikutip oleh Dakta FM online yang sempat memicu kemarahan Buruh di Bekasi menjadi pangkalnya. Dalam situs tersebut disebutkan, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tersebut menyatakan menolak untuk mencabut gugatan APINDO Bekasi di PTUN Bandung terkait kebijakan pengupahan yang ditujukan kepada pemerintah daerah. Hal ini membuat perwakilan Buruh Bekasi yang tergabung dalam Buruh Bekasi Bergerak menjadi kecewa dan marah. Pernyataan itu sempat membersitkan kekhawatiran dihati saya karena bila ini benar-benar terjadi, maka massa buruh akan bergerak menuntut konsistensi hasil kesepakatan sebelumnya. Tanggal 15 Januari 2012 lalu telah tercapai kesepakatan dalam musyawarah antara perwakilan buruh dan APINDO yang dimediasi oleh Kapolres Bekasi yang antara lain berisi pihak APINDO akan mencabut gugatannya pada sidang tanggal 19 Januari 2012 dan pihak perwakilan buruh Bekasi juga sepakat untuk membatalkan aksi demo besar-besaran mereka yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 16-19 Januari 2012.

Dan hari ini, Kamis (19/1) ketika kemudian penolakan pencabutan gugatan oleh APINDO itu benar-benar terjadi. Ribuan buruh yang marah atas inkonsistensi kesepakatan itu keluar bersamaan melumpuhkan pabrik-pabrik dikawasan Bekasi, khususnya MM2100, EJIP, Kawasan Hyundai, Kawasan Industri Jababeka dan lain-lain. Saya sendiri, hingga tulisan ini dibuat, masih terkurung di pabrik saya dikawasan Jababeka. Akses keluar tertutup dan diblokir.

Di beberapa titik terdapat konsentrasi massa bahkan kabar terakhir sejumlah massa buruh melakukan sweeping langsung ke pabrik bahkan ada yang melakukan aksi anarkis merusak pagar. Saya memantau berita dan informasi lewat teman-teman di mailing list Cikarang Baru dan memperoleh gambar-gambar eksklusif update terbaru melalui kamera amatir mereka yang saya bagikan dibawah ini.

Aksi Buruh di depan salah satu pabrik di Kawasan MM2100 Cibitung

 

Rombongan Konvoi buruh

Iring-iringan konvoi massa demo buruh di Cikarang

Perempatan akses masuk Kawasan Industri EJIP Cikarang yg diblokir

Buruh bergerak didepan pabrik Samsung-Jababeka

Aksi Buruh yang sudah memasuki kawasan pabrik Samsung di Jababeka

Kami semua berharap agar aksi demo ini bisa berakhir dengan baik sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan, apalagi aksi-aksi anarkis yang berpotensi menyebabkan kerusuhan massal. Hasil Mediasi yang sudah dilakukan sebelumnya dibicarakan kembali secara baik-baik agar tercapai kesepakatan terbaik dan tidak saling merugikan semua pihak. Saat ini saya, bersama teman-teman kantor masih bertahan. Sejumlah kawan yang berdomisili di Bekasi dan Jakarta harap-harap cemas melihat kondisi terakhir yang kian memburuk apalagi akses pintu tol juga diblokir ribuan buruh. Mohon doanya agar semuanya bisa berakhir dengan baik. 

Related Posts
AYO IKUT : LOMBA FOTO, LOMBA PENULISAN DAN BLOG AWARD DI PESTA BLOGGER 2009
Kawan-kawan Tepat di Hari Kemerdekaan RI ke-64 kemarin, Panitia Pesta Blogger mengumumkan 3 ajang kompetisi sekaligus yaitu Lomba Foto, Lomba Penulisan dan XL Blog Award. Detailnya sebagai berikut: 1. LOMBA FOTO Kabar gembira ...
Posting Terkait
MARI BERSELANCAR MENELUSURI KATA DI KATEGIO !
Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang perkenalan Kamusitas atau Kamus Komunitas di Kompasiana, kali ini saya ingin memperkenalkan kepada anda dengan Kategio. Bingung dengan istilah ini?. Sama, saya juga pada awalnya. ...
Posting Terkait
VIDEO BLOGGING SEBUAH PELUANG BARU
aya sangat terkesan dengan aksi Video Blogging yang dilakukan sahabat Kompasiana saya, mas Hazmi Srondol. Pada acara pembukaan Jakarta Art Awards 2012 di North Art Space Pasar Seni Taman Impian Jaya ...
Posting Terkait
LEBARAN DI RIG : KOKI SEBAGAI IMAM DAN KHATIB
Pengantar Pada tanggal 1 Desember 2006, saya memuat tulisan di situs Panyingkul tentang pengalaman kawan saya Heru Kuswanto yang merayakan lebaran di atas anjungan pengeboran lepas pantai. Menjelang lebaran saat ini, ...
Posting Terkait
DARI PRESS CONFRENCE PESTA BLOGGER 2009: BLOGGER SEBAGAI PEREKAT BANGSA
Ruangan Serbaguna kantor Depkominfo yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Press Confrence Pesta Blogger 2009 sudah mulai dipenuhi sejumlah jurnalis media cetak dan elektronik, Selasa (14/7), saat saya dan Irwin Day ...
Posting Terkait
Blogshops (blogging workshops) memang menjadikan Pesta Blogger tahun ini berbeda. Tahun 2007, Pesta Blogger hanya bergerak di Jakarta. Tahun 2008, Pesta Blogger mulai merambah Bali dan Jogjakarta, bersama 5 orang ...
Posting Terkait
KARTINI DIGITAL DAN REVITALISASI PERAN PEREMPUAN INDONESIA DI ERA GLOBAL
...Teman kami ingin melihat saya bekerja dengan pena saya untuk menaikkan derajat bangsa kami. Saya harus menerbitkan majalah atau yang sejenis dengan itu, yang membela kepentingan rakyat dan saya yang ...
Posting Terkait
ROMANTISME RENYAH DARI SEBUAH KE-“JADUL”-AN
Judul Buku : Gaul Jadul (Biar Memble Asal Kece) Penulis : Q Baihaqi Penerbit : Gagas Media ISBN : 979-780-346-5 Jumlah halaman : viii + 280 halaman Cetakan : Pertama, 2009 Ukuran : 13 x 19 ...
Posting Terkait
Dalam perjalanan pulang ke rumah tadi malam, saya terlibat pembicaraan menarik dengan seorang bapak diatas bis Tunggal Daya jurusan Lebak Bulus-Bekasi. Semula kami berbincang hal-hal ringan seputar pekerjaan dan kehidupan ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (1) : MENGASAH KECERDASAN INTERNET DAN EKOLOGIS ITU”SESUATU BANGET”!
abtu pagi (17/9) matahari menyapa penuh kehangatan saat saya tiba di aula Asrama Haji Bekasi, tempat pelaksanaan kegiatan Amprokan Blogger 2011 yang kedua. Sejumlah rekan panitia tampak sibuk menyambut kedatangan ...
Posting Terkait
AYO IKUT : LOMBA FOTO, LOMBA PENULISAN DAN
MARI BERSELANCAR MENELUSURI KATA DI KATEGIO !
VIDEO BLOGGING SEBUAH PELUANG BARU
LEBARAN DI RIG : KOKI SEBAGAI IMAM DAN
DARI PRESS CONFRENCE PESTA BLOGGER 2009: BLOGGER SEBAGAI
KOTA MALANG, PERHENTIAN PERTAMA BLOGSHOP PESTA BLOGGER 2009
KARTINI DIGITAL DAN REVITALISASI PERAN PEREMPUAN INDONESIA DI
ROMANTISME RENYAH DARI SEBUAH KE-“JADUL”-AN
MAU PEMILU BENERAN GAK SIH?
AMPROKAN BLOGGER 2011 (1) : MENGASAH KECERDASAN INTERNET

21 comments on “DEMO BURUH BEKASI, LUMPUHKAN KAWASAN CIKARANG & CIBITUNG

Avatar image
jack on January 26, 2012 7:53 pm

hari ini 26 januari 2012,PTUN Bandung memenangkan GUGATAN APINDO,dan UMK bekasi yg udh disepakati jadi BATAL DEMI HUKUM,ayo TEMAN2 Kita lawan PENGUSAHA2 YG SERAKAH INI,MEREKA TELAH MEMBELI HAKIM PTUN DGN UANGNYA,INILAH SAATNYA KITA MELAWAN,TAPI JNG ANARKIS KRN INI AKAN MERUGIKAN KITA SENDIRI,SELAMAT BERJUANGGGGGGGGGGGGGGGGG

Avatar image
TITOX on January 27, 2012 6:39 pm

setuju……!!!!!
buruh indonesia ini sudah paling murah diantara negara lain?
kok tega amat UMK segitu aja masih ditawar?
APINDO APINDO? HERAN GUA

Avatar image
Upahhhhh on January 27, 2012 3:55 pm

Berapa upah yang diharapkan? apakah sesuai kinerja nya, tanyakan kepada saudara anda yg wiraswasta maupun pengusaha????, perekonomian lemah, minta upah naik, yang salah pemerintahan kita, apalagi demo membawa2 ras lagi (hati2 provokator lg), malang nya nya indonesia ku, bersyukur, dan bantu untuk membenahi pemerintahan nya, jng pengusaha nya, krn mereka juga susah menyesuaikan pendapatan untuk upah, drpd teman2 kalian kena PHK masal, hanya mementingkan upah naik

RASA BERSYUKUR LEBIH BAIK

Avatar image
bustomi arief on January 27, 2012 5:29 pm

ya demi kmakmuran kita smua saya slalu mndukung dan akan ikut serta turun k lapangan…

Avatar image
ronny on January 28, 2012 10:50 am

ayo berjuang..kalau ga berani..pulang kampung ja nyangkul…hidup kaum buruh

Avatar image
key cikey on January 28, 2012 5:29 pm

Like thip

Avatar image
Hermaone Deni on October 3, 2012 4:25 am

akn saya pertahn kan sampai titik darah penghabisan.

Avatar image
Ery Irawan on October 3, 2012 6:28 am

hm''

Avatar image
Ery Irawan on October 3, 2012 6:28 am

hm''

Avatar image
Gobert Bary on October 3, 2012 6:40 am

TERUS LANJUTKAN DEMONYA SAYA DUKUNG.

Avatar image
Gobert Bary on October 3, 2012 6:40 am

TERUS LANJUTKAN DEMONYA SAYA DUKUNG.

Avatar image
Anastasia Indah on October 3, 2012 9:30 am

demo damai aja broooooo.

[…] ini. Rabu, tanggal 3 Oktober 2012 kami kembali mengalami “sensasi” serupa seperti bulan Januari lalu. Aksi massal demonstrasi buruh berlangsung secara serempak di seluruh Indonesia dengan mengusung 3 […]

Avatar image
Dedi Supriadi on December 6, 2012 1:16 am

demo buruh , akan selalu terjadi jika, kesepakatan yg terjadi selalu ada pihak yg tidak setuju..

Avatar image
blak2an on January 16, 2013 4:02 pm

klo mau gaji gede,,,,kerja sendiri aja mas,,,,klo buruh pada demo nanti pengusahanya pada pulang kampung baru tau,,,,you

Avatar image
ikutan on January 21, 2013 7:41 am

Wahai saudara2 ku kaum buruh. Tak ada gunanya kalian nuntut upah naik kalau akhirnya harga2 malah juga naik. Malahan karena kalian nuntut upah naik ini harga2 udah lebih duluan naik. mendingan kalian menuntut agar harga2 pada turun,jadi upah yang ada sekarang bisa lebih bermanfaat dan juga bisa membantu meringankan beban pengangguran seperti saya. Akibat kalian pada menuntut upah naik,lalu harga2 pada naik juga,kami nih termasuk saya yang pengangguran yang kena getahnya,gaji tak ada,tapi harga pada naik.bikin repot aja kalian nih,mana kalian pada demo jalanan jadi macet lagi,sampe2 ada orang yg mau buru2 kerumahsakit karena darurat jadi keburu mati dijalan krn gak bisa lewat akibat demo kalian ,,,mau pada dipecat apa ya…?!!!! Pada pulang aja sono kekampung kalian, nyangkul kek,nggembala kambing kek,udahlah biar yang mau aja yang kerja disini. (sorry kalo kasar,biar tambah hot aja suasana,wkwkwk…)

Avatar image
ga setuju on November 1, 2013 11:05 am

iya betuuull… kalo udah tau jadi buruh itu tiap taun demo mlulu..bikin sengsara ngapain jga ngelamar kerja di pabrik??!! kerja udah kaya robot gtu ga da enak2nya.. pasti alesan awal karja tergiur gjinya kan?? hayo pada ngaku.. jgn so nmlarat deeh! hehehe..

Avatar image
Jutani Jut on February 7, 2013 3:00 am

Kalau sudah disepakati kita harus mengharga sebuah kesepakatan itu, kalau tidak itu akibatnya.

Avatar image
hendra on October 31, 2013 2:58 pm

Rekan- rekan sekalian janganlah kalian berbuat merugikan perusahaan dan kepentingan umum. kita negara demokratis, jadi carilah solusi secara demokratis melalui lembaga – lembaga yang telah ditentukan oleh pemerintah agar tercipta suatu solusi dan suasana yang harmonis antara pekerja dan pengusaha, karena kita saling membutuhkan

thanks & Regards

Hendra Gunawan.

IKAPPUD DPW Timur.

Avatar image
ga setuju on November 1, 2013 10:58 am

faktanya.. kaum buruh di Indonesia dengan gaji segitu dah bisa beli yg mewah2 tuuh.. klo ga percaya cek lah di lapangan! paling mreka minta gaji naek karna taun depan mau beli mobil..! jangan sama2in ma negara lain yg udah maju.. di sni masih banyak profesi lain yg gajinya ga sesuai.. masih banyak hak2 pekerja lain yg belum terpenuhi.. gila bgt naiknya, sekalian aja jadiin PNS!

Avatar image
emy on November 25, 2015 2:41 pm

udah sih temen2x ,, percuma aja kita pada demo,, buang2x waktu aja,, alangkah bijaksananya kalau kita ini antara buruh dan pengusaha menjalin mitra kerja yg baik, karena kita saling membutuhka, dan saling keterkaitan,, ok brow,,,, slam ,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Profil di LinkedIn

Arsip

My Karaoke @ SoundCloud

Kicauanku di Twitter

Iklan

Creative Commons License

Lisensi Creative Commons
ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi. Silakan anda mengambil atau mengutip sebagian maupun seluruh isi blog ini asalkan jangan lupa mencantumkan sumber asli tulisannya. Terimakasih atas pengertian anda

My Instagram

Good Reads Book Shelf

Amril's books

Nge-blog Dengan Hati
3 of 5 stars
Blogisme ala Ndoro Kakung Judul Buku : Ngeblog Dengan Hati Penulis : Wicaksono “Ndoro Kakung” Editor : Windy Ariestanty Penerbit : Gagas Media, Terbitan : Cetakan pertama, 2009 Jumlah Halaman : 142 Di ranah blog Indonesia, nama N...

goodreads.com

Page Rank Checker

Free Page Rank Tool Pagerankchecker.com — Check your Pagerank Website reputation
Alexa rank,Pagerank and website worth
Powered by WebStatsDomain
Blog

Live Traffic Feed

badge