Pengantar:

Tulisan dibawah ini adalah hasil wawancara saya bersama mas Donny BU dan dimuat di majalah online bz! Blogfam  edisi Maret 2012 (silahkan download majalahnya disini )

Sosok Donny Budi Utoyo atau lebih dikenal sebagai Donny BU dikenal baik di dunia online di Indonesia. Sebagai Direktur Eksekutif ICT Watch Information and Communication Technology, aktifitas Donny BU memang tak jauh-jauh dari interaksi virtual melalui dunia maya. Lelaki murah senyum yang berprofesi sebagai dosen materi e-business & Digital Media di sejumlah perguruan tinggi seperti UPH, LSPR, Binus, Universitas Paramadina ini merupakan salah satu penggagas gerakan “Internet Sehat” yang kini berkembang pesat sejak dicanangkan 10 tahun silam.

Berikut petikan wawancara redaksi bz! Amril Taufik Gobel bersama Donny BU melalui email.

Bisa mas Donny ceritakan bagaimana awalnya merintis gerakan Internet Sehat melalui ICT Watch dan apa sesungguhnya “sosok” atau profil Internet Sehat itu?

“Internet Sehat sebenarnya adalah semacam gagasan inisiatif untuk gerakan yang saya gulirkan pertama kali pada 27 Februari 2002 (baca: http://www.mail-archive.com/komunitas@sekolah2000.org/msg00476.html). Inti gerakan ini adalah para pengguna internet bisa mendapatkan semacam guidance dan pilihan untuk mengoptimalkan dampak positif internet dan menekan dampak negatifnya.”

Apa latar belakang mas Donny dan kawan-kawan menggagas gerakan Internet Sehat dan bagaimana perkembangannya sejauh ini?

“Latar belakangnya adalah pada concern kami atas maraknya penetrasi teknologi telekomunikasi (dan internet) di Indonesia yang sudah masuk jauh ke ranah institusi pendidikan dan keluarga, hingga ke level individu seperti anak dan murid. Sebenarnya internet itu seperti vitamin saja. Digunakan secukupnya dan seperlunya. Jika berlebihan atau tidak tepat penggunaannya, sebagaimana vitamin, internet justru bisa berakibat tidak baik. Jadi perlu ada yang membantu memberikan arahan/panduan tersebut kepada masyarakat, khususnya pengguna internet. Daripada saling menunggu, lebih baik masyarakat lah yang memulai dan membangun gerakan Internet Sehat tersebut.”

Setelah 10 tahun Internet Sehat ada di Indonesia, gerakan ini sekarang sudah cukup dikenal dan diadopsi sebagai gerakan bersama oleh teman-teman dan masyarakat luas. Bahkan Kementerian Kominfo pun mengadopsi program Internet Sehat kami tersebut dengan meluncurkan program nasional yang diberi nama Gerakan Internet Sehat dan Aman. Kini antara masyarakat umum, akademisi, dan pemerintah telah terbukti dapat bekerja sama menggunakan semangat Internet Sehat agar potensi positif dari internet dapat kita gali semaksimal mungkin. Tentu saja kerjasama yang sinergis antara para pemangku kepentingan tetap perlu ditingkatkan. Hal ini karena akan mustahil kita bisa melakukan edukasi Internet Sehat kepada pengguna internet di Indonesia yang pertumbuhannya sangat signifikan bila program edukasi ini masih parsial.”

Bagaimana Mas Donny memandang kebebasan berekspresi di Indonesia melalui internet?

“Saat ini kebebasan berekspresi di indonesia melalui internet (online) sudah relatif bebas ya. kita tahu kini orang bebas mengemukakan pendapatnya tanpa takut atau ragu lagi. Meskipun demikian kita tidak boleh kemudian menjadi jumawa dan lengah. Ada pasal 27 ayat 3 UU ITE tentang pencemaran nama baik di internet yang dapat disalahgunakan oleh mereka yang ‘berkuasa’ untuk menekan kebebasan berekspresi tersebut. Selain itu, jangan pula kita sebagai pengguna internet lantas mau seenaknya sendiri berekspresi tanpa memerhatikan rambu-rambu yang ada. Kebebasan berekspresi memang hak asasi manusia yang dijamin oleh negara. Bahkan PBB pun menjaminnya melalui Article 19. Tetapi jelas kebebasan yang dijamin tersebut adalah kebebasan yang tidak melanggar atau merugikan kebebasan orang lain. Jadi diperlukan kearifan bersama agar kebebasan berekespresi inidapat terus ditegakkan, dikembangkan dan dibudayakan.”

Beberapa waktu lalu, kita sempat dihebohkan dengan Rancangan Undang-Undang Stop Online Piracy Act and Protect IP Act (SOPA-PIPA) yang digodok oleh Senat Amerika Serikat dan sempat menuai kontroversi panjang yang membuat beberapa situs online dunia terkenal seperti Wikipedia, WordPress, dan lain-lain melakukan protes dengan membuat halaman hitam di tampilan depan mereka. Bagaimana pendapat Mas Donny mengenai hal ini? Apakah memang sebaiknya aktifitas dunia maya diatur melalui RUU ini dan bagaimana kita menyikapinya?

“Menurut saya, lebih baik tidak pernah ada RUU ini. Seandainya apabila ada banyak kelemahan undang-undang yang sudah ada, hal itu masih bisa diperbaiki. Kita percaya dengan local wisdom. Di internet juga ada internet wisdom seperti creative common, open source dan lainnya. Ilmu pengetahuan semakin dibagi akan membuat pemiliknya menjadi semakin maju. Yang mendapatkan ilmu itu pun juga menjadi maju.

Jadi, harapan kita yang pertama adalah jangan latah mengadopsi apa-apa yang ada di AS. Misalnya, mentang-mentang kita meratifikasi TRIPS kemudian kita membuat UU HKI. Okay, itu fine dan mungkin itu bagus, walaupun implementasinya belum tentu bagus. Kedua yang perlu kita waspadai adalah SOPA-PIPA ini sangat mungkin digunakan untuk meredam atau menekan kebebasan berekspresi. Jadi, orang yang berekpresi, orang yang memberikan informasi, whistle blower seperti WikiLeaks, dan semacamnya bisa terancam dihapus tulisannya di intenet sehingga masyarakat luas tidak mengerti apa yang sebenarnya telah terjadi. Hal ini sangat mungkin terjadi di Indonesia. (Catatan : Jawaban ini sama dengan apa yang saya sampaikan di http://www.perspektifbaru.com/wawancara/830 )”

Mas Donny bisa menceritakan kegiatan apa saja yang sudah dan akan dilakukan oleh ICT Watch dalam sosialisasi Internet Sehat, termasuk yang melibatkan blogger-blogger Indonesia?

Banyak, Mas. Intinya kegiatan sosialisasi dan edukasi ke sekolah, kampus, institusi pemerintahan di pusat maupun daerah, guru-guru, orangtua, komunitas, dan lainnya. Arsipnya bisa dilihat di http://www.flickr.com/photos/internetsehat. Nah, khusus untuk teman-teman blogger, kami memang merangkul mereka dengan erat sebab teman-teman blogger lah yang notabene bisa menjadi ujung tombak penyampaian informasi sehingga meluas di masyarakat. Selain itu teman-teman blogger juga kami anggap sebagai penggiat informasi melalui internet yang bersama-sama memiliki tanggung-jawab moral untuk mencerdaskan masyarakat melalui aktifitasnya, apalagi kalau bukan aktifitas ngeblognya.”

Bagaimana Mas Donny melihat aktifitas blogging di Indonesia saat ini serta prospeknya di masa datang?

Semangat dari blogging adalah menuliskan informasi dan pengetahuan. Bila semangat menulis itu kita ‘peras’, maka intisari dari menulis adalah berbagi. Di dunia yang menang-kalah kini ditentukan oleh pengetahuan, maka akan ada pihak yang ingin mengunci informasi dan pengetahuan untuk berbagai alasan (kapitalisasi, ideologi, kekuasaan, dan lain-lain). Di sini lah aktifitas blogging dapat berperan menjadi counterbalance atas penguncian informasi dan pengetahuan tersebut. Tanpa adanya teman-teman blogger dan/atau aktifitas blogging, maka poros kekuatan (informasi dan pengetahuan) akan menjadi berat sebelah kepada mereka yang memiliki modal besar. Jika poros kekuatan tersebut timpang dan informasi serta pengetahuan bisa dikontrol oleh segelintir orang, maka jelas efeknya adalah penekanan kebebasan berekspresi oleh rezim yang totalitarian. Intinya, aktifitas blogging dalam konteks berbagi informasi dan pengetahuan di masa depan akan sangat dibutuhkan. Semakin banyak orang yang membutuhkan akan semakin terbuka kesempatan luas bagi blogger itu sendiri untuk mengembangkan potensi diri dan komunitasnya.

Apa saran Mas Donny agar kegiatan blogging di negeri ini tetap berada dalam koridor kebebasan berekspresi di internet yang sehat dan bertanggungjawab?

Jadikan blogging sebagai sebuah aktifitas yang dilandasi oleh semangat yang universal, yaitu semangat berbagi informasi dan pengetahuan. Tidak pernah ada ceritanya di dunia ini, orang akan jatuh miskin dan merana karena rajin berbagi informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi banyak orang. Semakin banyak orang diuntungkan dengan informasi dan pengetahuan yang kita bagikan, maka seperti saya sudah sampaikandi atas, semakin terbuka peluang bagi diri kita (blogger) maupun komunitas tempat blogger tersebut bernaung untuk mengembangkan potensi dirinya. Jangan takut mengekspresikan gagasan dan jangan kuatir memberitakan kebenaran. Jika gagasan dan kebenaran tersebut menguntungkan banyak orang maka you are not alone!

Bentuk-bentuk perkumpulan seperti komunitas blogger dapat menjadi semacam think tank untuk mendiskusikan kearifan lokal dalam kegiatan blogging. Kebebasan berekspresi walau semangatnya universal, prakteknya harus tetap menghormati kearifan lokal tersebut, misalnya adat istiadat, gaya bahasa, kultur, sejarah, dan sebagainya. Blogging yang tetap berada dalam koridor kebebasan berekspresi di internet yang sehat dan bertanggungjawab, seperti yang ditanyakan di atas, adalah blogging yang berani mengekspresikan gagasan dan memberitakan kebenaran, tetapi dalam penyampaiannya tetap santun dan menghormati kearifan lokal.”

Sumber foto:

Blog Pribadi Donny BU 

Related Posts
WAWANCARA BERSAMA LINDA DJALIL : “NGEBLOG ITU MEMBUAT BAHAGIA !”
ada awalnya sempat terbersit rasa "deg-deg-an" dan minder dihati saya untuk mewawancarai mbak Linda Djalil, mantan wartawati senior Majalah TEMPO dan GATRA yang sering mewawancarai sejumlah tokoh nasional (bahkan pernah ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA MUBARIKA DARMAYANTI (Chief Business Officer IDBlognetwork): “SETIAP TANTANGAN MENJADI “MILESTONES” KAMI DALAM BERKIPRAH!”
ehadiran IDBlognetwork (selanjutnya saya singkat menjadi IBN) di jagad blog Indonesia, sungguh fenomenal. Gebrakannya yang tampil menjadi "jembatan" antara blogger dan publisher dengan beragam fitur yang unik serta tawaran kompensasi ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA OM JAY : “NGEBLOG BUKANLAH PEKERJAAN YANG SIA-SIA!”
aya mengenal sosok Wijayakusumah atau akrab dipanggil Om Jay yang berbodi montok, ramah, bersahaja dan selalu tersenyum ini pada kopdar perdana Kompasiana 2 tahun silam. Rasanya betah ngobrol bersama blogger ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA LUIGI PRALANGGA : “BLOGGER ADALAH ELEMEN STRATEGIS YANG HARUS DIPERHITUNGKAN DALAM DIALOG PEMBANGUNAN !”
osok blogger satu ini mungkin tak asing bagi kita semua. Luigi Pralangga yang kini bertugas sebagai Procurement Officer, United Nations Assistance Mission for Iraq (UNAMI), Iraq sejak Agustus 2010, merupakan ...
Posting Terkait
Penganugerahan Bapak Blogger Kompasiana kepada Prayitno Ramelah oleh Direktur Kompas.com Taufik H Mihardja, 22 Oktober 2009
Nama Prayitno Ramelan belakangan ini sangat terkenal menjadi sosok yang identik dengan ikon Pengulas soal-soal intelijen dan terorisme di Indonesia. Beberapa kali lelaki yang sejak 2002 menjadi purnawirawan, dengan jabatan terakhir ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA HAZAIRIN POHAN :”RUANG GERAK BAGI KEMAJUAN BLOGGING DI INDONESIA MASIH BESAR”
aya mengenal pertama kali Pak Hazairin Pohan saat bertindak sebagai moderator dalam sosialisasi Komunitas ASEAN 2015 di Makassar bulan Desember 2010 lalu dimana saat itu beliau menjadi salah satu narasumbernya ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA RISA AMRIKASARI : “MENULIS HARUS TIDAK DENGAN KETERPAKSAAN!”
"epak terjang" Risa Amrikasari, perempuan kelahiran Bogor 22 Oktober 1969 khususnya dalam dunia blogging dan penulisan yang cukup fenomenal, sangat menarik minat saya untuk mewawancarai serta mengetahui lebih banyak pokok-pokok ...
Posting Terkait
WAWANCARA BERSAMA LINDA DJALIL : “NGEBLOG ITU MEMBUAT
WAWANCARA BERSAMA MUBARIKA DARMAYANTI (Chief Business Officer IDBlognetwork):
WAWANCARA BERSAMA OM JAY : “NGEBLOG BUKANLAH PEKERJAAN
WAWANCARA BERSAMA LUIGI PRALANGGA : “BLOGGER ADALAH ELEMEN
WAWANCARA BERSAMA BAPAK BLOGGER KOMPASIANA, PRAYITNO RAMELAN :
WAWANCARA BERSAMA HAZAIRIN POHAN :”RUANG GERAK BAGI KEMAJUAN
WAWANCARA BERSAMA RISA AMRIKASARI : “MENULIS HARUS TIDAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

April 2012
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Profil di LinkedIn

Arsip

My Karaoke @ SoundCloud

Kicauanku di Twitter

Creative Commons License

Lisensi Creative Commons
ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi. Silakan anda mengambil atau mengutip sebagian maupun seluruh isi blog ini asalkan jangan lupa mencantumkan sumber asli tulisannya. Terimakasih atas pengertian anda

Recent Comments

    My Instagram

    Good Reads Book Shelf

    Amril's books

    Nge-blog Dengan Hati
    3 of 5 stars
    Blogisme ala Ndoro Kakung Judul Buku : Ngeblog Dengan Hati Penulis : Wicaksono “Ndoro Kakung” Editor : Windy Ariestanty Penerbit : Gagas Media, Terbitan : Cetakan pertama, 2009 Jumlah Halaman : 142 Di ranah blog Indonesia, nama N...

    goodreads.com

    Page Rank Checker

    Free Page Rank Tool Pagerankchecker.com — Check your Pagerank Website reputation
    Alexa rank,Pagerank and website worth
    Powered by WebStatsDomain
    Blog

    Live Traffic Feed