HUT KETIGA BLOGGER BEKASI : DARI BERINTERNET AMAN SAMPAI KIAT JADI BLOGGER SUKSES MULIA

Sabtu (8/9) kemarin adalah menjadi hari istimewa bagi Komunitas Blogger Bekasi. Bertempat di Balai Patriot Kompleks Kantor Pemerintah Kota Bekasi, dilaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun ketiga komunitas yang lahir pada tanggal 17 Agustus 2009 itu dengan sederhana namun meriah. Saat tiba di lokasi, saya menyapa sejumlah blogger yang datang dari berbagai wilayah Indonesia antara lain ada Mas Nopy dan Mas Frenavit (Komunitas Blogger Tugu Pahlawan Surabaya), Mas Erfano (Komunitas Blogger Bogor) serta Mas Didno (Komunitas Blogger Indramayu). Semuanya berbaur dalam nuansa penuh keakraban dan kekeluargaan pada acara yang bertema “Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan”. Saya sendiri membawa serta istri dan kedua anak saya dalam acara ini.


Tepat pukul 09.00 pagi, acara dibuka dengan tarian tradisional khas Bekasi yang begitu atraktif oleh siswa sebuah SD di Bekasi. Dilanjutkan dengan Video Profil Perjalanan Blogger Bekasi selama 3 tahun terakhir. Tampil beberapa founder Blogger Bekasi seperti Yulyanto, Wijayakusuma, saya dan Raden Ajeng memberikan testimoni. Tidak hanya itu, disela-sela kata sambutan Mas Eko Eshape (Wakil Ketua Blogger Bekasi) hadir pula video ucapan selamat dari Ketua Komunitas Blogger Bekasi mas Aris Heru Utomo yang saat ini sedang bertugas sebagai diplomat Kemenlu RI di Beijing China. “Maju terus Blogger Bekasi, Menembus Tapal Batas!” kata mas Aris lantang dengan latar belakang Tembok Besar China.

Setelah itu tampil Walikota Bekasi yang diwakili oleh Kabag Telematika Pemkot Bekasi. Dalam kata sambutan Walikota yang dibacakan pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kota Bekasi sangat mengapresiasi kehadiran Komunitas Blogger di wilayahnya yang sangat mendukung upaya sosialisasi program pemerintah khususnya dibidang pengembangan teknologi informasi. “Beberapa orang Blogger Bekasi seperti Wijayakusumah, Amril Taufik Gobel telah menjadi kontributor aktif di situs resmi kami di Pemkot Bekasi,” kata Walikota Rahmat Efendi yang dibacakan sambutannya pada kesempatan tersebut.

Setelah itu saya tampil memandu talkshow bersama Mas Irwin Day (Yayasan Nawala Nusantara), Valencia “Silly”Mieke Randa (aktivis sosial media dan ibu rumah tangga) serta Wijayakusumah alias Om Jay (Penasehat Blogger Bekasi yang juga adalah guru di SMP Labschool Jakarta). Pada kesempatan tersebut dibahas tentang bagaimana kita berinternet secara aman dan bersih. Yayasan Nawala Nusantara yang merupakan layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan situs negatif. Menurut Irwin, Nawala Nusantara akan membantu menapis jenis situs-situs negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan, nilai dan norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti pornografi dan perjudian. Selain itu, Nawala Nusantara juga akan menapis situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.

Sementara itu Valencia Mieke Randa yang akrab dikenal sebagai aktifis media sosial yang menggagas gerakan “Blood for Life” mengemukakan bahwa internet seyogyanya digunakan sebaik-baiknya secara bijak dan cerdas untuk banyak hal, termasuk dalam memberikan upaya-upaya konstruktif mempromosikan dan melakukan gerakan sosial yang bermanfaat untuk masyarakat banyak. “Kita sendirilah yang menentukan apakah internet akan diarahkan untuk kepentingan negatif atau positif. Marilah untuk lebih cerdas mendayagunakan potensi internet untuk kebaikan semua orang serta aksi sosial yang bermanfaat.” ujar Silly mantap sesaat setelah hadirin menyaksikan video menyentuh tentang gerakan “Blood for Life” yang digagasnya.

Dalam perspektif sebagai pendidik, Om Jay menegaskan bahwa kita mesti lebih banyakmenghasilkan konten-konten positif untuk melawan konten-konten negatif yang berkembang luas di internet. Ia mencontohkan gerakan menyebarluaskan kata kunci “Anak SMA” yang bila dicari di mesin pencari menghasilkan konten-konten yang cenderung tak senonoh, dan oleh blogger serta penulis online ramai-ramai dibuat konten positif mengenai hal tersebut sehingga konten negatif bisa digusur.

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggupun tiba. Pak Jamil Azzaini , motivator, pembicara publik/trainer terkemuka, penulis buku best seller serta blogger yang konsisten tampil dipanggung dengan ulasan utama “Blogger Sukses Mulia”. Secara memikat dan atraktif, Pak Jamil yang baru mulai ngeblog tahun 2011 ini menceritakan bagaimana sesungguhnya esensi menjadi blogger yang sukses mulia.

“Saya itu ngeblog mulai 5 Februari 2011 dan hingga 31 Agustus 2012 sudah ada 451 tulisan dengan 9.369 komentar. Pada awal Agustus 2012 ini, blog saya sudah dikunjungi lebih dari 100. 472 blogger Terbanyak 1.159 komentar di tulisan “doa dari tanah suci”. .Kenapa mendapat tanggapan terbanyak di artikel tersebut? Itu karena tulisan yang dituliskan sebelum berangkat beribadah Umroh tersebut diserbu komentar untuk titip doa keberkahan didepan Ka’bah saat saya kesana nanti,” kata penulis 5 buku ini berseloroh.

Lantas apa itu Blogger Sukses Mulia?. Menurut pria kelahiran Purworejo,  Jawa Tengah, 09 Agustus 1968 dan menempuh jenjang pendidikan formal strata satu (S-1) dan (S-2) di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, pengertiannya yaitu bermakna sukses jika blog tersebut dikunjungi dan direspon banyak orang dan Mulia jika konten blog tersebut bermanfaat buat pembacanya. .

Lalu apa syarat menjadi blogger Sukses Mulia? Pak Jamil yang juga menggagas  Indonesia Inspiring Movement (I2Move) itu menegaskan hanya ada 3 hal sederhana yaitu : Blogger itu harus punya mimpi, menghasilkan konten yang tak hanya baik namun terbaik. yang layak dibaca dan dikomentari serta yang terakhir adalah Cintailah pembaca blog kita dengan mengupdatenya secara berkala dan menanyakan manfaatnya bagi pembaca. Secara spesifik Pak Jamil menyampaikan mimpinya yakni menginspirasi 25 juta orang lebih dan 1 juta diantaranya putus dari rantai kemiskinan. Semua ini ia wujudkan salah satunya dengan ngeblog.

Pak Jamil kemudian mengemukakan apa yang sudah dicapainya selama ngeblog yaitu bisa Menulis buku dan dua diantaranya menjadi best seller, mendapatkan passive income, mendapatkan order training, sering diundang pengelola televisi/radio/media cetak, diundang ke luar negeri dan dapat beriklan gratis melalui blog. Penyampaian yang sederhana dan memikat disertai humor-humor segar membuat materi yang disajikan pak Jamil sungguh menarik untuk disimak.

Saya bersyukur mendapat kesempatan berfoto bersama Blogger Idola saya ini, sekaligus memintanya untuk menandatangani buku “Kubik Leadership” yang saya beli di counter depan, seusai acara.

Terus terang saya tersanjung ketika beliau mengatakan, “Saya sudah kenal dengan anda kok lewat media online, nanti saya follow back di twitter ya”.  Kami lalu saling bertukar kartu nama.Dan memang benar, Pak Jamil malam harinya memenuhi janjinya, langsung mengikuti akun twitter saya @amriltg.

Bagi saya, pencerahan yang diberikan pak Jamil pada acara ini menjadi sarana “re-charge” untuk menambah “energi” dan “vitamin” ngeblog. Menjadi Blogger Sukses Mulia sesungguhnya adalah impian dan komitmen saya.

Seusai Sholat Dhuhur dan makan siang, dilanjutkan dengan “stand up comedy” dari Awwe. Komedian yang sering tampil di Metro TV ini berhasil mengocok perut penonton dengan guyonan-guyonan segarnya. Setelah itu ada acara kuis berhadiah untuk para peserta. “Charity Momen” kemudian dilaksanakan dengan mengundang Ketua SEBUAI (Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia) Adyanti Rahmarani untuk penyerahan secara simbolis sumbangan buku. Pada saat datang, memang para peserta diminta membawa minimal satu buku bekas untuk disumbangkan ke SEBUAI. Buku-buku yang terkumpul diserahkan secara simbolis dalam momen tersebut.

Mas Eko Eshape kembali tampil mempresentasikan tampilan baru Blogger Bekasi bersama sang desainer mas Kika Syafii. “Tak ada lagi moderasi postingan, silahkan langsung menulis dan posting di website Beblog mulai hari ini,” kata mas Eko.

Ajang selanjutnya adalah penganugerahan penghargaan kepada komunitas inspiratif terbaik yang jatuh kepada Komunitas Tangan Diatas Bekasi dan Akademi Berbagi Bekasi. Penghargaan ini diberikan sebagai sebentuk apresiasi atas kiprah kedua komunitas ini yang sangat inspiratif dan terus berbagi lewat bidangnya. Setelah itu dilaksanakan door prize dan pembagian hadiah lomba “live tweeting” . Pukul 15.30 sore rangkaian acara HUT Blogger Bekasi ketiga berakhir dan ditutup dengan foto bersama.

Maju terus Blogger Bekasi, Menembus Tapal Batas !!

 

Related Posts
HARI BLOGGER NASIONAL DAN SOLIDARITAS SOSIAL MENYIKAPI BENCANA
Hari ini, 27 Oktober 2010, kita semua merayakan Hari Blogger Nasional. Sebuah momen bersejarah yang ditorehkan pada tahun 2007 saat Pesta Blogger pertama digelar di Blitz Megaplex Jakarta oleh Menkominfo (waktu ...
Posting Terkait
Bersiap berangkat mudik ke Yogya bersama Toyota Rush, Rabu,8 September 2010
Ujian kesabaran benar-benar kami sekeluarga alami dalam perjalanan mudik Lebaran 2010 ke kampung halaman istri saya di Yogyakarta, tanggal 8 September 2010 lalu.  Kami menempuh waktu 24 jam untuk mencapai ...
Posting Terkait
DARI KOPDAR PERDANA KOMPASIANA: DI DUNIA NYATA MAUPUN MAYA, GAUL ITU NISCAYA
  Blogger Kompasiana (tua dan muda) ngobrol santai sebelum acara dimulai Bersama rekan se-hidup se-"Cikarang", Pak Eko"Eshape", saya berangkat bareng menuju Bentara Budaya Jakarta untuk menghadiri Kopdar alias kopi darat pertama blogger ...
Posting Terkait
SOLO, KEINDAHAN DAN KENANGAN MENGESANKAN YANG MENYERTAINYA
ota Solo telah meninggalkan kesan mendalam dalam diri saya. Seusai perhelatan ASEAN Blogger Festival (ABFI) 2013 yang diadakan tanggal 9-12 Mei 2013 disana, saya senantiasa didera keinginan untuk datang kembali ke ...
Posting Terkait
“MEMETIK” PERCIKAN PEMIKIRAN BERNAS DARI IBU PRITA KEMAL GANI
uaca Jakarta sedikit mendung saat saya tiba di pelataran lobi Grand Indonesia West Mall, Kamis petang (26/11). Saya bergegas menuju lantai 3A lokasi restoran Penang Bistro tempat pertemuan dan diskusi ...
Posting Terkait
SUKSES, PENYELENGGARAAN BLOGSHOP 2010 AMIKOM JOGJAKARTA
Ruang Laboratorium Komputer lantai 4 STMIK AMIKOM Jogja, Hari Sabtu (9/10), begitu meriah dan mulai dipenuhi para peserta Blogshop Pesta Blogger 2010. Ruang berkapasitas 70 unit komputer tersebut telah dilengkapi ...
Posting Terkait
DELLIANI : “MY NEW BLOGGING WEAPON”
Kehadiran si Delliani, sebuah nama yang saya sematkan pada Netbook DELL Inspiron Mini 9 yang saya terima kemarin sebagai hadiah doorprize saat peluncuran produk Dell Terbaru di Plaza FX tanggal ...
Posting Terkait
BERKOMENTAR DI TRIBUN TIMUR
Koran Tribun Timur Makassar edisi hari Kamis, 28 Februari 2008 memuat tanggapan saya tentang tawuran mahasiswa Unhas di Makassar. Isinya sebagai berikut: Itu tindakan konyol dan tolol. Citra Unhas dan alumninya akan ...
Posting Terkait
IKUT MEJENG DI MAJALAH SWA
  etelah sebelumnya pernah mejeng di Harian Kompas (jadi model iklan Kompasiana), Majalah Tempo dan Majalah Internal Asuransi Bumiputera 1912, maka kali ini di Majalah SWA dalam edisi No.08/XXVII/14-27 April ...
Posting Terkait
SUKSES, PENYELENGGARAAN PELATIHAN BLOG GURU ANGKATAN KEDUA BLOGGER BEKASI
Ruang Rapat Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Minggu 20 November 2011 telah terlihat ramai, ketika saya tiba. Hari itu, saya akan menjadi pembawa materi dalam acara Pelatihan Blog Guru Angkatan Kedua ...
Posting Terkait
HARI BLOGGER NASIONAL DAN SOLIDARITAS SOSIAL MENYIKAPI BENCANA
KISAH MUDIK 2010 (1) : MENIKMATI PERJALANAN DENGAN
DARI KOPDAR PERDANA KOMPASIANA: DI DUNIA NYATA MAUPUN
SOLO, KEINDAHAN DAN KENANGAN MENGESANKAN YANG MENYERTAINYA
“MEMETIK” PERCIKAN PEMIKIRAN BERNAS DARI IBU PRITA KEMAL
SUKSES, PENYELENGGARAAN BLOGSHOP 2010 AMIKOM JOGJAKARTA
DELLIANI : “MY NEW BLOGGING WEAPON”
BERKOMENTAR DI TRIBUN TIMUR
IKUT MEJENG DI MAJALAH SWA
SUKSES, PENYELENGGARAAN PELATIHAN BLOG GURU ANGKATAN KEDUA BLOGGER

11 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *