ABFI 2013 SOLO (1) : LOJI GANDRUNG, SAMBUT KEHADIRAN PESERTA ASEAN BLOGGER FESTIVAL

lojigandrung1

Cuaca Solo begitu bersahabat saat Kamis malam (9/5), sekitar 250 blogger peserta ASEAN Blogger Festival datang ke Loji Gandrung, kediaman resmi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo untuk menghadiri “Welcome Dinner”. Bersama mas Wisnu Dewabroto, mas Yulef dan mbak Mira Sahid, kami lalu memasuki kawasan yang juga dijadikan cagar budaya karena memiliki nilai sejarah yang tinggi ini. Ornamen bangunan khas Belanda terlihat mendominasi gedung yang masih menyisakan kemegahannya di masa lalu.  Setelah mengisi registrasi dan mendapatkan Goodie Bag, para peserta yang diangkut dengan bis dari dua lokasi penginapan masing-masing Hotel Kusuma Sahid dan Hotel Sahid Jaya. Mereka langsung menuju tempat pelaksanaan acara yang berlokasi di halaman belakang.

Saya langsung disapa oleh Mas Blontankpoer yang juga adalah pembina Komunitas Blogger Bengawan Solo dan kami berbincang mengenai persiapan acara malam itu bersama Walikota Solo pak FX Hadi Rudyatmo.Tak lama kemudian, datang Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Bapak I Gusti Ageng Wesaka Puja bersama Direktur IT PT Telkom Indonesia Indro Utoyo serta sang Begawan Marketing Indonesia Prof.Hermawan Kartajaya. Dikesempatan tersebut hadir pula perwakilan US Mission for ASEAN Kedubes Amerika Serikat Mr.Thomas Bills.

lojigandrung2

Acara dibuka dengan pagelaran seni tari tradisional yang memukau. Setelah itu, tampil dua MC Indah Nuriah dan mas Agus Lahinta yang memandu rangkaian acara malam itu. Di kesempatan pertama tampil Pak Indra Utoyo, Direktur PT Telkom Indonesia yang memaparkan perkembangan industri telekomunikasi Indonesia, termasuk komitmen PT Telkom Indonesia untuk mendukung blogger sebagai Netizen dalam menyebarluaskan konten-konten positif dan inspiratif di dunia maya. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara PT Telkom Indonesia bersama Pemerintah Kota Solo khususnya dalam pengembangan internet.

Dalam kata sambutannya Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyatakan kegembiraannya bahwa Solo bisa dipilih menjadi tuan rumah dalam acara perhelatan akbar blogger ASEAN ini. Beliau berharap bahwa event ini bisa mengangkat citra kota Solo melalui posting-posting bermuatan positif di blog. Hal menarik disampaikan dalam pemaparan beliau yakni mengangkat 3 filosofi Jawa Lamun Sira Pintar Ojo Ngguroni yang bermakna walau pintar jangan menggurui, Lamun Sira Banter Ojo Dhisiki, artinya Jika merasa terhebat jangan sombong dan Lamun Sira Sakti Ojo Mateni, atau jika merasa sakti, jangan membunuhDalam perspektif blogger, lanjut pengganti Jokowi yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta ini, sebagai seseorang yang sudah menguasai teknologi, hendaklah tetap rendah hati dan merakyat serta tidak mentang-mentang merasa paling pintar sendiri.

Sementara itu, Dirjen Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Bapak I Gusti Ageng Wesaka Puja menyatakan terimakasih sebesar-besarnya atas dukungan penuh dan simpatik dari Pemerintah Kota Solo yang mendukung event ASEAN Blogger Festival. “Solo merupakan kota budaya yang eksotis, dikaitkan dengan tema sentral acara ini yaitu Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asiamaka tema ini dirasakan sangat relevan karena Kota Solo sendiri memiliki warisan sejarah budaya yang kaya serta memiliki nilai historis yang tinggi,” kata beliau.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan hidangan eksotik ala Solo seperti Timlo, Nasi Liwet, Tengkleng, Wedang Jahe dan lain-lain diiringi dengan musik keroncong yang merdu.

 

Related Posts
ABFI 2013 SOLO (3) : LAHIRNYA ASEAN BLOGGER SOLO SPIRIT 2013 & SEMANGAT CINTA LINGKUNGAN DI URBAN FOREST
ari ketiga ASEAN Blogger Festival 2013, Sabtu (11/5), para peserta masih tetap memperlihatkan semangat yang luar biasa, setelah semalam menikmati pagelaran seni di Mangkunegara Art Festival. Pada sesi pagi, adalah ...
Posting Terkait
ABFI 2013 SOLO (2) : REFLEKSI WAJAH BUDAYA ASIA TENGGARA UNTUK KEBERSAMAAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015
ajah-wajah penuh antusias dari para blogger terlihat pada Hari Jum'at pagi (10/5) di Ruang Tirtasari Hotel Kusuma Sahid Prince Hotel Solo tempat pelaksanaan seminar ASEAN Blogger Festival 2013. Meski pulang ...
Posting Terkait
ABFI 2013 (4) : KESAN INDAH DI KERATON SURAKARTA MENUTUP RANGKAIAN PERHELATAN
atahari bersinar cerah ketika saya membuka jendela kamar 211 Hotel Kusuma Sahid Prince tempat saya menginap selama acara ASEAN Blogger Festival 2013, Minggu (12/5). Saya memang agak telat bangun setelah ...
Posting Terkait
ABFI 2013 SOLO (3) : LAHIRNYA ASEAN BLOGGER
ABFI 2013 SOLO (2) : REFLEKSI WAJAH BUDAYA
ABFI 2013 (4) : KESAN INDAH DI KERATON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *