KEHANDALAN STRATEGIS KONTEN LOKAL DALAM MENDUKUNG INDUSTRI MIGAS NASIONAL

 DSCN6999

Senin pagi (7/10), cuaca Bandung terlihat begitu cerah. Matahari bersinar terang dan berkas cahayanya memantul lembut pada kaca vertikal dinding koridor yang berbatasan langsung dengan ruang Zamrud lantai 2 Hotel Holiday Inn Bandung, tempat pelaksanaan acara Workshop Tender Managemen Pengadaan Barang dan Jasa Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) sesuai PTK SKK Migas Revisi 2 Tahun 2011. Di tempat tersebut telah hadir 45 orang peserta yang tidak hanya berasal dari KKKS, namun juga dari para praktisi dan profesional industri pengadaan barang serta jasa terkait dengan aktifitas pengadaan di bidang Minyak & Gas Bumi.

“Dibandingkan dengan Pelatihan yang sama, yang sudah kita laksanakan beberapa kali sebelumnya, Workshop periode ini memiliki peserta paling banyak. Antusiasme peserta yang berminat ikut sangat tinggi, namun sayangnya harus dibatasi demi efektifitas pelaksanaan,”ujar Ketua Komunitas Migas Indonesia (KMI) Pak S.Herry Putranto dengan mata berbinar saat berbincang bersama saya didepan meja registrasi. Saya, yang merupakan alumni workshop tahun lalu (April 2012), diundang kembali oleh Pak Herry untuk hadir dan meliput kegiatan ini kemudian melaporkannya lewat blog seperti pernah saya lakukan sebelumnya.

DSCN6984

Sebelum pembukaan, saya sempat berjumpa dengan Pak Wahidin, Tender Administrator pada PT National Oil Well Varco (NOV) -Downhole yang juga rekan lama saya saat masih bekerja disana hampir 3 tahun lalu. Beliau menyatakan sangat gembira mendapatkan informasi tentang pelatihan ini yang kebetulan sempat saya bagikan dan kemudian bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta tepat sebelum kuota pendaftaran ditutup. “Sudah lama saya ingin ikut workshop seperti ini, tapi terkadang terkena kendala waktu dan kesibukan di kantor, tetapi juga informasi yang kerap kali tidak sampai. Untunglah bisa segera mendaftar dan mendapat kesempatan jadi peserta,” kata ayah satu anak ini sambil tersenyum.

DSCN6993

DSCN6981

Tepat pukul 08.00 pagi acara dimulai. Ketua Komunitas Migas Indonesia, S.Herry Putranto menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop yang kali ini sudah memasuki angkatan kesepuluh kian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan khususnya dari minat peserta yang ingin mengikuti pelatihan ini. “Indikasi tersebut setidaknya menjadi acuan bahwa keinginan untuk memahami lebih jauh aturan pengadaan barang dan jasa di industri Migas sebagaimana tercantum dalam PTK 007 Revisi II/2011 SKK Migas, semakin meningkat seiring dengan intensitas daya saing masing-masing perusahaan di Indonesia dalam menambah kadar komponen lokalnya sebagai wujud keberpihakan pada produk dalam negeri,” kata Pak Herry antusias.

DSCN6997“Buat kami, di Komunitas Migas Indonesia yang juga mengelola mailing list Migas Indonesia dan sudah beranggotakan lebih dari 16.000 anggota ini, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena tidak hanya telah memberikan kontribusi terbaik bagi upaya sosialisasi pemahaman aturan PTK 007/2011 namun juga wadah ini bisa digunakan menjadi sarana interaksi dan networking antar praktisi industri migas,”imbuhnya penuh semangat. Beliau kemudian menambahkan bahwa tidak hanya melalui pelatihan ini, Komunitas Migas Indonesia juga menyelenggarakan berbagai seminar, forum kajian bisnus bahkan “KMI Goes To Campus” yang melibatkan profesional handal dibidang industri migas untuk sharing tentang banyak hal sesuai kompetensinya. Keterlibatan perwakilan KMI juga terlihat, dengan aktifnya sejumlah cabang KMI baik didalam maupun luar negeri menyelenggarakan berbagai kegiatan.

DSCN6983

“Kedepan, ada rencana bahwa workshop ini akan dilaksanakan di tempat selain di Bandung atau Jakarta, misalnya di Balikpapan atau di Cilegon untuk mengakomodir rekan-rekan yang ingin mengikuti pelatihan serupa di daerah. Semoga bisa terwujud, apalagi, pemahaman mengenai aturan PTK 007 SKK Migas semakin penting karena ada wacana bahwa untuk kontrak Migas yang berada dibawah nilai tertentu, perhitungan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) bisa dilakukan secara mandiri oleh karyawan perusahaan terkait yang memiliki sertifikasi dan tidak perlu lagi dilakukan oleh surveyor independen seperti yang selama ini dijalankan. Tentu hal ini diterapkan dengan spirit efisiensi dan professionalisme agar industri Migas Nasional dapat bergerak lebih cepat, luwes serta berkelanjutan,” ujar Pak Herry.

DSCN7011

Di kesempatan berikutnya, Ketua Pengawas Koperasi Bina Petro Mandiri (KBPM) SKK Migas Pak Agus Zunaedi yang menjadi mitra Komunitas Migas Indonesia dalam workshop ini menyatakan bahwa, Pelatihan yang secara rutin dilakukan ini memiliki semangat luhur untuk mengedepankan kehandalan strategis konten lokal dalam mendukung industri migas di Indonesia. “Potensi yang dimiliki bangsa kita selayaknya diberikan peluang yang lebih besar dalam berpartisipasi pada proyek pengadaan barang dan jasa di sektor migas. PTK 007 Rev.II/2011 berusaha mengakomodir itu secara proporsional dan diharapkan, instrumen inilah yang kian menggairahkan dan meningkatkan penggunaan kandungan lokal hasil produksi dalam negeri di industri migas kita. Semoga pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 7-10 Oktober 2013 memberikan manfaat dan menambah wawasan anda semua,” kata Pak Agus yang kemudian membuka secara resmi pelaksanaan workshop ini.

DSCN7017

DSCN7023

DSCN7031

Seusai istirahat, tampil Pak Iwan Gayaputra dari Surveyor Indonesia yang menyampaikan materi mengenai “Peningkatan Produksi Dalam Negeri”. Sangat menarik ulasan beliau pada bagian pengantar yang mengungkapkan fakta bahwa pasca Krisis Ekonomi 1998, Pertumbuhan Ekonomi dan Industri mulai menanjak secara signifikan. Di sektor Migas, Belanja Barang/Jasa meningkat dari US$ 6,6 Milyar di tahun 2007 hingga US$ 11,81 Milyar 4 tahun setelahnya dengan peningkatan TKDN menyentuh di angka 60%.

DSCN7025

 “Ini sebuah fenomena yang menggembirakan sekaligus merupakan bukti bahwa komitmen keberpihakan untuk mendorong penggunaan produksi dalam negeri di Industri Migas terus ditingkatkan. Dengan nilai TKDN yang terus menanjak, tak hanya memberikan efek daya saing perusahaan yang bersangkutan kian mantap sebagai pemasok tetapi juga kedepan, merupakan implementasi tanggung jawab moril untuk membangun bangsa ini lewat industri Migas melalui sinergi yang kokoh,” kata Pak Iwan penuh semangat.

Dalam kesempatan tersebut Pak Iwan memberikan contoh-contoh kasus aplikatif perhitungan TKDN yang merupakan refleksi dari kalkulasi komprehensif kandungan lokal yang dimiliki oleh pemasok dan menjadi faktor penting dalam penentuan hasil evaluasi pada proses pelelangan barang. Sama seperti pelatihan yang saya ikuti di tahun sebelumnya, Pak Iwan memberikan bimbingan kepada peserta bagaimana cara memperhitungkan TKDN secara mandiri (self assesment) sebelum tahapan verifikasi lebih lanjut dari Departemen Perindustrian untuk memperoleh sertifikat TKDN. Simulasi yang disajikan dalam perhitungan mandiri TKDN juga setidaknya menjadi acuan untuk memperhitungkan secara tepat dan akurat nilai TKDN sesungguhnya yang dimiliki.

DSCN7038

Selama 1,5 hari kedepan Pak Iwan Gayaputra akan menguraikan materi yang terkait dengan Inpres No.2 tahun 2009 tentang Penggunaan Produksi dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah lalu dijabarkan dalam Perpres No.54 Tahun 2010,  Permenperin RI No.15 & 16 tahun 2011 yang menjelaskan tentang tatacara perhitungan TKDN dan BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) dan pedomannya. Setelah itu, selama 2,5 hari berikutnya akan tampil pak Robertus Sumardji, Staf Ahli Deputy Umum SKK Migas yang akan menjelaskan secara detail mengenai esensi dan aplikasi PTK (Pedoman Tata Kerja) 007 Revisi II/2011 SKK Migas.

DSCN6989

 

Sayang sekali saya tidak bisa mengikuti secara keseluruhan rangkaian acara ini hingga selesai namun merupakan sebuah kehormatan besar untuk saya dapat diundang khusus oleh Komunitas Migas Indonesia menghadiri acara pembukaan ini sekaligus menuliskannya kembali hal-hal baru yang belum sempat saya dapatkan pada pelatihan sebelumnya. Terimakasih Komunitas Migas Indonesia & Koperasi Bina Petro Energi SKK Migas atas undangan ini.

 

Related Posts
SOLO, KEINDAHAN DAN KENANGAN MENGESANKAN YANG MENYERTAINYA
ota Solo telah meninggalkan kesan mendalam dalam diri saya. Seusai perhelatan ASEAN Blogger Festival (ABFI) 2013 yang diadakan tanggal 9-12 Mei 2013 disana, saya senantiasa didera keinginan untuk datang kembali ke ...
Posting Terkait
RINDU LAGU LUGU DARI MASA KECIL DULU
Tante Gode' Naik di Becak Becak ta' putar Tante Gode' ta' lempar.. Lagu diatas saya nyanyikan dengan riang bersama kawan-kawan satu SD saya di Kota Maros, sebuah ibukota kabupaten yang berjarak kurang lebih 30 ...
Posting Terkait
BINDHE BILUHUTA, SAJIAN KULINER DENGAN SENSASI RASA MENDUNIA
ejak kecil saya sudah menyukai Bindhe Biluhuta, nama makanan khas Gorontalo ini. Kedua orang tua saya yang lahir dan besar di wilayah yang kerap disebut sebagai "Serambi Madinah" itu senantiasa ...
Posting Terkait
ALHAMDULILLAH, MENANG LOMBA POSTING PELUNCURAN BUKU PAK CHAPPY HAKIM DI KOMPASIANA
Syukur Alhamdulillah, berdasarkan informasi ini, saya menjadi satu diantara 10 orang penulis (dari 27 orang yang berpartisipasi) yang mendapatkan hadiah khusus atas lomba posting di Kompasiana dalam rangka peluncuran buku Pak ...
Posting Terkait
ABFI 2013 SOLO (1) : LOJI GANDRUNG, SAMBUT KEHADIRAN PESERTA ASEAN BLOGGER FESTIVAL
uaca Solo begitu bersahabat saat Kamis malam (9/5), sekitar 250 blogger peserta ASEAN Blogger Festival datang ke Loji Gandrung, kediaman resmi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo untuk menghadiri "Welcome Dinner". ...
Posting Terkait
KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”
Edi Taslim (General Manager Kompas Cybermedia) didampingi Pepih Nugraha memberikan penjelasan soal Kompas Phone dan QR Code Kompas dalam kesempatan Kopdar kedua Kompasiana bertempat di JHCC, Minggu,14 Juni 2009 Hari Minggu ...
Posting Terkait
MENIKMATI SENJA MEREKAH DI AWAL RAMADHAN 1432 H
emburat merah jingga nampak terlihat indah dilangit Cikarang. Dari atas sepeda motor Honda Revo, saya menyaksikan pemandangan senja itu dengan hati didera keharuan mendalam. Ramadhan hari pertama tahun ini, sungguh ...
Posting Terkait
LOVE AT THE FIRST VOICE
DALAM sejarah percintaan saya dari masa remaja di SMA hingga menyelesaikan kuliah, saya termasuk orang yang gagal melakoni indahnya romantisme itu. Saat masih SMA, seorang kawan yang memiliki reputasi sebagai playboy ...
Posting Terkait
Kejadian 7 tahun silam kembali membayang hari ini, saat menulis entry blog memperingati kelahiran putra pertama saya Muhammad Rizky Aulia Gobel, 25 November 2009. Saya masih ingat betul momentum-momentum indah ...
Posting Terkait
REVOLUSI BARU DALAM DUNIA PERSUNATAN
Saya tertegun dan sekaligus takjub membaca sebuah iklan "layanan" sunat seperti terpasang diatas yang dipajang dengan warna dasar kuning menyolok, tak jauh dari rumah saya, Minggu pagi (9/12) lalu. Saya ...
Posting Terkait
SOLO, KEINDAHAN DAN KENANGAN MENGESANKAN YANG MENYERTAINYA
RINDU LAGU LUGU DARI MASA KECIL DULU
BINDHE BILUHUTA, SAJIAN KULINER DENGAN SENSASI RASA MENDUNIA
ALHAMDULILLAH, MENANG LOMBA POSTING PELUNCURAN BUKU PAK CHAPPY
ABFI 2013 SOLO (1) : LOJI GANDRUNG, SAMBUT
KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”
MENIKMATI SENJA MEREKAH DI AWAL RAMADHAN 1432 H
LOVE AT THE FIRST VOICE
SELAMAT ULANG TAHUN KETUJUH, JAGOANKU!
REVOLUSI BARU DALAM DUNIA PERSUNATAN

4 comments

  1. Saya kadang membantu proses tender yg kebetulan terkait juga dengan migas. perhitungan TKDN itu sepertinya memang njlimet yaaa.. pelatihan seperti ini biayanya mahal ya pak?

  2. Hampir sama dengan lomba yang di adakan Blogger Bojonegoro tentang potensi lokal, ikutkan aja mas gobel tulisanya bagus, Bojonegoro juga ada industrialisasi migas,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *