MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013

Pengantar:

Seperti “tradisi” yang biasa saya lakukan di akhir tahun, saya biasanya membuat Blogging Kaleidoskop yang merekam sejumlah jejak langkah dan kiprah saya di dunia blogging sepanjang tahun sebelum pergantian kalender ke tahun baru dilaksanakan. Silahkan disimak:

Januari 2013

Tanggal 5 Januari 2013, saya membuka tahun baru dengan berbagi ilmu dan pengalaman di Akademi Berbagi Bekasi. Seperti yang sudah saya tulis disini di kelas keduabelas Akademi Berbagi (Akber) Bekasi,  Sabtu (5/1) bertempat di Gedung H Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi saya bersama dengan Om Jay, nama mesra dari Pak Wijayakusumah rekan sesama penasehat Komunitas Blogger Bekasi berbagi kepada 50 peserta Akademi Berbagi ditemani oleh Pak Dian Kelana dan Mas Yulef dari komunitas blogger Bekasi serta sang kepala sekolah Akber Bekasi, Susi Sukaesih beserta jajaran relawannya. Sangat mengesankan dan menyenangkan bisa berbagi pengalaman di kesempatan ini.

Di bulan Januari ini, saya juga menuliskan kesan saya tentang menghilangnya “Saling-Silang” itus yang sebelumnya dikenal merangkum peristiwa di media sosial Indonesia ditutup secara resmi sejak berkiprah tahun 2011. Tidak hanya itu layanan-layanan blog tematik yang menjadi bagian dari Saling Silang seperti Politikana, Ngerumpi, Tentukan, Bicara Film, Langsung Enak, dan lain-lain, ikut pula terkubur bersama. Saya menuangkan kesedihan atas menghilangnya layanan itu disana.

Februari 2013 

IMG_5142

Pada hari Senin (25/2) saya memenuhi undangan dari Kementerian Luar Negeri untuk menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tema ”Reinventing the Spirit the cultural heritage of south east asian people; with a view to streghtening the socio cultural pillar of the ASEAN community” bertempat di Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Senayan, Jakarta Selatan. Pertemuan ini sebenarnya menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan “ASEAN Blogger Community Festival Indonesia 2013? yang akan dilaksanakan di Solo pada 10-12 Mei 2013.

Acara ini dibuka Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri  I Gusti Agung Wesaka Puja, MA dan menyatakan sangat menyambut baik dan mendukung. “Kesadaran untuk melestarikan budaya adiluhung bangsa kita merupakan topik esensil sebagai bagian dari upaya strategis menghargai kekayaan kreatif yang dimiliki. Dan terus terang, hal tersebut tidaklah mudah. Upaya ini harus dilakukan secara holistik dan melibatkan masyarakat secara keseluruhan, salah satunya melalui diskusi ini dan juga kelak pada pelaksanaan ASEAN Blogger Community Festival 2013 di Solo nanti,” kata beliau antusias. Liputan selengkapnya bisa dibaca disini

Maret 2013

bebloglintasme-1

Hari Sabtu pagi (16/3), saya bersama “pasukan” (istri dan anak-anak) menghadiri acara kopdar (kopi darat) yang diadakan oleh Lintas.Me bersama Komunitas Blogger Bekasi di Rumah Makan Wulansari 3 Bekasi Barat. Acara ini berlangsung semarak dan dihadiri oleh kurang lebih 30 orang anggota Komunitas Blogger Bekasi. Dalam acara kopdar ini, kami berdiskusi dengan pihak Lintas.Me yang merupakan situs social-bookmarking Indonesia dan berkomitmen memberitakan konten terbaik dari berbagai penjuru web dan blog kepada para penggunanya. Layaknya situs social-bookmarking lainnya, semua konten di Lintas.Meadalah hasil dari komunitas dan pengguna yang memposting tautannya di Lintas.Me. Baca liputan lengkap kopdar ini disini.

April 2013

552975_615061181855471_1731816967_n

Bertempat di Gedung Carakaloka, Pusdiklat Kementerian Luar Negeri RI, hari Sabtu (20/4) dilaksanakan seminar Pre-Event ASEAN Blogger Festival 2013 dengan tema “Tantangan, Peluang dan Peran Sosial Media”. Pada kesempatan itu hadir sebagai Keynote Speaker adalah Prof.Hermawan Kartadjaya Presiden World Marketing Association serta founder dan President MarkPlus, Inc yang memberikan pemaparan menarik bagaimana peran blogger untuk menyebarluaskan konten positif. Reportase lengkapnya bisa dibaca disini.

386834_10151549836462348_403415363_n

Pada tanggal 24 April 2013, saya diundang secara khusus dalam acara Talkshow “Menulis Itu Menyenangkan” yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Bank Indonesia, Lantai 2 Menara Sjafruddin Prawiranegara dihadiri oleh 150 peserta yang mayoritas berasal dari karyawan Bank Indonesia. Selain saya, hadir sebagai pembicara mas Junanto Herdiawan, ekonom BI, Blogger dan penulis buku “Shocking Japan” bersama mas Ignatius Haryanto, Direktur Eksekutif LSPP (Lembaga Studi Pers dan Pembangunan). Di kesempatan itu, sebagai seorang blogger, saya juga ikut berbagi tentang pengalaman saya menulis di blog yang saya lakoni sejak tahun 2002. Baca reportasenya disini.

934945_4019972397262_1323256919_n

4 hari sesudah acara di Bank Indonesia, saya menghadiri acara Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 bertempat di aula pertemuan lantai 6 Gedung F Kemendiknas Jl.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan. Kegiatan yang digelar oleh Komunitas Emak-Emak Blogger ini baru pertama kali dilaksanakan dan saya mendapatkan kehormatan untuk memberikan selempang penghargaan “Live Time Achievement” kepada Bunda Yati Rachmat, seorang blogger perempuan berusia 75 tahun yang masih aktif terus mengisi blognya secara rutin. Reportase lengkapnya bisa dibaca disini.

Mei 2013 

abfi-day-1

Pada tanggal 9-11 Mei 2013, saya menghadiri acara ASEAN Blogger Festival di Solo, sebuah perhelatan akbar yang mempertemukan 200 orang perwakilan komunitas blogger seluruh Indonesia dan 20 orang perwakilan blogger dari 6 negara ASEAN. Pada kesempatan ini selain dilaksanakan seminar yang menghadirkan Pak Hermawan Kartajaya dari MarkPlus Inc, mas Budi Putra dari Jakarta Post Digital serta ibu Fransesca Nina Sumitro, Direktur Pengembangan Pasar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Dinas Pariwisata Solo, Widhi Srihanto juga dilaksanakan kegiatan wisata ke sejumlah obyek sejarah di Solo dan penanaman pohon di Urban Forest dekat bantaran Sungai Bengawan Solo. Rangkaian serial reportase lengkap acara ini bisa dibaca disini. 

Juni 2013

BNWmR5nCYAArmGH.jpg large

Matahari bersinar begitu cerah di Hari Sabtu (22/6) ketika saya bersama sejumlah blogger berkumpul di fX Plaza Jl.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan untuk berkumpul kemudian bersama-sama berangkat menuju Perumahan Bintaro Jaya. Sekitar 100 blogger diundang untuk mengikuti One Day Tour ke lokasi perumahan bergengsi di kawasan selatan Jakarta itu. Setelah sebelumnya mengikuti pemaparan dari pihak pengembang Perumahan Bintaro Jaya kami diajak berkeliling menikmati fasilitas yang disediakan dan ditutup dengan makan siang bersama di Restourant Telaga Sampireun. Liputan lengkap acara ini bisa baca disini.

Juli 2013

Kabar bahagia itu tiba di penghujung bulan ini. Saya berhasil menjadi Juara Pertama dalam kompetisi penulisan blog Kompasiana – Taman Impian Jaya Ancol berdasarkan tulisan saya disini. Hadiahnya lumayan menggiurkan yaitu Voucher Menginap Gratis di Putri Duyung Cottage, 4 tiket gratis ke Dunia Fantasy, Atlantis Water Adventure dan Ocean Dream Samudera. Alhamdulillah..

AK2013-22

“Lebih baik menjadi lilin yang menerangi, dibandingkan hanya mengutuk kegelapan,” ujar Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu mengutip ucapan Proklamator Kemerdekaan Indonesia Mohammad Hatta pada kesempatan acara buka puasa bersama sekaligus pre-event Amprokan Blogger yang diselenggarakan di Nics Cafe Bekasi, Sabtu (20/7). Kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Blogger Bekasi ini dengan dukungan Putera Sampoerna Foundation (PSF) berlangsung semarak dengan dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta berasal dari beragam komunitas di Bekasi. Saya dan keluarga hadir dalam kesempatan tersebut. Reportase kegiatan ini bisa dibaca disini.

Agustus 2013

998943_10151739712677311_1965249160_n (1)

Tidak banyak aktifitas blogging saya di bulan ini, selain berpuasa dan merayakan Idul Fitri 1434 H di Makassar. Namun yang cukup berkesan buat saya sepanjang karir penulisan saya adalah 2 tulisan saya dimuat di rubrik Forum Kompas Siang, masing-masing di tanggal 6 Agustus 2013 dan  14 Agustus 2013.

September 2013

Bulan ini tidak ada aktifitas blogging, tetapi saya dan keluarga memanfaatkan Tiket Gratis masuk ke beberapa wahana di Taman Impian Jaya Ancol hasil hadiah Juara Pertama Lomba Blog di Kompasiana. 

Oktober 2013

DSCN7090

Pada hari Kamis (17/10) saya diundang oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF) dalam kapasitas sebagai Blogger untuk bersilaturrahmi dan makan siang dalam acara “PSF Bloggers Luncheon” yang dilaksanakan di Sampoerna Strategic Square Building lantai 31. Saya hadir bersama 10 blogger/penggiat sosial media Indonesia kawakan lainnya seperti Mas Wicaksono (@ndorokakung), mas Iman Brotoseno (@imanbr), mas Didi Nugrahadi (@didinu), mas Gabriel Montadaro (@gmontadaro), mas Motulz (@motulz), mas Kreshna Aditya (@kreshna), Abang Edwin (@bangwinissimo), serta mbak Venus (@venustweets) , mbak Silly (@justsilly), dan mbak Ainun Chomsun (@pasarsapi). Seusai makan siang, kami lalu mendengarkan presentasi dari ibu Nenny Soemawinata Managing Director PSF. Reportase lengkapnya bisa baca disini.

1071591_10201825212328047_756462314_o

Bertepatan dengan peringatan Hari Blogger keenam, Minggu (27/10), saya bersama 10 orang blogger lainnya, mendapatkan undangan spesial dari Omar Niode Foundation untuk mengikuti event Super Brunch bertempat di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan. Kami menikmati sajian makanan yang lezat yang disajikan pada event yang hanya diadakan 2 kali setahun itu. Baca reportase saya mengenai acara itu disini.

November 2013

mahakarya-6

Hari Jum’at (1/11) saya menghadiri Blogger Gathering Dji Sam Soe Potret Mahakarya Indonesia yang dilaksanakan di Assembly Hall Plaza Bapindo Lt.10 Jl.Jenderal Sudirman. Saya berjumpa dengan banyak rekan-rekan blogger dalam kegiatan tersebut dan mendengarkan pemaparan inspiratif tentang menjadi Travel Blogger dari Marischka Prudence serta mas JJ Rizal. Liputan lengkapnya baca disini.

1477956_10152029150078486_813652480_n

Di penghujung bulan November, tepatnya tanggal 30 November 2013, saya berangkat ke Yogyakarta menghadiri perhelatan akbar kopdar Blogger Nusantara yang digelar di kawasan Joglo Abang. Senang bisa bertemu kembali dengan sejumlah kawan-kawan blogger di kesempatan tersebut. Silahkan baca reportase saya disini

Desember 2013

madura65

Saya menutup tahun 2013 ini dengan sebuah kesan manis dalam dunia “karir” blogging saya selama ini. Selain berhasil memenangkan lomba blog minggu ke-9 Potret Mahakarya Indonesia (mendapatkan hadiah Ipad Mini), saya ternyata berhasil pula menggondol satu dari empat hadiah Grand Prize dari lomba ini dengan mendapatkan kesempatan berwisata budaya ke Pulau Madura tanggal 13-15 Desember 2013. Sangat menyenangkan mengikuti perjalanan tersebut dan sudah saya tuangkan rangkaian kisahnya disini. Yang membuat saya kian senang adalah kami–empat pemenang grand prize lomba blog ini–berhak mendapatkan hadiah tambahan lagi berupa Kamera DSLR Canon EOS 650D, Laptop ACER Slim V5 serta jam tangan Casio G-Shock. Luar biasa, Alhamdulillah, Anugerah ini sungguh layak disyukuri karena selama perjalanan kiprah saya ngeblog dan mengikuti berbagai lomba blog, baru sekarang mendapatkan hadiah yang “cettar membahana” ini :).

Selamat Jalan 2013… kenangan indah yang telah saya lewati selama tahun ini sungguh sangat mengesankan, semoga di tahun 2014 saya kembali bisa menorehkan kiprah berarti di dunia blogging.. 

Related Posts
Kawan-kawan, Dibawah ini, saya akan menyajikan semacam "kaleidoskop" atau napak tilas perjalanan saya sepanjang melaksanakan aktifitas blogging sepanjang tahun 2009. Sekedar sebuah dokumentasi yang mudah-mudahan tidak sekedar untuk dikenang-kenang tapi juga ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
Seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya, setiap awal tahun saya senantiasa membuat Kaleidoskop yang merangkum segala aktifitas terkait dunia blog yang saya ikuti sepanjang tahun 2014. Tidak terlalu banyak memang dibanding tahun-tahun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010
Januari 2010 Hari ini, Senin 25 Januari 2010, wajah saya yang imut, montok, menggemaskan dan bersahaja itu nongol di iklan Kompasiana di Harian Kompas. Ini adalah kali pertama saya bergaya — dengan ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
Januari 2015 Mengawali tahun 2015, saya berpartisipasi mengisi blog film "Karbon Dalam Ransel" (KDR) yang digagas oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Pada blog tersebut saya menuliskan 14 artikel dalam kurun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
Januari 2012 Sabtu (28/1) saya berkesempatan menghadiri peluncuran buku "Japan After Shock" sahabat blogger saya, mas Junanto Herdiawan dan Hani Yamashita. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang ini menghadirkan Pak Prayitno ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
Januari 2011 Sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan blogging saya dipancangkan di bulan ini. Tepat di Hari Kesepuluh Bulan Januari 2011, buku saya yang merupakan kumpulan cerita Narsis atau Narasi Romantis berjudul “Balada ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2009
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011

13 comments

  1. Cuplikan agendanya cukup lengkap, tapi mau denger cerita dibalik agendanya daeng hehehe, kesan dan pesan gitu deh, abis itu makan-makan hehehe #eh

    Selamat yah daeng, tetap konsisten ngeblog… (lirik blog sendiri) hehehe

    1. Terimakasih ya daeng Bisot, kalau cerita-cerita dibalik agendanya ini sebenarnya sudah diceritakan di masing2 postingannya (secara online), tapi kalau mau dengar secara offline sekalian makan-makan, bolehlah itu diatur..hehehe

  2. wah, detail skali daeng, mantapzz

    Jd pengen rajin nulis lagi ahh, sebenarnya ada 5 resolusi 2013 ini , alhamdulillah, baru tiga yg tercapai (menginjakkan kaki di Eropa, mobil baru dan Insya Allah dalam waktu dekat akan menjadi seorang Ayah) . doakan akan ikut meriwayatkannya juga di blog yg baru di awal tahun nanti…

    1. Terimakasih daeng atas apresiasinya dan salut atas pencapaian Resolusi 2013-nya. Ikut mendoakan semoga bisa meriwayatkannya pula di blog. Selamat Tahun Baru 2014 !

  3. saya juga merasa kehilangan dengan menghilangnya salingsilang, terutama politikana dimana saya bebas menulis pedas di sana.

    asean blogger festival di solo kemarin juga menambah banyak wawasan dan pergaulan baru buat saja 🙂

    salam

  4. Salam kenal pak…. Posting yang sangat menarik, Selamat dengan semua kesuksesan bapak di Tahun 2013, semoga pada tahun 2014 ini kita semua diberikan segala aktivitas yang lebih baik lagi lebih sukses lagi untuk kemajuan diri kita, keluarga, bangsa dan negara… Aamiin… trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *