KANSAI PAINT DAN IKHTIAR MEWARNAI KEHIDUPAN

DSCN8038

Cuaca di Sabtu pagi (26/4) begitu bersahabat. Sinar mentari menyapa hangat, memantulkan cahaya yang begitu menyilaukan pada barisan kaca gedung megah Plaza Bapindo, Jl.Jenderal Sudirman, Jakarta. Bergegas saya masuk menuju lokasi Mini Workshop Kansai Paint bersama blogger di gedung tersebut. Saya segera menemukan sosok mbak Wiwik, Chief Business Officer (CBO) IDBlognetwork (IBN), pihak yang mengundang saya untuk menghadiri acara ini.

“Halo mas Amril, apa kabarnya nih?” sapa mbak Wiwik dengan ramah seraya menjabat tangan erat saya. Kami memang sudah lama saling kenal, sejak tiga tahun silam mengikuti acara XLNet Rally di Semarang dan juga pernah satu panggung sebagai narasumber dalam acara Blogilicious di Bandung. Ini memang menjadi momen pertemuan pertama kami lagi sejak mbak Wiwik menjabat sebagai CBO di IBN menggantikan mbak Mubarika Darmayanti. Setelah bercakap-cakap dan bercerita sejenak tentang aktifitas masing-masing, kami lalu beranjak menuju lokasi acara di Cafe Luna Negra yang terletak di lantai satu gedung tersebut.

Tak lama kemudian menyusul kawan-kawan blogger lainnya berdatangan. Ada mbak Febry Meuthia, mas Ragil Duta, mbak Meity, mbak Indah Juli, mbak Mira Sahid, mbak Silly, mas Indra Yustiawan, mbak Ani Berta dan lain-lain. Suasana mendadak meriah dan semarak karena sebagian besar dari kami sudah saling mengenal satu sama lain. Sambil menanti kehadiran kawan-kawan yang lain, mas Aldy Terren, Project Manager IBN mendemonstrasikan kemampuan bermain sulap kartunya yang memukau dihadapan kami.

DSCN8027

Acara dibuka dengan presentasi dari IBN yang dibawakan oleh mbak Wiwik. “Ada banyak perubahan yang cukup signifikan dari IBN. Tidak hanya dari sisi managemen dengan bergabungnya saya dalam tim ini, juga perubahan logo IBN yang relatif lebih dinamis dan memikat serta pembenahan plus perkenalan fitur-fitur anyar yang mengakomodir kepentingan blogger serta klien,” kata mbak Wiwik dengan mata berbinar.

Salah satu yang menjadi andalan IBN, lanjutnya lagi, adalah fitur DMP (Data Management Platform) yang tidak hanya memungkinkan blogger bahkan klien IBN melakukan analisa kritis serta akurat pada statistik dan profil postingan di blog. Mengutip penjelasan CTO (Chief Technical Officer) IBN di blognya:

DMP dibuat untuk memfasilitasi pihak publisher, adnetwork/adexchange/DSP/SSP dan advertiser.

Dengan DMP idblognetwork , blogger dapat mendaftarkan situs/blognya dan akan mendapatkan script tracking untuk menghitung jumlah impressions/pageviews, unik visitor dan unik ip address.

Platform DMP idblognetwork rencananya akan dibuka sebagai open platform, pihak marketer,brand agency, advertiser dapat memanfaatkan platform DMP ini untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan keyword dengan jumlah traffic, hubungan artikel terbanyak dibaca dengan type demografi audience/pengunjung.

DSCN8037

2014-04-27 22_33_48-Microsoft PowerPoint - [About-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx] 2014-04-27 22_33_07-Microsoft PowerPoint - [About-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx]

Setelah itu tampil mas Jemmy dari Kansai Paint yang memberikan pengantar tentang profil perusahaan kepada kami. Kansai Paint merupakan Industri cat terkemuka di Jepang sejak tahun 1918, dan saat ini telah memiliki 74 Jaringan Global di seluruh dunia. Di Indonesia, Kansai Paint mengembangkan usahanya pertama kali di tahun 1977 dengan nama PT Dayin Prima Paint, kemudian bertransformasi menjadi PT Gajah Tunggal Prakarsa di tahun 1996. Pada tahun 2012, akhirnya menjadi PT Kansai Prakarsa Coating.

2014-04-27 22_52_29-Microsoft PowerPoint - [Deco-Product-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx] 2014-04-27 22_52_56-Microsoft PowerPoint - [Deco-Product-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx] 2014-04-27 22_53_27-Microsoft PowerPoint - [Deco-Product-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx]

Jajaran produk berkualitas tinggi dihasilkan oleh perusahaan ini yang antara lain terdiri atas cat dekoratif, dengan beragam jenis untuk tembok serta bangunan yang tak hanya mampu menyajikan fungsi melindungi serta memperindah namun juga memiliki fitur anti bakteri, anti noda, mudah dibersihkan, cepat kering serta ramah lingkungan.

Diversifikasi produk Kansai Paint juga meluas hingga kepada aplikasi pengecatan di industri berat, otomotif, industri kayu serta alat-alat musik. “Produk Kansai Paint pada industri ini memiliki keunggulan kompetitif antara lain anti korosi, tahan perubahan cuaca dan intervensi bahan kimia,” kata mas Jemmy.

Di industri properti, cat tembok Kansai Paint sangat dikenal tak hanya karena memiliki variasi warna beragam serta memiliki daya tutup luas, namun juga kepedulian terhadap lingkungan (bebas bahan kimia berbahaya seperti Mercury dan Timbal) dan kesehatan (anti bakteri). Keunggulan lainnya, lanjut mas Jemmy lagi, Cat Kansai Paint memiliki wangi apel segar yang khas dan memikat. Secara terus menerus, Perusahaan Cat terkemuka di dunia dan menjadi “Official Paint Partner” klub sepakbola Manchester United Inggris ini, melakukan riset dan pengembangan yang konsisten untuk menghasilkan produk yang handal, berkualitas serta memuaskan pelanggan.

DSCN8041

DSCN8043

Pada kesempatan tersebut, Mas Jemmy memperagakan salah satu keunggulan Cat Kansai Paint yakni Anti Noda dan Mudah Dibersihkan. 3 orang blogger masing-masing mbak Indah Juli, mbak Silly dan mas Indra diminta untuk mencorat-coret sebuah papan yang telah diberikan cat “Eco-Clean”. Setelah dengan “brutal” 🙂 mencorat-coret papan tersebut dengan spidol dan alat tulis yang disediakan,secara mudah papan kotor tersebut bisa dibersihkan dalam sekejap dengan air dan tetap tampil secemerlang sebelumnya.

2014-04-27 23_19_07-Microsoft PowerPoint - [How-To-Paint-Deco-Product-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx]

Setelah mas Jemmy tampil, giliran Technical Support Kansai Paint, mbak Shanti memberikan tips mengecat yang baik dan benar. Dengan gaya yang memikat, mbak Shanti menguraikan bahwa hasil pengecatan yang bagus ditentukan oleh proses pengecatan, jenis cat dan kondisi substrat. Menurutnya, persiapan pengecatan yang optimal dengan memperhatikan beberapa parameter tertentu akan menentukan kualitas pengecatan yang dihasilkan.

2014-04-27 23_19_38-Microsoft PowerPoint - [How-To-Paint-Deco-Product-KPC-Mini-Workshop-2014.pptx]

Langkah Pengecatan Dinding dimulai dengan persiapan permukaan, kemudian pemasangan Masking Tape/lakban kertas menutupi bagian yang tidak ingin dicat sehingga hasil akhir lebih rapi, lalu Aplikasi Cat Dasar dengan menggunakan cat dasar yang sesuai dengan produk. Bila cat banyak mengelupas, sebaiknya dikerok lebih dulu sebelum mengaplikasikan cat dasar.

Langkah berikutnya adalah Aplikasi Plamur yakni menutup retak rambut atau lubang kecil pada dinding lama kemudian diratakan dengan amplas halus saat sudah kering. Selanjutnya Persiapan Pengecatan (Top Coat). Di tahap ini, jangan terlalu cepat mengaduk cat dan campurkan dengan air sesuai dengan petunjuk, misalnya: untuk 1 galon (5 kg) cat PROPERTY perlu 10% air (± 500cc).

Pada pengecatan dengan Top Coat, gunakan roll yang berkualitas agar hasil pengecatan maksimal. Aplikasi pengecatan dimulai dari sudut (kiri atau kanan) dengan gerakan zig-zag, seperti “W”. Ulangi proses pengecatan 2 hingga 3 kali sesuai kebutuhan.Gunakan kuas untuk mengecat sudut-sudut yang sulit dijangkau.
1013603_10152353393523486_4886032666432412876_n
Sambil menikmati makan siang yang lezat, mas Terren memberikan pengumuman lomba live tweet dengan tagar #colouringyourlife. Alhamdulillah, saya berhasil menjadi salah satu dari tiga pemenang dan berhak mendapatkan Official Merchandise Eksklusif berupa Topi merah berlogo Manchester United bernomor register 5196067 dan voucher belanja. Sungguh sebuah anugerah yang tak terduga.
Pada saat obrolan santai sambil makan siang, mas Jemmy sempat mengungkapkan bahwa di Grup Facebook Kansai Paint Colouring Your Life kerapkali terjadi diskusi interaktif yang intens antara anggota grup dan admin, terutama menyangkut saran penggunaan aplikasi warna cat.
“Ada anggota grup yang mengirimkan foto rumah mereka dan meminta saran dari kami warna cat terbaik yang sesuai. Kami dengan senang hati membantu memberikan saran profesional tersebut secara gratis dengan mempertimbangkan beragam aspek,” kata mas Jemmy antusias.
2014-04-27 23_17_35-Amril Taufik Gobel (amriltg) di Twitter
Pukul 15.00 WIB, seluruh rangkaian acara mini workshop blogger bersama Kansai Paint berakhir dan meninggalkan kesan indah dihati. Saya sepakat bahwa esensi spirit Kansai Paint “Colouring Your Life” merupakan sebuah ikhtiar konstruktif untuk tidak hanya menyajikan rangkaian warna yang indah dan cemerlang melalui cat bermutu namun juga disaat yang sama turut meningkatkan kualitas kehidupan dengan produk yang ramah lingkungan dan peduli pada kesehatan.
Saya sungguh merasa beruntung dan tercerahkan mengikuti Mini Workshop yang sangat bermanfaat ini. Terimakasih Kansai Paint dan IDBlognetwork !

 

Related Posts
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
agi di Palembang terlihat begitu bersahabat "menyambut" kedatangan saya di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sabtu (4/6). Setelah mengurus bagasi, bersama 2 pembicara dari Jakarta lainnya, mas Iman Brotoseno dan ...
Posting Terkait
SEDERHANA TAPI MERIAH, KONSEP ACARA HUT PERTAMA BE-BLOG
Minggu (4/7), saya menjadi tuan rumah pelaksanaan meeting kedua rencana persiapan HUT pertama Komunitas Blogger Bekasi (BeBlog). Hadir dalam rapat kemarin, Mas Rawi Wahyudiono (yang menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ...
Posting Terkait
CINTA POHON DAN UPAYA MENUMBUHKAN KECERDASAN EKOLOGIS
Happy Birthday Pohon Happy Brthday Pohon Happy Birthday, Happy Birthday, Happy Birthday, Pohoooon.. Lucu? Aneh? Tapi inilah sebuah kenyataan yang terjadi,  justru secara mengharukan, dalam perayaan Ulang Tahun Kedua Botanical Garden Kota Jababeka terkait ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN FAMILY GATHERING PT CSI DI LEMBANG BANDUNG
agi yang cerah, Sabtu (7/6) ketika rombongan keluarga besar PT Cameron Services International (CSI) sudah bersiap-siap untuk berangkat menuju Lembang, Bandung untuk melaksanakan kegiatan Family Gathering. Sejumlah anak-anak karyawan baik ...
Posting Terkait
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
Lihatlah gadis yang berjalan sendiri di pinggir sungai Lihatlah rambutnya yang panjang dan gaunnya yang kuning bernyanyi bersama angin Cerah matanya seperti matahari seperti pohon-pohon trembesi Wahai, cobalah tebak kemana langkahnya pergi (“Gadis dan Sungai”, ...
Posting Terkait
NOSTALGIA AGUSTUSAN
Saya (ketiga dari kiri) saat bertugas bersama Pasukan-8 Paskibra mengibarkan bendera pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1988 di Lapangan Kassi Kebo, Kab.Maros Setiap Peringatan Hari Kemerdekaan ...
Posting Terkait
PENGALAMAN MENGIKUTI INTERMEDIATE FIRST AID TRAINING DI MEDIC-ONE
anggal 13-14 November 2012 lalu, saya bersama 5 rekan dari PT Cameron Service International (Sally, Ahmad Saleh, Ferdhy Sandhyego, Ichwan Ridwan dan Gunawan) mengikuti "Intermediate First Aid Training" yang diselenggarakan ...
Posting Terkait
DEWI LESTARI, SOSIAL MEDIA DAN UPAYA MEMBANGUN HARMONINYA
adi malam (19/6) bertempat di Marketing Galery Jababeka Movieland Cikarang saya berkesempatan bertemu langsung dengan salah satu penulis idola saya, Dewi Lestari. Penulis yang akrab dipanggil Dee ini terkenal dengan karya-karya ...
Posting Terkait
RE-POST : NOSTALGIA AGUSTUSAN
Pengantar: Tulisan ini pernah saya muat di Kompasiana 2 tahun lalu, saya muat kembali disini, untuk mengenang saat-saat indah memperingati Hari Kemerdekaan RI, pada masa muda dulu.. 🙂 Saya (ketiga dari kiri) ...
Posting Terkait
Hutan Mangrove Tugurejo Semarang Barat (sumber: Opojal.com)
Jika pada tahun silam, oleh PBB ditetapkan menjadi tahun keanekaragaman hayati Internasional, maka pada tahun 2011 ini, dicanangkan sebagai tahun hutan Internasional.  Seperti dikutip dari situs National Geographic Indonesia, "2011 ...
Posting Terkait
SEMARAK BLOGILICIOUS KITO PALEMBANG
SEDERHANA TAPI MERIAH, KONSEP ACARA HUT PERTAMA BE-BLOG
CINTA POHON DAN UPAYA MENUMBUHKAN KECERDASAN EKOLOGIS
KEMERIAHAN FAMILY GATHERING PT CSI DI LEMBANG BANDUNG
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
NOSTALGIA AGUSTUSAN
PENGALAMAN MENGIKUTI INTERMEDIATE FIRST AID TRAINING DI MEDIC-ONE
DEWI LESTARI, SOSIAL MEDIA DAN UPAYA MEMBANGUN HARMONINYA
RE-POST : NOSTALGIA AGUSTUSAN
TAHUN HUTAN INTERNASIONAL DAN NASIB HUTAN MANGROVE KITA

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *