MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014

Seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya, setiap awal tahun saya senantiasa membuat Kaleidoskop yang merangkum segala aktifitas terkait dunia blog yang saya ikuti sepanjang tahun 2014. Tidak terlalu banyak memang dibanding tahun-tahun sebelumnya namun apapun itu, saya tetap bersyukur, tahun 2014 telah “mewarnai” perjalanan hidup saya meniti sisa usia.

Maret 2014

969318_10152276683758486_595377563_nUntuk pertama kalinya, sebagai blogger, saya mendapatkan kesempatan terlibat untuk meliput kampanye politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bali, Sabtu (22/3). Bersama rombongan jurnalis serta fungsionaris PDIP–salah satu diantaranya Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Ibu Puan Maharani, saya menumpang pesawat “Indonesia Hebat” dari Bandara Halim Perdanakusuma. Bersama saya dari tim media sosial ada mas Daniel Rembeth dan mas Iman Brotoseno

Dua bis eksekutif kemudian membawa kami dari ruangan kedatangan VIP Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju ke puri Gede Kerambitan, Tabanan. Saya mengikuti dua acara penting yang menghadirkan Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri.

Setelah menempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari Bandara, rombongan kami akhirnya tiba di Puri Gede Kerambitan yang merupakan salah satu tempat yang kerap dikunjungi Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno. Ketua Umum PDIP Megawati beserta rombongan disambut langsung oleh Anak Agung Ngurah Ketut Dharma Putra, raja Puri Kerambitan. Saya menyempatkan diri menyimak penjelasan dari Sekretaris DPD Bali Adi Wiriatama yang menyatakan bahwa Puri Agung Gede Kerambitan memiliki latar belakang historis tersendiri yang begitu lekat bagi keluarga Soekarno.

Dari Puri Kerambitan Tabanan, rombongan bergerak menuju lokasi kampanye rapat umum di lapangan bola Kopral I Wayan Surem, Desa Blahkiuh, Kabupaten Badung. Cuaca cukup bersahabat siang itu. Kami tiba satu jam sebelum acara dimulai. Ribuan kader “banteng” mulai berdatangan memenuhi lapangan. Panji-panji, atribut dan bendera berlambang Partai PDIP begitu semarak, termasuk para kader partai yang menggunakan kaos berlambang partai, wajah Bung Karno, Ibu Megawati termasuk Jokowi, calon presiden yang bakal diusung partai ini.

Sebuah panggung besar dan megah nampak berdiri mencolok yang tak hanya dihiasi oleh atribut partai namun juga hiasan khas bernuansa Bali. Massa yang hadir dalam kampanye akbar ini nampak begitu antusias. Saya sempat melihat seorang peserta kampanye menggunduli kepalanya dan menyisakan tulisan “Coblos No.4? serta bertingkah lucu mengundang tawa. Ada juga sebuah replika banteng berbentuk serupa barongsai dengan “baju” berwarna hitam tampil ditengah lapangan dan beraksi atraktif. Sangat meriah. Bisa dibaca liputan saya di Bali di tautan ini.

April 2014

ancol-2Hari Kamis, 10 April 2014 yang kebetulan bertepatan dengan Ultah Perkawinan saya ke 15, saya bersama teman-teman blogger diundang untuk menghadiri peresmian wahana baru”Ice Age” di Dunia Fantasy Ancol.

“Wahana baru Ice Age di Ancol dibangun berkat kerjasama konstrukltif antara Dunia Fantasi dan 20th Century Fox Consumer Product. Wahana ini menghadirkan sejumlah karakter tokoh yang familiar dari film “Ice Age” seperti Scrat, Sid, Diego, dan Manny dan menyajikan kehidupan pada jaman es, mencairnya gunung-gunung es sehingga mereka harus bermigrasi ke tempat yang lebih aman, sampai dimana mereka harus menghadapi kawanan dinosaurus dan Manny harus terpisah dari putrinya, Peaches, karena terjadinya pergeseran benua,” kata Pak Winarto Direktur Pemasaran PT Pembangunan Jaya Ancol.

Beliau kemudian melanjutkan bahwa Pada wahana Ice Age Dunia Fantasi Ancol yang merupakan wahana pertama di Asia  ini, para pengunjung melakukan Sid’s Arctic Tour, yakni sebuah petualangan berbentuk dark ride yang berdurasi 8 menit dengan panjang lintasan 365 m. Wahana yang dibangun dengan biaya Rp 200 milyar ini dimulai pada Desember 2013. serta memiliki kapasitas 750-1000 pengunjung dalam satu jam. Reportase selengkapnya bisa baca disini

1013603_10152353393523486_4886032666432412876_n
Pada hari Sabtu pagi (26/4) bertempat di Cafe Luna Negra Plaza Bapindo, Jl.Jenderal Sudirman, Jakarta. daya mengikuti Mini Workshop Kansai Paint bersama blogger yang difasilitasi oleh IDBlognetwork (IBN).
Ada banyak kawan-kawan blogger yg ikut seperti mbak Febry Meuthia, mas Ragil Duta, mbak Meity, mbak Indah Juli, mbak Mira Sahid, mbak Silly, mas Indra Yustiawan, mbak Ani Berta dan lain-lain. Suasana mendadak meriah dan semarak karena sebagian besar dari kami sudah saling mengenal satu sama lain. Sambil menanti kehadiran kawan-kawan yang lain, mas Aldy Terren, Project Manager IBN mendemonstrasikan kemampuan bermain sulap kartunya yang memukau dihadapan kami.
Mas Jemmy dari Kansai Paint yang memberikan pengantar tentang profil perusahaan kepada kami. Kansai Paint merupakan Industri cat terkemuka di Jepang sejak tahun 1918, dan saat ini telah memiliki 74 Jaringan Global di seluruh dunia. Di Indonesia, Kansai Paint mengembangkan usahanya pertama kali di tahun 1977 dengan nama PT Dayin Prima Paint, kemudian bertransformasi menjadi PT Gajah Tunggal Prakarsa di tahun 1996. Pada tahun 2012, akhirnya menjadi PT Kansai Prakarsa Coating.

Jajaran produk berkualitas tinggi dihasilkan oleh perusahaan ini yang antara lain terdiri atas cat dekoratif, dengan beragam jenis untuk tembok serta bangunan yang tak hanya mampu menyajikan fungsi melindungi serta memperindah namun juga memiliki fitur anti bakteri, anti noda, mudah dibersihkan, cepat kering serta ramah lingkungan.

Diversifikasi produk Kansai Paint juga meluas hingga kepada aplikasi pengecatan di industri berat, otomotif, industri kayu serta alat-alat musik. “Produk Kansai Paint pada industri ini memiliki keunggulan kompetitif antara lain anti korosi, tahan perubahan cuaca dan intervensi bahan kimia,” kata mas Jemmy

Alhamdulillah, saya berhasil menjadi salah satu dari tiga pemenang lomba lomba live tweet dengan tagar #colouringyourlife dan berhak mendapatkan Official Merchandise Eksklusif berupa Topi merah berlogo Manchester United bernomor register 5196067 dan voucher belanja. Reportase lengkapnya baca disini

Mei 2014

IMG_8366Hari Minggu (18/5) , saya bersama keluarga diundang oleh Yayasan Omar Niode untuk menghadiri acaraFood Revolution Day 2014: Local Culinary Delicacy Kuliner Gorontalo, yg diadakan di Cook Shop Jl.Hang Lekir Jaksel.

Ini adalah ketiga kalinya saya diundang oleh Yayasan tersebut, setelah sebelumnya di event“Patali Day” Februari 2013 dan“Sunday Super Brunch” pada bulan Oktober 2013. Omar Niode Foundation yang didirikan pada 2009 merupakan  organisasi nirlaba yang bekerja meningkatkan kepedulian tentang kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di bidang pertanian, pangan dan seni kuliner. Sejak berdirinya Omar Niode Foundation telah memberikan beasiswa untuk 50 individu dan menerbitkan sembilan buah buku. Personil Omar Niode Foundation aktif dalam kegiatan the International Association of Culinary Professionals; International & Indonesian Food Bloggers Association, International Food, Wine and Travel Writers Association; Food Tank, the Food Think Tank, Slow Food International, Food Revolution Day & World Food Travel Association. Kami sekeluarga tiba di lokasi pelaksanaan acara pukul 10.30 pagi. Kami disambut hangat oleh Ibu Dian dan Ibu Amanda Katili dari Omar Niode Foundation.

Para panitia sedang mempersiapkan segala sesuatunya di Cook Shop, sebuah meat shop yang mengusung konsep gerai penjualan dan tempat makan yang bersifat pribadi, tempat ini juga melayani pesanan atau customized menu melalui perjanjian untuk brunch, lunch, dan dinner, atau berbagai acara sesuai kebutuhan. Cook Shop menjadi brand image dari perusahaan agrifood Japfa.

Fasilitas Cook Shop ini terdiri dari dua bagian dengan tema rustic. Bagian toko menampilkan produk dari Japfa Grup seperti Greenfields, So Good, So Nice, Santori, Tokusen dan So Fresh. Bagian restoran, dengan fasilitas cooking theater, dapat digunakan melalui reservasi dengan minimal 10 peserta dan menyajikan makanan yang menggunakan produk Japfa Group. The Cook Shop bekerja sama dengan pihak luar maupun para chef nya untuk menyelenggarakan berbagai acara khusus.

Para panitia sedang mempersiapkan segala sesuatunya di Cook Shop, sebuah meat shop yang mengusung konsep gerai penjualan dan tempat makan yang bersifat pribadi, tempat ini juga melayani pesanan atau customized menu melalui perjanjian untuk brunch, lunch, dan dinner, atau berbagai acara sesuai kebutuhan. Cook Shop menjadi brand image dari perusahaan agrifood Japfa.

Fasilitas Cook Shop ini terdiri dari dua bagian dengan tema rustic. Bagian toko menampilkan produk dari Japfa Grup seperti Greenfields, So Good, So Nice, Santori, Tokusen dan So Fresh. Bagian restoran, dengan fasilitas cooking theater, dapat digunakan melalui reservasi dengan minimal 10 peserta dan menyajikan makanan yang menggunakan produk Japfa Group. The Cook Shop bekerja sama dengan pihak luar maupun para chef nya untuk menyelenggarakan berbagai acara khusus. Reportase lengkapnya bisa dibaca disini

10257328_10152400399533486_6239498043142472507_nPada bulan Mei pula Tulisan resensi film “Spiderman-2? yang saya buat dan tayangkan di situs blog Tempo “Indonesiana” dimuat di Koran Tempo edisi Minggu,11 Mei 2014. Sungguh sebuah kehormatan besar buat saya karena pihak Indonesiana memberikan apresiasi pada artikel tersebut sebagai tulisan terpilih yang diterbitkan dari sejumlah tulisan teman-teman dari Komunitas Blogger Reporter Indonesia (BRID), dimana saya aktif sebagai salah satu anggotanya. Selengkapnya baca disini.

Juni 2014

psf-10

Pada hari Rabu (4/6) saya bersama beberapa orang blogger diundang makan siang bersama Putra Sampoerna Foundation di Restoran Harum Manis Jl.KH.Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Di kesempatan tersebut kami mendengarkan pula uraian dari Ibu Neny Soemawinata, Managing Director Putera Sampoerna Foundation yang mengungkapkan mengenai “Sampoerna School System”.

Dalam penjelasannya Ibu Nenny menyatakan Putera Sampoerna Foundation merupakan sebuah institusi bisnis sosial yang memiliki visi dan misi untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia, para calon pemimpin bangsa, untuk meningkatkan kualitas kehidupannya melalui akses pendidikan yang berkualitas. Dengan pilihan di tangan mereka sendiri, kesempatan yang ditawarkan adalah berupa dana bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga prasejahtera. Reportase selengkapnya bisa dibaca disini

2015-01-04 20_58_31-Komunitas Relawan Alumni Universitas Hasanuddin Untuk Jokowi – Jusuf Kalla _ Unt
Hiruk pikuk Pemilihan Presiden 2014 tak urung membuat saya ikut pula terlibat dalam mendukung salah satu dari dua calon yang maju bertarung dalam ajang pesta demokrasi lima tahunan itu. Bersama Komunitas Relawan Alumni Universitas Hasanuddin untuk Jokowi-Jusuf Kalla saya membuat blog khusus di www.nomordua.com.

Disana saya memuat sejumlah artikel terkait aktifitas Capres/Cawapres yang saya dukung, termasuk cross posting sejumlah berita terkait kampanye mereka. Alhamdulillah, “jagoan” saya menang dalam ajang Pilpres 2014 tersebut.

Juli 2014

10449937_10152528259808486_1915730129688450186_n

Bersama seluruh rakyat Indonesia, saya merayakan pesta demokrasi 5 tahun sekali untuk memilih pemimpin baru Indonesia. Saya dan istri menunaikan hak demokrasi saya hari Rabu pagi, 9 Juli 2014, di TPS 30 RT 02/RW 10 Perumahan Cikarang Baru. Sore harinya, saya mengikuti kopdar milis Cikarang Baru dirumah ibu Nilam Annisa Jalan Puspita VIII. Reportase selengkapnya baca disini.

Agustus 2014

reuni4

Di bulan ini, saya menjadi bagian dari Panitia Pelaksana Reuni Nasional Alumni Unhas yang dilaksanakan di Ancol. Setelah mengelola website www.nomordua.com, saya kembali mengelola website www.alumniunhas.com. Reuni akbar ini berlangsung sukses dihadiri oleh kurang lebih 1000 orang alumni termasuk cawapres HM Jusuf Kalla yang juga adalah Ketua IKA Unhas. Reportase acara bisa baca disini

September 2014IMG_20140927_124735 (Copy)

Hari Sabtu (27/9) saya memenuhi undangan untuk menghadiri Blogger Gathering #LiveInGrahaRaya bersama sejumlah teman-teman blogger dari berbagai komunitas. Sama seperti yang pernah saya ikuti tahun lalu dalam one day blogger tour ke Bintaro Jaya , rombongan kami berangkat dengan bis dari Plaza fX Jln.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan.

Saya menyapa sejumlah kawan yang saya kenal dari Komunitas Blogger Bekasi, Komunitas Blogger Makassar chapter Jakarta,Komunitas Blogger Reporter Indonesia dan lain-lain. Saya berjumpa dan berbincang akrab dengan Kirman Syam, perwakilan Blogger Makassar chapter Jakarta serta Pak Dian Kelana & Mbak Fadlun Arifin dari Blogger Reporter. Juga ketemu dengan mbak Isnuansa rekan sesama blogger yang pernah diundang ke Hongkong Disneyland 2 tahun silam. Isnuansa datang bersama suami tercinta, Gie Wahyudi plus sang putri, Diana yang cantik dan menggemaskan. Tepat pukul 10.30 siang, bis Trans Bintaro Jaya yang kami tumpangi berangkat menuju perumahan Graha Raya. Sungguh perjalanan yang menyenangkan. Reportasenya bisa dibaca disini

Oktober 2014

Tidak ada kegiatan blogger dibulan ini. Saya hanya menulis catatan saya memperingati Hari Blogger Nasional ketujuh,  27 Oktober 2014. Bisa baca disini

December 2014mansek-5

Saya sungguh merasa beruntung mendapatkan kesempatan belajar Online Trading dalam kelas “Investasi Cerdas” batch-3 yang dilaksanakan oleh Mandiri Sekuritas untuk para blogger dan penggiat media sosial, Sabtu (13/12) di Main Hall IDX, Gedung IDX Tower II, Lantai Dasar. Jalan Jendral Sudirman kav. 52-53, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu saya banyak belajar mengenai bagaimana cara berinvestasi di pasar modal dengan menjalankan online trading. Sangat menarik apalagi ditambah dengan simulasi bertransaksi di pasar modal lewat website Mandiri Sekuritas. Saya jadi terinspirasi untuk ikut terjun didalamnya. Reportase lengkap bisa baca disini

Catatan:

Untuk Kaleidoskop tahun-tahun sebelumnya bisa dibaca disini 

Related Posts
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
Pengantar: Seperti "tradisi" yang biasa saya lakukan di akhir tahun, saya biasanya membuat Blogging Kaleidoskop yang merekam sejumlah jejak langkah dan kiprah saya di dunia blogging sepanjang tahun sebelum pergantian kalender ke ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
Januari 2012 Sabtu (28/1) saya berkesempatan menghadiri peluncuran buku "Japan After Shock" sahabat blogger saya, mas Junanto Herdiawan dan Hani Yamashita. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang ini menghadirkan Pak Prayitno ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
Januari 2015 Mengawali tahun 2015, saya berpartisipasi mengisi blog film "Karbon Dalam Ransel" (KDR) yang digagas oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Pada blog tersebut saya menuliskan 14 artikel dalam kurun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
Januari 2011 Sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan blogging saya dipancangkan di bulan ini. Tepat di Hari Kesepuluh Bulan Januari 2011, buku saya yang merupakan kumpulan cerita Narsis atau Narasi Romantis berjudul “Balada ...
Posting Terkait
Kawan-kawan, Dibawah ini, saya akan menyajikan semacam "kaleidoskop" atau napak tilas perjalanan saya sepanjang melaksanakan aktifitas blogging sepanjang tahun 2009. Sekedar sebuah dokumentasi yang mudah-mudahan tidak sekedar untuk dikenang-kenang tapi juga ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010
Januari 2010 Hari ini, Senin 25 Januari 2010, wajah saya yang imut, montok, menggemaskan dan bersahaja itu nongol di iklan Kompasiana di Harian Kompas. Ini adalah kali pertama saya bergaya — dengan ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2009
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *