MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015

Januari 2015

photo 4

Mengawali tahun 2015, saya berpartisipasi mengisi blog film “Karbon Dalam Ransel” (KDR) yang digagas oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Pada blog tersebut saya menuliskan 14 artikel dalam kurun waktu Desember 2014-Januari 2015 terkait dengan kampanye soal perubahan iklim yang diangkat lewat film yang memiliki hingga 7 episode ini. Sayangnya, melalui Perpres 16 tahun 2015 yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 21 Januari 2015, DNPI dibubarkan dan tugas-tugasnya dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. . Arsip artikel yang saya buat (2 tulisan per episode) pun ikut lenyap seiring menghilangnya website DNPI dari peredaran.

Mei 2015

pasangmata

Hari Minggu,25 Mei 2015, saya diundang menjadi pembicara dalam acara #Sunday Sharing edisi 17 yang dilaksanakan oleh Blog Detik bertempat di kantor Detik.com Gedung Aldevco Octagon Building lantai 2, Jakarta Selatan dengan tema, Tips Menulis di Media Lokal. Pada acara yang dihadiri oleh 30 orang tersebut, saya datang bersama putra sulung saya, Rizky

Seperti dikutip disini :

Dimulai tepat pukul 11.00 WIB, Nurul Huda yang bertindak sebagai ketua kelas langsung membuka acara dengan sesi perkenalan, baik narasumber dan peserta yang hadir. Dibantu oleh Fania sebagai wakil ketua kelas, Sunday Sharing #17 berbeda dari bulan sebelumnya yaitu menghadirkan 2 narasumber sekaligus.

1432547511845468845 1432547815796139774

Pada sesi pertama, Mila Yuliani berbagi ilmu tentang Optimalisasi Template Blog dengan Bootstrap. Blogger cewek yang berprofesi sebagai programmer dan IT profesional, mengajak peserta untuk lebih dulu mengenal responsif webdesign. Karena sejak tahun 2005, perkembangan jaman penggunaan web mobile (gadget) lebih meningkat dan lebih banyak user yang menyukai blog bertampilan responsif.

Artinya, pengguna sekarang ini membutuhkan arahan yang lebih baik, fleksibel dan kemudahan mengakses website atau blog melalui smartphone. Mengingat makin banyak orang yang menggunakan smartphone, tentunya sangat berguna bagi blogger yang ingin membangun personal branding melalui blog. Secara otomatis, website atau blog harus berdasarkan tampilan smartphone.

Usai ISHOMA, dilanjutkan dengan materi dari narasumber kedua yaitu Amril Taufik Gobel. Blogger senior dari Cikarang ini berbagi ilmu tentang Tips Menulis di Media Lokal.

Dalam penjelasannya, pengertian media lokal disini adalah pengelolaan muatan berita yang beroperasi di daerah atau lingkup tertentu.

Ia juga menjelaskan perlunya menulis di media lokal karena lingkup pembahasannya lebih spesifik, tepat sasaran dan berpeluang lebih tinggi untuk dimuat di suratkabar. Selain itu, bisa memperluas kredibilitas penulis di lingkungan terdekatnya.

Amril juga membagikan tips tentang cara menulis dengan cepat di media lokal, yaitu langsung menulis apa yang terlintas di dalam kepala. Dan jangan pernah takut jika tema tulisannya sama dengan orang lain.

Agar tulisan lebih banyak dibaca orang, penggunaan judul boleh bombastis asal masuk akal. Juga pandai mengemas paragraf pembuka dengan kalimat yang sederhana.

Sebelum menutup presentasinya dia memberikan pesan yang sangat menarik kepada peserta Sunday Sharing #17, yaitu “Jangan pernah menganggap menulis itu sebagai beban, karena dengan menulis terus-menerus adalah bagian dari proses untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik!

Pada sesi tanya jawab, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Diantaranya bagaimana cara menulis yang memiliki daya pikat pembaca dan juga mengatasi rasa minder blogger saat membuat tulisan.

Setelah menutup presentasinya, tiba-tiba ketua kelas mengumumkan kepada peserta yang hadir bahwa ada kupon doorprize di bawah kursi. Sontak heboh karena semuanya langsung memeriksa kursinya masing-masing. Bahkan ada yang harus mencari kupon di kursi yang lain. Beberapa peserta yang beruntung, langsung maju ke depan foto bersama.

Terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan BlogDetik!

Oktober 2015

11215838_10153684157503486_6697670256765195841_n

Alhamdulillah, saya berhasil menjadi salah satu pemenang dari lomba blog Jelajah Gizi #3 Nutrisi Untuk Bangsa yang diselenggarakan oleh Sari Husada berkat tulisan saya tentang kuliner tradisional Gorontalo “Bindhe Biluhuta”. Pada tanggal 30 Oktober-1 November 2015 saya bersama 10 orang blogger pemenang lomba plus wartawan dari sejumlah media ke Bali lagi untuk menguak potensi pangan, kekayaan nutrisi dan kearifan lokal nan eksotis di lokasi wisata fenomenal ini lewat Jelajah Gizi.

IMG_1236

 

Kami mengunjungi sejumlah tempat eksotis disana seperti Bali Pulina, Desa Panglipuran, Cooking Class Paon Bali, Pulau Nusa Lembongan dengan Bali Hai Cruise, hingga akhirnya ke Warung Bloems’. Baca serunya pengalaman saya bersama Jelajah Gizi Bali disini

November 2015

DSCN8860

Saya dinobatkan sebagai “Member of The Month” di situs Nutrisi Untuk Bangsa, Sari Husada edisi November 2015. Bisa baca wawancara saya disini.

prita-1

Pada tanggal 26 November 2015 bertempat di Penang Bistro Grand Indonesia saya bersama 5 orang blogger lainnya diundang khusus untuk makan malam bersama ibu Prita Kemal Gani MBA, MCIPR,APR, ikon perjuangan dunia kehumasan di Indonesia yang juga adalah pendiri London School of Public Relation (LSPR)-Jakarta. Banyak sekali pencerahan yang saya dapatkan dari pemenang  penghargaan bergengsi ASEAN Peoples’ Award (APA) 2015 tersebut. Silahkan baca selengkapnya disini.

Desember 2015

with jokowi

Saya menutup tahun 2015 dengan indah dan mengesankan setelah terpilih menjadi salah satu dari 100 Kompasianer yang diundang untuk makan siang bersama Presiden Jokowidodo, pada tanggal 12 Desember 2015 bertempat di Istana Presiden. Sebuah kesempatan langka dan menyenangkan bertemu langsung pemimpin nomor satu Republik ini dalam suasana yang casual dan non formal. Baca selengkapnya kisah saya tersebut disini

Selamat tinggal 2015, Selamat datang 2016 !

Baca rangkaian blogging kaleidoskop saya disini 

Related Posts
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010
Januari 2010 Hari ini, Senin 25 Januari 2010, wajah saya yang imut, montok, menggemaskan dan bersahaja itu nongol di iklan Kompasiana di Harian Kompas. Ini adalah kali pertama saya bergaya — dengan ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
Januari 2012 Sabtu (28/1) saya berkesempatan menghadiri peluncuran buku "Japan After Shock" sahabat blogger saya, mas Junanto Herdiawan dan Hani Yamashita. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang ini menghadirkan Pak Prayitno ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
Pengantar: Seperti "tradisi" yang biasa saya lakukan di akhir tahun, saya biasanya membuat Blogging Kaleidoskop yang merekam sejumlah jejak langkah dan kiprah saya di dunia blogging sepanjang tahun sebelum pergantian kalender ke ...
Posting Terkait
Kawan-kawan, Dibawah ini, saya akan menyajikan semacam "kaleidoskop" atau napak tilas perjalanan saya sepanjang melaksanakan aktifitas blogging sepanjang tahun 2009. Sekedar sebuah dokumentasi yang mudah-mudahan tidak sekedar untuk dikenang-kenang tapi juga ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
Seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya, setiap awal tahun saya senantiasa membuat Kaleidoskop yang merangkum segala aktifitas terkait dunia blog yang saya ikuti sepanjang tahun 2014. Tidak terlalu banyak memang dibanding tahun-tahun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
Januari 2011 Sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan blogging saya dipancangkan di bulan ini. Tepat di Hari Kesepuluh Bulan Januari 2011, buku saya yang merupakan kumpulan cerita Narsis atau Narasi Romantis berjudul “Balada ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2009
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *