BERKAH PENGHASILAN PULUHAN JUTA RUPIAH DARI KERAJINAN JAM TANGAN

Tak cuma berlaku sebagai benda fungsional, jam tangan juga bisa melengkapi busana seseorang. Kini barang tersebut tak hanya digunakan untuk menunjukkan waktu, tapi juga untuk menaikkan eksistensi diri.

Bukti bahwa Indonesia ramah produk kerajinan

Indonesia begitu kaya akan budaya. Dari ujung Sabang sampai Merauke, setiap daerah punya kesenian yang berbeda-beda. Selain punya kerajinan yang oke, Indonesia juga ramah buat industri produk kerajinan tangan lho!

Sebagai negara dengan penduduk yang padat, Indonesia potensial buat dijadikan pasar. Minat masyarakat Indonesia buat produk kerajinan juga tinggi. Buktinya, event Inacraft berhasil mendapatkan 160 ribuan pengunjung dalam lima hari! Inacraft ini adalah salah satu pameran produk kerajinan tangan terbesar di Indonesia.

Ramah buat pengrajin, ramah pula buat konsumen. Soalnya, produk kerajinan lokal cenderung memberikan harga yang sangat terjangkau. Cuma, karena kendala jarak, seringkali harganya jadi naik kalau dipasarkan di kota. Makanya, masih ada ruang buat industri ini lebih berkembang.

Untuk meningkatkan kualitas industri, pengrajin memerlukan birokrasi yang mudah, pemodalan berkala, dan pemasaran modern. Nah, poin terakhir ini dapat dipecahkan melalui pemasaran lewat marketplace online. Sekarang ada banyak banget pasar online yang menyediakan tempat buat pengrajin berjualan produknya. Iklim ini sangat baik buat menumbuhkan potensi kerajinan Indonesia.

Mereka yang sukses mengaktualisasi diri melalui jam tangan kayu

Barang unik terbuat dari kayu ternyata banyak diminati konsumen loh. Dengan kreativitas yang baik, bahan ini bisa laris di pasaran. Lima merek kreatif ini sukses mengolah kreativitasnya jadi produk yang cantik!

  • Hand2craft ialah merek pengrajin lokal yang membuat macam-macam aksesoris tangan. Uniknya, semua karya yang dibuat berbahan dasar kayu. Hand2craft punya tiga model jam, yaitu Plana, Kaso, dan Selasar. Semua bagian Plana dibuat dari kayu. Sementara itu, Kaso dan Selasar menggunakan kayu hanya untuk bagian badan. Hand2craft memakai kulit asli buat strap. Kayu yang digunakan yaitu ebony dan bambu. Harga buat membawa pulang produk tersebut lumayan terjangkau, yaitu di bawah 1 juta rupiah.
  • NR Bowties. NR Bowties awalnya hanya membuat dasi kupu-kupu kayu aja. Gak lama, mereknya juga turut memproduksi jam tangan kayu. Salah satu jam tangan dikeluarkan brand ini menggunakan kulit untuk strap, produk lainnya full wood. NR Bowties menyediakan barang couple, jadi bisa dikenakan bersama pasangan kamu.
  • Mink berbahan kayu maple dan cherry untuk bagian badan jam. Ia menggunakan kulit untuk membuat strapnya. Beberapa produk menggunakan stainless steel pada bagian pinggir produk supaya kuat. Mink punya cirri khas sendiri nih pada barangnya. Ia menggunakan konsep minimalis dengan bentuk selalu bulat.
  • Bahan baku kayu ulin dan kayu besi digunakan Zwagery. Bahan tersebut punya ciri kuat dan tahan rayap serta cuaca jadi produknya kuat dan tahan lama.
  • Matoa menjual jam tangan dari rosewood, maple kenada, jati, dan lain-lain. Mereka punya desain khusus yang unik.

Keuntungan menjual jam tangan kayu capai 48 juta/hari

Pala Nusantara merupakan salah satu contoh perusahaan sukses dalam berjualan jam tangan kayu. Kesuksesan mereka berasal dari strategi branding yang kuat.  Pala Nusantara punya karakter yang unik loh. Merek ini memasukkan identitas beberapa wilayah eksotis Indonesia ke dalam produknya.

Founder dan CEO Pala Nusantara, Ilham Pinastiko bilang kalau mereka punya 3 varian produk. Merah, biru, dan coklat. Pala Merah mewakili suku Toraja. Pala Biro mewakili suku Baduy. Pala Coklat mewakili tanah Jawa. Kreatif banget kan idenya.

Bahan baku yang digunakan Pala Nusantara diantaranya perpaduan sonokeling, eboni, dan maple. Sementara itu, mesin dari jam sendiri diimpor dari Jepang. Pengemasan produk juga menarik banget. Mereka menggunakan boks kayu yang menambah rasa eksotis produk. Harga masing-masing produk dipatok 960 ribu rupiah aja kok.

Pala Nusantara punya strategi pengelolaan keuangan yang cerdas. Dari omzet, 50%  mereka digunakan untuk biaya operasional. 5% dimasukkan ke dalam uang kas, 30% untuk cash flow, dan 15% untuk riset dan pengembangan.

Dengan cukup besarnya persentase riset, Pala Nusantara terus ngembangin produknya. Mereka merasa belum puas dan masih melihat ruang untuk nambah kualitas barang.

Pasar online yang bikin pengrajin jam tangan kayu handmade kaya raya

Tertarik memulai usaha barang handmade, tapi bingung mulai dari mana? Solusinya ada di depan mata!.

Buka saja situs Qlapa.com. Sudah pernah dengar? Situs ini disinyalir memfasilitasi para pengrajin kerajinan lokal untuk melapak. Dibandingkan dengan marketplace lain, ada beberapa keunggulan situs ini.

Pertama, situs punya fitur kustomisasi. Maksudnya adalah, pengrajin bisa memberi opsi buat pembeli untuk memesan produk sesuai keinginan.

Kedua, pembeli bakal lebih percaya sama situs, soalnya situs selalu menyeleksi produk yang masuk. Hanya produk berkualtias aja yang lolos.

Ketiga, pengrajin gak perlu bersaing sama reseller. Cuma pengrajin saja yang bisa berjualan di sini.  Jadi, harganya pun lebih bisa ditekan karena gak ada rantai pasar yang panjang.

Gimana, sudah gak bingung lagi kan? Yuk segera buka usaha kerajinan supaya produk lokal kita makin berkembang! 

Related Posts
BERAKSI DI WORDCAMP, NAMPANG DI DETIK.COM
Wah..tak disangka, foto saya tengah mengetik di laptop dalam acara wordcamp hari ini, jadi berita di Detik dot com Bisa baca di:sini Berita soal ini, menyusul ya..masih capek nih
Posting Terkait
KEGEMBIRAAN YANG MENYEHATKAN, SPIRIT UTAMA FORNAS 2011
ain Layang-layang adalah salah satu hobi saya dimasa kecil, selain sepakbola dan berenang. Saat masih tinggal di Bone-Bone (sebuah kampung yang berjarak 500 km dari Makassar) dulu , permainan ini ...
Posting Terkait
PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM
Pelepasan burung merpati oleh perwakilan komunitas Blogger seluruh Indonesia dalam acara Amprokan Blogger 2011 di Botanical Garden Kota Jababeka Cikarang, seusai mengunjungi pohon yang ditanam setahun sebelumnya pada event yang ...
Posting Terkait
TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN, INISIATIF CERDAS MENITI MASA DEPAN
etelah mengikuti Road Blog Makassar tanggal 30 April 2016 silam yang diadakan oleh Excite Indonesia dimana saya bertindak sebagai moderator dan salah satu pembicaranya adalah Pak Nuril Islamiyah Kepala Pegadaian ...
Posting Terkait
BLOGSHOP KOMPASIANA : SEMANGAT BELAJAR YANG TANPA BATAS
Blogshop Kompasiana yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya Hari Sabtu (8/8) bertempat di ruang training Gedung Kompas Gramedia Unit II Lantai 5 menyisakan kesan yang sangat mendalam buat saya. Ditengah hiruk ...
Posting Terkait
BLOG ANAK DAN REFLEKSI VIRTUAL KEHIDUPAN
“Jadi laki-laki memang tidak mudah, nak”, kata ayahku sembari mengoleskan minyak gosok ke keningku yang benjol setelah ditonjok pakai gembok besi oleh Faiz tetangga rumah yang seumur denganku. Sore tadi, setelah ...
Posting Terkait
SELAMAT DATANG I-TEVE
  Ini adalah sebuah terobosan baru dan sensasional dari dunia jurnalisme warga di negeri kita. Tadi pagi, saya mendapat email japri dari Mas Budi Putra, profesional blogger pertama di Indonesia dan ...
Posting Terkait
JURUS “ANTI MATI GAYA” HADAPI KRISIS GLOBAL (Dari Seminar Export Import DHL Express)
Pada Hari Selasa (24/3) lalu, saya berkesempatan menghadiri Seminar Setengah Hari mengenai Export Import yang diselenggarakan oleh PT Birotika Semesta (DHL Express) bertempat di Ballroom 1 Hotel Ritz Carlton Kawasan ...
Posting Terkait
10 LAGU GAEK YANG BIKIN HATI TERMEHEK-MEHEK (1)
Aristoteles sang filsuf Yunani beken pernah berkata bahwa musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. Saya sepakat dengan itu. Soal selera memang berbeda-beda. ...
Posting Terkait
Pesona Parade Lampu yang memukau dalam Symphoni of Light (sumber : www.tourism.gov.hk)
ahabatku yang baik, Bagaimana kabarmu? Semoga tetap sehat ya. Hongkong tak banyak berubah sejak kepergianmu. Gedung-gedung tinggi menjulang bagaikan hutan beton menyelimuti seantero kota masih berdiri kokoh dan nuansa Tiongkok Moderen yang ...
Posting Terkait
BERAKSI DI WORDCAMP, NAMPANG DI DETIK.COM
KEGEMBIRAAN YANG MENYEHATKAN, SPIRIT UTAMA FORNAS 2011
PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM
TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN, INISIATIF CERDAS MENITI MASA
BLOGSHOP KOMPASIANA : SEMANGAT BELAJAR YANG TANPA BATAS
BLOG ANAK DAN REFLEKSI VIRTUAL KEHIDUPAN
SELAMAT DATANG I-TEVE
JURUS “ANTI MATI GAYA” HADAPI KRISIS GLOBAL (Dari
10 LAGU GAEK YANG BIKIN HATI TERMEHEK-MEHEK (1)
SURAT PANJANG DARI HONGKONG : KEMERIAHAN MUSIM PANAS

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *