BERKAH PENGHASILAN PULUHAN JUTA RUPIAH DARI KERAJINAN JAM TANGAN

Tak cuma berlaku sebagai benda fungsional, jam tangan juga bisa melengkapi busana seseorang. Kini barang tersebut tak hanya digunakan untuk menunjukkan waktu, tapi juga untuk menaikkan eksistensi diri.

Bukti bahwa Indonesia ramah produk kerajinan

Indonesia begitu kaya akan budaya. Dari ujung Sabang sampai Merauke, setiap daerah punya kesenian yang berbeda-beda. Selain punya kerajinan yang oke, Indonesia juga ramah buat industri produk kerajinan tangan lho!

Sebagai negara dengan penduduk yang padat, Indonesia potensial buat dijadikan pasar. Minat masyarakat Indonesia buat produk kerajinan juga tinggi. Buktinya, event Inacraft berhasil mendapatkan 160 ribuan pengunjung dalam lima hari! Inacraft ini adalah salah satu pameran produk kerajinan tangan terbesar di Indonesia.

Ramah buat pengrajin, ramah pula buat konsumen. Soalnya, produk kerajinan lokal cenderung memberikan harga yang sangat terjangkau. Cuma, karena kendala jarak, seringkali harganya jadi naik kalau dipasarkan di kota. Makanya, masih ada ruang buat industri ini lebih berkembang.

Untuk meningkatkan kualitas industri, pengrajin memerlukan birokrasi yang mudah, pemodalan berkala, dan pemasaran modern. Nah, poin terakhir ini dapat dipecahkan melalui pemasaran lewat marketplace online. Sekarang ada banyak banget pasar online yang menyediakan tempat buat pengrajin berjualan produknya. Iklim ini sangat baik buat menumbuhkan potensi kerajinan Indonesia.

Mereka yang sukses mengaktualisasi diri melalui jam tangan kayu

Barang unik terbuat dari kayu ternyata banyak diminati konsumen loh. Dengan kreativitas yang baik, bahan ini bisa laris di pasaran. Lima merek kreatif ini sukses mengolah kreativitasnya jadi produk yang cantik!

  • Hand2craft ialah merek pengrajin lokal yang membuat macam-macam aksesoris tangan. Uniknya, semua karya yang dibuat berbahan dasar kayu. Hand2craft punya tiga model jam, yaitu Plana, Kaso, dan Selasar. Semua bagian Plana dibuat dari kayu. Sementara itu, Kaso dan Selasar menggunakan kayu hanya untuk bagian badan. Hand2craft memakai kulit asli buat strap. Kayu yang digunakan yaitu ebony dan bambu. Harga buat membawa pulang produk tersebut lumayan terjangkau, yaitu di bawah 1 juta rupiah.
  • NR Bowties. NR Bowties awalnya hanya membuat dasi kupu-kupu kayu aja. Gak lama, mereknya juga turut memproduksi jam tangan kayu. Salah satu jam tangan dikeluarkan brand ini menggunakan kulit untuk strap, produk lainnya full wood. NR Bowties menyediakan barang couple, jadi bisa dikenakan bersama pasangan kamu.
  • Mink berbahan kayu maple dan cherry untuk bagian badan jam. Ia menggunakan kulit untuk membuat strapnya. Beberapa produk menggunakan stainless steel pada bagian pinggir produk supaya kuat. Mink punya cirri khas sendiri nih pada barangnya. Ia menggunakan konsep minimalis dengan bentuk selalu bulat.
  • Bahan baku kayu ulin dan kayu besi digunakan Zwagery. Bahan tersebut punya ciri kuat dan tahan rayap serta cuaca jadi produknya kuat dan tahan lama.
  • Matoa menjual jam tangan dari rosewood, maple kenada, jati, dan lain-lain. Mereka punya desain khusus yang unik.

Keuntungan menjual jam tangan kayu capai 48 juta/hari

Pala Nusantara merupakan salah satu contoh perusahaan sukses dalam berjualan jam tangan kayu. Kesuksesan mereka berasal dari strategi branding yang kuat.  Pala Nusantara punya karakter yang unik loh. Merek ini memasukkan identitas beberapa wilayah eksotis Indonesia ke dalam produknya.

Founder dan CEO Pala Nusantara, Ilham Pinastiko bilang kalau mereka punya 3 varian produk. Merah, biru, dan coklat. Pala Merah mewakili suku Toraja. Pala Biro mewakili suku Baduy. Pala Coklat mewakili tanah Jawa. Kreatif banget kan idenya.

Bahan baku yang digunakan Pala Nusantara diantaranya perpaduan sonokeling, eboni, dan maple. Sementara itu, mesin dari jam sendiri diimpor dari Jepang. Pengemasan produk juga menarik banget. Mereka menggunakan boks kayu yang menambah rasa eksotis produk. Harga masing-masing produk dipatok 960 ribu rupiah aja kok.

Pala Nusantara punya strategi pengelolaan keuangan yang cerdas. Dari omzet, 50%  mereka digunakan untuk biaya operasional. 5% dimasukkan ke dalam uang kas, 30% untuk cash flow, dan 15% untuk riset dan pengembangan.

Dengan cukup besarnya persentase riset, Pala Nusantara terus ngembangin produknya. Mereka merasa belum puas dan masih melihat ruang untuk nambah kualitas barang.

Pasar online yang bikin pengrajin jam tangan kayu handmade kaya raya

Tertarik memulai usaha barang handmade, tapi bingung mulai dari mana? Solusinya ada di depan mata!.

Buka saja situs Qlapa.com. Sudah pernah dengar? Situs ini disinyalir memfasilitasi para pengrajin kerajinan lokal untuk melapak. Dibandingkan dengan marketplace lain, ada beberapa keunggulan situs ini.

Pertama, situs punya fitur kustomisasi. Maksudnya adalah, pengrajin bisa memberi opsi buat pembeli untuk memesan produk sesuai keinginan.

Kedua, pembeli bakal lebih percaya sama situs, soalnya situs selalu menyeleksi produk yang masuk. Hanya produk berkualtias aja yang lolos.

Ketiga, pengrajin gak perlu bersaing sama reseller. Cuma pengrajin saja yang bisa berjualan di sini.  Jadi, harganya pun lebih bisa ditekan karena gak ada rantai pasar yang panjang.

Gimana, sudah gak bingung lagi kan? Yuk segera buka usaha kerajinan supaya produk lokal kita makin berkembang! 

Related Posts
HARI BLOGGER NASIONAL DAN TANTANGAN MASA DEPAN
Masih lekat rasanya dalam ingatan saya ketika saya menghadiri Pesta Blogger Pertama, 27 Oktober 2007 di Blitz Megaplex. Saya menjadi saksi dari sebuah sejarah pencanangan hari blogger nasional oleh ...
Posting Terkait
NARASI KERESAHAN YANG LUGAS DAN PUITIS ALA LINDA DJALIL
Judul Buku : Cintaku Lewat Kripik Balado Penulis : Linda Djalil Prolog : Putu Wijaya Epilog : Jodhi Yudono Penerbit : Penerbit Buku Kompas , Juni 2011 Halaman : xii + 244 Halaman Ukuran : 14 ...
Posting Terkait
MENGABADIKAN CERPEN-CERPEN TERPILIH DI “STORIAL”
"Cinta Dalam Sepotong Kangkung" adalah cerpen yang pernah saya tulis dan dimuat di Suratkabar Pedoman Rakyat Makassar, 15 April 1991. Pada Hari Sabtu, 9 Desember 2006, cerpen ini diadaptasi menjadi ...
Posting Terkait
SUDAH DIBUKA, VOTING ONLINE XL BLOG AWARD PESTA BLOGGER 2009 !
Secara resmi Voting Online XL Blog Award dibuka mulai sekarang. Kegiatan ini merupakan ajang penghargaan kepada pengelola blog (blogger) yang menuangkan ide dan kreativitasnya melalui blog. Penghargaan yang diberikan adalah berdasarkan ...
Posting Terkait
Perjalanan lahirnya buku “Sop Konro untuk Jiwa” ini berawal dari keinginan anggota komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri (www.angingmammiri.org) untuk mempersembahkan tulisan-tulisan inspiratif pembangun dan penyemangat yang mampu mencerahkan jiwa guna ...
Posting Terkait
CATATAN DARI KOMPASIANA NANGKRING JAKARTA
Setelah melewatkan kesempatan mengikuti acara MoDis (Monthly Discussion) Kompasiana bersama Pak Jusuf Kalla hari Senin (22/2) karena kesibukan dikantor, kemarin sore (27/2), saya bertekad menghadiri even kopdar ala Kompasiana yang ...
Posting Terkait
Ini sebuah kesempatan dan kehormatan berharga untuk saya. Majalah Intern Nasabah Asuransi Bumiputera "BP News" edisi Februari-Maret 2010 memuat hasil wawancara saya dengan salah satu staf komunikasi majalah tersebut. Pelaksanaan wawancara ...
Posting Terkait
RESENSI BUKU “ARUS DERAS” : SENARAI KISAH TENTANG MISTERI CINTA DAN HIDUP YANG TAK MUDAH
Judul Buku : Kumpulan Cerpen “Arus Deras” Karya : Agnes Majestika, Ana Mustamin, Kurnia Effendi, Kurniawan Junaedhie Jumlah halaman : 172 halaman Penerbit : Kosa Kata Kita, 2017 ISBN : 978-602-6447-16-6 KETIKA buku ini tiba ...
Posting Terkait
MENIKMATI MIE CELOR KHAS PALEMBANG
Kunjungan saya ke Palembang akhir pekan silam membawa saya kepada pengalaman baru merasakan kekayaan sajian kuliner kota itu. Tak hanya tekwan dan pempek, tapi juga mi celor yang sangat terkenal ...
Posting Terkait
KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”
Edi Taslim (General Manager Kompas Cybermedia) didampingi Pepih Nugraha memberikan penjelasan soal Kompas Phone dan QR Code Kompas dalam kesempatan Kopdar kedua Kompasiana bertempat di JHCC, Minggu,14 Juni 2009 Hari Minggu ...
Posting Terkait
HARI BLOGGER NASIONAL DAN TANTANGAN MASA DEPAN
NARASI KERESAHAN YANG LUGAS DAN PUITIS ALA LINDA
MENGABADIKAN CERPEN-CERPEN TERPILIH DI “STORIAL”
SUDAH DIBUKA, VOTING ONLINE XL BLOG AWARD PESTA
“SOP KONRO BAGI JIWA”, BUKU KEDUA KOMUNITAS BLOGGER
CATATAN DARI KOMPASIANA NANGKRING JAKARTA
TAMPIL PADA MAJALAH “BP NEWS” EDISI FEBRUARI-MARET 2010
RESENSI BUKU “ARUS DERAS” : SENARAI KISAH TENTANG
MENIKMATI MIE CELOR KHAS PALEMBANG
KOPDAR II KOMPASIANA : KEHANGATAN SEBUAH “RUMAH SEHAT”

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.