BERKAH PENGHASILAN PULUHAN JUTA RUPIAH DARI KERAJINAN JAM TANGAN

Tak cuma berlaku sebagai benda fungsional, jam tangan juga bisa melengkapi busana seseorang. Kini barang tersebut tak hanya digunakan untuk menunjukkan waktu, tapi juga untuk menaikkan eksistensi diri.

Bukti bahwa Indonesia ramah produk kerajinan

Indonesia begitu kaya akan budaya. Dari ujung Sabang sampai Merauke, setiap daerah punya kesenian yang berbeda-beda. Selain punya kerajinan yang oke, Indonesia juga ramah buat industri produk kerajinan tangan lho!

Sebagai negara dengan penduduk yang padat, Indonesia potensial buat dijadikan pasar. Minat masyarakat Indonesia buat produk kerajinan juga tinggi. Buktinya, event Inacraft berhasil mendapatkan 160 ribuan pengunjung dalam lima hari! Inacraft ini adalah salah satu pameran produk kerajinan tangan terbesar di Indonesia.

Ramah buat pengrajin, ramah pula buat konsumen. Soalnya, produk kerajinan lokal cenderung memberikan harga yang sangat terjangkau. Cuma, karena kendala jarak, seringkali harganya jadi naik kalau dipasarkan di kota. Makanya, masih ada ruang buat industri ini lebih berkembang.

Untuk meningkatkan kualitas industri, pengrajin memerlukan birokrasi yang mudah, pemodalan berkala, dan pemasaran modern. Nah, poin terakhir ini dapat dipecahkan melalui pemasaran lewat marketplace online. Sekarang ada banyak banget pasar online yang menyediakan tempat buat pengrajin berjualan produknya. Iklim ini sangat baik buat menumbuhkan potensi kerajinan Indonesia.

Mereka yang sukses mengaktualisasi diri melalui jam tangan kayu

Barang unik terbuat dari kayu ternyata banyak diminati konsumen loh. Dengan kreativitas yang baik, bahan ini bisa laris di pasaran. Lima merek kreatif ini sukses mengolah kreativitasnya jadi produk yang cantik!

  • Hand2craft ialah merek pengrajin lokal yang membuat macam-macam aksesoris tangan. Uniknya, semua karya yang dibuat berbahan dasar kayu. Hand2craft punya tiga model jam, yaitu Plana, Kaso, dan Selasar. Semua bagian Plana dibuat dari kayu. Sementara itu, Kaso dan Selasar menggunakan kayu hanya untuk bagian badan. Hand2craft memakai kulit asli buat strap. Kayu yang digunakan yaitu ebony dan bambu. Harga buat membawa pulang produk tersebut lumayan terjangkau, yaitu di bawah 1 juta rupiah.
  • NR Bowties. NR Bowties awalnya hanya membuat dasi kupu-kupu kayu aja. Gak lama, mereknya juga turut memproduksi jam tangan kayu. Salah satu jam tangan dikeluarkan brand ini menggunakan kulit untuk strap, produk lainnya full wood. NR Bowties menyediakan barang couple, jadi bisa dikenakan bersama pasangan kamu.
  • Mink berbahan kayu maple dan cherry untuk bagian badan jam. Ia menggunakan kulit untuk membuat strapnya. Beberapa produk menggunakan stainless steel pada bagian pinggir produk supaya kuat. Mink punya cirri khas sendiri nih pada barangnya. Ia menggunakan konsep minimalis dengan bentuk selalu bulat.
  • Bahan baku kayu ulin dan kayu besi digunakan Zwagery. Bahan tersebut punya ciri kuat dan tahan rayap serta cuaca jadi produknya kuat dan tahan lama.
  • Matoa menjual jam tangan dari rosewood, maple kenada, jati, dan lain-lain. Mereka punya desain khusus yang unik.

Keuntungan menjual jam tangan kayu capai 48 juta/hari

Pala Nusantara merupakan salah satu contoh perusahaan sukses dalam berjualan jam tangan kayu. Kesuksesan mereka berasal dari strategi branding yang kuat.  Pala Nusantara punya karakter yang unik loh. Merek ini memasukkan identitas beberapa wilayah eksotis Indonesia ke dalam produknya.

Founder dan CEO Pala Nusantara, Ilham Pinastiko bilang kalau mereka punya 3 varian produk. Merah, biru, dan coklat. Pala Merah mewakili suku Toraja. Pala Biro mewakili suku Baduy. Pala Coklat mewakili tanah Jawa. Kreatif banget kan idenya.

Bahan baku yang digunakan Pala Nusantara diantaranya perpaduan sonokeling, eboni, dan maple. Sementara itu, mesin dari jam sendiri diimpor dari Jepang. Pengemasan produk juga menarik banget. Mereka menggunakan boks kayu yang menambah rasa eksotis produk. Harga masing-masing produk dipatok 960 ribu rupiah aja kok.

Pala Nusantara punya strategi pengelolaan keuangan yang cerdas. Dari omzet, 50%  mereka digunakan untuk biaya operasional. 5% dimasukkan ke dalam uang kas, 30% untuk cash flow, dan 15% untuk riset dan pengembangan.

Dengan cukup besarnya persentase riset, Pala Nusantara terus ngembangin produknya. Mereka merasa belum puas dan masih melihat ruang untuk nambah kualitas barang.

Pasar online yang bikin pengrajin jam tangan kayu handmade kaya raya

Tertarik memulai usaha barang handmade, tapi bingung mulai dari mana? Solusinya ada di depan mata!.

Buka saja situs Qlapa.com. Sudah pernah dengar? Situs ini disinyalir memfasilitasi para pengrajin kerajinan lokal untuk melapak. Dibandingkan dengan marketplace lain, ada beberapa keunggulan situs ini.

Pertama, situs punya fitur kustomisasi. Maksudnya adalah, pengrajin bisa memberi opsi buat pembeli untuk memesan produk sesuai keinginan.

Kedua, pembeli bakal lebih percaya sama situs, soalnya situs selalu menyeleksi produk yang masuk. Hanya produk berkualtias aja yang lolos.

Ketiga, pengrajin gak perlu bersaing sama reseller. Cuma pengrajin saja yang bisa berjualan di sini.  Jadi, harganya pun lebih bisa ditekan karena gak ada rantai pasar yang panjang.

Gimana, sudah gak bingung lagi kan? Yuk segera buka usaha kerajinan supaya produk lokal kita makin berkembang! 

Related Posts
BATIK DAY, SEMOGA BUKAN EUFORIA SESAAT
Saya berbaju batik hari ini. Terlepas apakah ini adalah ekspresi sesaat merayakan sebuah euforia pencanangan batik sebagai bagian dari budaya bangsa dan diakui secara internasional serta tidak sekedar dipakai dalam acara-acara ...
Posting Terkait
“FACEBOOK” ALA MAKASSAR
Dari milis Komunitas Blogger Makassar saya dapat informasi tentang sebuah situs Social Network Site (SNS) berbasis Makassar dengan tampilan ala "facebook" telah mengangkasa di jagad maya. Namanya Channel Makassar. Silahkan ...
Posting Terkait
MENEMUKENALI POTENSI HEBAT SAMSUNG GALAXY NOTE 5 (Bagian Pertama)
angit Jakarta begitu cerah saat saya menginjakkan kaki ke area Bentara Budaya Jakarta, (BBJ) Selasa pagi (22/9). Hari itu saya bersama 25 blogger Kompasiana terpilih untuk mengikuti acara Unboxing Samsung ...
Posting Terkait
KOPDAR KOMPASIANA BERHADIAH KOMPAS PHONE
Dikutip dari sini Kopi darat kecil-kecilan yang lebih tepat disebut silaturahmi rencananya digelar pada Hari Minggu, 14 Juni 2009, mulai pukul 14.00 WIB, di acara Indonesian Celluar Show (ICS) di JHCC, ...
Posting Terkait
VIDAFEST 2017 : MENISCAYAKAN KAWASAN HUNIAN KOLEKTIF YANG LEBIH HUMANIS
Hari Sabtu (30/9) siang, saya berkesempatan menghadiri kegiatan Vidafest 2017, sebuah event Festival tahunan yang digelar di kawasan Insitu-Bumi Wedari Vida Bekasi. Ini adalah acara rutin tahunan yang ketiga kalinya ...
Posting Terkait
FREDDIE TAMAELA DAN KENANGAN YANG IKUT “BERLARI” BESERTANYA
Bagi anda yang mungkin hidup se"zaman" dengan saya pasti tak asing lagi dengan sosok (alm)Freddy Tamaela, penyanyi asal Ambon, Vokalis Cockpit Band yang oleh banyak kalangan dijuluki sebagai "Phil Collins"-nya ...
Posting Terkait
BF : WADAH BUAT ANDA YANG TAK CUKUP HANYA MENONTON
Bila anda adalah seorang penggemar film yang punya keinginan besar untuk berdiskusi atau tukar pengalaman menonton serta romantika di dunia film, maka tak ada salahnya bila anda bergabung di situs ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2010, AJANG TEMU BLOGGER DI BEKASI
Sebuah ajang pertemuan blogger akan digelar di Bekasi, tanggal 6-7 Maret 2010. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Bekasi atau Be-Blog dinamakan "Amprokan Blogger" (dalam bahasa Bekasi berarti "pertemuan") dilaksanakan sebagai ...
Posting Terkait
Pesona Parade Lampu yang memukau dalam Symphoni of Light (sumber : www.tourism.gov.hk)
ahabatku yang baik, Bagaimana kabarmu? Semoga tetap sehat ya. Hongkong tak banyak berubah sejak kepergianmu. Gedung-gedung tinggi menjulang bagaikan hutan beton menyelimuti seantero kota masih berdiri kokoh dan nuansa Tiongkok Moderen yang ...
Posting Terkait
TENTANG CINTA PERTAMA, SEBUAH KENANGAN TAK TERLUPAKAN
Kau datang membawa Sebuah cerita Darimu itu pasti lagu ini tercipta Darimu itu pasti lagu ini tercipta Dari jendela kelas yang tak ada kacanya Tembus pandang kekantin bertalu rindu Datang mengetuk pintu hatiku (Iwan Fals, "Jendela Kelas ...
Posting Terkait
BATIK DAY, SEMOGA BUKAN EUFORIA SESAAT
“FACEBOOK” ALA MAKASSAR
MENEMUKENALI POTENSI HEBAT SAMSUNG GALAXY NOTE 5 (Bagian
KOPDAR KOMPASIANA BERHADIAH KOMPAS PHONE
VIDAFEST 2017 : MENISCAYAKAN KAWASAN HUNIAN KOLEKTIF YANG
FREDDIE TAMAELA DAN KENANGAN YANG IKUT “BERLARI” BESERTANYA
BF : WADAH BUAT ANDA YANG TAK CUKUP
AMPROKAN BLOGGER 2010, AJANG TEMU BLOGGER DI BEKASI
SURAT PANJANG DARI HONGKONG : KEMERIAHAN MUSIM PANAS
TENTANG CINTA PERTAMA, SEBUAH KENANGAN TAK TERLUPAKAN

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *