SUKSES BISNIS ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE

 

Sumber foto

Memasuki tahun 2018, bisnis online semakin banyak peminatnya, baik dari sisi konsumen maupun penjual. Banyak konsumen yang memilih berbelanja online karena bisa menemukan harga yang lebih murah dibanding belanja di toko fisik.

Selain itu, kemudahan yang ditawarkan dari belanja online juga menarik banyak peminat dari sabang sampai merauke. Kini konsumen disediakan banyak pilihan berbelanja online, dari melalui aplikasi, media sosial, maupun website resmi. Metode pembayaran dan pengiriman barang pun semakin beragam sehingga konsumen benar-benar dimanjakan. Hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan bisa sampai di rumah dengan selamat dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Jika ditilik dari sisi penjual pun, perkembangan bisnis online juga merupakan berkah karena bisa menjangkau konsumen lebih banyak dan beragam. Konsumen pun tidak terbatas di Indonesia saja, bahkan banyak produk lokal Indonesia yang berhasil go internasional melalui bisnis online.

Bagaimana caranya agar bisa menjadi penjual yang sukses di dunia maya?

Tentu banyak yang harus dilakukan oleh seorang penjual untuk bisa sukses berjualan di platform online. Saya di sini hanya akan membahas salah satu komponen utama untuk sukses berjualan online, yaitu website.

Iya, website. Website adalah salah satu kunci sukses bisnis online.

Mengapa website menjadi kunci sukses bisnis online? Berikut beberapa alasannya:

  1. Cocok untuk Jenis Bisnis Apa Saja

Bisnis online jenis apapun bisa memiliki website. Dari bisnis makanan, pakaian, kosmetik, elektronik, sampai bisnis aksesoris pun bisa memanfaatkan website.

Tampilan website bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang digeluti. Tema gratis maupun berbayar juga banyak tersedia di internet untuk mempercantik website toko online. Jadi apapun bisnisnya, harus punya website.

  1. Bisa Mandiri

Bisnis online dengan menggunakan website membuat kita lebih leluasa. Berbeda dengan berjualan di marketplace, kita harus mengikuti peraturan yang diterapkan marketplace tersebut. Kita bisa membuat promo kita sendiri jika memiliki website toko online sendiri.

Membuat website untuk bisnis online bukan berarti kita tidak bisa berjualan di marketplace. Kita tetap bisa berjualan di dua platform tersebut karena masing-masing platform memiliki pangsa pasarnya sendiri.

  1. Bisnis Online yang Memiliki Website Lebih Dipercaya Konsumen

Kunci utama dalam berbelanja online adalah trust atau kepercayaan. Kita harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen bahwa bisnis online kita adalah bisnis online asli, bukan tipu-tipuan.

Jika bisnis online kita lebih dipercaya tentu lebih banyak pelanggan yang akan datang ke toko kita dan membeli produk kita. Selain itu, dengan memiliki website, bisnis online kita akan lebih mudah untuk muncul di mesin pencarian Google.

Pelanggan cenderung mencari produk yang akan dibelinya di mesin pencari terlebih dahulu sebelum kemudian membelinya. Konsumen melakukan ini karena ingin memastikan apakah mereka membeli produk dari penjual online yang terpercaya atau tidak. Oleh karena itu, produk kita muncul di hasil pencarian Google adalah hal penting.

  1. Kompetitor Juga Punya Website

Membuat website untuk bisnis online memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Coba lihat kompetitor bisnis online Anda. Apakah mereka sudah mempunyai website resmi untuk bisnis onlinenya? Jika sudah, Anda harus segera membuat website untuk bisnis online yang Anda kelola. Jika belum, segera curi start membuat website sebelum kompetitor Anda melakukannya.

Anda bisa mulai membuat website dengan mencari hosting dan domain yang tepat untuk website bisnis online Anda. Gunakanlah hosting Indonesia dari perusahaan penyedia hosting dan domain terpercaya, yaitu Niagahoster.

Dengan membeli hosting di Niagahoster, pembeli juga mendapatkan domain dengan masa gratis selamanya. Dan tentu hosting dari Niagahoster juga cocok untuk website bisnis online karena menggunakan teknologi terbaru yang memastikan website untuk selalu online dan terhindar dari masalah keamanan.

  1. Bisa Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Ingat, pengalaman berbelanja online orang dimulai dari sumber yang berbeda-beda, dari media sosial, teman, sampai hasil pencarian Google. Dengan memiliki website, pemilik bisnis online bisa menjangkau lebih banyak konsumen karena lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian Google.

Ayo, raih kesuksesan bisnis online dengan menggunakan website! 

Related Posts
MERAYAKAN KEBERSAMAAN BERSAMA IKA TEKNIK UNHAS (Bagian Kedua)
uaca malam Makassar begitu bersahabat, saat saya tiba di lobi hotel Clarion, Minggu (10/7). Malam itu bertempat di Auditorium Sandeq merupakan acara puncak kegiatan reuni nasional alumni Fakultas Teknik UNHAS ...
Posting Terkait
PENGALAMAN BERKURBAN: ANTARA SAPI, PARTISIPASI DAN MUTILASI
Usai sholat Idul Adha bersama seluruh keluarga di lapangan Mesjid Al-Madani Perumahan Cikarang Baru, Senin (8/12) saya bergegas menuju area tempat penyembelihan hewan kurban dibelakang rumah yang dilaksanakan oleh pengurus ...
Posting Terkait
MENGENANG 2 TAHUN GEMPA DI YOGYA
  Sudah dua tahun berlalu. Saya masih ingat betul saat menulis posting di blog tentang gempa di Yogya 27 Mei 2006 silam, jemari tangan saya gemetar saat mengetik diatas keyboard komputer. Terbayang kengerian ...
Posting Terkait
MENIKMATI RADIO SIARAN DARI DUNIA MAYA
Sebuah pengalaman baru saya nikmati minggu lalu : mendengar radio siaran suka-suka dari dunia maya Kebetulan, seusai menjalankan ritual ibadah sholat malam, saya membuka akun twitter ,menjelajahi rimba internet dan mendadak ...
Posting Terkait
SAYA, BLACKBERRY DAN MANFAAT YANG MENYERTAINYA
ejak memiliki Blackberry Gemini type 8520, empat tahun silam, gaya hidup "digital" saya, mendadak berubah. Sangat drastis. Jika biasanya saya cukup memeriksa email pribadi dan komunikasi di mailing list lewat ...
Posting Terkait
Hujan baru saja reda membasahi sekujur jalan Orchard, pada Senin malam, 29 Juni 2009. Pantulan lampu-lampu pusat perbelanjaan terkemuka di Singapura itu berkelip melalui genangan-genangan air di aspal. Juga ...
Posting Terkait
Ronda Malam yang saya laksanakan kemarin malam (21/3) sungguh menyisakan kesan tersendiri dalam batin. Setiap malam minggu, 2 bulan sekali, saya mendapat jatah giliran ronda di wilayah RT tempat saya ...
Posting Terkait
KETIKA PARA BLOGGER BERPESTA
Blitz Megaplex yang berlokasi di Lantai 8 Grand Indonesia tak jauh dari Bundaran HI Jalan MH.Thamrin Jakarta, pada Hari Sabtu,27 Oktober 2007 mendadak gegap gempita “dikerubuti” para blogger Indonesia yang ...
Posting Terkait
CATATAN DARI SARASEHAN & PAMERAN FOTO BLOGGER ASEAN
ari Sabtu siang (6/8). bersama Yusnawir Yusuf, tetangga sekaligus adik angkatan di Teknik Mesin UNHAS yang hobi fotografi, saya berangkat menuju Gedung Museum Bank Mandiri di daerah Kota Jakarta Pusat. ...
Posting Terkait
Saya memandu Seminar Sosialisasi Pengembangan ASEAN di Makassar, 10 Desember 2010
Hari Kamis, 9 Desember 2010, pukul 14.30, saya tiba di terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta. Pada hari ini, saya akan berangkat ke Makassar bersama rombongan Kementerian Luar Negeri RI ...
Posting Terkait
MERAYAKAN KEBERSAMAAN BERSAMA IKA TEKNIK UNHAS (Bagian Kedua)
PENGALAMAN BERKURBAN: ANTARA SAPI, PARTISIPASI DAN MUTILASI
MENGENANG 2 TAHUN GEMPA DI YOGYA
MENIKMATI RADIO SIARAN DARI DUNIA MAYA
SAYA, BLACKBERRY DAN MANFAAT YANG MENYERTAINYA
SURAT DARI ORCHARD (1)
SEBUAH “ROMANSA” BERHARGA DARI RONDA
KETIKA PARA BLOGGER BERPESTA
CATATAN DARI SARASEHAN & PAMERAN FOTO BLOGGER ASEAN
OLEH-OLEH PERJALANAN DARI MAKASSAR (1)

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *