SUKSES BISNIS ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE

 

Sumber foto

Memasuki tahun 2018, bisnis online semakin banyak peminatnya, baik dari sisi konsumen maupun penjual. Banyak konsumen yang memilih berbelanja online karena bisa menemukan harga yang lebih murah dibanding belanja di toko fisik.

Selain itu, kemudahan yang ditawarkan dari belanja online juga menarik banyak peminat dari sabang sampai merauke. Kini konsumen disediakan banyak pilihan berbelanja online, dari melalui aplikasi, media sosial, maupun website resmi. Metode pembayaran dan pengiriman barang pun semakin beragam sehingga konsumen benar-benar dimanjakan. Hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan bisa sampai di rumah dengan selamat dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Jika ditilik dari sisi penjual pun, perkembangan bisnis online juga merupakan berkah karena bisa menjangkau konsumen lebih banyak dan beragam. Konsumen pun tidak terbatas di Indonesia saja, bahkan banyak produk lokal Indonesia yang berhasil go internasional melalui bisnis online.

Bagaimana caranya agar bisa menjadi penjual yang sukses di dunia maya?

Tentu banyak yang harus dilakukan oleh seorang penjual untuk bisa sukses berjualan di platform online. Saya di sini hanya akan membahas salah satu komponen utama untuk sukses berjualan online, yaitu website.

Iya, website. Website adalah salah satu kunci sukses bisnis online.

Mengapa website menjadi kunci sukses bisnis online? Berikut beberapa alasannya:

  1. Cocok untuk Jenis Bisnis Apa Saja

Bisnis online jenis apapun bisa memiliki website. Dari bisnis makanan, pakaian, kosmetik, elektronik, sampai bisnis aksesoris pun bisa memanfaatkan website.

Tampilan website bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang digeluti. Tema gratis maupun berbayar juga banyak tersedia di internet untuk mempercantik website toko online. Jadi apapun bisnisnya, harus punya website.

  1. Bisa Mandiri

Bisnis online dengan menggunakan website membuat kita lebih leluasa. Berbeda dengan berjualan di marketplace, kita harus mengikuti peraturan yang diterapkan marketplace tersebut. Kita bisa membuat promo kita sendiri jika memiliki website toko online sendiri.

Membuat website untuk bisnis online bukan berarti kita tidak bisa berjualan di marketplace. Kita tetap bisa berjualan di dua platform tersebut karena masing-masing platform memiliki pangsa pasarnya sendiri.

  1. Bisnis Online yang Memiliki Website Lebih Dipercaya Konsumen

Kunci utama dalam berbelanja online adalah trust atau kepercayaan. Kita harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen bahwa bisnis online kita adalah bisnis online asli, bukan tipu-tipuan.

Jika bisnis online kita lebih dipercaya tentu lebih banyak pelanggan yang akan datang ke toko kita dan membeli produk kita. Selain itu, dengan memiliki website, bisnis online kita akan lebih mudah untuk muncul di mesin pencarian Google.

Pelanggan cenderung mencari produk yang akan dibelinya di mesin pencari terlebih dahulu sebelum kemudian membelinya. Konsumen melakukan ini karena ingin memastikan apakah mereka membeli produk dari penjual online yang terpercaya atau tidak. Oleh karena itu, produk kita muncul di hasil pencarian Google adalah hal penting.

  1. Kompetitor Juga Punya Website

Membuat website untuk bisnis online memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Coba lihat kompetitor bisnis online Anda. Apakah mereka sudah mempunyai website resmi untuk bisnis onlinenya? Jika sudah, Anda harus segera membuat website untuk bisnis online yang Anda kelola. Jika belum, segera curi start membuat website sebelum kompetitor Anda melakukannya.

Anda bisa mulai membuat website dengan mencari hosting dan domain yang tepat untuk website bisnis online Anda. Gunakanlah hosting Indonesia dari perusahaan penyedia hosting dan domain terpercaya, yaitu Niagahoster.

Dengan membeli hosting di Niagahoster, pembeli juga mendapatkan domain dengan masa gratis selamanya. Dan tentu hosting dari Niagahoster juga cocok untuk website bisnis online karena menggunakan teknologi terbaru yang memastikan website untuk selalu online dan terhindar dari masalah keamanan.

  1. Bisa Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Ingat, pengalaman berbelanja online orang dimulai dari sumber yang berbeda-beda, dari media sosial, teman, sampai hasil pencarian Google. Dengan memiliki website, pemilik bisnis online bisa menjangkau lebih banyak konsumen karena lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian Google.

Ayo, raih kesuksesan bisnis online dengan menggunakan website! 

Related Posts
DESPERATE SEEKING CHILD – AN EPIC STORY
Di pucuk alam, saya menyaksikan kedua anak saya, Alya dan Rizky, tertidur pulas. Putra tertua saya. Rizky, meringkuk bersama guling disampingnya. Dengkur halus terdengar dari bibirnya yang mungil. Tak jauh ...
Posting Terkait
BERBAGI DAN BELAJAR DARI PENGALAMAN MELALUI ABC-P TRAINING PT.CSI
nisiatif pelaksanaan ABC-P (Aftermarket Best Practice Coaching Program) yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-21 November 2014 di PT Cameron Services International, Cikarang (PT CSI) merupakan sebuah terobosan baru dalam upaya ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (5): DISKUSI SANTAI TENTANG KEBEBASAN BEREKSPRESI & PERAN NETIZEN
alam minggu (17/9) di aula Asrama Haji terlihat begitu romantis. Ada bulan menggantung dan sembunyi malu-malu di balik awan. Saya menyaksikan pemandangan itu dari lantai 2 tempat penyelenggaraan Amprokan Blogger ...
Posting Terkait
Peringatan Ultah Perkawinan ke-44 orang tua saya, sekaligus ultah ke 4 Ivan (keponakan saya) di Makassar 27 Maret 2011
  Posting Blog ini sungguh telat bila dikaitkan dengan momen peringatan Ultah Perkawinan kedua orang tua saya ke 44 tahun yang dirayakan pada tanggal 26 Maret 2011 lalu. Namun saya menggunakan ...
Posting Terkait
PROGRAM BODY KEY : TRANSFORMASI “WEIGHT MANAGEMENT” DENGAN PENDEKATAN PERSONAL
nlock A New You ! Tulisan yang lumayan "provokatif" dan bikin penasaran itu terlihat pada sebuah standing banner di lokasi peluncuran Program Body Key Indonesia, Amway Flagship Store, Mal Kota Kasablanka lantai ...
Posting Terkait
PENGALAMAN BERKURBAN (2) : ANTARA SAPI,PARTISIPASI DAN MUTILASI
Dua tahun silam, sama seperti pernah saya ceritakan disini, hari ini Rabu (17/11) tepat di Hari Raya Idul Adha 1431 H saya kembali berpartisipasi berpatungan bersama 6 orang warga RT ...
Posting Terkait
HARBLOGNAS 2015 : MERAYAKAN KONSISTENSI, MERAWAT PERSISTENSI
elapan tahun sejak pencanangan Hari Blogger Nasional, aktifitas blogging tetap tak kehilangan gregetnya. Hari ini, rekan-rekan blogger se-Indonesia merayakan hari bersejarah itu dengan menyampaikan ucapan selamat di beragam kanal media ...
Posting Terkait
SRIKANDI BLOGGER 2013 : INSPIRASI UNTUK AKTUALISASI PEREMPUAN INDONESIA DI ERA DIGITAL
uasana aula pertemuan lantai 6 Gedung F Kemendiknas Jl.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan, Minggu (28/4), terlihat semarak ketika saya, bersama isteri dan kedua buah hati (Rizky dan Alya) tiba dilokasi. Setelah ...
Posting Terkait
LELAKI YANG SELALU MENCATAT KENANGAN
“Jangan lupa kirimkan Papa buku diary kosong yang baru untuk tahun depan ya, Nak” Kalimat itu kerap diucapkan oleh ayahanda tercinta saya, Karim Van Gobel, setiap akhir tahun menjelang. Hanya sebuah ...
Posting Terkait
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH
esawat Lion Air JT 562 dari Jakarta mendarat mulus di lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (11/6). Baru pukul 07.30 pagi, saya bergumam seusai melihat jam tangan sebelum membawa ransel turun ...
Posting Terkait
DESPERATE SEEKING CHILD – AN EPIC STORY
BERBAGI DAN BELAJAR DARI PENGALAMAN MELALUI ABC-P TRAINING
AMPROKAN BLOGGER 2011 (5): DISKUSI SANTAI TENTANG KEBEBASAN
INSPIRASI CINTA 44 TAHUN SILAM
PROGRAM BODY KEY : TRANSFORMASI “WEIGHT MANAGEMENT” DENGAN
PENGALAMAN BERKURBAN (2) : ANTARA SAPI,PARTISIPASI DAN MUTILASI
HARBLOGNAS 2015 : MERAYAKAN KONSISTENSI, MERAWAT PERSISTENSI
SRIKANDI BLOGGER 2013 : INSPIRASI UNTUK AKTUALISASI PEREMPUAN
LELAKI YANG SELALU MENCATAT KENANGAN
BLOGILICIOUS YOGYAKARTA YANG HEBOH DAN MERIAH

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *