SUKSES BISNIS ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE

 

Sumber foto

Memasuki tahun 2018, bisnis online semakin banyak peminatnya, baik dari sisi konsumen maupun penjual. Banyak konsumen yang memilih berbelanja online karena bisa menemukan harga yang lebih murah dibanding belanja di toko fisik.

Selain itu, kemudahan yang ditawarkan dari belanja online juga menarik banyak peminat dari sabang sampai merauke. Kini konsumen disediakan banyak pilihan berbelanja online, dari melalui aplikasi, media sosial, maupun website resmi. Metode pembayaran dan pengiriman barang pun semakin beragam sehingga konsumen benar-benar dimanjakan. Hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan bisa sampai di rumah dengan selamat dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Jika ditilik dari sisi penjual pun, perkembangan bisnis online juga merupakan berkah karena bisa menjangkau konsumen lebih banyak dan beragam. Konsumen pun tidak terbatas di Indonesia saja, bahkan banyak produk lokal Indonesia yang berhasil go internasional melalui bisnis online.

Bagaimana caranya agar bisa menjadi penjual yang sukses di dunia maya?

Tentu banyak yang harus dilakukan oleh seorang penjual untuk bisa sukses berjualan di platform online. Saya di sini hanya akan membahas salah satu komponen utama untuk sukses berjualan online, yaitu website.

Iya, website. Website adalah salah satu kunci sukses bisnis online.

Mengapa website menjadi kunci sukses bisnis online? Berikut beberapa alasannya:

  1. Cocok untuk Jenis Bisnis Apa Saja

Bisnis online jenis apapun bisa memiliki website. Dari bisnis makanan, pakaian, kosmetik, elektronik, sampai bisnis aksesoris pun bisa memanfaatkan website.

Tampilan website bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang digeluti. Tema gratis maupun berbayar juga banyak tersedia di internet untuk mempercantik website toko online. Jadi apapun bisnisnya, harus punya website.

  1. Bisa Mandiri

Bisnis online dengan menggunakan website membuat kita lebih leluasa. Berbeda dengan berjualan di marketplace, kita harus mengikuti peraturan yang diterapkan marketplace tersebut. Kita bisa membuat promo kita sendiri jika memiliki website toko online sendiri.

Membuat website untuk bisnis online bukan berarti kita tidak bisa berjualan di marketplace. Kita tetap bisa berjualan di dua platform tersebut karena masing-masing platform memiliki pangsa pasarnya sendiri.

  1. Bisnis Online yang Memiliki Website Lebih Dipercaya Konsumen

Kunci utama dalam berbelanja online adalah trust atau kepercayaan. Kita harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen bahwa bisnis online kita adalah bisnis online asli, bukan tipu-tipuan.

Jika bisnis online kita lebih dipercaya tentu lebih banyak pelanggan yang akan datang ke toko kita dan membeli produk kita. Selain itu, dengan memiliki website, bisnis online kita akan lebih mudah untuk muncul di mesin pencarian Google.

Pelanggan cenderung mencari produk yang akan dibelinya di mesin pencari terlebih dahulu sebelum kemudian membelinya. Konsumen melakukan ini karena ingin memastikan apakah mereka membeli produk dari penjual online yang terpercaya atau tidak. Oleh karena itu, produk kita muncul di hasil pencarian Google adalah hal penting.

  1. Kompetitor Juga Punya Website

Membuat website untuk bisnis online memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Coba lihat kompetitor bisnis online Anda. Apakah mereka sudah mempunyai website resmi untuk bisnis onlinenya? Jika sudah, Anda harus segera membuat website untuk bisnis online yang Anda kelola. Jika belum, segera curi start membuat website sebelum kompetitor Anda melakukannya.

Anda bisa mulai membuat website dengan mencari hosting dan domain yang tepat untuk website bisnis online Anda. Gunakanlah hosting Indonesia dari perusahaan penyedia hosting dan domain terpercaya, yaitu Niagahoster.

Dengan membeli hosting di Niagahoster, pembeli juga mendapatkan domain dengan masa gratis selamanya. Dan tentu hosting dari Niagahoster juga cocok untuk website bisnis online karena menggunakan teknologi terbaru yang memastikan website untuk selalu online dan terhindar dari masalah keamanan.

  1. Bisa Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Ingat, pengalaman berbelanja online orang dimulai dari sumber yang berbeda-beda, dari media sosial, teman, sampai hasil pencarian Google. Dengan memiliki website, pemilik bisnis online bisa menjangkau lebih banyak konsumen karena lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian Google.

Ayo, raih kesuksesan bisnis online dengan menggunakan website! 

Related Posts
HARI BLOGGER NASIONAL, SETELAH TUJUH TAHUN BERLALU
erayakan Hari Blogger Nasional ketujuh,  27 Oktober 2014 hari ini, setidaknya ada 2 hal aktual yang bisa dijadikan momentum dalam peringatannya. Yang pertama adalah meroketnya popularitas blog Kaesang Pangarep, putra ...
Posting Terkait
LOVE AT THE FIRST VOICE
DALAM sejarah percintaan saya dari masa remaja di SMA hingga menyelesaikan kuliah, saya termasuk orang yang gagal melakoni indahnya romantisme itu. Saat masih SMA, seorang kawan yang memiliki reputasi sebagai playboy ...
Posting Terkait
BERKAH HADIAH DI BULAN APRIL
lang Tahun saya ke 41 tahun ini yang saya rayakan tiap tanggal 9 April memberikan kesan yang sangat mendalam. Setelah sebelumnya menang Ipod Nano pada lomba Twitter bertagar #WanitaMasaDepan dalam ...
Posting Terkait
JADI “PAPI SITTER” LAGI
Hari Sabtu pagi (9/5) saya kembali melakoni peran sebagai Papi Sitter. Sebuah peran heboh dan pernah saya ceritakan disini (cerita tersebut memenangkan Lomba Gokil Dad). Hari itu, istri saya pamit ...
Posting Terkait
DAPAT HADIAH JERSEY BARU & SEPEDAAN PUN SEMAKIN SERU !
ungguh sebuah kebahagiaan dan kejutan luar biasa buat saya dapat hadiah spesial berupa Jersey (kaos khusus bersepeda) dari Pak Faisal Mahbub, salah satu anggota mailing list Cikarang Baru dan anggota ...
Posting Terkait
WISATA BUDAYA MADURA (2) : MENYINGKAP “MISTERI” BATIK GENTONGAN MADURA
erjalanan kami para peserta Cultural Trip Potret Mahakarya Indonesia terus berlanjut. Setelah makan siang di Bebek Songkem Bangkalan, bis yang kami tumpangi terus melaju menuju Tanjung Bumi. Sambil duduk di ...
Posting Terkait
MENIKMATI PESONA PERUMAHAN BINTARO JAYA DALAM ONE DAY BLOGGER TOUR
atahari bersinar begitu cerah di Hari Sabtu (22/6) ketika saya bersama sejumlah blogger berkumpul di fX Plaza Jl.Jenderal Sudirman Jakarta Selatan untuk berkumpul kemudian bersama-sama berangkat menuju Perumahan Bintaro Jaya. ...
Posting Terkait
KISAH MUDIK 2010 (2) : TERHALANG BANJIR DAN DERITA MACET SEPANJANG MALAM
Dari Garut, kendaraan kami melaju kencang menyusuri pebukitan yang teduh namun minim penerangan lampu jalan. Pak Heru mengendarai kendaraannya dengan hati-hati. Dibelakang, Alya terbatuk-batuk tak bisa tidur. Rupanya radang tenggorokannya ...
Posting Terkait
DASHYAT ! ACARA BLOGILICIOUS DI MAROS
eperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya disini, saya kembali datang ke Makassar tanggal 1-2 September 2012 dalam rangka mnejadi narasumber sekaligus menghadiri kegiatan Blogilicious di Maros, sebuah kabupaten yang berjarak ...
Posting Terkait
JAKARTA ART AWARD 2012 : APRESIASI TERHADAP KARYA LUKIS DAN KEMITRAAN STRATEGIS BLOGGER
um'at sore (28/9) saya dan keluarga berangkat menuju Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol menghadiri undangan pembukaan Jakarta Art Award 2012. Ini menjadi kesempatan berarti buat saya, sebagai blogger, karena ...
Posting Terkait
HARI BLOGGER NASIONAL, SETELAH TUJUH TAHUN BERLALU
LOVE AT THE FIRST VOICE
BERKAH HADIAH DI BULAN APRIL
JADI “PAPI SITTER” LAGI
DAPAT HADIAH JERSEY BARU & SEPEDAAN PUN SEMAKIN
WISATA BUDAYA MADURA (2) : MENYINGKAP “MISTERI” BATIK
MENIKMATI PESONA PERUMAHAN BINTARO JAYA DALAM ONE DAY
KISAH MUDIK 2010 (2) : TERHALANG BANJIR DAN
DASHYAT ! ACARA BLOGILICIOUS DI MAROS
JAKARTA ART AWARD 2012 : APRESIASI TERHADAP KARYA

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *