SUKSES BISNIS ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE

 

Sumber foto

Memasuki tahun 2018, bisnis online semakin banyak peminatnya, baik dari sisi konsumen maupun penjual. Banyak konsumen yang memilih berbelanja online karena bisa menemukan harga yang lebih murah dibanding belanja di toko fisik.

Selain itu, kemudahan yang ditawarkan dari belanja online juga menarik banyak peminat dari sabang sampai merauke. Kini konsumen disediakan banyak pilihan berbelanja online, dari melalui aplikasi, media sosial, maupun website resmi. Metode pembayaran dan pengiriman barang pun semakin beragam sehingga konsumen benar-benar dimanjakan. Hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan bisa sampai di rumah dengan selamat dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Jika ditilik dari sisi penjual pun, perkembangan bisnis online juga merupakan berkah karena bisa menjangkau konsumen lebih banyak dan beragam. Konsumen pun tidak terbatas di Indonesia saja, bahkan banyak produk lokal Indonesia yang berhasil go internasional melalui bisnis online.

Bagaimana caranya agar bisa menjadi penjual yang sukses di dunia maya?

Tentu banyak yang harus dilakukan oleh seorang penjual untuk bisa sukses berjualan di platform online. Saya di sini hanya akan membahas salah satu komponen utama untuk sukses berjualan online, yaitu website.

Iya, website. Website adalah salah satu kunci sukses bisnis online.

Mengapa website menjadi kunci sukses bisnis online? Berikut beberapa alasannya:

  1. Cocok untuk Jenis Bisnis Apa Saja

Bisnis online jenis apapun bisa memiliki website. Dari bisnis makanan, pakaian, kosmetik, elektronik, sampai bisnis aksesoris pun bisa memanfaatkan website.

Tampilan website bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang digeluti. Tema gratis maupun berbayar juga banyak tersedia di internet untuk mempercantik website toko online. Jadi apapun bisnisnya, harus punya website.

  1. Bisa Mandiri

Bisnis online dengan menggunakan website membuat kita lebih leluasa. Berbeda dengan berjualan di marketplace, kita harus mengikuti peraturan yang diterapkan marketplace tersebut. Kita bisa membuat promo kita sendiri jika memiliki website toko online sendiri.

Membuat website untuk bisnis online bukan berarti kita tidak bisa berjualan di marketplace. Kita tetap bisa berjualan di dua platform tersebut karena masing-masing platform memiliki pangsa pasarnya sendiri.

  1. Bisnis Online yang Memiliki Website Lebih Dipercaya Konsumen

Kunci utama dalam berbelanja online adalah trust atau kepercayaan. Kita harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen bahwa bisnis online kita adalah bisnis online asli, bukan tipu-tipuan.

Jika bisnis online kita lebih dipercaya tentu lebih banyak pelanggan yang akan datang ke toko kita dan membeli produk kita. Selain itu, dengan memiliki website, bisnis online kita akan lebih mudah untuk muncul di mesin pencarian Google.

Pelanggan cenderung mencari produk yang akan dibelinya di mesin pencari terlebih dahulu sebelum kemudian membelinya. Konsumen melakukan ini karena ingin memastikan apakah mereka membeli produk dari penjual online yang terpercaya atau tidak. Oleh karena itu, produk kita muncul di hasil pencarian Google adalah hal penting.

  1. Kompetitor Juga Punya Website

Membuat website untuk bisnis online memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Coba lihat kompetitor bisnis online Anda. Apakah mereka sudah mempunyai website resmi untuk bisnis onlinenya? Jika sudah, Anda harus segera membuat website untuk bisnis online yang Anda kelola. Jika belum, segera curi start membuat website sebelum kompetitor Anda melakukannya.

Anda bisa mulai membuat website dengan mencari hosting dan domain yang tepat untuk website bisnis online Anda. Gunakanlah hosting Indonesia dari perusahaan penyedia hosting dan domain terpercaya, yaitu Niagahoster.

Dengan membeli hosting di Niagahoster, pembeli juga mendapatkan domain dengan masa gratis selamanya. Dan tentu hosting dari Niagahoster juga cocok untuk website bisnis online karena menggunakan teknologi terbaru yang memastikan website untuk selalu online dan terhindar dari masalah keamanan.

  1. Bisa Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Ingat, pengalaman berbelanja online orang dimulai dari sumber yang berbeda-beda, dari media sosial, teman, sampai hasil pencarian Google. Dengan memiliki website, pemilik bisnis online bisa menjangkau lebih banyak konsumen karena lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian Google.

Ayo, raih kesuksesan bisnis online dengan menggunakan website! 

Related Posts
RE-POST : NOSTALGIA AGUSTUSAN
Pengantar: Tulisan ini pernah saya muat di Kompasiana 2 tahun lalu, saya muat kembali disini, untuk mengenang saat-saat indah memperingati Hari Kemerdekaan RI, pada masa muda dulu.. 🙂 Saya (ketiga dari kiri) ...
Posting Terkait
PESAN KEBANGSAAN MEGAWATI DALAM KAMPANYE AKBAR DI BALI
esawat berlogo "Indonesia Hebat!" yang membawa saya bersama rombongan jurnalis serta fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendarat mulus di Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali, Sabtu pagi (22/3), setelah menempuh ...
Posting Terkait
APLIKASI ANAK CERDAS & GELIAT RIUH GENERASI PLATINUM
nam tahun silam, saya pernah menulis mengenai fenomena generasi platinum. Sebuah generasi yang oleh, Alzena Masykouri psikolog asal Universitas Paramadina memiliki kemampuan tinggi dalam mengakses dan mengakomodir informasi sehingga mereka memiliki kesempatan ...
Posting Terkait
BLOGSHOP KOMPASIANA : SEMANGAT BELAJAR YANG TANPA BATAS
Blogshop Kompasiana yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya Hari Sabtu (8/8) bertempat di ruang training Gedung Kompas Gramedia Unit II Lantai 5 menyisakan kesan yang sangat mendalam buat saya. Ditengah hiruk ...
Posting Terkait
REKREASI WARGA ANTILOP 5 H-3 & I-1 YANG MENGESANKAN
ni adalah sebuah event yang ditunggu-tunggu warga sekitar kami di perumahan Cikarang Baru tepatnya di jalan Antilop V Blok H3 & I1. Setelah sebelumnya hanya bersifat wacana belaka di lingkungan ...
Posting Terkait
Kali ini biarlah gambar dulu yang bercerita mengenai perjalanan bersepeda 24,5 km bersama tim Cikarang Baru Cycling hari Minggu (23/10). Sebuah pengalaman mengesankan menempuh jarak yang relatif jauh dengan tantangan ...
Posting Terkait
DARI TEMU BLOGGER ABN, KOMPAS DAN ANCOL : UPAYA MEMBANGUN SINERGI
Sambutan dari Pak Budi Karya (Direktur Utama Ancol) didampingi Pak Taufik Mihardja (Executive Director Kompas-Gramedia) dalam Diskusi antara blogger Asia Blogging Network, Kompas dot com dan Managemen Ancol, Jum'at (11/7) SMS ...
Posting Terkait
PUISI CINTA GOMBAL DARI MASA LALU
Dalam dua kesempatan liburan panjang bulan Desember lalu, saya dan istri bergotong royong merapikan arsip-arsip lama kami digudang yang terletak dikamar belakang. Dan luar biasa, kami--secara tak sengaja--menemukan arsip-arsip surat ...
Posting Terkait
FILM “PLANES” : SEMANGAT KEBANGKITAN SANG PESAWAT “PECUNDANG”
ari Minggu (8/9) silam, saya bersama istri dan anak-anak menonton film "Planes" di XXI Mal Lippo Cikarang. Rizky dan Alya, kedua anak saya memang "mengincar" film ini sejak melihat Trailer-nya ...
Posting Terkait
ANDERGAUGE, DALAM SEBUAH RUANG KENANGAN TAK TERLUPAKAN
Keramahan khas Scotland tersirat diwajahnya saat menjabat tangan saya dengan hangat diruang kerjanya Gedung Aldevco Octagon Building lantai 2, suatu hari di bulan Juli 2001. "Welcome Amril, my name Peter Fraser, ...
Posting Terkait
RE-POST : NOSTALGIA AGUSTUSAN
PESAN KEBANGSAAN MEGAWATI DALAM KAMPANYE AKBAR DI BALI
APLIKASI ANAK CERDAS & GELIAT RIUH GENERASI PLATINUM
BLOGSHOP KOMPASIANA : SEMANGAT BELAJAR YANG TANPA BATAS
REKREASI WARGA ANTILOP 5 H-3 & I-1 YANG
PETUALANGAN BERSEPEDA MINGGU BERSAMA TIM CIKARANG BARU CYCLING
DARI TEMU BLOGGER ABN, KOMPAS DAN ANCOL :
PUISI CINTA GOMBAL DARI MASA LALU
FILM “PLANES” : SEMANGAT KEBANGKITAN SANG PESAWAT “PECUNDANG”
ANDERGAUGE, DALAM SEBUAH RUANG KENANGAN TAK TERLUPAKAN

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *