SERI ASUS ZENBOOK TERBARU : TANGGUH, RINGAN, RINGKAS, EKSOTIK DAN FUTURISTIK


Menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat saya, diundang secara resmi untuk ikut menghadiri acara peluncuran seri ASUS Zenbook 13/14/15 pada hari Kamis,17 Januari 2019 di Grand Ballroom Pullman Hotel – Central Park, Jakarta. Hal ini cukup beralasan karena tidak hanya di ajang peluncuran perdana tersebut, saya bisa berjumpa sejumlah teman-teman blogger dan melampiaskan kangen karena lama tak bersua, juga saya mendapatkan kesempatan langka menyaksikan langsung peluncuran karya spektakuler ASUS Zenbook yang megah dan fenomenal.

Sebagai sebuah perusahaan Teknologi Informasi, ASUS menjaga konsistensinya untuk terus berinovasi melahirkan produk-produk yang fleksibel mengikuti kebutuhan zaman. Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS telah memenangkan 4.511 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia di tahun 2016, dan telah meraih lebih dari 721 penghargaan untuk seri Zenfone sejak tahun 2014. Dengan dimotori lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.000 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia, ASUS berusaha terus memberikan kontribusi terbaik bagi dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Sebelum acara dimulai, selain bersilaturrahmi dan makan siang bersama kawan-kawan bloggers, saya menyempatkan diri untuk mampir di mini exhibition ASUS Zenbook yang tak hanya menampilkan produk-produk andalan ASUS Zenbook dari tahun ke tahun, namun juga ASUS Zenbook paling anyar yang diluncurkan hari itu. Saya menyaksikan transformasi luarbiasa sejak awal produk ASUS diluncurkan dengan tampilan ASUS generasi terbaru yang memperlihatkan komitmen inovasi tiada henti yang terus diinisiasi oleh salah satu perusahaan yang termasuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune ini.

Dibuka dengan penjelasan memikat dari Jimmy Lin, Regional Director Asus Southeast Asia, peluncuran Seri ASUS seri ZenBook terbaru, yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan Zen13Book 15 UX533 begitu mengesankan.

Jimmy mengungkapkan, Di segmen notebook ultrathin, ASUS juga terus mengalami peningkatan market share. Berdasarkan catatan GfK hingga November 2018, ASUS berhasil meningkatkan eksistensi di pasaran Indonesia, menjadi 23,0 persen. Sebagai gambaran, di tahun sebelumnya, pangsa pasar Asus di segmen ultrathin hanya 5,4 persen saja. Catatan tersebut menunjukkan bahwa laptop seri ASUS ZenBook ataupun VivoBook sudah semakin meraih perhatian pengguna di seluruh Indonesia. Sampai bulan November 2018, GfK menyebutkan, pangsa pasar laptop consumer ASUS di Indonesia naik ke angka 41,8 persen. Meningkat dari angka 41,2 persen pada kurun waktu yang sama setahun sebelumnya.

Pada segmen notebook gaming berbasis Nvidia GTX, ASUS juga kembali menorehkan prestasi. Sampai penghujung November 2018, market share ASUS untuk seluruh laptop gaming berbasis Nvidia GeForce GTX mencapai 60,1 persen. Secara spesifik, Asus mendominasi di segmen GTX1050 dengan 47,5 persen pasar, di segmen GTX1050Ti dengan 78,2 persen serta 60,5 persen di pasar laptop gaming berbasis Nvidia GeForce GTX1060.

Asus ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan Zen13Book 15 UX533 merupakan ultrabook premium yang menggunakan desain frameless NanoEdge Display yang menghadirkan bezel ultra-tipis. Bezel tersebut membuat tiga ultrabook ini dapat menghadirkan pengalaman visual tanpa batas dengan screen-to-body ratio mencapai 95%. NanoEdge Display juga membuat tiga seri laptop ini memiliki bodi yang lebih ringkas, bahkan paling ringkas di antara laptop sekelasnya.

Ditenagai oleh prosessor Intel Core Generasi kedelapan, ketiga lini Zenbook terbaru ini mampu menghadirkan performa tinggi dan hemat daya. Tak hanya itu, ultrabook ini juga sudah dilengkapi dengan chip grafis dari NVIDIA dan menggunakan penyimpanan M.2 NVMe PCIe SSD yang sangat cepat. Body yang tangguh dan kokoh dengan standar sertifikasi militer MIL-STD-810G dan telah lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji ketinggian, uji suhu dan kelembapan, hingga uji banting dan getaran, membuat ultrabook ini semakin membetot perhatian.

Ringkas, Canggih, Eksotik

ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan Zen13Book 15 UX533 menawarkan kecanggihan tidak hanya dari kinerja prosessor yang mumpuni namun juga properti laptop yang menjamin penggunanya bisa mengerjakan tugas secara cepat dan multi-tasking.

Seri ZenBook terbaru kali ini hadir sebagai standar baru untuk ultracompact dan ultralight laptop karena memiliki dimensi paling ringkas dan futuristik di kelasnya berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display. Teknologi tersebut mampu menghadirkan desain frameless dengan bezel sangat tipis di keempat sisi layar. NanoEdge Display mampu memaksimalkan tampilan layar dan meminimalisir penggunaan rangka membuat layar seri ZenBook terbaru kali ini memiliki screen-to-body ratio hingga 92%.

Penggunaan teknologi NanoEdge Display pada seri ZenBook terbaru menghasilkan tampilan visual yang belum pernah ada sebelumnya. Didukung dengan resolusi tinggi teknologi NanoEdge Display mampu menghadirkan pengalaman visual yang lebih immersive dengan distraksi visual lebih minim, sangat cocok untuk ZenBook yang menyasar penggunaan di bidang kreatif dan hiburan.

Melengkapi NanoEdge Display yang inovatif adalah desain elegan pada bodi laptop ini. Sama seperti pendahulunya, desain bodi seri ZenBook terbaru menggunakan konsep Zen dengan spun-metal finish di bagian belakang layarnya. Dua pilihan warna juga telah disediakan, yaitu Royal Blue yang memberikan kesan mewah dan premium. Sementara warna Icicle Silver hadir dengan nuansa unik dan elegan. Pilihan warna Burgundy Red juga akan hadir pada ZenBook 13 UX333FN.

Khusus ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433, keduanya hadir dengan numpad virtual yang bisa diaktifkan melalui tombol khusus. Ketika tombol ditekan, numpad akan muncul di touchpad menggunakan LED khusus dan menggantikan fungsinya. Semua model ZenBook terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan kamera infra-merah yang terintegrasi dengan sistem face login menggunakan Windows Hello.  Fitur ini merupakan pengganti tombol numpad fisik yang tidak bisa dihadirkan di laptop berukuran kecil. Hanya dengan menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul lewat lampu LED yang sudah terintegrasi dengan touchpad.

NumberPad berguna untuk pengguna yang sering memanfaatkan tombol numpad untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator. Sementara di ZenBook 15, ASUS tetap menghadirkan tombol numpad fisik karena dimensi laptop ini cukup besar untuk menampung tombol tersebut.

Laptop yang dirancang untuk para pekerja mobile tentu saja wajib memiliki fitur konektivitas yang sangat baik. Untuk itulah seri ZenBook terbaru kali ini tetap tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga penggunanya tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan. Untuk perangkat modern, ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Sebagai tambahan, port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD ikut dihadirkan di jajaran laptop ZenBook terbaru ini.
Buat saya yang banyak mengandalkan laptop untuk menunjang kegiatan saya yang mobile sebagai seorang Sales Manager sekaligus Blogger ,tentunya saya sangat menginginkan laptop yang ringkas, ringan, tangguh dan berfitur lengkap. Kehadiran seri ASUS Zenbook kali ini seperti menjawab lugas bahwa laptop seperti inilah yang dapat dijadikan “mitra”andalan dalam mendukung kegiatan saya. Betapa tidak? ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Sebagai tambahan, port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD ikut dihadirkan di jajaran laptop ZenBook terbaru ini. Terdapat pula USB 3.1 Type-A dalam 3 seri laptop anyar ASUS ini sehingga penggunanya tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan.

Selain itu, semua model seri ZenBook terbaru kali ini hadir dengan 3D infrared (IR) camera yang memiliki kemampuan untuk memindai wajah bahkan dalam kondisi gelap. Penggunaan kamera canggih ini memungkinkan proses pemindaian wajah untuk login menggunakan Windows Hello menjadi sangat cepat. Tidak seperti laptop lain yang memposisikan kameranya di bawah layar agar bezel bagian atasnya tetap tipis, seri ZenBook terbaru kali ini tetap hadir dengan kamera yang diposisikan berada di atas layar.

Unggul di Sisi Grafis, Komputasi dan Estetika

Sebagai laptop yang bisa menemani berbagai kegiatan penggunanya, semua model ZenBook terbaru sudah dilengkapi dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technology, memastikan jajaran laptop ini selalu memiliki koneksi jaringan yang stabil. Sebagai tambahan, Bluetooth 5.0 memungkinkan ZenBook terbaru dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat terkini. 

Lini laptop terbaru ASUS ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 serta didukung oleh GPU NVIDIA GeForce untuk performa komputasi dan grafis terbaik di kelasnya. Opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 tersedia untuk ZenBook 13 dan 14. Sedangkan ZenBook 15 ditenagai oleh GPU yang lebih kencang yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q.

Semua model ZenBook terbaru kali ini juga sudah menggunakan NVMe PCIe SSD berperforma tinggi dengan kapasitas hingga 512GB, serta dilengkapi dengan RAM hingga 16GB. Semua spesifikasi tersebut membuat lini ZenBook terbaru sangat ideal digunakan sebagai laptop sehari-hari yang serba guna, baik itu untuk bekerja, menikmati hiburan, membuat konten, hingga bermain game kasual. Keberadaan komponen canggih dalam tubuh ASUS Zenbook anyar ini membuatnya kian unggul di sisi Grafis maupun komputasi.

ASUS juga sangat memperhatikan kenyamanan penggunaan sebagai salah satu prioritas. Kali ini, seri ZenBook terbaru hadir dengan fitur ErgoLift Design yang akan mengangkat bodi laptop dan membentuk sudut 3 derajat ketika digunakan. Sudut tersebut dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik sekaligus meningkatkan performa audio serta pendinginan.

ASUS ZenBook terbaru hadir dengan ketahanan baterai yang tinggi yaitu 14 jam untuk seri ZenBook 13 dan 14, serta 16 jam untuk seri ZenBook 15. Ketahanan baterai tersebut memastikan penggunanya untuk beraktivitas seharian tanpa perlu mengisi daya baterai laptop ini.

ZenBook merupakan seri laptop yang tidak hanya mengedepankan performa dan fitur, tetapi juga estetika. Untuk itulah ASUS berkolaborasi dengan desainer fashion ternama Sebastian Gunawan. . Dalam kolaborasi kali ini, ASUS menghadirkan tas ZenBook yang didesain secara eksklusif oleh Sebastian Gunawan.

Pembeli ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 433, dan ZenBook 15 UX533 pada periode 17 Januari hingga 17 Februari berkesempatan untuk mendapatkan tas eksklusif ini secara cuma-cuma selama persediaan terbatas. Untuk mengklaim, pembeli dapat mengunjungi situs ASUS dan memasukkan kode serial number dari perangkat yang dibeli. Pembeli juga bisa mendapatkan tas eksklusif ini secara langsung (selama persediaan masih ada) jika membeli ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 433, atau ZenBook 15 UX533 pada periode promosi di ASUS Exclusive Store.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki ASUS Zenbook seri terbaru ini yang “memanjakan” penggunanya dengan berbagai fitur canggih, lengkap dengan body yang ringkas namun tangguh, membuat daya pikat tersendiri. Dan tentu saja, Laptop ini kelak menjadi andalan utama saya dalam mengerjakan tugas-tugas profesi di kantor maupun sebagai blogger!

Spesifikasi Teknis

 

Related Posts
SATU DEKADE KOMPASIANA DAN MENYIASATI ZAMAN YANG TERUS BERUBAH
enang rasanya mendapatkan undangan spesial yang dikirimkan via WhatsApp oleh admin Kompasiana untuk menghadiri acara Syukuran Sepuluh Tahun Kompasiana yang diadakan di roof top hotel Mercure Cikini, Jakarta, Jum'at (26/10). ...
Posting Terkait
MERAYAKAN KEBERSAMAAN BERSAMA IKA TEKNIK UNHAS (Bagian Pertama)
  Satukan Langkah.. Rentangkan Cita.. Kita Membangun Nusa dan Bangsa.. Dibawah Panji Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.. emikian penggalan lagu mars Teknik Unhas yang dinyanyikan penuh semangat sembari mengepalkan tangan ke atas oleh sekitar 1000 orang ...
Posting Terkait
Apa yang paling anda kenang di setiap malam terakhir Bulan Ramadhan? Yang pasti bagi saya, malam itu adalah malam paling mengharukan yang pernah saya lewatkan. Sebuah malam dimana segenap jiwa luruh ...
Posting Terkait
AYAHMU BULAN, ENGKAU MATAHARI : KISAH PEREMPUAN DALAM NARASI YANG MENGGETARKAN
Judul : Ayahmu Bulan, Engkau Matahari (Kumpulan Cerpen) Karya : Lily Yulianti Farid Cetakan : Pertama,Juli 2012 Halaman : 255 halaman Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama ISBN : 978-979-22-8708-0 enang sekali saat menerima buku ini ...
Posting Terkait
PERAN RANTAI SUPLAI & TANTANGAN PENGEMBANGAN INDUSTRI HULU MIGAS INDONESIA
ada acara Simposium Nasional Migas Indonesia di Makassar, tanggal 25-26 Februari 2015 bertempat di Ballroom Phinisi Hotel Clarion, yang dilaksanakan oleh Komunitas Migas Indonesia chapter Sulawesi Selatan, ada sejumlah catatan ...
Posting Terkait
BUNAKEN, ANDALAN MANADO
nilah sebuah tempat wisata memukau di utara Sulawesi. Ketika menyebut nama Taman Nasional Bunaken maka akan identik dengan lokasi menyelam paling menawan sedunia. Di sana surga bawah laut terletak, di ...
Posting Terkait
INTELIJEN BERTAWAF : ULASAN DALAM KEBERSAHAJAAN ARTIKULATIF
Judul Buku : Intelijen Bertawaf , Teroris Malaysia dalam Kupasan Karya : Prayitno Ramelan Editor : Pepih Nugraha Penerbit : Grasindo, 2009 Tebal : 227 halaman Cetakan : Pertama, November 2009 Kisah Intelijen, selalu menarik, karena laksana kisah alam gaib. ...
Posting Terkait
KOPDAR KOMPASIANA BERHADIAH KOMPAS PHONE
Dikutip dari sini Kopi darat kecil-kecilan yang lebih tepat disebut silaturahmi rencananya digelar pada Hari Minggu, 14 Juni 2009, mulai pukul 14.00 WIB, di acara Indonesian Celluar Show (ICS) di JHCC, ...
Posting Terkait
DAENG UQ : “SELESAIKAN APA YANG SUDAH KITA MULAI !”
Buka Puasa di Resto Mantra Manado Minang di lantai 2 Cilandak Town Square (Citos) kemarin, Selasa (14/5) terasa istimewa buat saya. Jumpa kembali dengan Sukriansyah.S.Latief yang akrab dipanggil “Uki” (disingkat ...
Posting Terkait
NARASI KERESAHAN YANG LUGAS DAN PUITIS ALA LINDA DJALIL
Judul Buku : Cintaku Lewat Kripik Balado Penulis : Linda Djalil Prolog : Putu Wijaya Epilog : Jodhi Yudono Penerbit : Penerbit Buku Kompas , Juni 2011 Halaman : xii + 244 Halaman Ukuran : 14 ...
Posting Terkait
SATU DEKADE KOMPASIANA DAN MENYIASATI ZAMAN YANG TERUS
MERAYAKAN KEBERSAMAAN BERSAMA IKA TEKNIK UNHAS (Bagian Pertama)
MALAM RAMADHAN TERAKHIR TAHUN INI
AYAHMU BULAN, ENGKAU MATAHARI : KISAH PEREMPUAN DALAM
PERAN RANTAI SUPLAI & TANTANGAN PENGEMBANGAN INDUSTRI HULU
BUNAKEN, ANDALAN MANADO
INTELIJEN BERTAWAF : ULASAN DALAM KEBERSAHAJAAN ARTIKULATIF
KOPDAR KOMPASIANA BERHADIAH KOMPAS PHONE
DAENG UQ : “SELESAIKAN APA YANG SUDAH KITA
NARASI KERESAHAN YANG LUGAS DAN PUITIS ALA LINDA

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *