5 IDE MENARIK UNTUK MENGISI WAKTU SELAMA PANDEMI

Bagi sebagian orang, pandemi Corona memang menyebalkan. Pasalnya orang-orang dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya adalah melakukan karantina secara mandiri di rumahnya masing-masing.

Kendala yang dihadapi oleh banyak orang saat karantina adalah munculnya kebosanan selama bekerja dari rumah atau WFH. Ada hal yang harus dilakukan supaya tetap produktif dan terhindar dari rasa kejenuhan.

Untuk mengatasi kebosanan dan membuat Anda tetap produktif, artikel ini akan memberikan 5 ide menarik yang dapat Anda lakukan selama WFH di masa pandemi Corona. Rekomendasi terbaik yang dapat dilakukan adalah:

1. Memasak

Di dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa memasak dapat membuat seseorang menjadi tidak khawatir dalam higenitas dalam makanan. Senada dengan hal tersebut, memasak juga membuat seseorang lebih hemat biaya, menjadi terapi dalam hal kenyamanan diri, serta menghilangkan stres dan kegelisahan.

Memasak juga membuat Anda menjadi produktif terutama bila sudah selesai dengan pekerjaan di rumah atau di waktu luang. Anda dapat memulai dengan resep baru, membuat jus atau smoothie buatan rumah dengan menggunakan blender atau juicer, atau memasak makanan lain seperti kue, sayur atau aneka gorengan kesukaan keluarga.

2. Renovasi Kamar Tidur

Banyak orang yang tidak punya waktu dalam merenovasi kamarnya sendiri. Namun di masa work from home, Ini menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk mendekorasi rumah.

Anda dapat memulai mendekorasi rumah dengan cara mewarnai kamar seperti yang diinginkan. Di samping itu, renovasi kamar dapat dilakukan dengan cara membeli berbagai barang tambahan seperti furnitur dan  barang dekorasi.

Jika Anda memiliki budget pas-pasan, barang-barang lama jangan diganti selama masih berfungsi dengan baik. Renovasi kamar bukan berarti Anda harus mengganti seluruh furnitur dan dekorasi yang Anda punya, tetapi biarkan barang-barang tersebut menjadi hiasan yang penting di dalam hiasan di rumah Anda.

Berbagai furnitur dan dekorasi kamar tidur seperti meja, lemari, tempat tidur,  gorden, lampu LED, wallpaper dinding, dan barang-barang lain tidak perlu Anda ganti selama masih bisa digunakan. Carilah berbagai gaya dekorasi kamar yang sesuai keinginan Anda di media sosial supaya menjadi referensi yang penting dalam merenovasi kamar Anda.

3. Menonton Film atau Mendengarkan Podcast

Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan selama Anda masih work from home. Setelah seharian bekerja dari rumah, Anda patut mendapat hiburan yang mampu memanjakan, yang salah satunya dengan menonton film atau mendengar podcast.

Ada ribuan bahkan jutaan film dan podcast yang bisa Anda tonton dan dengarkan. Maka dari itu pilihlah salah satu platform film dan podcast yang disukai, dan bila perlu, ajaklah kerabat terdekat untuk menonton film atau mendengarkan podcast agar membuat hubungan Anda menjadi semakin akrab dengannya.

4. Membersihkan Rumah

Bila Anda memiliki waktu luang, membersihkan rumah menjadi pilihan yang tepat Anda lakukan saat masih dalam situasi WFH. Anda dapat memulainya dengan menyiapkan vacuum cleaner, kemoceng, sapu, kain pel dan berbagai peralatan lainnya.

Bila Anda sudah berkeluarga, Anda dapat mengajaknya untuk membersihkan rumah atau bahkan mengerjakan berbagai pekerjaan domestik rumah tangga, salah satunya mencuci piring. tujuannya agar anak Anda secara tidak langsung diajarkan rasa tanggung jawab atas kebersihan yang ada di rumah.

5. Menghubungi Kerabat Terdekat

Kegiatan terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menghubungi kerabat terdekat. Kini silaturahmi dapat dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi teknologi yang biasa Anda gunakan, baik itu dari chat atau melalui video online.

Anda dapat mengisi waktu luang ini bisa kepada siapa saja, baik kepada orang yang dikasihi, orangtua, rekan kerja atau teman dekat, sehingga keakraban dan kehangatan persahabatan tetap terjalin, meski masih dalam masa pandemi Corona.

Catatan

Bila Anda kurang cocok dengan kelima kegiatan di atas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan supaya Anda dapat mengisi waktu luang saat masih WFH, beberapa di antaranya seperti mencoba bisnis online, mengerjakan pekerjaan freelance seperti penerjemah dan penulis, melakukan hobi yang pernah Anda tinggalkan atau berbagai bentuk kegiatan lainnya.

 Demikian artikel mengenai 5 ide menarik untuk mengisi waktu selama WFH di masa pandemi corona, semoga kelima hal tersebut bisa memberikan Anda inspirasi untuk membuat kegiatan menjadi lebih produktif.  

Related Posts
BANG RAMELAN, BAPAK BLOGGER KOMPASIANA, MERETAS JALAN MENUJU KURSI GUBERNUR DKI JAKARTA
aya sempat tersentak kaget, saat pertama kali membaca berita tentang tampilnya Pak Prayitno Ramelan yang juga dikenal sebagai Bapak Blogger Kompasiana sebagai salah satu kandidat calon Gubernur DKI Jakarta periode ...
Posting Terkait
Ya, betul. Saya akan mengadakan "duel" tanpa pertumpahan darah (kalau keringat mungkin saja 🙂 ) Sabtu, tanggal 22 November 2009 nanti di Restorant Sami Kuring Cikarang yang telah "disiram" oleh Hotspot ...
Posting Terkait
KARTINI DIGITAL DAN REVITALISASI PERAN PEREMPUAN INDONESIA DI ERA GLOBAL
...Teman kami ingin melihat saya bekerja dengan pena saya untuk menaikkan derajat bangsa kami. Saya harus menerbitkan majalah atau yang sejenis dengan itu, yang membela kepentingan rakyat dan saya yang ...
Posting Terkait
CATATAN DARI KOMPASIANA NANGKRING JAKARTA
Setelah melewatkan kesempatan mengikuti acara MoDis (Monthly Discussion) Kompasiana bersama Pak Jusuf Kalla hari Senin (22/2) karena kesibukan dikantor, kemarin sore (27/2), saya bertekad menghadiri even kopdar ala Kompasiana yang ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2011 (1) : MENGASAH KECERDASAN INTERNET DAN EKOLOGIS ITU”SESUATU BANGET”!
abtu pagi (17/9) matahari menyapa penuh kehangatan saat saya tiba di aula Asrama Haji Bekasi, tempat pelaksanaan kegiatan Amprokan Blogger 2011 yang kedua. Sejumlah rekan panitia tampak sibuk menyambut kedatangan ...
Posting Terkait
AKHLAK DAN IKHTIAR MENUJU KEUNGGULAN KORPORASI BUMN
Pada Hari Rabu (1/7) bertempat di halaman kantor Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mencanangkan secara resmi Core Value BUMN ...
Posting Terkait
PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM
Pelepasan burung merpati oleh perwakilan komunitas Blogger seluruh Indonesia dalam acara Amprokan Blogger 2011 di Botanical Garden Kota Jababeka Cikarang, seusai mengunjungi pohon yang ditanam setahun sebelumnya pada event yang ...
Posting Terkait
Dalam perjalanan pulang ke rumah tadi malam, saya terlibat pembicaraan menarik dengan seorang bapak diatas bis Tunggal Daya jurusan Lebak Bulus-Bekasi. Semula kami berbincang hal-hal ringan seputar pekerjaan dan kehidupan ...
Posting Terkait
Blogshops (blogging workshops) memang menjadikan Pesta Blogger tahun ini berbeda. Tahun 2007, Pesta Blogger hanya bergerak di Jakarta. Tahun 2008, Pesta Blogger mulai merambah Bali dan Jogjakarta, bersama 5 orang ...
Posting Terkait
Kawan-kawan, Dibawah ini, saya akan menyajikan semacam "kaleidoskop" atau napak tilas perjalanan saya sepanjang melaksanakan aktifitas blogging sepanjang tahun 2009. Sekedar sebuah dokumentasi yang mudah-mudahan tidak sekedar untuk dikenang-kenang tapi juga ...
Posting Terkait
BANG RAMELAN, BAPAK BLOGGER KOMPASIANA, MERETAS JALAN MENUJU
OH, SAYA AKAN BER”DUEL” BULAN INI !!
KARTINI DIGITAL DAN REVITALISASI PERAN PEREMPUAN INDONESIA DI
CATATAN DARI KOMPASIANA NANGKRING JAKARTA
AMPROKAN BLOGGER 2011 (1) : MENGASAH KECERDASAN INTERNET
AKHLAK DAN IKHTIAR MENUJU KEUNGGULAN KORPORASI BUMN
PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM
MAU PEMILU BENERAN GAK SIH?
KOTA MALANG, PERHENTIAN PERTAMA BLOGSHOP PESTA BLOGGER 2009
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2009

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.