METAVERSE, KENISCAYAAN DIGITAL DAN TANTANGAN DUNIA KONSTRUKSI

Fenomena Metaverse menjadi salah satu trend pembicaraan hangat yang berkembang akhir-akhir ini. Teknologi yang menghubungkan dunia virtual dan fisik tersebut tampaknya akan segera bisa terwujud dalam berapa tahun ke depan. Dua raksasa dunia digital, Facebook dan Microsoft sudah melakukan riset dan implementasi metaverse sebagai bagian dari kegiatan mereka.

Konsep Metaverse berasal dari novel “Snow Crash” yang diterbitkan oleh Neal Stephenson pada tahun 1992, dan mewakili dunia virtual tiga dimensi di mana: ‘Meta’ berarti maya dan abstrak, dan ‘verse’ berarti alam semesta.

Metaverse sendiri bisa dimaknai sebagai konstruksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi dengan diri mereka sendiri melalui avatar yang dibuat oleh mereka sendiri untuk masuk ke dalam lingkungan metaforis virtual tanpa batasan temporal (waktu) dan spasial (ruang).

Pada dunia Metaverse ini memungkinkan pengguna dapat berinteraksi secara sosial dan ekonomis dengan lingkungan online virtual dan multi-pengguna tiga dimensi yang imersif (memiliki kesan seperti di dunia nyata).

Meski sampai saat ini metaverse masih belum sempurna namun secara pasti akan menjelma menjadi keniscayaan dengan ditunjukkan perkembangan yang luar biasa dalam bidang Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) juga Mixed Reality (MR) yang mengakselerasi pengembangan metaverse dimana oleh banyak kalangan diyakini akan matang dalam beberapa tahun mendatang.

Lantas bagaimana peran Metaverse ini dalam dunia konstruksi?

Pada sebuah kesempatan, Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan pernyataan bahwa pembangunan infrastruktur yang efisien dan berkesinambungan adalah salah satu kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Peran sektor konstruksi tentulah menjadi hal krusial dalam mewujudkan proyek pembangunan infrastruktur di berbagai daerah Indonesia yang berjalan dengan lancar dan efisien. Tentunya, pemanfaatan teknologi adalah salah satu andalan untuk merealisasikannya.

Sebagai bagian dari sektor AEC (Architecture, Engineering, and Construction) Industri konstruksi mendapatkan tantangan hebat untuk beradaptasi dengan kondisi aktual saat ini, dimana pada era transformasi digital yang terus berkembang dan mendisrupsi berbagai sektor industri.

Sektor konstruksi masih relatif lambat akselerasinya dibanding sektor yang lain seperti retail, transportasi, finansial, dan manufaktur.

Teknologi Building Information Modeling (BIM) yang disebut juga teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0. mau tidak mau harus diadopsi sektor konstruksi di era digital saat ini. BIM merupakan sebuah metode baru untuk permodelan di bidang arsitektur, teknik dan konstruksi untuk infrastruktur yang mengintegrasikan model virtual beserta data atau informasi teknisnya.

Sayangnya, seperti dikutip dari rilis Autodesk (15/9/2021), adopsi BIM di Indonesia masih tergolong relatif lambat. Padahal berbagai pelaku industri AEC di Indonesia sebenarnya sudah menyadari pentingnya sektor ini selama bertahun-tahun, namun implementasinya di berbagai proyek masih rendah.

Padahal, pasar konstruksi Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan keempat terbesar di Asia. Sudah semestinya adopsi BIM menjadi perhatian, terlebih pemerintah juga telah mencanangkan pembangunan infrastruktur senilai US$ 450 miliar hingga 2022.

Sebagai contoh, penerapan BIM di negeri jiran Malaysia yang sudah sejak 2007 digunakan oleh Departemen Pekerjaan Umum Malaysia. Bahkan di tahun 2011, Dewan Pengembangan Industri Konstruksi diberi mandat untuk mendorong implementasi BIM di negara Jiran tersebut.

Vietnam juga tidak ketinggalan dalam adopsi BIM, di mana pemerintahnya telah menerapkan peta jalan dan kerangka kerja (framework) untuk mendorong penggunaannya sejak tahun 2015.

Sebuah studi dari McKinsey juga menemukan 75 persen perusahaan yang telah mengadopsi BIM memberikan respons positif terkait dengan investasi, siklus proyek yang lebih pendek dan peningkatan efisiensi, termasuk penghematan dokumen kerja non-digital dan biaya material.

Selanjutnya menurut Autodesk dalam rilisnya tersebut, Indonesia memiliki prospek positif dalam adopsi BIM dan kapabilitas digital lainnya di Indonesia, khususnya di sektor industri Konstruksi.

Haresh Khoobchandani, Vice President, APAC, Autodesk, kurang dari setengah perusahaan di Indonesia telah memulai proses transformasi digitalnya. Namun, khusus sektor konstruksi masih relatif lambat dalam mengadopsi teknologi digital.

Keniscayaan digital yang terjadi dimasa depan, termasuk teknologi Metaverse merupakan salah satu peluang sekaligus tantangan bagi industri konstruksi di Indonesia. Penerapan BIM bisa dikembangkan lebih luas dalam semesta virtual yang interaktif di Metaverse dengan aplikasi AR, VR dan MR berbasis “big data” yang memungkinkan proses pengambilan keputusan lebih komprehensif dan akuntabel.

Penggunaan teknologi Metaverse dimasa depan pada industri konstruksi memberikan ruang kreasi lebih besar dalam perancangan juga proses interaksi antar bagian melalui simulasi digital.   Penyelenggaraan Metaverse tak hanya berhenti   di tahap perencanaan, pelaksanaan hingga operasional, tapi juga mencakup tahap pengadaan barang dan jasa serta audit.

Tentu saja untuk menghadapi tantangan era Metaverse tersebut, persiapan SDM perlu dilakukan untuk menghadapi transformasi digital yang kian kencang menerpa. Tak sekedar hambatan utama transformasi digital, namun ancaman lain juga yaitu keamanan siber dan pembajakan perangkat lunak (software) perlu menjadi perhatian.

Semoga insan Nindya dengan segala kompetensi dan pengalaman yang dimiliki bisa lebih siap menghadapi transformasi digital –termasuk kehadiran Metaverse—mampu menjawab semua tantangan global dimasa depan.

Catatan:

Dimuat di Majalah Internal Nindya Karya “Think” edisi Maret 2022

Related Posts
PENGALAMAN BERKURBAN: ANTARA SAPI, PARTISIPASI DAN MUTILASI
Usai sholat Idul Adha bersama seluruh keluarga di lapangan Mesjid Al-Madani Perumahan Cikarang Baru, Senin (8/12) saya bergegas menuju area tempat penyembelihan hewan kurban dibelakang rumah yang dilaksanakan oleh pengurus ...
Posting Terkait
SERUNYA TREASURE LAND DI DUFAN & PERSIAPAN ANCOL MENYONGSONG TAHUN BARU 2013
etelah mendapat undangan peresmian "Crazy Slide" Atlantis Ancol minggu lalu(baca reportase saya disini), kembali saya--bersama beberapa rekan blogger terpilih lainnya--mendapatkan kesempatan menikmati beragam fasilitas dan wahana di Dunia Fantasi (Dufan) ...
Posting Terkait
Saya tak akan pernah lupa pada hari dimana pertama kalinya saya menjadi seorang foto model. Hari itu, 10 Januari 2010, dengan menggunakan coverall ala petugas rig pengeboran minyak lepas pantai ...
Posting Terkait
TEMPAT BELI BARANG HOBI YANG LENGKAP DAN MURAH
Sumber foto Selain pergi berlibur, melakukan hal-hal yang kita sukai (hobi) adalah cara untuk mengurangi stres. Bagi kita yang hidup di zaman modern ini, stres adalah sesuatu yang akrab dan sering ...
Posting Terkait
KANSAI PAINT DAN IKHTIAR MEWARNAI KEHIDUPAN
uaca di Sabtu pagi (26/4) begitu bersahabat. Sinar mentari menyapa hangat, memantulkan cahaya yang begitu menyilaukan pada barisan kaca gedung megah Plaza Bapindo, Jl.Jenderal Sudirman, Jakarta. Bergegas saya masuk menuju ...
Posting Terkait
SURAT CINTA TERBUKA UNTUK ISTRIKU (Refleksi 13 Tahun Usia Pernikahan)
striku sayang, Sudah beberapa hari, peringatan tahun ketigabelas usia pernikahan kita berlalu. Kesibukan mempersiapkan perhelatan syukuran khitanan anak sulung kita, Rizky, telah begitu banyak menyita waktu dan kesempatan untuk sekedar menuliskan ...
Posting Terkait
Kemarin pagi sebuah email yang cukup menghentak masuk ke inbox saya. Judulnya "I'm (offically) taking off my high heels". Email itu datang dari sahabat saya, Sandy Tiara, Application Engineer pada ...
Posting Terkait
FILM “ANAK MUDA PALSU” : TENTANG KESETIAKAWANAN DAN IKHTIAR MERAIH IMPIAN
ari Kamis petang, 11 Juli 2019, seusai jam kantor, saya bergegas menuju ke Blok M Square, Jakarta Selatan. Disana, tepatnya di Studio XXI lantai 5, saya bergabung dengan teman-teman alumni ...
Posting Terkait
DARI BLOGGER GATHERING POTRET MAHA KARYA INDONESIA : MEMBERDAYAKAN NILAI “RASA” DALAM TRAVEL BLOGGING
ujan deras yang mengguyur Jakarta, sore itu, Jum'at (1/11) membuat saya tiba terlambat di lokasi pelaksanaan Blogger Gathering Potret Mahakarya Indonesia yang dilaksanakan di Assembly Hall Plaza Bapindo Lt.10 Jl.Jenderal ...
Posting Terkait
WORKSHOP CARA CEPAT MEMBANGUN TOKO ONLINE
Tiga Komunitas Online Cikarang yaitu Komunitas Blogger Cikarang, Cikarang Online dan Komunitas Bisnis Cimart, kembali berkolaborasi dengan menggelar workshop Cara Cepat Membangun Toko Online yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, ...
Posting Terkait
SEHARI MENJELANG KOPDAR PERDANA KOMPASIANA
Tak sabar rasanya untuk mengikuti Kopi Darat (Kopdar) pertama para pemerhati (pembaca dan penulis) Kompasiana yang akan dilaksanakan besok, Sabtu, 21 Februari 2009 bertempat di Gedung Bentara Budaya Jakarta, ...
Posting Terkait
SAHABAT, KEKAYAAN NYATA BAGI JIWA
Sahabat adalah kebutuhan jiwa, yang mesti dipenuhi Dialah Ladang Hati, yang kau taburi dengan kasih dan Kau panen dengan penuh rasa terimakasih. Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Karena kau menghampirinya saat hati lapar ...
Posting Terkait
KETEMU, SETELAH 13 TAHUN BERLALU..
Pertemuan saya dengan seorang kawan lama, Farid Ma'ruf Ibrahim, yang baru bersua kembali setelah 13 tahun kami berpisah, kemarin malam (16/1) sungguh sangat mengesankan. Dimalam yang cerah dengan bintang gemerlap bertaburan dilangit, ...
Posting Terkait
PSF DAN OBSESI MENGGAGAS MASA DEPAN BANGSA BERKEUNGGULAN
emarin siang, Kamis (17/10), saya mendapatkan kehormatan diundang khusus oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF) dalam kapasitas sebagai Blogger untuk bersilaturrahmi dan makan siang dalam acara "PSF Bloggers Luncheon" yang dilaksanakan ...
Posting Terkait
LELAKI YANG SELALU MENCATAT KENANGAN
“Jangan lupa kirimkan Papa buku diary kosong yang baru untuk tahun depan ya, Nak” Kalimat itu kerap diucapkan oleh ayahanda tercinta saya, Karim Van Gobel, setiap akhir tahun menjelang. Hanya sebuah ...
Posting Terkait
MEMBUKA TAHUN BARU DENGAN BERBAGI DI AKBER BEKASI
ahun 2013, saya buka dengan kegiatan berbagi, di kelas keduabelas Akademi Berbagi (Akber) Bekasi, pagi tadi, Sabtu (5/1) bertempat di Gedung H Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi. Tepat pukul 08.30 ...
Posting Terkait
PENGALAMAN BERKURBAN: ANTARA SAPI, PARTISIPASI DAN MUTILASI
SERUNYA TREASURE LAND DI DUFAN & PERSIAPAN ANCOL
MENIKMATI INTERAKSI DAN MERAYAKAN JURNALISME WARGA DI KOMPASIANA
TEMPAT BELI BARANG HOBI YANG LENGKAP DAN MURAH
KANSAI PAINT DAN IKHTIAR MEWARNAI KEHIDUPAN
SURAT CINTA TERBUKA UNTUK ISTRIKU (Refleksi 13 Tahun
SHE JUST TAKING OFF HER HIGH HEELS
FILM “ANAK MUDA PALSU” : TENTANG KESETIAKAWANAN DAN
DARI BLOGGER GATHERING POTRET MAHA KARYA INDONESIA :
WORKSHOP CARA CEPAT MEMBANGUN TOKO ONLINE
SEHARI MENJELANG KOPDAR PERDANA KOMPASIANA
SAHABAT, KEKAYAAN NYATA BAGI JIWA
KETEMU, SETELAH 13 TAHUN BERLALU..
PSF DAN OBSESI MENGGAGAS MASA DEPAN BANGSA BERKEUNGGULAN
LELAKI YANG SELALU MENCATAT KENANGAN
MEMBUKA TAHUN BARU DENGAN BERBAGI DI AKBER BEKASI

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.