MENYAKSIKAN PENTAS LUMBA-LUMBA DAN ANEKA SATWA DI CIKARANG

Posted 04 Aug 2008 — by
Category Informasi, Intermezzo

pentaslumba2.JPG

Jum’at malam lalu (1/8), saya bersama anak dan istri datang untuk menyaksikan pentas lumba-lumba dan aneka Satwa yang digelar di lapangan Plaza JB Perumahan Cikarang Baru Kota Jababeka Cikarang. Dari kantor, saya langsung menuju ke Plaza JB dimana istri bersama kedua anak saya sudah menunggu disana. Kebetulan memang arena pertunjukan tersebut tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah. Hanya dengan menumpang angkot nomor K-99 B dari depan rumah, kurang lebih 15 menit sudah sampai di Plaza JB.

Akses masuk ke arena pentas lumba-lumba dan aneka satwa adalah melalui Plaza JB Cikarang. Pada area lapangan yang cukup luas disamping Plaza JB yang dapat diakses lewat pintu sebelah barat, tidak hanya arena pentas lumba-lumba ada disana. Terdapat pula arena bermain ala Timezone, Bioskop mini 3D, Trampoline, serta pameran aneka tanaman hias dan furniture. Untuk masuk ke areal tersebut, mesti membayar karcis masuk di pintu depan Plaza JB seharga Rp 2.000/orang. Pada setiap wahana, pengunjung mesti membayar karcis lagi untuk menikmati fasilitas yang tersedia. Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2008.

lumba2loncat.JPG

Aksi Lumba-Lumba meloncat melewati rintangan cincin

Kami mengikuti pertunjukan lumba- lumba dan aneka satwa pada jam pertunjukan 19.00 malam. Pada Hari biasa, pertunjukan lumba-lumba dimulai pukul 10.00, 13.00, 15.00, 19.00 dan 20.00, pada hari Sabtu/Minggu/Libur jam pertunjukan pagi ditambah lebih awal mulai jam 08.30 dan extra pertunjukan jam 16.00. Adapun harga tiket masuk adalah Rp 20,000/orang untuk pengunjung kelas balkon dan Rp 30,000/orang untuk pengunjung VIP (mendapatkan tempat duduk spesial dipinggir kolam).

Kami sekeluarga memilih kelas balkon saja. Selain lebih ekonomis, juga saya cukup khawatir mengambil tiket VIP jika saja cipratan air dari lompatan lumba-lumba akan deras menerpa pakaian kami. Pada malam itu cukup banyak pengunjung yang datang. Kedua anak saya, Rizky dan Alya, sangat antusias menyaksikan pentas lumba-lumba yang memang baru pertama kali mereka saksikan.

Diatas balkon penonton yang terdiri dari susunan papan berupa bangku yang disusun melingkar kami duduk bersama sekitar 150-an penonton yang kebanyakan terdiri atas anak-anak beserta orang tuanya. Acara dimulai dengan pertunjukan burung kakatua pintar kemudian dilanjutkan dengan aksi teatrikal Lingsang dan beruang jinak “menjual bakso”. Tepukan tangan riuh membahana selama pertunjukan.Tidak hanya itu, setiap satwa-satwa jinak itu melakukan aksi konyol dan kocak terdengar tawa keras dari pengunjung yang hadir.

Dua lumba-lumba yang disiapkan untuk pertunjukan pamungkas, tampaknya tidak sabar menunggu giliran. Mereka berputar-putar mengitari kolam yang berdiameter kurang lebih 10 meter itu. Akhirnya sekitar setengah jam kemudian, aksi puncak berupa pertunjukan lumba-lumbapun dimulai.

Kedua lumba-lumba jinak itu memamerkan aksi kepiawaiannya meloncat melewati rintangan cincin, “berjoged” diatas air serta berhitung.

Berhitung?

Ya, berhitung. Ternyata lumba-lumba yang memiliki kecerdasan luar biasa itu mampu melakukan aksi menghitung (dibawah 25). Beberapa kali mereka berhasil menghitung angka yang dari pertanyaan penonton dengan cara menempelkan moncongnya ke alat yang tersedia dipinggir kolam. Satu kali pencetan adalah satu angka. Mereka berhasil menebak dengan benar.

Pementasan berakhir pada pukul 20.15. Sejumlah pengunjung dan keluarganya menggunakan kesempatan berfoto bersama lumba-lumba. Sebelumnya mereka membeli tiket foto tersebut di loket depan. Saya lupa tanya harganya berapa, sebab kedua anak saya sudah menyeret saya dan istri keluar untuk menikmati fasilitas Timezone tak jauh dari arena pementasan lumba-lumba.

Nah, anda berminat untuk menyaksikan pertunjukan ini? Jangan ragu-ragu untuk datang ke lapangan Plaza JB Cikarang sebelum tanggal 31 Agustus 2008! 

5 Comments

  1. saya berminat, Pak! tapi jauh :p Ende gituw lhow hehehe. btw pak, kita ada rencana mo bikin komunitas FLOBAMORA lhow *tsah*

    Reply
  2. Ada nggak videonya? soalnya asyik tuh, bisa liat-liat langsung suasananya. Kalau ada, plz link di account YouTube saya. Thanks.

    Love and Peace

    Sorry Lidya, tidak bisa. Soalnya dilarang pihak penyelenggaranya untuk pake video. Udah ke Cikarang ajaaa…hehehe

    Reply
  3. saya liat lumba2 itu kalau di kapal waktu perjalanan Balikpapan-Makassar.

    Banyak euyy yg jadi pengiringnya kapal. Kereen…

    Reply
  4. arifin

    mengapa lumba – lumba itu bisa ada

    Reply
  5. yohana

    terlalu mahal tiketnya,,turunin dikit donk……..

    Reply


Add Your Comment