STATUSBOOKS, JEJARING SOSIAL KEREN ALA INDONESIA

Posted 14 Mar 2011 — by
Category Kisahku

Sebuah jejaring sosial keren buatan anak Indonesia telah lahir : Statusbooks. Hari ini saya baru saja mendaftarkan diri dan bergabung dengan situs yang digagas oleh Kompasianers (penggiat blog Kompasiana) terpopuler tahun 2010 Andy Syoekry Amal dan kawan-kawan yang ternyata sudah diluncurkan secara resmi sejak 5 Maret 2011. Terus terang, semula saya masih menganggap bahwa situs ini sama dan sebangun dengan grup diskusi Facebook yang bernama sama dan sudah ikut bergabung sejak 2 bulan silam.

Ternyata, setelah chat via Facebook dengan Bang ASA — demikian panggilan “mesra” Andy Syoekry Amal– saya baru mengerti bahwa jejaring sosial ini berbeda dengan yang di facebook. “Ini merupakan desain dari teman-teman programer asli Indonesia, meski situs ini bukanlah sepenuhnya hasil karya tim teknis kami. Statusbooks.com dibangun dengan menggunakan engine open source dari Perusahaan Blogtronix, LLC.  Tim kami kemudian   mengembangkan  sesuai dengan kebutuhan”, kata pria yang kini berdomisili di Kota Palopo, Sulawesi Selatan ini.

Seperti diungkapkan Bang ASA dalam di halaman Berita Statusbook:

Konsep pendirian situs ini pada awalnya lahir ketika munculnya isu bahwa jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook bakal ditutup. Saat itu, sejumlah teman-teman facebooker yang tergabung di page/grup Statusbook/Statusbook Community, merasa gelisah. Dengan alasan tak ingin pertemanan mereka di dunia maya terputus, mereka berharap adanya situs jejaring sosial tersendiri sebagai wadah statusbookers (sebutan member Statusbook), apabila isu itu benar-benar menjadi kenyataan.

Saya selanjutnya mengajak sejumlah teman yang menguasai pengembangan situs jejaring sosial untuk memikirkan dan membumikan usulan ini. Dalam perjalanan selanjutnya, kami pun mendirikan Statusbook Community (www.statusbook.web.id) dan kini Statusbook (www.statusbooks.com).

Kini, perlahan tapi pasti, anggota Statusbook kian bertambah. Fitur yang ditawarkan pun cukup menarik dengan tingkat interaktifitas antar anggota kian dimungkinkan karena disediakan mekanisme penambahan anggota, komentar di tiap posting hingga upload foto serta berbagi tautan pada status profil anggota. Memang boleh dikatakan hampir relatif sama dengan apa yang sudah ditawarkan oleh facebook namun salah satu keunggulannya adalah kita dapat melakukan kustomisasi pada latar belakang halaman profil kita dengan tema yang kita inginkan. Kita pun bisa membuat grup diskusi khusus yang mengakomodasi teman-teman yang memiliki minat dan kepentingan serupa.

Sayangnya, saya belum menemukan “badge” atau “banner” khusus yang disediakan oleh Statusbooks dan  bisa saya pasang di situs blog saya seperti yang disiapkan oleh Facebook. Moga-moga untuk pengembangan dimasa datang fitur ini bisa diadakan dan saya berharap situs ini dapat memberikan kelebihan berbeda yang tidak dimiliki jejaring sosial yang sudah ada sebelumnya.

Harapan lain saya adalah mudah-mudahan bisa bertahan lebih lama, serta tidak seperti nasib “Facebook ala Makassar” (Channel Makassar) yang pernah saya tulis sebelumnya dan kini sudah tak eksis lagi di dunia maya.

Salut buat Statusbooks! dan…. jangan lupa add saya ya? :)

  

31 Comments

  1. wuidih….mantab gan!.minta PR na dong…bagi2 dikit to backlink na

    Reply
  2. kalo memang buatan Indonesia, kenapa ndak sekalian domainnya jg berbahasa Indonesia :D

    Reply
  3. daftar juga ahhh…..

    thanks DB for sharing nya soal situs ini

    Reply
  4. wah orang Indonesia ternyata gak kalah yach sama orang bule sono, ayo kreatif terus aku jadi penasaran pengen lihat,,,
    salam kanal !

    Reply
  5. emdee tanpa rupa

    akhir nya anak bangsa pun bisa…gleeek…gleeek…

    Reply
  6. DB kenapa statusbooknya for sale y?… wah baru mau mendaftar.

    Reply
  7. Saya koq nggak bisa buka situsnya Daeng?

    Reply
  8. wah websitenya di jual…

    buat info aja… uat info Jejaring sosial indonesia islami…dijamin rasa lokal :)

    http://www.mypesantren.com/

    keterangan dari situsnya :

    MyPesantren adalah Website Jejaring Sosial Dunia Pesantren yang bertujuan sebagai tempat untuk silaturahmi dan media informasi mengenai Islam berdasarkan Alqur’an dan hadist Rasullullah, Para Sahabat Nabi, serta pendapat-pendapat para ‘alim Ulama melalui kitab-kitabnya.

    Reply
  9. kalau yang ini ionity ( indonesian online community0 http://ionity.tk

    Reply
  10. Drs. Warno RK

    Saya sudah bikin akun di sb, tetapi merasa kesulitan mau login. Bagaimana nich?

    Reply
  11. kalah jauh tuh ma jejaring sosial punya na anak2 nezdie di http://nezdie.com

    Reply
  12. boleh juga sih… but jika mau coba yang berbeda and sweet.. daftar deh di http://cherry.wall.fm :) dijamin gak ikut-ikutan facebook

    Reply
  13. Kenapa lo mau masuk :/log in ke sb g bsa ya..

    Reply
  14. Kornelius kurnialius iswanto

    Baru

    Reply
  15. Statusbooksnya eror sih

    Reply
  16. Aku dukung kreatifitas anak indonesia

    Reply
  17. Sebenernya otak orang indonesia itu,,, cerdas” kalaow orang di atasnya koleksi warganya buat cri yg berkualitasmah kita saya khususnya sbagay warga ini punya ke ahlian tersendiri bravo indonesian
    ,

    Reply
  18. tp sayang ny script ny buatan social engine,gw jg bsa bkin kaya gini

    Reply
  19. namanya apa? biar ane add dech…

    Reply
  20. namanya thu apha.

    Reply
  21. Roland R Mawikere

    boleh gabungkah

    Reply
  22. Dony Manik

    add me brooo….

    Reply
  23. Dony Manik

    add me brooo….

    Reply
  24. add aku ya all……….

    Reply
  25. Cha Syamsun

    add aq,,,,,,

    Reply
  26. Rean

    Sistemnya down gan,, minta code acces

    Reply
  27. zhiya

    g bsa jg… mnta code acces….
    kl gtu g bsa buka akun q donk…

    Reply
  28. eka

    maaf mau tnya,,kok kalo mau buka statusbooks dimnta kode aksesnya ya?? kalo boleh tau kode aksesnya apa???

    Reply
  29. Riest Zahra Dwiyanto

    Bang…Saya mo log in kok ga bisa ya….

    Reply
    • Amril Taufik Gobel

      Memang sudah tidak bisa karena sudah non aktif

      Reply


Add Your Comment