KATA MEREKA TENTANG BLOG SAYA

Sungguh riang hati saya di bulan “kasih-sayang”ini. Beberapa rekan, baik dari Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri juga dari Majalah Online Blogfam mereview blog saya, sebagai wujud tanda kasih untuk saya. Thanks guys!

Kegiatan saling review blog di komunitas Anging Mammiri, yang dimulai sejak bulan lalu, dicanangkan sebagai sebuah program rutin bulanan sepanjang tahun 2008. Beruntunglah, untuk bulan Februari, blog saya dan blog Rara–sang ketua komunitas Anging Mammiri–terpilih menjadi “target blog” yang direview.

Sementara itu, pada Majalah Online Blogfam pada liputan bz!aktual di edisi Ulang Tahunnya yang kedua tanggal 6 Februari 2008, menurunkan laporan review blog jajaran redaksi yang dilakukan secara “bersilang” dengan anggota redaksi bz! yang lain. Saya yang menjabat sebagai Redaktur Pelaksana di majalah tersebut, direview blognya oleh Yaya sang jabrik alias penanggung jawab rubrik bz!jumpa dan bz!blog.

Dibawah ini saya pajang kutipan dari review-review tersebut:

1. Reviewer : Yaya di Majalah Online Blogfam edisi February 2008:

bz.JPG

Inilah kata Yaya, nona yang selain aktif sebagai redaksi di bz! juga getol berbisnis online serta menjadi kontributor tetap di Parenting Channel Asia Blogging Network, tentang blog saya:

Rumah maya yang beralamat di Daengbattala.com itu terlihat begitu apik, sederhana, penuh dengan kelucuan-kelucuan yang terselubung dalam balutan kalimat-kalimat indah nan bijaksana.

Mendatangi kediaman Daeng Battala atau Pak Amril ini membawa hati menjadi damai, apalagi bila membaca tulisan-tulisan beliau yang sarat dengan wejangan, walaupun beliau dengan cerdiknya menuliskan dengan gaya humoris–khas dengan sifat beliau juga. Orang tidak akan menyangka kalau pemilik rumah maya ini sudah memiliki 2 orang anak, soalnya ia menulisnya sama dengan gaya anak muda sih.

Walaupun Battala sendiri berarti berat dalam bahasa Makassar, Pak Amril tampak tidak mengambil pusing dengan julukan yang diberikan kepadanya. Saya sendiri paling suka dengan tampilan headernya, lucu dan unik banget.

Saya mencoba mencari kekurangan pada blog ini, tapi rasanya kok gak ada ya? seperti saya bilang tadi: Rumah adalah di mana hatimu berada. Dan Daeng Battala memang menulis dari hatinya.

Selengkapnya, silahkan baca disini

Yaya, Thanks ya!

2. Reviewer : Kamaruddin Aziz Daeng Nuntung

de-nun.JPG

Partner Blogger Daeng saya, Daeng Nuntung–De-Nun, begitu saya memanggilnya dengan mesra, sama seperti dia memanggil saya De-Bat–memajang review tentang blog saya dan Rara, tepat di Hari Kasih Sayang, 14 Februari 2008!. Oh..so sweet, De-Nun!

Ini antara lain kata De-Nun yang sedang bertugas di Banda Aceh itu mengenai blog saya yang dibuat terkait dengan program saling me-review blog di komunitas Anging Mammiri :

Topik atau tema yang diangkat banyak yang berkaitan dengan kesehariannya, kejadian yang memberikan pembelajaran bagi dirinya dan keluarganya. Melalui blog, DB merefleksikannya, ya disinilah kelebihan DB yang bisa memancing minat dan antusiasme yang kuat. Beberapa analisis faktual juga pernah saya abaca misalnya tentang bagaimana bekerja efektif dan praktis dengan apa yang menjadi fokus atau tuntutan pekerjaan.

Selain itu, DB juga punya minat pada pembelajaran masa lalu, tentang kenangan dan refleksi atas perubahan-perubahan zaman, tentang pentingnya menakar progress kita sebagai manusia biasa. Lewat blognya semua yang ditulisnya jika ditelaah lebih jauh adalah pembelajaran. Tidak ada yang sia-sia.

Di rumahnya, DB bisa mengeksplorasi sisi psikologis pembaca, DB dari mengeksplorasi cerita-cerita seputar rumah dan dinamika didalamnya menjadi pembelajaran buat pembaca. Rumah adalah lingkungan yang paling mendekatkan emosi pembaca. DB memahami bahwa inilah momentum yang paling tepat untuk mengkespresikan suka dukanya agar pembaca bisa terbawa secara emosional.

Enaknya, karena cara mengangkat topik sangat matang (saya menyebut matang dengan tegas) matang. Ini dari perspektif manuasia diewasa yang memang sangat memahami dinamika berkeluarga.

Selengkapnya bisa dibaca disini

Thanks Daeng Nuntung!

3. Reviewer : Ally

ally.JPG

“Sedikit Cerita tentang Catatan-Catatan dari Hati”, demikian Ally memberi judul pada review atas blog saya dalam rangka program review blog Komunitas Blogger Makassar. Ally–yang ternyata adalah adik yunior saya di Fakultas Teknik UNHAS –ini mengungkapkan pendapatnya tentang blog saya sebagai berikut:

Tak sekalipun saya mengerutkan kening karena bahasa yang digunakan didalamnya benar-benar mudah dicerna. Bahkan ketika menuliskan hal –hal yang berbau serius di dalam catatannya. Mungkin karena pengalaman menulis bertahun-tahun lamanya membuat Daeng Battala yang juga aktif di beberapa komunitas ini bisa menggunakan pilihan kata yang tepat,Tak jarang beberapa catatan membuat saya tersenyum sampai ngakak. Nonbar di 21, insiden kecil di Alfa, dan tentu saja postingan si Raja Dangdut. Bhenharh bhenarh lhuchuh.Saya tunggu postingan berikutnya, Daeng.

Saya juga sempat dibuat terharu ketika melangkah pada halaman-halaman yang bercerita tentang keluarga. Kehangatan sebuah keluarga benar-benar terasa di sana. Catatan yang benar-benar yang tertuang dari hati. Banyak dari tulisan itu yang membawa saya ke masa lalu Daeng Battala. Dari sana saya tahu bahwa tengkorak dan warna merah sudah menjadi simbol keramat bagi FT-UH bahkan ketika saya masih asyik main perosotan di TK. Sayangnya Daeng Amril tidak menceritakan bagaimana prosesi Ospek tahun 89. Yah, sekedar bahan perbandingan. Mengingat POSMA 2001 dulu termasuk kelam. Hehe….salah satu akibatnya yah sampai sekarang saya tidak pernah hapal dengan Mars UNHAS. Parah kan?

Selengkapnya bisa dibaca disini

Thanks, Ally!

Terimakasih kawan-kawan, saya sangat memperhatikan dan menindaklanjuti catatan dan saran yang diberikan untuk blog ini dari review diatas. Terimakasih.
 

 

Related Posts
1. Direktori Blog Saling Silang Bila anda mampir di blog ini, pada sidebar sisi kanan, anda akan melihat banner yang tertulis : "Direktori Blog Saling-Silang : Terverifikasi!". Apa maksudnya?. Ya, saya ...
Posting Terkait
KETIKA PARA BLOGGER INDONESIA BERTEMU
Wimar Witoelar sedang diwawancara di sela-sela Pesta Blogger 2007. Foto: Koleksi Wimar Witoelar/Flickr. Blitz Megaplex yang berlokasi di Lantai 8 Grand Indonesia, Jakarta, pada Sabtu 27 Oktober 2007 mendadak gegap gempita dikerubuti ...
Posting Terkait
TRADISI TUMBILOTOHE YANG MENGESANKAN
enangan masa remaja itu masih melekat di hati hingga kini. Menjelang akhir Ramadhan, saat baru saja tamat SMA , saya berkunjung ke tanah kelahiran kedua orang tua saya — juga kampung ...
Posting Terkait
SEPERTI JANJI MATAHARI (Untuk Ananda Alya Dwi Astari)
Jejak lampau yang telah engkau lewati, anakku menjelma serupa cahaya mengiringi langkahmu kedepan seiring dentang usia dan gerimis November serta pendar bening bola matamu menatap jauh masa depan yang terbentang dan tak mudah Seperti janji ...
Posting Terkait
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL!
Gegap gempita tahun silam kembali terasa getarannya hari ini, tepat setahun setelah hari bersejarah itu terjadi : 27 Oktober 2007. Hari itu pada momen penyelenggaraan Pesta Blogger Pertama di Blitz Megaplex ...
Posting Terkait
P3I PII : MERETAS JALAN MENUJU INSINYUR PROFESIONAL
ari Rabu (9/3) saat rona gerhana mewarnai langit pagi Jakarta, saya bersama rekan kantor saya, Ishak Lambang Karunia serta adik angkatan saya di Teknik Mesin UNHAS yang juga tetangga di ...
Posting Terkait
BERSAMA KITA BISA, DI WETIGA
  Si Battala menerima tumpeng dari si Gembul. Sementara Mas Ndoro menyaksikan sembari tertawa terpingkal (foto by Pepih Nugraha)    Jum'at malam (24/10) saya menghadiri perhelatan dalam rangka peresmian ...
Posting Terkait
KETIKA RIZKY MENJALANI OPERASI USUS BUNTU
ada Rabu siang (11/11), anak tertua saya Rizky yang baru pulang sekolah mengeluh sakit pada perutnya di bagian sebelah kanan bawah kepada sang bunda. "Ma, sakit sekali kalau jalan, lari ...
Posting Terkait
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (1) : DARI MUSEUM BENTENG VREDEBURG HINGGA KE KOMPLEKS MAKAM RAJA IMOGIRI
esawat Citilink QG 102 yang kami tumpangi mendarat mulus di bandara Adisucipto Yogyakarta pukul 20.50 malam, hari Minggu (27/7). Meski telat sekitar 15 menit karena menanti giliran mendarat, disebabkan meningkatnya ...
Posting Terkait
SURAT CINTA TERBUKA BUAT ISTRIKU : 11 TAHUN YANG MENAKJUBKAN BERSAMAMU…
Istriku Sayang, Untuk kedua kalinya, setelah pada perayaan ulang tahun perkawinan kita yang kesepuluh tahun lalu, aku menulis Surat Cinta Terbuka, maka kali ini aku melakukan hal yang sama kembali. Mohon ...
Posting Terkait
YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (39)
KETIKA PARA BLOGGER INDONESIA BERTEMU
TRADISI TUMBILOTOHE YANG MENGESANKAN
SEPERTI JANJI MATAHARI (Untuk Ananda Alya Dwi Astari)
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL!
P3I PII : MERETAS JALAN MENUJU INSINYUR PROFESIONAL
BERSAMA KITA BISA, DI WETIGA
KETIKA RIZKY MENJALANI OPERASI USUS BUNTU
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (1) : DARI MUSEUM
SURAT CINTA TERBUKA BUAT ISTRIKU : 11 TAHUN

3 comments

  1. wah..sebenarnya sy juga ada niat mo bikin review blognya p’Amril walopun ndak disuruh…tapi sayangnya ndak sempatka belah..tapi tenang..saya akan tetap mengusahakannya..

    suatu hari…:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *