CATATAN FRESH MEI 2009 : DARI RICH MEDIA TECHNOLOGY SAMPAI HASIL SURVEY BLOGGER 2009

Ibu Vida dari Indopacific Edelman Mempresentasikan Hasil Survey Blogger yang dikerjakan bekerjasama dengan Komunitas Blogger Blogfam pada acara FresH 19 Mei 2009

Malam ini (Selasa, 19/5) saya baru saja menghadiri Forum Diskusi bulanan FreSH (Freedom of Sharing) . Ajang yang diharapkan akan membuka wawasan tentang dunia kreatif mulai dari analisa trend yang populer, hambatan yang dihadapi dan solusi mengatasinya kali ini membahas tema tentang fenomena online advertising.


Pada kegiatan yang dilaksanakan di Restorant Es Teler 77 di kawasan Jl Adityawarman tak jauh dari Pasaraya Blok M tersebut dimulai puku; 19.30 malam dan menghadirkan beberapa pembicara yang kompoten pada bidangnya yaitu Ibu I’im Fahima (Virus Communication), Andreas Ekoyuono (detik.com), Herman Chang (Adwords Expert)

Pada kesempatan yang sama pula dipresentasikan hasil Survey Online Blogger Indonesia yang diselenggarakan atas kerjasama Blogfam (Komunitas Blogger Terbesar dan Tertua di Indonesia beranggotakan lebih dari 3000 anggota) dan Indopacific Edelman sebuah firma kehumasan terbesar di Indonesia, yang bergerak khusus di enam area praktik Bisnis Financial & Investor Relations, Healthcare, Corporate, Public Affairs/Government Relations, Technology, dan Brand PR. Selain itu, IndoPacific Edelman juga memiliki kapasitas dalam Litigation PR, Political Counsel, Issues and Crisis Management, Shariah Marketing, Research and Training.

Pada sesi pertama Ibu I’im membawakan materi tentang Iklan Online. Yang menarik adalah, Ibu I’im memberikan sebuah contoh kasus sukses penanganan iklan online pada penjualan modem internet “Jump” dari perusahaan seluler SMART. Berkat kehandalannya beriklan online, penjualan produk ini dalam seminggu saja sudah mencapai Rp 300 juta. Ibu I’im lalu memaparkan kiatnya. “Ada 3 akar kesuksesan yang mengiringinya yaitu riset yang mendalam dan komprehensif, pengembangan konten komunikasi yang menarik, dan simplifikasi proses online ordernya,”, ujarnya. Ketiga unsur ini menjadi hal penting untuk merancang dan mengelola iklan online. Ibu I’im mengingatkan pula hasil riset benar-benar dilakukan secara mendalam sehingga bisa menganalisa dan memetakan secara tepat pembeli potensil produk tersebut dilain pihak meminimalisir order iseng dan tak jelas.

 Andreas Eka Yuono dari Detik dot com menyajikan materinya

Pada kesempatan berikutnya tampil Andreas Ekoyuono dari Detik dot com yang menyajikan materi tentang Rich Media Technology. Andreas menyebutkan kunci utama dari keunggulan iklan online adalah interaksi bersama pengguna/pembacanya. Kehadiran Rich Media Technology(selanjutnya saya singkat RMT) kian penting karena dapat mengakomodir hal tersebut.dengan keunggulan-keunggulan seperti akses lebih cepat (300 kB untuk tampilan flash dan 2.2 MB untuk video), “Polite Banner” (Banner iklan yang menyesuaikan diri dengan keinginan pengiklan), Kecepatan akses tergantung dari kemampuan akses internet pengguna (jadi bila koneksi internet lemah, maka yang dikirim adalah gambar berupa flash dengan size kecil sebaliknya bila internet cepat juga demikian. RMT juga menyediakan laporan akurat online dan realtime kepada para pengguna. Menutup materinya Andreas menyajikan contoh iklan dan video menarik serta interaktif yang rencananya akan dipasang pada sejumlah halaman di detik dot com.

Acara berikutnya adalah pemaparan hasil survey blogger antara blogfam dan Indopacific Edelman yang diwakili oleh Ibu Vida. Penelitian ini dilakukan secara online dan diikuti oleh 219 blogger yang berusia 26-30 tahun (30%), 36-40 tahun (23%), 31-35 tahun (20%), lebih dari 41 tahun (15%) dan 21-25 tahun (11%). Sebagian besar dari mereka masih lajang (62%), sementara lainnya berstatus menikah dan punya anak (33%) dan menikah tanpa anak (5%). Blogger pria sebanyak 67% dan perempuan 33%. Dilihat dari latar belakang pendidikan, sebanyak 51% blogger berlatar belakang universitas, 23% SMA, 14% akademi dan 13% pasca sarjana atau di atasnya. Sedangkan profesi yang saat ini dijalani adalah karyawan purnawaktu (38%), karyawan paruh waktu dan wirausaha (24%), mahasiswa (22%) dan kalangan profesional (13%).

Survei ini merupakan studi komprehensif pertama yang pernah dilakukan di Indonesia untuk menggali lebih dalam profil penggiat blog (blogger) di Indonesia termasuk aktifitas blogging mereka.

Seperti diketahui, blog (weblog) di Indonesia berkembang secara signifikan pada awal dasawarsa ini. Pada awal 2000-an, aktifitas blogging hanya dilakukan segelintir orang. Namun, akhir tahun ini, jumlah blogger Indonesia – yang kebanyakan menggunakan fasilitas dari blogspot.com atau wordpress.com – diperkirakan bisa mencapai 1 juta.

Final Report Blogger Survey May09 Fresh!

View more presentations from Amril Taufik gobel.


Survei yang dilaksanakan dari akhir 2008 hingga awal 2009 ini diikuti lebih dari 200 blogger. Rata-rata blogger yang berpartisipasi tinggal di Jakarta (45%) dan selebihnya tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua. Di antara responden, sebanyak 61% sudah melakukan aktifitas blogging selama 1-2 tahun. Selain itu, para blogger Indonesia termasuk pengguna aktif social media. Rata-rata blogger memiliki lebih dari 3 akun di berbagai situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial yang banyak digunakan adalah Friendster (85%), Facebook (76%), dan Multiply (60%)

Pada umumnya, alasan mereka aktif dalam blog adalah untuk berbagi pengalaman (65%), mengutarakan pendapat (54%), menyalurkan hobi menulis (53%) hingga mendapat pemasukan dari iklan di blog mereka (8%). Jumlah waktu yang dihabiskan oleh blogger untuk melakukan aktifitas blogging yaitu 1 hingga 5 jam per minggu (55%).

Sedangkan topik yang sering mereka bahas mulai dari hobi (78%), kehidupan pribadi (67%), hal terkait pekerjaan (39%), opini pribadi tentang hal-hal aktual (23%), hingga ulasan (review) produk atau program (6%).

Untuk blogger laki-laki, topik yang sering mereka muat (posting) dalam blog-nya adalah teknologi (44%) dan sosial/humaniora (35%), sementara kalangan perempuan lebih sering memuat topik hiburan (41%) dan perjalanan (31%).

Ketika mereka mencari informasi lewat blog, topik yang umumnya mereka cari berkaitan dengan teknologi (43%), sosial/humaniora (37%), perjalanan (34%), hiburan (31%) dan yang justru paling jarang adalah masalah pribadi (7%). Blogger laki-laki cenderung tertarik pada topik teknologi (57%) dan sosial (41%) sedangkan blogger perempuan lebih meminati topik perjalanan/traveling (46%) dan kuliner (34%).

Walaupun para blogger masih mengandalkan media umum seperti koran (77%) dan TV (57%) sebagai sumber informasi utama, namun new media seperti portal berita (60%), blog (49%), dan bahkan forum komunitas di internet (32%) serta situs korporat (31%) memperoleh porsi yang signifikan sebagai sumber informasi terpercaya bagi para blogger. Hal ini menunjukkan kepercayaan para blogger yang cukup tinggi terhadap sesama blogger.

Sajian presentasi tersebut diakhiri dengan menyaksikan video wawancara menarik bersama 5 orang blogger antara lain saya, Wicaksono (Ndoro Kakung), Pitra Satvika (Blogger/Praktisi IT), Iman Brotoseno (blogger/sutradara fim) dan Enda Nasution sang bapak blogger Indonesia.



Menjelang penutupan acara, Mas Wicaksono Ndoro Kakung menghadiahkan dua buah buku barunya berjudul “Ngeblog Dengan Hati (Gagas Media, 2009) sebagai door prize kepada dua orang tamu yang beruntung.

Saya sangat puas dapat memghadiri kegiatan konstuktif ini dan telah memberi referensi berharga bagi lamgkah kedepan terutama impian menuju industri kreatif yang “mumpuni”.

Semoga saya bisa ikut lagi fresh bulan depan..


 

Related Posts
NONTON BARENG SEPAKBOLA KORSEL Vs INDONESIA DIATAS BIS
BERBEDA seperti hari-hari biasanya, sepulang dari kantor hari Rabu (18/7), saya begitu memendam harapan dapat bertemu dan akhirnya ikut dengan “shuttle bus” Nomor 121 A jurusan Blok M-Kota Jababeka Cikarang. ...
Posting Terkait
CATATAN DARI FESTIVAL JAJANAN BANGO NUSANTARA DI BEKASI
anas terik menyongsong kami sekeluarga kemarin pagi, Sabtu (23/4) saat kami tiba di Lapangan Serbaguna yang terletak tak jauh dari Terminal Bekasi tempat pelaksanaan Festival Jajanan Bango Nusantara 2011. ...
Posting Terkait
NOSTALGIA MENONTON DI BIOSKOP PINGGIRAN MAKASSAR
Sejak menjadi kontributor konten di Yahoo OMG Indonesia khususnya mengenai resensi film, kenangan saya kerap melayang pada kegemaran menonton film di masa lalu. Sekitar 20 tahun silam, di kota Makassar. ...
Posting Terkait
MUDIK CERIA BERSAMA IDOLA CILIK, PETER PAN DAN DIAN PIESESHA
Pagi belum sempurna benar melingkupi hari ketika kami sekeluarga bersiap mudik keYogya pada hari Senin (29/9). Kedua anak saya, Alya dan Rizky sudah siap dan sangat antusias menjajal pengalaman baru ...
Posting Terkait
DARI BUKBER PT.CAMERON SERVICE INTERNATIONAL : INISIASI KORPORASI UNTUK BERBAGI
ari Kamis (9/8) kami, keluarga besar PT Cameron Service International melaksanakan acara Buka Puasa Bersama bertempat di lantai 2 Restorant Sami Kuring Cikarang. Diawali dengan tausyiah dari Ustadz Widodo, perusahaan ...
Posting Terkait
KISAH MUDIK 2010 (6) : GEMPA, KE KIDS FUN LAGI DAN NAIK ANDONG
Malam baru saja melewati pucuknya, Minggu (12/9) ketika guncangan itu tiba-tiba terjadi. "Gempa !! Gempa !!", seru adik ipar saya, Ahmad, yang "sense of awareness"-nya sudah sangat tinggi karena lama tinggal ...
Posting Terkait
Hari ini, Senin 25 Januari 2010, wajah saya yang imut, montok, menggemaskan dan bersahaja itu nongol di iklan Kompasiana di Harian Kompas. Ini adalah kali pertama saya bergaya -- dengan ...
Posting Terkait
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM BENTENG VREDEBURG HINGGA KE KOMPLEKS MAKAM RAJA IMOGIRI
ekitar pukul 11.30 siang, Rabu (30/7), kami check-out dari hotel Malioboro Palace dan dengan menumpang taksi kami pulang ke Kuncen. Disana kami bertemu dengan kakak Ipar saya, mas Sukarjana yang ...
Posting Terkait
VIDAFEST 2017 : MENISCAYAKAN KAWASAN HUNIAN KOLEKTIF YANG LEBIH HUMANIS
Hari Sabtu (30/9) siang, saya berkesempatan menghadiri kegiatan Vidafest 2017, sebuah event Festival tahunan yang digelar di kawasan Insitu-Bumi Wedari Vida Bekasi. Ini adalah acara rutin tahunan yang ketiga kalinya ...
Posting Terkait
LAGI, NOSTALGIA AGUSTUSAN
Entah kenapa, Agustus tahun ini saya didera rasa patriotisme dan romantisme membuncah hebat untuk mengenang peristiwa peringatan 17 Agustusan yang pernah saya lakoni 20 tahun silam. Saat pulang ke Makassar ...
Posting Terkait
NONTON BARENG SEPAKBOLA KORSEL Vs INDONESIA DIATAS BIS
CATATAN DARI FESTIVAL JAJANAN BANGO NUSANTARA DI BEKASI
NOSTALGIA MENONTON DI BIOSKOP PINGGIRAN MAKASSAR
MUDIK CERIA BERSAMA IDOLA CILIK, PETER PAN DAN
DARI BUKBER PT.CAMERON SERVICE INTERNATIONAL : INISIASI KORPORASI
KISAH MUDIK 2010 (6) : GEMPA, KE KIDS
TAMPIL SEBAGAI MODEL IKLAN KOMPASIANA
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM
VIDAFEST 2017 : MENISCAYAKAN KAWASAN HUNIAN KOLEKTIF YANG
LAGI, NOSTALGIA AGUSTUSAN

Related Posts

7 thoughts on “CATATAN FRESH MEI 2009 : DARI RICH MEDIA TECHNOLOGY SAMPAI HASIL SURVEY BLOGGER 2009

  1. seru pak acaranya. kayaknya rame banget.. laporannya lengkap nih.
    aku ga bisa dateng krn ada rapat acara kampus. padahal rapatnya di daerah blok M jg.. tp ampe jam 11 malem. jadi ndak bisa mampir XD

  2. “door prize kepada dua orang tamu yang beruntung”
    Bagus..bagus..ko bukunya… walaupun masih sedikit bacanya…tapi PAS banget emang lagi Freshing lagi tentang dunia blog.

  3. Wah, menarik!
    Ranah blogger sudah disentuh riset dan survey. Trendsetter ini dipahami merupakan pengilham facebook dan situs jejaring sosial lainnya, karenanya ia bukanlah trend sesaat.
    Bravo blogger indonesia!

  4. aku kok selalu kesulitan mbaca blog pak ATG ya
    kalau pas jalur internet kencang selalu gak masalah
    tapi kalau jalur internet ngadat, maka tulisan mas AMril jadi gak jelas terbacanya

    perlu copas nih biar bisa dibaca denganjelas

    he..he..he…

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.