BLOGGER NUSANTARA & WAWASAN BLOGPRENEUR INDONESIA

Sejarah Indonesia menunjukkan, harapan adalah sesuatu yang sulit, tapi tak pernah padam. Kita memang sering kecewa; kita memang tahu sejak 1945 Indonesia dibangun oleh potongan-potongan optimisme yang pendek. Tapi sejak 1945 pula Indonesia selalu bangkit kembali. Bangsa ini selalu berangkat kerja kembali, mengangkut batu berat cita-cita itu lagi, biarpun berkali-kali tangan patah, tubuh jatuh, dan semangat terguncang.

 

Sementara itu, makin lama kita makin arif: kita memang tidak akan bisa mencapai apa yang kita cita-citakan secara penuh; tapi kita merasakan bahwa Indonesia adalah sebuah amanah-dan dalam pengertian saya, sebuah amanah adalah tugas takdir dan sejarah. Dengan kata lain, kita tak bisa melepaskan diri dari komitmen kita buat Indonesia. Selama kita ada.

–Goenawan Muhammad, Majalah Tempo 24 Mei 2010

Setelah sebelumnya jagad blogger Indonesia “gonjang-ganjing” dengan pertemuan Amprokan Blogger yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Bekasi bulan lalu, maka akhir Oktober ini, blogsphere Indonesia kembali dihebohkan dengan pelaksanaan Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo, tanggal 28-30 Oktober 2011. Bagi saya ini merupakan sebuah fenomena yang “sesuatu banget”, dimana blogger Indonesia semakin memaknai perannya, tidak hanya sebatas mengungkapkan curhat lewat “diary online” namun juga mengagas inisiatif perubahan kearah lingkungan dan peradaban lebih baik bahkan mampu mandiri dengan memanfaatkan blog sebagai lahan untuk menghasilkan uang.

Semangat luhur yang digemakan oleh Blogger Nusantara dalam blognya sungguh sangat mengesankan. Seperti dinyatakan pada halaman “Tentang Kami”:

Blogger Nusantara digagas sebagai paguyuban blogger yang bersifat
lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat
kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia.

Sangat disadari bahwa bukan sesuatu yang mudah mencapai semangat
kebersamaan itu. Butuh waktu yang tidak singkat memupuk rasa
persaudaraan blogger hingga terhimpun dalam paguyuban; suatu
masyarakat atau kelompok yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan
perseorangan yang kuat.

Mungkin ada yang menganggap bahwa ini adalah sebuah ungkapan yang cenderung retoris dan utopis. Tapi bagi saya, ini bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.Harus diakui memang butuh waktu yang tidak singkat untuk memupuk rasa persaudaraan antar blogger, namun saya meyakini, interaksi online yang intens lintas jarak dan waktu akan menjadi katalisator sekaligus pemicu yang efektif untuk membina serta mengembangkan kebersamaan antar sesama blogger Indonesia, ,melalui Blogger Nusantara.

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Prof.Dan Gilmor, penulis buku “We The Media:  Grassroots Journalism by the people,  for the people (2004)” yang antara lain menyatakan evolusi media di masa depan akan dicirikan dengan terbentuknya sebuah ekosistem yang menghadirkan dialog multi arah, serta penguatan dialog masyarakat sipil di tingkat lokal,nasional maupun internasional. Dan Blogger memegang peran penting sebagai bagian utama dari ekosistem tersebut dengan membangun dialog yang sehat dan bermartabat lintas komunitas  lewat masing-masing media yang dimiliki.

Kehadiran Blogger Nusantara bagi saya — mengutip ungkapan sastrawan Goenawan Muhammad diatas — adalah wujud komitmen untuk Indonesia. Menunjukkan eksistensi. Menunaikan amanah, sebagai bagian dari tugas dan sejarah. Sama halnya seperti Komunitas Blogger Bekasi menggelar Amprokan Blogger kedua, tanggal 17-18 September 2011 lalu yang menghadirkan perwakilan komunitas blogger seluruh Indonesia, ditenagai oleh semangat silaturrahmi yang tinggi, spirit kebersamaan dan tentu saja bagian dari amanah kolektif membawa bangsa ini kearah yang lebih baik.

Kopdar Blogger Nusantara yang memberikan aksentuasi khusus pada Blogpreneur Indonesia, menjadi memiliki arti khusus karena kegiatan ini berusaha mengartikulasikan keinginan agar Blogger-Blogger Indonesia bisa menjadi lebih mandiri secara finansial dengan memberdayakan blog yang dimiliki dengan mendapatkan penghasilan baik melalui optimalisasi SEO, menjadikan blog sebagai sarana promosi bisnis atau menjadi blogger profesional.

Kebersamaan Blogger dalam Amprokan Blogger 2011, Bekasi

Kesempatan pertemuan Blogger Nusantara di Sidoarjo yang seperti ditulis penyelenggara merupakan “anomali” karena dilaksanakan jauh dari ibukota dengan mengusung tema “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia” menurut saya menerbitkan asa untuk menghadirkan lebih banyak lagi Blogpreneur-Blogpreneur Indonesia baru yang mandiri dan menghasilkan konten-konten bermutu serta inspiratif.

Sekiranya bisa menitipkan harapan, maka dengan segala kerendahan hati saya menginginkan agar:

1. Kopdar Blogger Nusantara akan menjadi inspirasi nasional bagi Gerakan Konten Blog Positif dan Berkualitas. Dengan kopdar ini yang tentu bakal menghadirkan banyak narasumber yang memiliki kapasitas mumpuni dalam bidangnya diharapkan menjadi sumber acuan untuk menjadikan acara ini sebagai momentum dashyat tumbuhnya kesadaran menjadikan Indonesia lebih baik melalui konten blog yang positif dan mencerahkan. Terlebih sehari sebelum acara ini diadakan diperingati pula Hari Blogger Nasional kelima yang jatuh setiap tanggal 27 Oktober.

2. Kopdar Blogger Nusantara yang juga didukung oleh mitra terpercaya blogger Indonesia, IDBlognetwork, kiranya menjadi sarana kolaborasi efektif lintas daerah, lintas komunitas untuk menggagas peran masing-masing dalam menumbuhkan iklim berinternet yang sehat dan kondusif di Indonesia. Saya meyakini, momentum ini menjadi sebuah posisi tawar yang bagus buat blogger nusantara untuk merealisasikan pemerataan berinternet yang murah dan cepat di negeri ini.

3. Acara kopdar Blogger Nusantara ini tidak sekedar berhenti sebagai ajang seremonial belaka, namun yang paling penting adalah, seusai acara yang akan melibatkan lebih dari seribu blogger tersebut, terjalin ikatan emosional yang kokoh dengan mendayagunakan database peserta yang lengkap dan terintegrasi, dimana kedepan diharapkan bisa terjalin sinergi konstruktif antar daerah, antar komunitas berdasarkan identifikasi kebutuhan dan profil yang akurat pada database Blogger Nusantara.

4. Kopdar Blogger Nusantara memberikan dampak sosial yang efektif terutama bagi tumbuh dan berkembangnya iklim & budaya menulis, mengungkapkan aspirasi serta pendapat secara terbuka, demokratis dan elegan lewat blog serta menjadi pelopor lahirnya blogger-blogger baru yang “menularkan” semangat kebangsaan yang positif tentu ini sejalan dengan spirit Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan juga menjadi awal kegiatan Blogger Nusantara ini.

5. Kopdar Blogger Nusantara akan menjadi acuan gerakan kesadaran kolektif mencintai produk Indonesia dengan memberdayakan keunikan potensi serta kekayaan sosial budaya masing-masing blogger lintas daerah serta saling mempromosikan potensi-potensi tersebut lewat blog dan jaringan masing-masing. Diharapkan, selepas acara ini, website blogger nusantara dapat menjadi basis promosi wisata di Indonesia dengan konten-konten yang berasal dari berbagai komunitas blogger daerah.

6. Kopdar Blogger Nusantara memberikan wawasan baru Blogpreneur Indonesia, yang akan menyajikan gambaran nyata prospek gemilang Blogpreneur sebagai alternatif solusi dunia kerja di Indonesia. Diharapkan pertemuan ini akan menggagas sosok Blogpreneur Indonesia yang cerdas, kreatif, gaul dan bermartabat.

7. Kopdar Blogger Nusantara ini akan menggagas inisiatif strategis dan taktis untuk memberikan kontribusi lebih luas bagi upaya mengembangkan kebebasan berekspresi, terbuka dan bertanggung jawab di Internet pada tingkat regional dan global. Diharapkan peran ini bisa dimainkan salah satunya melalui Blogger ASEAN chapter Indonesia yang baru dicanangkan Bulan Mei lalu.

Semoga semuanya bisa terwujud dan menunjukkan kita ada.

Hadir dan mengalir.

Untuk Indonesia yang kita cintai.

Maju terus Blogger Nusantara!

 

 

 

Related Posts
AMPROKAN BLOGGER 2010 (3) : NUANSA MERAH MUDA MEREBAK DI BANTAR GEBANG
Bis yang mengangkut peserta Amprokan Blogger bergerak dari Tugu Bina Bangsa menuju UKM (Usaha Kecil Menengah) Boneka di kawasan Bantar Gebang. Lumayan jauh juga, sekitar 15 km dari lokasi kunjungan ...
Posting Terkait
Siap On Air !
Kemarin sore, Minggu (27/3) saya berkesempatan menghadiri wawancara bersama radio DFM 103,4 bertempat di ruang siaran studio mereka di Perumahan Buncit Indah, Jl.Mimosa 1 No.A 7 Pejaten. Berangkat dari Cikarang ...
Posting Terkait
MORNING, SEMOGA CAHAYA PAGI SELALU BERSAMAMU
Morning has broken, like the first morningBlackbird has spoken, like the first birdPraise for the singing, praise for the morningPraise for the springing fresh from the word(Cat Steven, "Morning Has ...
Posting Terkait
KISAH MUDIK 2010 (3) : MALAM TAKBIRAN YANG MERIAH & SHOLAT IED YANG SYAHDU
Tiba di rumah mertua, saya langsung meluruskan badan yang pegalnya minta ampun setelah duduk hampir 20 jam di mobil. Punggung saya sakit sekali dan saya langsung minta bantuan adik ipar ...
Posting Terkait
NONTON BARENG SEPAKBOLA KORSEL Vs INDONESIA DIATAS BIS
BERBEDA seperti hari-hari biasanya, sepulang dari kantor hari Rabu (18/7), saya begitu memendam harapan dapat bertemu dan akhirnya ikut dengan “shuttle bus” Nomor 121 A jurusan Blok M-Kota Jababeka Cikarang. ...
Posting Terkait
NAPAK TILAS EMPAT DEKADE PERJALANAN KEHIDUPAN – Sebuah Renungan Di Usia Empatpuluh
Waktu bergulir begitu cepat. Tanggal 9 April 2010 besok, usia saya sudah memasuki 40 tahun. Sebuah usia yang oleh sebagian kalangan dinyatakan : "Life Begin at 40".  Ungkapan yang kerap dimaknai ...
Posting Terkait
YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (41)
1. Buku Gratis ? Beli Dunks! Sebuah tulisan menarik dari mbak Risa Amrikasari (penulis buku Especially for You) yang menggugah apresiasi para calon pembaca buku untuk lebih menghargai kerja keras penulis ...
Posting Terkait
TERIMAKASIH YA DELL!
3 Degrees Club yang terletak di lantai 7 FX Mall Jl.Jend.Sudirman Jakarta begitu semarak, kemarin malam (16/12). Sejumlah standing banner dan logo DELL, salah satu produsen komputer terkemuka di dunia, berada ...
Posting Terkait
SUKSES, PENYELENGGARAAN BLOGSHOP KOMPASIANA BERSAMA BLOGGER BEKASI
Hari Sabtu, 14 November 2009 bersama Pak Eko Eshape (wakil ketua Komunitas Blogger Bekasi) dan Pak Ceppi Prihadi saya berangkat dari Cikarang menuju STMIK Bani Saleh Bekasi, lokasi pelaksanaan Roadshow ...
Posting Terkait
BERSEPEDA CERIA, SEHAT DAN NARSIS BERSAMA CIKARANG BARU CYCLING (CBC)
antangan itu datang seminggu yang lalu, langsung dari Pak Yani Pitono, sang ketua Cikarang Baru Cycling (CBC) Club di mailing list. Dan ternyata "tantangan" gowes jarak pendek Hari Minggu,8 Januari ...
Posting Terkait
XLNETRALLY(6) : SOTO PAK MAN DAN “INSIDEN” YANG MENYENANGKAN ITU
etelah puas berjalan-jalan menikmati wisata sejarah di Lawang Sewu dan Kawasan Sam Poo Kong, Saat terik matahari kota Semarang mulai menyengat, bis yang membawa rombongan XL Net Rall berhenti di ...
Posting Terkait
MONTOK YA MAS?
Sebuah tulisan yang tertera dibagian atas sebelah kiri supir bis Mayasari AC 132 (Jurusan Bekasi Timur-Lebak Bulus) saat menempuh perjalanan menuju kantor tadi pagi cukup membuat saya tersenyum simpul. Tulisan "Montok ...
Posting Terkait
KEHANDALAN STRATEGIS KONTEN LOKAL DALAM MENDUKUNG INDUSTRI MIGAS NASIONAL
  enin pagi (7/10), cuaca Bandung terlihat begitu cerah. Matahari bersinar terang dan berkas cahayanya memantul lembut pada kaca vertikal dinding koridor yang berbatasan langsung dengan ruang Zamrud lantai 2 Hotel ...
Posting Terkait
Saya memandu Seminar Sosialisasi Pengembangan ASEAN di Makassar, 10 Desember 2010
Hari Kamis, 9 Desember 2010, pukul 14.30, saya tiba di terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta. Pada hari ini, saya akan berangkat ke Makassar bersama rombongan Kementerian Luar Negeri RI ...
Posting Terkait
“MENEMUKAN KEMBALI” SPIRIT WARISAN BUDAYA DALAM MENEGUHKAN PILAR KOMUNITAS ASEAN
ari Senin (25/2) kemarin saya memenuhi undangan dari Kementerian Luar Negeri untuk menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tema "Reinventing the Spirit the cultural heritage of south east asian people; ...
Posting Terkait
KOTA DELTAMAS : MENUAI KETEDUHAN ALAMI DALAM GEMURUH KOTA TERPADU BERBASIS INDUSTRI
abupaten Bekasi, khususnya wilayah Cikarang, terus tumbuh menjadi kawasan hunian, industri dan komersial yang terintegrasi. Sejak 16 tahun tinggal disini, saya merasakan secara langsung berbagai perubahan yang terjadi dan menunjukkan ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2010 (3) : NUANSA MERAH MUDA
WAWANCARA DI RADIO DFM 103,4
MORNING, SEMOGA CAHAYA PAGI SELALU BERSAMAMU
KISAH MUDIK 2010 (3) : MALAM TAKBIRAN YANG
NONTON BARENG SEPAKBOLA KORSEL Vs INDONESIA DIATAS BIS
NAPAK TILAS EMPAT DEKADE PERJALANAN KEHIDUPAN – Sebuah
YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (41)
TERIMAKASIH YA DELL!
SUKSES, PENYELENGGARAAN BLOGSHOP KOMPASIANA BERSAMA BLOGGER BEKASI
BERSEPEDA CERIA, SEHAT DAN NARSIS BERSAMA CIKARANG BARU
XLNETRALLY(6) : SOTO PAK MAN DAN “INSIDEN” YANG
MONTOK YA MAS?
KEHANDALAN STRATEGIS KONTEN LOKAL DALAM MENDUKUNG INDUSTRI MIGAS
OLEH-OLEH PERJALANAN DARI MAKASSAR (1)
“MENEMUKAN KEMBALI” SPIRIT WARISAN BUDAYA DALAM MENEGUHKAN PILAR
KOTA DELTAMAS : MENUAI KETEDUHAN ALAMI DALAM GEMURUH

30 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.