DEMO BURUH BEKASI, LUMPUHKAN KAWASAN CIKARANG & CIBITUNG

Apa yang saya khawatirkan itu terjadi.

Pasca pernyataan Sofyan Wanandi, sebagaimana yang dikutip oleh Dakta FM online yang sempat memicu kemarahan Buruh di Bekasi menjadi pangkalnya. Dalam situs tersebut disebutkan, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tersebut menyatakan menolak untuk mencabut gugatan APINDO Bekasi di PTUN Bandung terkait kebijakan pengupahan yang ditujukan kepada pemerintah daerah. Hal ini membuat perwakilan Buruh Bekasi yang tergabung dalam Buruh Bekasi Bergerak menjadi kecewa dan marah. Pernyataan itu sempat membersitkan kekhawatiran dihati saya karena bila ini benar-benar terjadi, maka massa buruh akan bergerak menuntut konsistensi hasil kesepakatan sebelumnya. Tanggal 15 Januari 2012 lalu telah tercapai kesepakatan dalam musyawarah antara perwakilan buruh dan APINDO yang dimediasi oleh Kapolres Bekasi yang antara lain berisi pihak APINDO akan mencabut gugatannya pada sidang tanggal 19 Januari 2012 dan pihak perwakilan buruh Bekasi juga sepakat untuk membatalkan aksi demo besar-besaran mereka yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 16-19 Januari 2012.

Dan hari ini, Kamis (19/1) ketika kemudian penolakan pencabutan gugatan oleh APINDO itu benar-benar terjadi. Ribuan buruh yang marah atas inkonsistensi kesepakatan itu keluar bersamaan melumpuhkan pabrik-pabrik dikawasan Bekasi, khususnya MM2100, EJIP, Kawasan Hyundai, Kawasan Industri Jababeka dan lain-lain. Saya sendiri, hingga tulisan ini dibuat, masih terkurung di pabrik saya dikawasan Jababeka. Akses keluar tertutup dan diblokir.

Di beberapa titik terdapat konsentrasi massa bahkan kabar terakhir sejumlah massa buruh melakukan sweeping langsung ke pabrik bahkan ada yang melakukan aksi anarkis merusak pagar. Saya memantau berita dan informasi lewat teman-teman di mailing list Cikarang Baru dan memperoleh gambar-gambar eksklusif update terbaru melalui kamera amatir mereka yang saya bagikan dibawah ini.

Aksi Buruh di depan salah satu pabrik di Kawasan MM2100 Cibitung

 

Rombongan Konvoi buruh
Iring-iringan konvoi massa demo buruh di Cikarang
Perempatan akses masuk Kawasan Industri EJIP Cikarang yg diblokir
Buruh bergerak didepan pabrik Samsung-Jababeka
Aksi Buruh yang sudah memasuki kawasan pabrik Samsung di Jababeka

Kami semua berharap agar aksi demo ini bisa berakhir dengan baik sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan, apalagi aksi-aksi anarkis yang berpotensi menyebabkan kerusuhan massal. Hasil Mediasi yang sudah dilakukan sebelumnya dibicarakan kembali secara baik-baik agar tercapai kesepakatan terbaik dan tidak saling merugikan semua pihak. Saat ini saya, bersama teman-teman kantor masih bertahan. Sejumlah kawan yang berdomisili di Bekasi dan Jakarta harap-harap cemas melihat kondisi terakhir yang kian memburuk apalagi akses pintu tol juga diblokir ribuan buruh. Mohon doanya agar semuanya bisa berakhir dengan baik. 

Related Posts
SATU DEKADE KOMPASIANA DAN MENYIASATI ZAMAN YANG TERUS BERUBAH
enang rasanya mendapatkan undangan spesial yang dikirimkan via WhatsApp oleh admin Kompasiana untuk menghadiri acara Syukuran Sepuluh Tahun Kompasiana yang diadakan di roof top hotel Mercure Cikini, Jakarta, Jum'at (26/10). ...
Posting Terkait
14 TAHUN YANG SELALU MENGESANKAN BERSAMA XL
ejak tahun 2001 saya telah menjadi pelanggan setia XL. Sebagai pelanggan pasca bayar, saya sangat menikmati beragam kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan oleh provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia ini. Pada ...
Posting Terkait
SERI ASUS ZENBOOK TERBARU : TANGGUH, RINGAN, RINGKAS, EKSOTIK DAN FUTURISTIK
enjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat saya, diundang secara resmi untuk ikut menghadiri acara peluncuran seri ASUS Zenbook 13/14/15 pada hari Kamis,17 Januari 2019 di Grand Ballroom Pullman Hotel - ...
Posting Terkait
KOMPASIANA DAN IKHTIAR MEMBANGUN HARMONI
Kau membuatku mengerti hidup ini Kita terlahir bagai selembar kertas putih Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai Kan terwujud Harmony... Segala kebaikan... Takkan terhapus oleh kepahitan Kulapangkan resah jiwa... Karena kupercaya... Kan berujung indah Suara Gitaris sekaligus Pencipta lagu ...
Posting Terkait
KERJA KERAS DENGAN ENERGI KITA, DARI BANGSA SENDIRI
Dalam sebuah rekaman wawancara bersama sebuah TV swasta bersama Almarhum K.H.Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, sang mantan Presiden Republik Indonesia keempat yang wafat tanggal 30 Desember 2009 lalu itu ...
Posting Terkait
KERJA BAKTI DI MARKAS CIMART
  Para anggota UB Cimart berfoto bersama di depan "Markas" (foto by Pak Eko Eshape) Hari Minggu kemarin (29/3) saya menghadiri acara kerja bakti di "Markas" dan juga toko sekaligus silaturrahmi ...
Posting Terkait
KAPAL HDPE IQRA VISINDO TEKNOLOGI DAN IKHTIAR MEMBANGUN INDUSTRI MARITIM INDONESIA
pa yang terlintas dalam benak anda ketika membaca kata "Kapal HDPE"? Terus terang yang pertama terlintas dalam benak awam saya adalah kapal yang dibuat dan berbahan baku sama dengan material ember ...
Posting Terkait
SOLIDARITAS DUNIA MAYA UNTUK PRITA MULYASARI
Kasus ditahannya ibu Prita Mulyasari di penjara akibat Surat Pembacanya tentang perlakuan yang kurang nyaman di Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutera, Tangerang pada sebuah media yang kemudian berujung gugatan ...
Posting Terkait
PROFESIONAL BLOGGER, PILIHAN KARIR MASA DEPAN
Ketatnya persaingan di dunia kerja dewasa ini akibat terbatasnya lapangan pekerjaan, belum lagi ditambah dengan Krisis Keuangan Global yang menyebabkan efek berantai berupa pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan sebagai ekses ...
Posting Terkait
FREDDIE TAMAELA DAN KENANGAN YANG IKUT “BERLARI” BESERTANYA
Bagi anda yang mungkin hidup se"zaman" dengan saya pasti tak asing lagi dengan sosok (alm)Freddy Tamaela, penyanyi asal Ambon, Vokalis Cockpit Band yang oleh banyak kalangan dijuluki sebagai "Phil Collins"-nya ...
Posting Terkait
SATU DEKADE KOMPASIANA DAN MENYIASATI ZAMAN YANG TERUS
14 TAHUN YANG SELALU MENGESANKAN BERSAMA XL
SERI ASUS ZENBOOK TERBARU : TANGGUH, RINGAN, RINGKAS,
KOMPASIANA DAN IKHTIAR MEMBANGUN HARMONI
KERJA KERAS DENGAN ENERGI KITA, DARI BANGSA SENDIRI
KERJA BAKTI DI MARKAS CIMART
KAPAL HDPE IQRA VISINDO TEKNOLOGI DAN IKHTIAR MEMBANGUN
SOLIDARITAS DUNIA MAYA UNTUK PRITA MULYASARI
PROFESIONAL BLOGGER, PILIHAN KARIR MASA DEPAN
FREDDIE TAMAELA DAN KENANGAN YANG IKUT “BERLARI” BESERTANYA

21 comments

  1. hari ini 26 januari 2012,PTUN Bandung memenangkan GUGATAN APINDO,dan UMK bekasi yg udh disepakati jadi BATAL DEMI HUKUM,ayo TEMAN2 Kita lawan PENGUSAHA2 YG SERAKAH INI,MEREKA TELAH MEMBELI HAKIM PTUN DGN UANGNYA,INILAH SAATNYA KITA MELAWAN,TAPI JNG ANARKIS KRN INI AKAN MERUGIKAN KITA SENDIRI,SELAMAT BERJUANGGGGGGGGGGGGGGGGG

    1. setuju……!!!!!
      buruh indonesia ini sudah paling murah diantara negara lain?
      kok tega amat UMK segitu aja masih ditawar?
      APINDO APINDO? HERAN GUA

  2. Berapa upah yang diharapkan? apakah sesuai kinerja nya, tanyakan kepada saudara anda yg wiraswasta maupun pengusaha????, perekonomian lemah, minta upah naik, yang salah pemerintahan kita, apalagi demo membawa2 ras lagi (hati2 provokator lg), malang nya nya indonesia ku, bersyukur, dan bantu untuk membenahi pemerintahan nya, jng pengusaha nya, krn mereka juga susah menyesuaikan pendapatan untuk upah, drpd teman2 kalian kena PHK masal, hanya mementingkan upah naik

    RASA BERSYUKUR LEBIH BAIK

  3. klo mau gaji gede,,,,kerja sendiri aja mas,,,,klo buruh pada demo nanti pengusahanya pada pulang kampung baru tau,,,,you

  4. Wahai saudara2 ku kaum buruh. Tak ada gunanya kalian nuntut upah naik kalau akhirnya harga2 malah juga naik. Malahan karena kalian nuntut upah naik ini harga2 udah lebih duluan naik. mendingan kalian menuntut agar harga2 pada turun,jadi upah yang ada sekarang bisa lebih bermanfaat dan juga bisa membantu meringankan beban pengangguran seperti saya. Akibat kalian pada menuntut upah naik,lalu harga2 pada naik juga,kami nih termasuk saya yang pengangguran yang kena getahnya,gaji tak ada,tapi harga pada naik.bikin repot aja kalian nih,mana kalian pada demo jalanan jadi macet lagi,sampe2 ada orang yg mau buru2 kerumahsakit karena darurat jadi keburu mati dijalan krn gak bisa lewat akibat demo kalian ,,,mau pada dipecat apa ya…?!!!! Pada pulang aja sono kekampung kalian, nyangkul kek,nggembala kambing kek,udahlah biar yang mau aja yang kerja disini. (sorry kalo kasar,biar tambah hot aja suasana,wkwkwk…)

    1. iya betuuull… kalo udah tau jadi buruh itu tiap taun demo mlulu..bikin sengsara ngapain jga ngelamar kerja di pabrik??!! kerja udah kaya robot gtu ga da enak2nya.. pasti alesan awal karja tergiur gjinya kan?? hayo pada ngaku.. jgn so nmlarat deeh! hehehe..

  5. Rekan- rekan sekalian janganlah kalian berbuat merugikan perusahaan dan kepentingan umum. kita negara demokratis, jadi carilah solusi secara demokratis melalui lembaga – lembaga yang telah ditentukan oleh pemerintah agar tercipta suatu solusi dan suasana yang harmonis antara pekerja dan pengusaha, karena kita saling membutuhkan

    thanks & Regards

    Hendra Gunawan.

    IKAPPUD DPW Timur.

  6. faktanya.. kaum buruh di Indonesia dengan gaji segitu dah bisa beli yg mewah2 tuuh.. klo ga percaya cek lah di lapangan! paling mreka minta gaji naek karna taun depan mau beli mobil..! jangan sama2in ma negara lain yg udah maju.. di sni masih banyak profesi lain yg gajinya ga sesuai.. masih banyak hak2 pekerja lain yg belum terpenuhi.. gila bgt naiknya, sekalian aja jadiin PNS!

  7. udah sih temen2x ,, percuma aja kita pada demo,, buang2x waktu aja,, alangkah bijaksananya kalau kita ini antara buruh dan pengusaha menjalin mitra kerja yg baik, karena kita saling membutuhka, dan saling keterkaitan,, ok brow,,,, slam ,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *