BLOGGER NUSANTARA 2013 : SEMARAK DALAM NUANSA KESEDERHANAAN DAN KEKELUARGAAN

1477956_10152029150078486_813652480_nPesawat Air Asia QZ7552 yang saya tumpangi dari Jakarta mendarat mulus di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pukul 13.10, Sabtu (30/11). Saya menghela nafas panjang, “Akhirnya sampai di Yogya juga”. Ya, perjalanan saya kali ini ke Kota Gudeg dalam rangka menghadiri perhelatan kopdar akbar Blogger Nusantara 2013 (BN2013) meninggalkan jejak yang tak terlupakan, terutama saat keberangkatan. Seharusnya saya berangkat lebih pagi dengan pesawat QZ7556 jam 05.50, namun sialnya, karena bis yang saya tumpangi dari Cikarang mengalami mogok, saya tiba terlambat di Bandara Soekarno Hatta Terminal-3. Sebenarnya masih ada sekitar 40 menit lagi sebelum berangkat, namun apa boleh buat, loket check-in sudah ditutup dan saya harus pasrah untuk terbang dengan penerbangan berikutnya (plus membayar tambahan biaya).

Saya sudah berusaha untuk bernegosiasi ke petugas jaga, namun mereka tetap bersikukuh. Apa boleh buat, saya harus menanggung resiko ini. Bagi saya yang terpenting–meski terlambat–saya mesti harus ke Yogyakarta demi niat teguh untuk berkumpul dan temu kangen bersama teman-teman blogger se-Indonesia 🙂 terlebih dari 2 pagelaran Kopdar Blogger Nusantara (Sidoarjo 2011 dan Makassar 2012) saya tak bisa hadir. Jadi pada perhelatan ketiga ini, saya bertekad datang, apapun yang terjadi 🙂

Terus terang, ini adalah pengalaman pertama saya ketinggalan pesawat. Selama kurang lebih 4 jam saya menunggu di bandara. Untunglah saya akhirnya “terdampar” di Monas Executive Lounge di lantai 2 dan bisa menghabiskan waktu disana, selain makan/minum gratis, juga tidur sejenak (saya bangun jam 02.30 pagi untuk naik bis jam 04.00 ke bandara)

Di anjungan kedatangan, saya dijemput oleh Ahmad, adik ipar saya dan langsung meluncur dengan dibonceng Yamaha Vixion ke lokasi acara di Joglo Abang. Pesawat yang saya tumpangi ini juga terlambat sekitar 30 menit. Perjalanan dari bandara kurang lebih ditempuh selama 20 menit. Berkat panduan dari mas Eko Eshape dan salah satu panitia BN2013 mas Jarwadi, serta pengalaman Ahmad yang memang sering menjelajahi wilayah Yogya, tak terlalu sulit menemukan lokasi Joglo Abang yang merupakan rumah budaya serta kerapkali digunakan beragam kegiatan yang tak terbatas di bidang budaya saja, namun juga Teknologi Informasi serta pemberdayaan masyarakat desa.

bn26

Saat saya tiba, bertepatan dengan masa istirahat. Di gerbang Joglo Abang saya disambut hangat oleh mas Gempur Abdul Ghofur, salah seorang Steering Committee (SC) BN2013. Kami lalu berpelukan hangat, melepas kangen karena terakhir kami jumpa setahun silam saat kegiatan Blogilicious di Maros. “Selamat datang mas Amril, senang sekali bisa hadir akhirnya disini,” kata mas Gempur dengan mata berbinar. Saya kemudian masuk ke dalam dan berjumpa dengan mas Jauhari, rekan sesama perjalanan ke Hongkong Disneyland 2 tahun silam. Kami juga saling menyapa akrab dan menanyakan kabar masing-masing.

bn56

bn2Setelah melakukan pendaftaran ke panitia, saya memasuki daerah dekat pelataran Joglo Abang yang terletak di Dusun Gombang, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta ini. Saya menebar pandangan ke sekeliling dan terbit rasa haru dihati. Begitu banyak blogger yang hadir dalam pertemuan kali ini. Saya memperkirakan sekitar 800-1000 orang datang di kopdar nasional ketiga kali ini. Jumlah yang lumayan besar dibandingkan kegiatan ASEAN Blogger Festival 2013 (ABFI2013) bulan Mei lalu di Solo. Sejumlah kawan yang pernah menghadiri kegiatan ABFI2013 di Solo ikut menyapa saya dengan ramah. Ada Bang Aswi, Kang Didno, mas Chandra Iman, mas Asmarie, mas Rusa Bawean, mas Hendri, mas Didik Bojonegoro, mas Agus Mulyadi (Gus Mul), mbak Indah Juli, mbak Mira Sahid, mbak Indah Nuria, mbak Mira Sahid, dan lain-lain. Rasa lelah menunggu 4 jam di bandara bagaikan “terbayar tunai” dengan kegembiraan bertemu kawan-kawan blogger.

bn5

Saya kemudian menyaksikan prosesi pembukaan BN2013 yang dibuka secara resmi oleh wakil Bupati Sleman ibu Hj. Yuni Setia Rahayu S.S., M.Hum. Dalam kata sambutannya, ibu Yuni mengungkapkan rasa bangga dan penghargaan setinggi-tingginya atas pelaksanaan Blogger Nusantara yang dilaksanakan di Yogya khususnya di Kabupaten Sleman. “Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi berharga tak hanya bagi perkembangan dunia IPTEK dan Teknologi Informasi di Sleman, namun juga bagi upaya-upaya sosialisasi kegiatan pelestarian seni dan budaya tradisional di Yogyakarta,” kata ibu Yuni yang kemudian membuka secara resmi kegiatan BN2013 dengan memukul gong.

Disamping pendopo Joglo Abang saya ketemu lagi dengan mas Anjari Umarijanto, salah satu SC BN 2013 serta mbak Mubarika Darmayanti, CEO Idblognetwork dan mas Kukuh TW, CTO Idblognetwork. Kami kemudian saling berbincang akrab satu sama lain. Mas Anjari kemudian mempersilahkan saya untuk makan siang di tempat khusus di belakang pendopo. Karena memang rasa lapar melanda hebat sejak tiba di Yogya, sayapun menuju kesana diantar salah seorang panitia. Sambil menikmati makan siang dengan hidangan tradisional ala Yogya yang lezat, saya ditemani sambil berbincang-bincang oleh mas Jarwadi dan mbak Tina Latief.

bn17

Saya kemudian menghadiri diskusi yang menghadirkan mas Eko Nugroho, pelukis mural yang juga penggiat di komunitas komik Daging Tumbuh. Menarik menyaksikan presentasi seniman kontemporer terkemuka dan pernah beberapa karya designnya menjadi motif eksklusif di produk Lous Vuitton butik ternama di dunia. Komitmennya tak hanya sebatas meraih kesempatan sebagai pelukis berskala internasional namun juga mengagas pengembangan komunitas agar bisa lahir “Eko Nugroho-Eko Nugroho” baru di Indonesia lewat Komunitas Daging Tumbuh.

bn19Pertama kali diperkenalkan kepada publik sebagai komikunderground dengan konsep melawan arus utama yang berlaku umum, Daging Tumbuh menerapkan sistem kontribusi terbuka: siapa saja bisa mengisi dan berekspresi apa saja, tanpa melalui proses seleksi atau kurasi. Sebagai media independen, Daging Tumbuh dipasarkan melalui jaringan pasar independen pula. “Respon dan antusiasme publik serta Terbukanya kesempatan untuk pembelajaran kerja bersama membuat komunitas ini kian berkembang dengan mengelola secara serius gagasan pembuatan merchandise melalui akses publik di DGMTB (daging tumbuh) Shop”, ujarnya penuh semangat.

bn52

Seusai presentasi mas Eko Nugroho, tampil grup tari IKPM Tenggamus Yogyakarta yang menampilkan tarian Bedana yang memukau. Setelah itu, giliran mas Jony Yulianto, Direktur SIGAB (Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel) Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau menjelaskan SIGAB merupakan sebuah organisasi local di Yogyakarta yang bercita-cita besar akan terwujudnya masyarakat inklusif di Indonesia. Masyarakat inklusif yang dimaksud adalah sebuah masyarakat yang menjunjung keadilan, kesetaraan serta kesamaan hak bagi difabel, sehingga masyarakat difabel dapat berpartisipasi penuh secara inklusif dalam kehidupan social mereka. Sebagai bagian dari cita-cita tersebut, maka salah satu yang menjadi kerja SIGAB adalah mengembangkan serta mendiseminasikan unit-unit layanan yang mendukung pemenuhan hak difabel secara tepat yang secara lebih nyata diturunkan ke dalam penyediaan layanan, pendampingan dan advokasi pendidikan bagi anak-anak difabel untuk memperoleh hak mereka akan pendidikan secara tepat.

“Sejak Oktober 2009, telah mendirikan sebuah unit layanan yang diberi nama Rumah Belajar Pelangi. merupakan sebuah layanan pendidikan yang didisain untuk memberikan jawaban atas kebutuhan khusus yang dialami oelh anak-anak berkebutuhan khusus seperti anak-anak dengan perbedaan kemampuan wicara/komunikasi, anak dengan keberbedaan kemampuan mental dan sebagainya yang dalam hal pendidikan pasti akan membutuhkan situasi, treatment, metode serta media pembelajaran yang berbeda”, ungkap mas Joni. Di SIGAB, lanjut mas Joni lagi, “Kami menyediakan layanan pendampingan belajar bagi anak-anak pra sekolah maupun usia sekolah untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan khusus mereka dalam belajar”.

bn72Selingan tarian khas Kalimantan yang atraktif menjadi sajian berikutnya. Hadirin begitu terpesona melihat tarian yang ditampilkan oleh empat penari wanita dan dua penari penari dengan menggunakan busana tradisional. Setelah tarian itu usai, saya dan beberapa teman blogger menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan para penarinya.

bn90

Tanpa terasa, waktu terus bergulir. Menjelang sore, ada sajian unik dari ibu-ibu setempat yang mementaskan nyanyian dengan iringan musik Gejog Lesung yaitu alat penumbuk padi tradisional. Suara mereka begitu membahana membelah petang yang sejuk di Joglo Abang. Para penonton menyambut dengan tepukan meriah. Meski suaranya terdengar “cempreng” tapi tetap saja, sajian ini sungguh menghibur,unik dan menggelitik.

bn85

Sayang sekali, saya tak bisa menghadiri secara keseluruhan acara BN2013 hingga selesai keesokan harinya tanggal 1 Desember 2013. Masih ada rangkaian kegiatan lainnya pada malam hari di Joglo Abang dan besok di Desa Wisata Tembi (seperti diungkapkan pada Run Down acara), namun malam itu, saya mesti ke rumah mertua saya di Kuncen, Tegaltirto, Sleman untuk menghadiri acara selamatan/tahlilan bersama segenap keluarga besar dan keesokan siangnya kembali ke Jakarta.

Walau tak secara utuh mengikuti acara BN2013 namun semuanya meninggalkan kesan mendalam di hati yaitu suasana semarak yang sarat dengan nuansa kesederhanaan dan kekeluargaan yang kental membuat kegiatan ini benar-benar sangat istimewa dan tentu saja Maksimal ! 🙂 .Pertemuan bersama teman-teman blogger sungguh meninggalkan jejak kenangan yang tak terlupakan. Salut dan terimakasih sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras tim panitia yang sudah berhasil mewujudkan kegiatan besar seperti ini.

Semoga saya bisa hadir kembali dalam ajang perhelatan akbar kopdar Blogger Nusantara tahun depan.

Tambahan:

Baca catatan saya juga tentang Blogger Nusantara disini dan disitu

 

Related Posts
ROMANTIKA MUDIK KE MAKASSAR (1) : SETELAH 4 TAHUN, MELAMPIASKAN RINDU
Rizky dan Alya terlihat masih mengantuk saat sahur di bandara Soekarno Hatta, Selasa (6/8) sebelum bertolak ke Makassar dengan pesawat Garuda Indonesia GA 654 jam 05.00 pagi Pesawat Garuda GA 654 ...
Posting Terkait
PENTAS “I LA GALIGO, ASEKKU!” : MANIFESTASI KEARIFAN LOKAL DALAM KARYA TEATRIKAL YANG MEMUKAU
etelah mengarungi kemacetan panjang akhir pekan, saya akhirnya tiba juga di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jum'at malam (13/5). Di tempat ini saya akan menyaksikan pentas "I La ...
Posting Terkait
KOPDAR DAN BINCANG SANTAI BERSAMA BLOGGER BEKASI
Saat tiba di Food Court Bekasi Cyber Park lantai 2 sekitar pkl.11.45 siang, bersama istri dan kedua anak saya, lokasi acara kopdar Blogger Bekasi, Minggu (26/12),  masih terlihat sepi. Belum ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN FAMILY GATHERING PT CSI DI LEMBANG BANDUNG
agi yang cerah, Sabtu (7/6) ketika rombongan keluarga besar PT Cameron Services International (CSI) sudah bersiap-siap untuk berangkat menuju Lembang, Bandung untuk melaksanakan kegiatan Family Gathering. Sejumlah anak-anak karyawan baik ...
Posting Terkait
Buku "Japan After Shock"
uasana Gramedia Matraman, Sabtu (28/1) nampak ramai ketika saya turun dari Taksi yang baru saja membawa saya dari Cikarang. Sore yang "bersahabat" gumam saya dalam hati ketika menyaksikan mentari seakan ...
Posting Terkait
NONTON MADAGASCAR 2 DI HARI PERTAMA 2009
Tepat di Hari pertama tahun 2009, saya bersama istri dan anak-anak, menonton film Madagascar 2 : Escape to Africa di Studio 1 Metropolitan Mall Bekasi. Beberapa hari sebelumnya, Rizky dan ...
Posting Terkait
WISATA BAHARI & FIELD TRIP “MENGENAL SULSEL BERSAMA ONLINERS”
Paraikatte sekalian, Ingin belajar tentang ekosistem laut? Ingin melihat kehidupan nelayan dari dekat? Menikmati sunrise di pantai? Mengunjungi hutan mangrove? Belajar tentang pengolahan sampah dan bagaimana menggunakan teknologi tepat lingkungan? Yuk ikutan ...
Posting Terkait
FILM “PLANES” : SEMANGAT KEBANGKITAN SANG PESAWAT “PECUNDANG”
ari Minggu (8/9) silam, saya bersama istri dan anak-anak menonton film "Planes" di XXI Mal Lippo Cikarang. Rizky dan Alya, kedua anak saya memang "mengincar" film ini sejak melihat Trailer-nya ...
Posting Terkait
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM BENTENG VREDEBURG HINGGA KE KOMPLEKS MAKAM RAJA IMOGIRI
ekitar pukul 11.30 siang, Rabu (30/7), kami check-out dari hotel Malioboro Palace dan dengan menumpang taksi kami pulang ke Kuncen. Disana kami bertemu dengan kakak Ipar saya, mas Sukarjana yang ...
Posting Terkait
MERAJUT KENANGAN DAN JARINGAN DALAM REUNI NASIONAL ALUMNI UNHAS
atahari menyengat begitu terik saat saya tiba di kawasan Ancol, Sabtu (30/8). Meskipun demikian tidak mengurangi semangat saya untuk menghadiri Reuni Nasional/Halal Bi Halal Alumni Unhas yang dilaksanakan di Restorant ...
Posting Terkait
ROMANTIKA MUDIK KE MAKASSAR (1) : SETELAH 4
PENTAS “I LA GALIGO, ASEKKU!” : MANIFESTASI KEARIFAN
KOPDAR DAN BINCANG SANTAI BERSAMA BLOGGER BEKASI
KEMERIAHAN FAMILY GATHERING PT CSI DI LEMBANG BANDUNG
MENGHADIRI PELUNCURAN BUKU “JAPAN AFTER SHOCK”
NONTON MADAGASCAR 2 DI HARI PERTAMA 2009
WISATA BAHARI & FIELD TRIP “MENGENAL SULSEL BERSAMA
FILM “PLANES” : SEMANGAT KEBANGKITAN SANG PESAWAT “PECUNDANG”
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM
MERAJUT KENANGAN DAN JARINGAN DALAM REUNI NASIONAL ALUMNI

19 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.