EKSOTISME IIMS 2015 YANG MEMPESONA

IMG_9511 (Copy)
Matahari bersinar terik saat saya dan putra sulung saya, Rizky tiba di pintu timur area JIEXPO Kemayoran, Hari Minggu (23/8) untuk menyaksikan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang digelar oleh Dyandra Promosindo mulai tanggal 20 Agustus hingga 30 Agustus 2015. Memasuki area pameran, terlihat ratusan pengunjung sangat antusias menyaksikan parade kendaraan baru nan eksotis maupun versi lawas yang tetap memikat.

Di Hall B kami “disambut” oleh Bat Mobile, kendaraan ikonik yang sering digunakan super hero Batman. Mobil replika 1: 1 ini dan menempati area seluas 90 meter persegi didatangkan langsung dari Amerika Serikat oleh Movie Cars, salah satu mitra pendukung IIMS. Tidak hanya itu, pada event ini Movie Cars juga menampilkan sejumlah mobil eksotik film-film Hollywood, antara lain mobil besutan Dominic Toretto (Vin Diesel) dalam Fast and Furious, KITT sang mobil pintar yang melambungkan nama David Hasselhoff dalam serial Knight Rider.

iims1

Dodge Charger R/T 1970 yang digunakan Dominic “Dom” Toretto (Vin Diesel) melawan Toyota Supra yang dikemudikan Brian Earl Spinner (Paul Walker) di film “The Fast & The Furios” (2001) tampil menawan di IIMS 2015. Mobil ini juga tampil di Furious 7 (2015) dalam sebuah “duel mobil” di atap sebuah gedung. Buat penggemar Harry Potter juga bisa menyaksikan Ford Anglia 105e Deluxe. Mobil yang di dalam film bisa terbang ini digunakan Potter dan Ron Weasley untuk masuk ke Hogwarts setelah Platform 93/4 ditutup. Tentu saja mobil yang dipajang di IIMS ini tidak bisa terbang. Bukan itu saja mobil ikon film lokal Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro) dari film “Gengsi Dong” yaitu Pontiac 1949 berwarna hijau dibuat persis dengan tampilan mobil di film tersebut. Termasuk aksesori gigi besar di grill.

IMG_9645 (Copy)

“Kami mendatangkan mobil-mobil canggih itu bukan untuk sekadar dipamerkan. Tapi, juga sebagai salah satu upaya memancing kreativitas putra-putra Indonesia. Banyak pemodifikasi muda yang penuh bakat di sini. Semoga saja mobil-mobil hebat ini bisa menginspirasi mereka untuk menciptakan karya lebih cemerlang. Ini salah satu beda IIMS sekarang dengan sebelumnya, memadukan unsur bisnis dan budaya otomotif sesuai tagline baru The Essence of Motor Show, ” papar Hendra Noor Saleh Direktur Dyandra Promosindo seperti dikutip disini. 

“Kalau dulu, APM maupun non-APM yang ikut IIMS ini hanya ada sekitar 30 an saja, tahun ini jumlahnya hingga 50 dan. Itu pun gabungan dari merek motor dan mobil, bukan mobil saja seperti sebelumnya,” tambahnya. Dia juga menjelaskan bahwa akan ada banyak acara pendukung yang telah disiapkan demi memeriahkan acara IIMS. Selain ada 50 brand mobil dan motor di acara ini, pihaknya juga akan mengadakan 50 supporting event yang berkelas dunia. Acara itu di antaranya bakal mengundang Ariana Grande, Rok Bagoros, dan Graham Jarvis. Jadi, tidak hanya pameran, acara ini bersifat menghibur juga. “Bisa dibilang kami memiliki 2 menu yang sama-sama kuat, 50 brand mobil dan motor, serta 50 supporting event berkelas dunia,” ujarnya antusias.

IMG_9519 (Copy)

Tak hanya mobil-mobil film fenomenal ditampilkan disini, namun juga mobil-mobil mantan Presiden RI juga ikut mejeng. Salah satunya adalah mobil pertama Sang Proklamator RI yaitu Buick Super keluaran 1949. Kendaraan bermesin 8 silinder inline 4063cc ini pernah digunakan Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung dan kunjungan kepresidenan ke Yogyakarta pada 1949.

IMG_9521 (Copy)

Selain Buick Super 1949, mobil dinas Soekarno lain yang tampil adalah Chrysler Window Limousine keluaran 1947. Mobil ini merupakan generasi pertama yang dilelang oleh Sekneg. Buktinya pada bagian plat depannya terdapat nomor urut 1. Kini, mobil tersebut dimiliki Hartawan Setyodiningrat. Kolektor mobil yang populer dengan sapaan Hauwke. Yang menjadi ciri khas Chrysler milik Bung Karno ini adalah cat mobilnya belum pernah diubah atau diperbaiki. Namun, tetap nampak rapi. Belum tampak bagian yang mengelupas. Terakhir, hadir Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine 1964. Mobil panjang yang kini dimiliki oleh Jimmy Syamsudin itu juga merupakan kendaraan kepresidenan yang digunakan ayah Megawati Soekarnoputri di akhir masa kepemimpinannya.

IMG_9545 (Copy)

IMG_9649 (Copy)

Saya dan Rizky kemudian melanjutkan perjalanan melihat-lihat koleksi mobil dan motor anyar di pameran ini. Sejumlah produsen kendaraan bermotor di Indonesia menggelar produk-produk terbaru mereka yang tak hanya terlihat modis dan eksotis namun juga dilengkapi dengan teknologi navigasi lebih canggih serta peralatan hiburan yang memukau. Di level “high end” mobil-mobil sport mewah seperti Lamborghini, Ferrari atau Maserati terlihat anggun memanjakan mata pengunjung.IMG_9578 (Copy)

Lamborghini Huracan Rosso Mars 2015 misalnya, menampilkan kemewahan elegan dengan warna balutan merah menyala. Mobil buatan Italia ini rangkanya terbuat dari serat karbon dan campuran aluminium dengan didukung dapur pacu mesin bertipe V10. Mobil ini menghasilkan torsi 560 Nm dengan konsumsi bahan bakar 12,5 liter per 100 kilometer. Dengan dipersenjatai dengan transmisi 7 kecepatan, mobil berlogo banteng ngamuk ini mampu berakselerasi dari posisi berhenti  sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,2 detik dan kecepatan maksimal mencapai 325 km/jam

IMG_9576 (Copy)

Lalu ada Maserati Quattroportes 2014 yang menggunakan mesin V6 berkapasitas 3.0 liter berteknologi twin turbo yang mampu menghasilkan tenaga 330 hp dan torsi 500 Nm. Dapur pacu yang dipadukan dengan transmisi ZTAT70 8 percepatan dan disalurkan ke roda belakang didukung teknologi Electronic Control System membuat mobil Eropa yang dibuat untuk menyambut perayaan 100 tahun Maserati di dunia ini mampu “ngacir” hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,6 detik.

IMG_9651 (Copy)

IMG_9597 (Copy)
Salah satu primadona pameran IIMS 2015 adalah Supercar La Ferrari, yang dijuluki sebagai mobil Hybrid terkencang saat ini karena sanggup meluncur 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik. Supercar berlogo kuda jingkrak yang pertama kali menggunakan teknologi HY-KERS. Bermodal mesin 6.3-liter V12 yang dikombinasikan dengan motor listrik membuat LaFerrari sanggup menghasilkan daya hingga 963 hp dengan torsi puncak 900 Nm. La Ferrari juga “ditemani” oleh lima model Ferrari lain seperti Enzo dan 458 Speciale.

iims7

IMG_9614 (Copy)

Jeep Grand Cherokee SRT 6,4 HEMI juga mejeng di IIMS 2015. Mobil asal Amerika Serikat ini dipersenjatai dapur pacu mesin V8 dengan inovasi Fuel Saver Technology bertransmisi 8 percepatan. Disebut sebagai Jip paling bertenaga, Grand Cherokee SRT sanggup melaju dari berhenti sampai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik. Kecepatan maksimal 255 km/jam dengan tenaga 344 kW da 6250 rotasi.

IMG_9595 (Copy)

Sepeda motor pun tak mau kalah ikut memamerkan kehebatannya. Di gerai Harley Davidson, saya takjub menyaksikan deretan motor gede fenomenal tersebut mejeng dengan gagah. Mengusung konsep “The Street Is Where I Live, Dream Ride For Urban Living”, keikutsertaan Mabua Harley-Davidson kali ini berfokus pads model terbaru yang telah ditunggu-tunggu oleh para Harley enthusiast, yaitu Harley-Davidson® Street™ 500 yang konon merupakan varian motor Harley berharga relatif murah. Harley-Davidson® Street™ 500 adalah motor yang diciptakan secara unik dan berbeda yaitu dengan membawa konsep Urban. Harga untuk motor ini adalah Rp 225 juta on the road Jakarta. Street 500 dirancang sebagai light bike yang mudah dikendarai sehari-hari berkat dimensinya yang kompak.

IMG_9603 (Copy)

Motor Listrik yang setara Superbike bermerek “Zero” juga dipamerkan disini. Zero Motorcycle merupakan motor besutan perusahaan otomotif dari Santa Cruz, California, Amerika Serikat yang merupakan hasil inovasi teknologi berbasis penelitian dan pengalaman yang didukung oleh inovasi. Di IIMS 2015, Zero menampilkan empat model. Pertama Zero FX yang dijual dengan harga Rp 179 juta (off the road) untuk tipe ZF2.8 dan ZF5.7 dijual Rp 219 juta (off the road). Zero DS punya tiga tipe dengan tawaran harga antara Rp 249 juta, Rp 279 juta dan Rp 329 juta (off the road). Untuk Zero S dijual seharga Rp 249 juta, Rp 279 juta dan Rp 328 juta (off the road). Sementara Zero SR yang punya dua tipe di jual Rp 299 juta untuk tipe ZF12.5 (off the road) dan Rp 339 juta (off the road) untuk tipe ZF12.5+power tank

IMG_9616 (Copy)

Saya sangat tertarik pula pada penampilan Sepeda Listrik (e-bike) Italjet yang memiliki design vintage yang elegan, mewah, ramah lingkungan. Di pameran ini mereka menyediakan pula arena test drive bagi pengunjung yang berminat menjajal sepeda listrik premium asal Italia yang dijual resmi di Indonesia melalui PT Garansindo Technologies itu. Saya jadi kepingin memiliki Sepeda Listrik seperti ini, lumayan buat dipakai jalan-jalan ataupun ke kantor 🙂

Total ada 5 tipe sepeda listrik yang tersedia, seperti Angel, DiablOne, Ascot, Ascot Sport dan Mantra. “Italjet Mantra merupakan sepeda listrik yang memiliki desain spesial, sangat cocok untuk para kolektor,” jelas Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer Garansindo Group seperti dikutip dari sini. Selain dikayuh seperti sepeda pada umumnya, sepeda ini juga dilengkapi dengan motor listrik berspesifikasi 36Vx350W. kecepatan maksimum yang dapat diraih sekitar 25 km/h dengan jarak tempuh sekitar 70-90 km. Total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian ulang baterai sekitar 4 jam saja.

IMG_9620 (Copy)

Selain Italjet PT Garansindo Technologies juga meluncurkan brand Peugeot Scooter di ajang IIMS 2015 ini. Brand motor berusia 118 tahun ini tampil membawa beberapa model andalannya, termasuk tiga model yang baru diluncurkan, Scooters Django 150cc, CityStar 200cc dan Metropolis 400cc.Hadir diantara model-model terbaru Peugeot Scooters, model vintage Peugeot S55 juga tampil bareng setelah diterbangkan langsung dari Musee de l’Aventure Peugeot di Sochaux, Perancis.

Secara umum, sebagai pengunjung saya sangat puas menyaksikan secara langsung IIMS 2015. Pagelaran IIMS tahun ini tak hanya sekedar jualan dan menggandeng banyak pihak untuk meramaikannya namun melibatkan Semua elemen yang terkait dengan dunia otomotif, mulai dari UMKM, industri komponen dalam dan luar negeri, Pemda DKI Jakarta, hingga komunitas, merupakan sebuah nilai tambah yang mengesankan.

Salut dan sukses untuk penyelenggaraan acara keren ini !

 

Related Posts
“GEBRAKAN” SASTRA DARI MAKASSAR
Media citizen journalism Panyingkul! (www.panyingkul.com), kafe baca Biblioholic, penerbit Nala Cipta Litera dan Forum Tenda Kata meluncurkan inisiatif Sastra dari Makassar, upaya yang dikerjakan secara independen dengan mengandalkan partisipasi lembaga ...
Posting Terkait
KEMATIAN ITU NASEHAT KEHIDUPAN
Saya bersama Almarhum Ilham, duduk disebuah acara Bazaar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNHAS, sekitar bulan Juli tahun 1992 Judul posting diatas diucapkan oleh Agus Kuncoro Adi, pemeran Azzam ...
Posting Terkait
IDUL FITRI DAN “PENGGELEDAHAN DIRI”
dul Fitri bagi saya adalah sebuah “jalan” untuk penggeledahan diri. Introspeksi, melihat lebih dalam sejauh mana saya memaknai hari kemenangan itu dalam nuansa perenungan tentang kualitas ibadah yang saya lakoni ...
Posting Terkait
BETAPA SYAHDU SUARA MESIN KETIK ITU..
Saya sedang mengetik tulisan di ruang redaksi "Identitas" UNHAS tahun 1992 DALAM sebuah perbincangan santai saya bersama Budi Putra (Proffesional Blogger pertama di Indonesia dan CEO Asia Blogging Network), Syaifullah Daeng ...
Posting Terkait
MENULIS, BLOGGING DAN PERGAULAN VIRTUAL
“Writing is an exploration. You start from nothing and learn as you go.” E. L. Doctorow quotes (American Author and Editor, b.1931) Taken from : www.thinkexist.com/quotation   MENULIS sudah menjadi bagian dari hidup ...
Posting Terkait
CINTA YANG MENUMBUHKAN, CINTA YANG MEMBERDAYAKAN
aya selalu terpukau pada kemampuan ayah merawat tanaman. Pada saat pulang ke Makassar November tahun lalu, saya kaget melihat bibit bunga Anthurium yang beliau bawa saat menengok kami sekeluarga di Cikarang ...
Posting Terkait
WISATA BUDAYA MADURA (4) : KEMEGAHAN KERATON SUMENEP DAN PESONA MASJID JAMI’ YANG MENGGETARKAN
atahari bersinar cerah, hari Sabtu (14/12), saat kami semua berkumpul di ruang makan Hotel Family Nur Sumenep. Badan saya relatif sudah terasa lebih segar, seusai sarapan dan tidur cukup setelah ...
Posting Terkait
SESUDAH PESTA, TERUS MAU APA?
HISTERIA Pesta Blogger 2007 baru saja usai. Saya masih merasakan betapa gegap gempitanya acara yang diselenggarakan di sebuah bioskop terkenal yang berada di sebuah "kompleks" pertokoan mewah di pusat ...
Posting Terkait
CATATAN DARI FESTIVAL JAJANAN BANGO NUSANTARA DI BEKASI
anas terik menyongsong kami sekeluarga kemarin pagi, Sabtu (23/4) saat kami tiba di Lapangan Serbaguna yang terletak tak jauh dari Terminal Bekasi tempat pelaksanaan Festival Jajanan Bango Nusantara 2011. ...
Posting Terkait
DELLIANI : “MY NEW BLOGGING WEAPON”
Kehadiran si Delliani, sebuah nama yang saya sematkan pada Netbook DELL Inspiron Mini 9 yang saya terima kemarin sebagai hadiah doorprize saat peluncuran produk Dell Terbaru di Plaza FX tanggal ...
Posting Terkait
YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (20)
1. Ayo ikut Kompetisi Blog bertaraf Internasional!Kompetisi di Best of Blogs yang diselenggarakan oleh Deutsche Welle, telah dimulai sejak 31 Agustus dan ditutup tanggal 30 September 2008. Yang istimewa adalah, ...
Posting Terkait
GAYA SI DRUMMER CILIK
  Dalam acara Roadshow Blogshop Kompasiana di Restoran Samikuring Cikarang hari Minggu,5 Juli 2009, anak sulung saya Rizky tampil memperagakan kemampuannya menggebuk drum.  Pokoknya, beres deh, nanti langsung didaftarkan di Kursus Musik ...
Posting Terkait
PUISI :  PADA TETES PERTAMA EMBUN PAGI RAMADHAN
Pada tetes pertama embun pagi bulan Ramadhan tahun ini Kita menyaksikan pantulan cinta tak bertepi dariNya yang memancar kemilau dari kebeningan permukaan di rerumputan menyongsong fajar yang muncul malu-malu seusai Subuh dengan getar pesona ...
Posting Terkait
DESPERATE SEEKING CHILD – AN EPIC STORY
Di pucuk alam, saya menyaksikan kedua anak saya, Alya dan Rizky, tertidur pulas. Putra tertua saya. Rizky, meringkuk bersama guling disampingnya. Dengkur halus terdengar dari bibirnya yang mungil. Tak jauh ...
Posting Terkait
AMPROKAN BLOGGER 2010 (3) : NUANSA MERAH MUDA MEREBAK DI BANTAR GEBANG
Bis yang mengangkut peserta Amprokan Blogger bergerak dari Tugu Bina Bangsa menuju UKM (Usaha Kecil Menengah) Boneka di kawasan Bantar Gebang. Lumayan jauh juga, sekitar 15 km dari lokasi kunjungan ...
Posting Terkait
OLEH-OLEH PERJALANAN DARI MAKASSAR (2)
Seusai Makan Siang, saya langsung "diculik" secara sukarela oleh kawan lama saya satu SMP dan SMA dulu, Muh.Irdan AB dan istri serta Rinsy Nilawati yang juga kebetulan hadir dalam Seminar ...
Posting Terkait
“GEBRAKAN” SASTRA DARI MAKASSAR
KEMATIAN ITU NASEHAT KEHIDUPAN
IDUL FITRI DAN “PENGGELEDAHAN DIRI”
BETAPA SYAHDU SUARA MESIN KETIK ITU..
MENULIS, BLOGGING DAN PERGAULAN VIRTUAL
CINTA YANG MENUMBUHKAN, CINTA YANG MEMBERDAYAKAN
WISATA BUDAYA MADURA (4) : KEMEGAHAN KERATON SUMENEP
SESUDAH PESTA, TERUS MAU APA?
CATATAN DARI FESTIVAL JAJANAN BANGO NUSANTARA DI BEKASI
DELLIANI : “MY NEW BLOGGING WEAPON”
YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (20)
GAYA SI DRUMMER CILIK
PUISI : PADA TETES PERTAMA EMBUN PAGI
DESPERATE SEEKING CHILD – AN EPIC STORY
AMPROKAN BLOGGER 2010 (3) : NUANSA MERAH MUDA
OLEH-OLEH PERJALANAN DARI MAKASSAR (2)

4 comments

  • Sepeda listrik? Ooh sepeda yang bisa jadi motor juga ya …. oiya, bbrp kali lihat di Jl. Monginsidi, ada seorang ibu berjilbab yang naik sepeda tapi kakinya tidak mengayuh, kakinya diam saja. Itu berarti sepeda listrik ya, Kak …

    • Amril Taufik Gobel

      Iya betul itu sepeda listrik, Niar. Saya sempat test drive Italjet ini dan jadi tertarik pengen beli juga buat tunggangan ke kantor 🙂

  • pameran otomotifnya seru juga di Jakarta, baru tahu juga ada motor listrik-apa saya yang kudet ya mas..hehehe

  • Peugeot Scooter oke banget om SPGnya. eh salah.. Maksudnya motornya ok banget. baru masuk ke indonesia ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.