JEDA KARIR DAN UPAYA MEREVITALISASI “MOVE-ON”

526506_10151800394393486_932714590_nPemberitahuan itu datang tak terduga di Jum’at siang, 18 Maret 2016.

Meski terus terang, sebenarnya saya sudah mempersiapkan fisik maupun mental menerima segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi dengan mengamati situasi terkini, tapi tetap saja kabar itu membuat saya tersentak kaget dan juga tak percaya. Ya, saya menjadi salah satu diantara empat orang karyawan kantor PT Cameron Services International yang terkena dampak “rasionalisasi” pasca krisis migas dunia yang terus mendera dan makin memburuk. Ini adalah kali kedua saya mengalami kejadian serupa. Sebelumnya saya pernah mengalaminya di PT Timori Putra Bangsa ketika anak perusahaan Timor Grup yang bercita-cita membuat motor nasional yang mengadopsi teknologi Cagiva Italia ini tutup di tahun 1999, pasca krisis moneter parah melanda Indonesia.

Seperti Dejavu’ rasanya.

Tiba-tiba saya gamang dan bertanya-tanya tentang masa depan, tentang apa yang akan saya katakan pada istri dan anak-anak saya kelak saat pulang ke rumah nanti, tentang bagaimana kami menjalani hidup yang tentu berbeda dengan rutinitas yang kerap kami alami selama 4,8 tahun terakhir ini, bagaimana saya menghadapi status terbaru saya pasca kejadian itu sebagai “pengangguran”serta apakah saya bisa segera mendapatkan tempat kerja baru lagi ?

Dengan tangan bergetar saya menandatangani surat konfirmasi “rasionalisasi” itu dan memandang wajah atasan saya satu per satu, seakan mencari jawaban apakah keputusan ini sudah final, masih bisa dirubah dan dipertimbangkan kembali. Bahkan sempat terbersit di pikiran saya bahwa apa yang saya alami ketika itu hanya mimpi belaka. Tapi sia-sia. Ini nyata adanya. Saya mesti menghadapi situasi yang berbeda saat yang saya alami dulu di Timori dimana saat itu kami semua diberhentikan secara bersama-sama.

71863_10151411952338486_1917613997_n

Sore itu, seusai membenahi meja kerja dan mengembalikan inventaris kantor yang selama ini saya gunakan, saya duduk termangu di kursi yang telah menemani saya menjalani hari demi hari di PT Cameron Services International (CSI). Terbayang segala kenangan indah yang pernah terjadi. Mulai dari menjadi Ketua Panitia Employee Gathering ke Bali tahun 2012, menjadi Ketua program CSR dengan membangun ruang kelas baru di SD Karang Baru 06 Cikarang Utara serta menyumbangkan buku & komputer di tahun 2013, training Super User Optimus ERP di Perth, Australia, membantu tim sales/marketing dengan presentasi profil perusahaan di PT.Energy Sengkang, PT.Energy Equity serta PT Vale Indonesia tahun lalu dan tentu saja interaksi penuh nuansa kekeluargaan yang kental antar karyawan, membuat saya tiba-tiba jadi begitu terbawa perasaan sentimentil.

Saya menghela nafas panjang. Tak terasa mata saya basah ketika mengelus permukaan meja kerja saya, untuk terakhir kali. Setelah bersalaman dan menyampaikan pamit kepada teman-teman kantor, saya pulang ke rumah mengendarai motor Honda Revo yang telah setia menemani saya selama 4 tahun lebih itu. “One last ride from Cameron,”gumam saya lirih menirukan kalimat salah satu pemeran Fast & Furious VII tersebut. Langit Cikarang terlihat mendung pada petang yang kian temaram.

Istri saya menyambut di gerbang pagar rumah dengan senyumnya yang fenomenal. Seperti biasa. Setelah memarkir motor, saya lalu mengajaknya bicara berdua dan menyampaikan kabar yang telah menimpa saya Mulanya memang ia terkejut, tapi istri saya kembali bisa menguasai diri. “Gak apa-apa kok Pa, semua diambil hikmahnya saja. Mungkin ini justru bagian dari rencana terbaik Allah SWT untuk kita sekeluarga. Jadi tetap tenang dan fokus. Bangkitlah. Papa adalah petarung sejati, sudah merantau jauh dari kampung hampir 30 tahun disini dan menjadi suami serta ayah terbaik untuk kita semua. Tetaplah seperti itu. Kami selalu berdoa dan mendukung Papa kok” kata istri saya lembut sembari mengangsurkan segelas teh manis hangat. Wajahnya yang teduh membuat galau hati saya terlerai jauh.

481651_10151471748728486_1796648820_n

Tiba-tiba saya teringat tulisan di buku “Sukses Jadi Profesional” karya Eileen Rahman (Gramedia,2015). Dalam buku tersebut, Eileen mengutip buku “Great by Choice” oleh Jim Collins. Digambarkan ada dua kelompok pengembara Arktik. Kelompok pertama berdisiplin berjalan 20 mil per jam. secara teratur, tidak kurang tidak lebih. Sementara kelompok kedua kecepatan berjalannya tergantung cuaca. Hasilnya kelompok yang disiplin, konsisten dengan komitmennya bisa bertahan dan lebih cepat mencapai tujuan. Dengan kata lain, kita tidak perlu menunggu sampai kondisi memudahkan kita untuk bergerak, tetapi justru kita perlu maju terus, apapun yang terjadi.

Inspirasi itu dan kalimat penuh semangat dari istri tercinta membuat saya tersadar. Kejadian ini tak lantas membuat saya harus terpuruk pada kesedihan mendalam. Saya harus “move on” dan bangkit penuh percaya diri. Episode karir saya di PT.CSI memang sudah berakhir, tapi itu bukan berarti saya juga harus berhenti sampai disitu. Masih ada banyak “pintu” di luar sana untuk mencari rezeki yang halal dan berkah bagi keluarga tercinta, meski memang tentu tak mudah pada situasi ketika gelombang PHK ratusan ribu karyawan mendera Indonesia beberapa waktu terakhir ini serta tentu usia saya yang sudah tak muda lagi.

29622_10151272554298486_1435575107_n

Seusai sholat Tahajjud, kami berdua saling berpelukan di keheningan malam. Bukan meratapi nasib, tapi saling menguatkan dan memanjatkan doa. Sebagai pasangan hidup, istri tercinta dengan ketabahan yang luar biasa mengalirkan semangat pada saya, tanpa henti. Cobaan yang kami alami menjelang ulang tahun saya ke 46 (9 April 2016) dan ulang tahun pernikahan kami ke 17 (10 April 2016) memang tak ayal sempat membuat kami limbung tapi tidak lantas membuat kami goyah dalam situasi melankolis berkepanjangan. Kami meyakini, sembari berikhtiar, pertolongan Allah SWT akan datang bagi hamba-hambaNya yang senantiasa berdoa dan bersyukur.

Alhamdulillah, sejumlah kawan datang mengulurkan bantuan merekomendasikan saya kepada jejaring mereka. Dan pada hari Selasa, 22 Maret 2016 saya dipanggil wawancara untuk posisi sebagai Sales Manager di sebuah perusahaan trading asing terkemuka di Jakarta PT.Fedsin Rekayasa Pratama berkat rekomendasi seorang kawan. Saya akhirnya diterima dan mulai bekerja tanggal 11 April 2016.

Kini, saya mencoba menikmati masa-masa jeda karir dengan mengisinya dengan berbagai aktifitas, antara lain menekuni kegiatan blogging yang saya sukai. Termasuk membantu pekerjaan istri di rumah dan merawat tanaman. Pada sisi pekerjaan, saya pasti akan belajar hal-hal baru lagi karena kelak akan bertugas di garis depan (front line) memimpin tim Sales/Marketing setelah sebelumnya berada di “garis belakang” pada posisi Supply Chain. Tantangannya sungguh berat dan tak mudah, terlebih ada target yang harus dicapai.

Saya teringat, saat pertama kali bekerja di PT.CSI (waktu itu masih bernama PT.Geographe Energy Indonesia) yang letaknya tak jauh dari rumah, saya menulis disini. Setelah 4 tahun lebih saya berada di “zona nyaman” –pulang pergi ke kantor “lebih siang” dan jauh dari kemacetan lalu lintas –sekarang saya kembali bekerja di Jakarta. “Anggap saja selama 4 tahun di CSI Cikarang, Papa sedang “Re-charge” batterainya untuk kemudian kerja lagi di Jakarta dengan suasana lebih segar,” canda istri saya seraya tersenyum. Saya lalu mencubit pipinya dengan gemas dan merengkuhnya mesra ke dalam pelukan.

Sore itu, saya menyaksikan lengkung pelangi di langit seusai gerimis di teras rumah mungil kami.

Indah sekali..

.

Related Posts
PEPOHONAN YANG MELANTUNKAN PUISI DI CENTRAL PARK NEW YORK
Featureless people glide with dim motion through a quivering blue silver; Boats merge with the bronze-gold welters about their keels. The trees float upward in gray and green flames. Clouds, swans, ...
Posting Terkait
KETIKA RIZKY MENJALANI OPERASI USUS BUNTU
ada Rabu siang (11/11), anak tertua saya Rizky yang baru pulang sekolah mengeluh sakit pada perutnya di bagian sebelah kanan bawah kepada sang bunda. "Ma, sakit sekali kalau jalan, lari ...
Posting Terkait
KUMPUL BERSAMA DI SAUNG BELAJAR & TAMAN BACAAN EXCELLENT
icara soal Taman Bacaan, saya selalu memiliki kenangan manis tentang itu. Saat masih jadi pelajar SMP dan SMA dulu di Kabupaten Maros (30 km dari Makassar), saya adalah pelanggan tetap ...
Posting Terkait
PUISI : ZIARAH PADA KELAM KENANGAN
Kita telah begitu lama mencumbu sunyi seraya menyaksikan pucuk-pucuk pohon trembesi di boulevard meliuk pelan diterpa angin pada batangnya yang kokoh kita menyandarkan harapan bermimpi keajaiban akan terjadi, memagut segala asa yang terbang dan ...
Posting Terkait
Siap On Air !
Kemarin sore, Minggu (27/3) saya berkesempatan menghadiri wawancara bersama radio DFM 103,4 bertempat di ruang siaran studio mereka di Perumahan Buncit Indah, Jl.Mimosa 1 No.A 7 Pejaten. Berangkat dari Cikarang ...
Posting Terkait
KEMERIAHAN PERAYAAN TAHUN KEDUA FUTSAL IKA TEKNIK UNHAS
ari Minggu (20/12) saya bersama si sulung, Rizky, datang ke acara Silaturrahmi dan perayaan tahun kedua futsal IKA Teknik Unhas di hanggar Arena Pancoran Jakarta. Suasana terlihat meriah saat itu. ...
Posting Terkait
CATATAN DARI LOKAKARYA ENERGI NASIONAL : KETAHANAN ENERGI UNTUK KEDAULATAN & KEMAKMURAN NEGERI (Bagian Kelima)
antan Wakil Komisaris Utama Pertamina DR.Ir.Umar Said tampil pada kesempatan berikutnya pada sesi pembahasan Hulu Energi. Pak Umar Said membuka pembahasannya dengan pernyataan yang menghentak: "Ketahanan energi dinilai kuat jika, ...
Posting Terkait
FILM SKYFALL : AKSI SANG JAGOAN PADA TEPIAN TAKDIRNYA
aat kunjungan ke Batam pekan silam, saya berkesempatan untuk menonton film "Skyfall" di Nagoya Hill Mal. Sebagai penggemar film serial 007 saya senantiasa tidak melewatkan waktu untuk menonton aksi James ...
Posting Terkait
RIZKY DAN KEHEBOHAN PROSES KHITANNYA DI RUMAH SUNATAN
aya dan isteri benar-benar sangat terkejut pada apa yang sudah dilakukan anak pertama kami, Rizky. Dua bulan silam, saya terhenyak kaget saat menyaksikan kalender bulan April 2012. Pada tanggal 6 ...
Posting Terkait
SOLUSI CANGGIH DAN ELEGAN BERSAMA SAMSUNG GALAXY NOTE 10.1
ejak membeli Samsung Galaxy Tab 10.1 tahun silam, saya sudah merasakan sensasi menjelajahi fitur demi fitur canggih dalam gadget tersebut untuk mendukung aktifitas online saya sehari-hari. Beragam aplikasi yang dimiliki ...
Posting Terkait
DAPAT HADIAH JERSEY BARU & SEPEDAAN PUN SEMAKIN SERU !
ungguh sebuah kebahagiaan dan kejutan luar biasa buat saya dapat hadiah spesial berupa Jersey (kaos khusus bersepeda) dari Pak Faisal Mahbub, salah satu anggota mailing list Cikarang Baru dan anggota ...
Posting Terkait
KETIKA POTENSI ITU “MENETAS” DI “IDENTITAS”
Saya menyampaikan kata Sambutan sebagai Redaktur Pelaksana "identitas" pada acara ramah tamah HUT Identitas ke 18 di kediaman Rektor UNHAS Prof.DR.Basri Hasanuddin, 16 Januari 1992 TAK pernah sekalipun terlintas dalam benak ...
Posting Terkait
IKLAN ALWAYS ON : MEMBANGUN INTERAKSI DENGAN KEBEBASAN YANG NYATA
aya termasuk salah satu pemerhati iklan-iklan yang ditayangkan di Televisi. Salah satu yang sempat "mencuri" perhatian saya iklan "AlwaysOn" dari provider seluler Three yang belakangan ini begitu intens menyampaikan promosi ...
Posting Terkait
SELAMAT ULANG TAHUN KEENAM, RIZKY!
Kehadiranmu membuat hati kami bertalu gembira Membasuh pedih hati dan melerai duka Dari tiga puluh enam purnama yang kami lalui dalam sepi nestapa Anakku, yang datang bagai sebuah anugerah dari surga ketika tangismu pecah pertama ...
Posting Terkait
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
Lihatlah gadis yang berjalan sendiri di pinggir sungai Lihatlah rambutnya yang panjang dan gaunnya yang kuning bernyanyi bersama angin Cerah matanya seperti matahari seperti pohon-pohon trembesi Wahai, cobalah tebak kemana langkahnya pergi (“Gadis dan Sungai”, ...
Posting Terkait
LAMPU JALAN FUNKY BEYBEH!
Semalam, saya berhasil membuat sebuah terobosan baru dalam bidang teknologi per-lampu-jalanan. Jangan melotot takjub dulu. Ini bukanlah suatu inovasi teknologi yang melibatkan piranti-piranti canggih masa kini. Dibutuhkan bekal sedikit kegilaan ...
Posting Terkait
PEPOHONAN YANG MELANTUNKAN PUISI DI CENTRAL PARK NEW
KETIKA RIZKY MENJALANI OPERASI USUS BUNTU
KUMPUL BERSAMA DI SAUNG BELAJAR & TAMAN BACAAN
PUISI : ZIARAH PADA KELAM KENANGAN
WAWANCARA DI RADIO DFM 103,4
KEMERIAHAN PERAYAAN TAHUN KEDUA FUTSAL IKA TEKNIK UNHAS
CATATAN DARI LOKAKARYA ENERGI NASIONAL : KETAHANAN ENERGI
FILM SKYFALL : AKSI SANG JAGOAN PADA TEPIAN
RIZKY DAN KEHEBOHAN PROSES KHITANNYA DI RUMAH SUNATAN
SOLUSI CANGGIH DAN ELEGAN BERSAMA SAMSUNG GALAXY NOTE
DAPAT HADIAH JERSEY BARU & SEPEDAAN PUN SEMAKIN
KETIKA POTENSI ITU “MENETAS” DI “IDENTITAS”
IKLAN ALWAYS ON : MEMBANGUN INTERAKSI DENGAN KEBEBASAN
SELAMAT ULANG TAHUN KEENAM, RIZKY!
POHON TREMBESI : MENEBAR KESEJUKAN, MENUAI KETEDUHAN
LAMPU JALAN FUNKY BEYBEH!

27 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.