METAVERSE, KENISCAYAAN DIGITAL DAN TANTANGAN DUNIA KONSTRUKSI

Fenomena Metaverse menjadi salah satu trend pembicaraan hangat yang berkembang akhir-akhir ini. Teknologi yang menghubungkan dunia virtual dan fisik tersebut tampaknya akan segera bisa terwujud dalam berapa tahun ke depan. Dua raksasa dunia digital, Facebook dan Microsoft sudah melakukan riset dan implementasi metaverse sebagai bagian dari kegiatan mereka.

Konsep Metaverse berasal dari novel “Snow Crash” yang diterbitkan oleh Neal Stephenson pada tahun 1992, dan mewakili dunia virtual tiga dimensi di mana: ‘Meta’ berarti maya dan abstrak, dan ‘verse’ berarti alam semesta.

Metaverse sendiri bisa dimaknai sebagai konstruksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi dengan diri mereka sendiri melalui avatar yang dibuat oleh mereka sendiri untuk masuk ke dalam lingkungan metaforis virtual tanpa batasan temporal (waktu) dan spasial (ruang).

Pada dunia Metaverse ini memungkinkan pengguna dapat berinteraksi secara sosial dan ekonomis dengan lingkungan online virtual dan multi-pengguna tiga dimensi yang imersif (memiliki kesan seperti di dunia nyata).

Meski sampai saat ini metaverse masih belum sempurna namun secara pasti akan menjelma menjadi keniscayaan dengan ditunjukkan perkembangan yang luar biasa dalam bidang Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) juga Mixed Reality (MR) yang mengakselerasi pengembangan metaverse dimana oleh banyak kalangan diyakini akan matang dalam beberapa tahun mendatang.

Lantas bagaimana peran Metaverse ini dalam dunia konstruksi?

Pada sebuah kesempatan, Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan pernyataan bahwa pembangunan infrastruktur yang efisien dan berkesinambungan adalah salah satu kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Peran sektor konstruksi tentulah menjadi hal krusial dalam mewujudkan proyek pembangunan infrastruktur di berbagai daerah Indonesia yang berjalan dengan lancar dan efisien. Tentunya, pemanfaatan teknologi adalah salah satu andalan untuk merealisasikannya.

Sebagai bagian dari sektor AEC (Architecture, Engineering, and Construction) Industri konstruksi mendapatkan tantangan hebat untuk beradaptasi dengan kondisi aktual saat ini, dimana pada era transformasi digital yang terus berkembang dan mendisrupsi berbagai sektor industri.

Sektor konstruksi masih relatif lambat akselerasinya dibanding sektor yang lain seperti retail, transportasi, finansial, dan manufaktur.

Teknologi Building Information Modeling (BIM) yang disebut juga teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0. mau tidak mau harus diadopsi sektor konstruksi di era digital saat ini. BIM merupakan sebuah metode baru untuk permodelan di bidang arsitektur, teknik dan konstruksi untuk infrastruktur yang mengintegrasikan model virtual beserta data atau informasi teknisnya.

Sayangnya, seperti dikutip dari rilis Autodesk (15/9/2021), adopsi BIM di Indonesia masih tergolong relatif lambat. Padahal berbagai pelaku industri AEC di Indonesia sebenarnya sudah menyadari pentingnya sektor ini selama bertahun-tahun, namun implementasinya di berbagai proyek masih rendah.

Padahal, pasar konstruksi Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan keempat terbesar di Asia. Sudah semestinya adopsi BIM menjadi perhatian, terlebih pemerintah juga telah mencanangkan pembangunan infrastruktur senilai US$ 450 miliar hingga 2022.

Sebagai contoh, penerapan BIM di negeri jiran Malaysia yang sudah sejak 2007 digunakan oleh Departemen Pekerjaan Umum Malaysia. Bahkan di tahun 2011, Dewan Pengembangan Industri Konstruksi diberi mandat untuk mendorong implementasi BIM di negara Jiran tersebut.

Vietnam juga tidak ketinggalan dalam adopsi BIM, di mana pemerintahnya telah menerapkan peta jalan dan kerangka kerja (framework) untuk mendorong penggunaannya sejak tahun 2015.

Sebuah studi dari McKinsey juga menemukan 75 persen perusahaan yang telah mengadopsi BIM memberikan respons positif terkait dengan investasi, siklus proyek yang lebih pendek dan peningkatan efisiensi, termasuk penghematan dokumen kerja non-digital dan biaya material.

Selanjutnya menurut Autodesk dalam rilisnya tersebut, Indonesia memiliki prospek positif dalam adopsi BIM dan kapabilitas digital lainnya di Indonesia, khususnya di sektor industri Konstruksi.

Haresh Khoobchandani, Vice President, APAC, Autodesk, kurang dari setengah perusahaan di Indonesia telah memulai proses transformasi digitalnya. Namun, khusus sektor konstruksi masih relatif lambat dalam mengadopsi teknologi digital.

Keniscayaan digital yang terjadi dimasa depan, termasuk teknologi Metaverse merupakan salah satu peluang sekaligus tantangan bagi industri konstruksi di Indonesia. Penerapan BIM bisa dikembangkan lebih luas dalam semesta virtual yang interaktif di Metaverse dengan aplikasi AR, VR dan MR berbasis “big data” yang memungkinkan proses pengambilan keputusan lebih komprehensif dan akuntabel.

Penggunaan teknologi Metaverse dimasa depan pada industri konstruksi memberikan ruang kreasi lebih besar dalam perancangan juga proses interaksi antar bagian melalui simulasi digital.   Penyelenggaraan Metaverse tak hanya berhenti   di tahap perencanaan, pelaksanaan hingga operasional, tapi juga mencakup tahap pengadaan barang dan jasa serta audit.

Tentu saja untuk menghadapi tantangan era Metaverse tersebut, persiapan SDM perlu dilakukan untuk menghadapi transformasi digital yang kian kencang menerpa. Tak sekedar hambatan utama transformasi digital, namun ancaman lain juga yaitu keamanan siber dan pembajakan perangkat lunak (software) perlu menjadi perhatian.

Semoga insan Nindya dengan segala kompetensi dan pengalaman yang dimiliki bisa lebih siap menghadapi transformasi digital –termasuk kehadiran Metaverse—mampu menjawab semua tantangan global dimasa depan.

Catatan:

Dimuat di Majalah Internal Nindya Karya “Think” edisi Maret 2022

Related Posts
CATATAN DARI CSCP TRAINING 2013 : MEMBANGUN TATA KELOLA RANTAI SUPPLY YANG MUMPUNI
inggu lalu (29-31 Oktober 2013), saya akhirnya berhasil menyelesaikan materi pelatihan seluruh modul dari Certified Supply Chain Professional (CSCP) yang diselenggarakan oleh PQM (Productivity & Quality Management) Consultant di Hotel ...
Posting Terkait
MENUJU PESTA BLOGGER DI TAHUN KEEMPAT
Gegap Gempita penyelenggaraan hajatan kopdar blogger terbesar di dunia, Pesta Blogger 2010, sudah mulai terasa di berbagai blog dan jaringan sosial media belakangan ini. Mulai dari  Kicauan di twitter, update ...
Posting Terkait
KEMUDAHAN, STABILITAS DAN KECEPATAN DALAM GENGGAMAN
Rizky dan Tablet Samsung Galaxy Tab 10.1 yang ditenagai oleh Telkomsel Flash ebutuhan akan hadirnya koneksi internet yang cepat, stabil dan mudah selalu menjadi dambaan semua orang di era cyber saat ...
Posting Terkait
MAAFKANLAH, DAN HIDUP AKAN TERASA JAUH LEBIH INDAH
"Rela Memaafkan Adalah Jalan Terpendek Menuju Tuhan"(Gerard G.Jampolsky dalam bukunya "Forgiveness, The Greatest Healer of All") Saya mengelus pipi dengan rasa geram luar biasa. Bahkan oleh ayah sendiri sekalipun, saya tidak ...
Posting Terkait
MENYUSURI SUNGAI SUMIDA, MERAYAKAN KEINDAHAN METROPOLITAN
ada tahun 1995, saat berkesempatan mengikuti pelatihan di Kyoto, terbersit keinginan di hati saya untuk bisa dapat mengunjungi juga kota Tokyo, yang keduanya berada di negeri Sakura, Jepang itu, Sayangnya, ...
Posting Terkait
TRADISI TUMBILOTOHE YANG MENGESANKAN
enangan masa remaja itu masih melekat di hati hingga kini. Menjelang akhir Ramadhan, saat baru saja tamat SMA , saya berkunjung ke tanah kelahiran kedua orang tua saya — juga kampung ...
Posting Terkait
STATUSBOOKS, JEJARING SOSIAL KEREN ALA INDONESIA
Sebuah jejaring sosial keren buatan anak Indonesia telah lahir : Statusbooks. Hari ini saya baru saja mendaftarkan diri dan bergabung dengan situs yang digagas oleh Kompasianers (penggiat blog Kompasiana) terpopuler ...
Posting Terkait
FILM TIGA SEKAWAN : MENGUNGKAP MISTERI HANTU DI RUMAH TUA
aya akhirnya memenuhi keinginan 2 buah hati tercinta untuk menonton film ini, Sabtu (26/1) di XXI Mall Lippo Cikarang. Mereka penasaran melihat aksi 3 sekawan mengungkap misteri hantu setelah menonton ...
Posting Terkait
“BEHIND THE SCENE”HONGKONG DISNEYLAND BLOGGER TOUR (Bagian Kedua)
Penataan eksterior Taman Disney Hongkong sungguh sangat memukau. Tentu termasuk pula beberapa patung-patung bernuansa karakter Disney yang berada pada sisi-sisi 4 Zona berbeda ditempat tersebut. Ternyata, patung-patung itu menarik minat blogger-blogger ...
Posting Terkait
BLOGGER GATHERING MOBIL123 : MENEMUKENALI MOBIL PILIHAN IDAMAN KELUARGA
entari akhir Maret menyapa hangat saat saya tiba di Pisa Cafe Mahakam lokasi blogger gathering bersama Mobil123 bertema "Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga" , Selasa (29/3). Beberapa rekan blogger seperti Teteh Okti ...
Posting Terkait
BUKU “CELOTEHAN LINDA” : SENTILAN HUMANIS & MEMORI KEHIDUPAN DALAM CATATAN
Judul Buku : Celotehan Linda (Jurnalis, Penulis, Humanis) Penerbit : Kaki Langit Kencana, 2012 Penulis : Linda Djalil Kata Pengantar : Bondan Winarno Halaman : xvii + 426 Halaman Cetakan ...
Posting Terkait
FILM AMAZING SPIDERMAN-2 : PADUAN ROMANTISME REMAJA & AKSI SPEKTAKULER YANG MEMUKAU
epat di hari libur dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional, Kamis (1/5) kemarin, saya dan keluarga berkesempatan untuk menonton film "Amazing Spiderman-2 - Rise of Electro" di XXI Mall Lippo ...
Posting Terkait
KUMPUL BERSAMA DI SAUNG BELAJAR & TAMAN BACAAN EXCELLENT
icara soal Taman Bacaan, saya selalu memiliki kenangan manis tentang itu. Saat masih jadi pelajar SMP dan SMA dulu di Kabupaten Maros (30 km dari Makassar), saya adalah pelanggan tetap ...
Posting Terkait
ADA APA DENGAN CARISSA?
Carissa Putri adalah sebuah fenomena. Saya melihat aksi gadis cantik kelahiran Frankfurt, Jerman, 12 September 1984 ini dalam film "Ayat-Ayat Cinta" (2008) dan Tarix Jabrix (2008) dengan takjub. Ia memiliki talenta ...
Posting Terkait
SERAH TERIMA HADIAH IPOD NANO DI IM2 BROADBAND
Perayaan Hari Kartini tahun ini benar-benar memberikan berkah luar biasa buat saya, tidak hanya menang hadiah handphone dalam lomba Blog #KartiniDigital yang diselenggarakan XL, namun saya juga berhasil memenangkan hadiah ...
Posting Terkait
PEPOHONAN YANG MELANTUNKAN PUISI DI CENTRAL PARK NEW YORK
Featureless people glide with dim motion through a quivering blue silver; Boats merge with the bronze-gold welters about their keels. The trees float upward in gray and green flames. Clouds, swans, ...
Posting Terkait
CATATAN DARI CSCP TRAINING 2013 : MEMBANGUN TATA
MENUJU PESTA BLOGGER DI TAHUN KEEMPAT
KEMUDAHAN, STABILITAS DAN KECEPATAN DALAM GENGGAMAN
MAAFKANLAH, DAN HIDUP AKAN TERASA JAUH LEBIH INDAH
MENYUSURI SUNGAI SUMIDA, MERAYAKAN KEINDAHAN METROPOLITAN
TRADISI TUMBILOTOHE YANG MENGESANKAN
STATUSBOOKS, JEJARING SOSIAL KEREN ALA INDONESIA
FILM TIGA SEKAWAN : MENGUNGKAP MISTERI HANTU DI
“BEHIND THE SCENE”HONGKONG DISNEYLAND BLOGGER TOUR (Bagian Kedua)
BLOGGER GATHERING MOBIL123 : MENEMUKENALI MOBIL PILIHAN IDAMAN
BUKU “CELOTEHAN LINDA” : SENTILAN HUMANIS & MEMORI
FILM AMAZING SPIDERMAN-2 : PADUAN ROMANTISME REMAJA &
KUMPUL BERSAMA DI SAUNG BELAJAR & TAMAN BACAAN
ADA APA DENGAN CARISSA?
SERAH TERIMA HADIAH IPOD NANO DI IM2 BROADBAND
PEPOHONAN YANG MELANTUNKAN PUISI DI CENTRAL PARK NEW

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.