SERUNYA TREASURE LAND DI DUFAN & PERSIAPAN ANCOL MENYONGSONG TAHUN BARU 2013

Posted 24 Dec 2012 — by
Category Kisahku

Setelah mendapat undangan peresmian “Crazy Slide” Atlantis Ancol minggu lalu(baca reportase saya disini), kembali saya–bersama beberapa rekan blogger terpilih lainnya–mendapatkan kesempatan menikmati beragam fasilitas dan wahana di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol sekaligus menjadi bagian dari keriuhan hadirnya wahana baru bernama Treasure Land di lokasi “theme park” yang telah berusia 26 tahun  tersebut. Saya sangat senang, apalagi saya bisa membawa serta istri dan anak-anak bersama-sama.

Akhirnya, pada Minggu pagi (23/12), kami sekeluarga tiba di Dufan. Terlihat kerumunan orang begitu banyak mengantri tiket. Puluhan bis yang mengangkut pengunjung dari luar kota juga terlihat di area parkir. Tampaknya musim liburan sekolah anak-anak kali ini membuat Dufan menjadi tempat wisata prioritas untuk menghabiskan waktu bersenang-senang. Untunglah, kami tak perlu risau mengantri panjang karena berbekal surat undangan spesial dari PT Pembangunan Jaya Ancol, yang juga berfungsi sebagai tiket terusan masuk ke Dufan, kami bisa masuk lewat jalur khusus.

Jam masih menunjukkan pukul 10.30. Kami masih memiliki waktu yang leluasa untuk menikmati beberapa wahana di Dufan sebelum mengikuti prosesi acara yang diadakan mulai pukul 12.30 nanti di Balaikota. Alya dan Rizky mendadak mengeluh kelaparan, akhirnya kami pun “terdampar” mengisi perut dulu di Planet Bakso. Setelah mengisi perutnya, kamipun siap menjelajahi arena permainan di Dufan. Antrian panjang di permainan Bom-Bom Car membuat Rizky dan Alya mendesah kecewa karena tak sabar ingin bermain mobil-mobilan tabrakan tersebut.

Kami melanjutkan perjalanan, sampai akhirnya Rizky tiba-tiba menjerit riang dan bergegas menuju arena permainan balon air. Sayangnya Alya tidak tertarik untuk bermain. Setelah membeli koin seharga Rp 15.000 untuk ongkos masuk ke arena permainan, kamipun menyaksikan bagaimana Rizky dengan penuh semangat mengapung di atas balon air besar bersama sejumlah teman-teman barunya.

Saya takjub menyaksikan perkembangan Dufan yang begitu pesat. Dunia Fantasi dibuka untuk umum 29 Agustus 1986, adalah theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol, dan merupakan pusat hiburan terbesar di Indonesia mengajak pengunjung ber – Fantasi Keliling Dunia, dengan menampilkan wahana – wahana permainan berteknologi tinggi, terbagi kedalam 8 tema kawasan, yaitu : Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Ini adalah kali keenam saya ke Dufan dan saya masih ingat betul pertama kali datang ke kawasan ini bersama teman-teman yang mengikuti kerja praktek di PT Inti Bandung tahun 1991. Saya mengenang, itu adalah saat pertama (dan mungkin terakhir kalinya) saat naik Halilintar, kereta luncur paling fenomenal di Dufan yang telah mampu dengan sukses membuat lutut saya gemetar ketakutan saat selesai mencobanya dan disambut tawa oleh kawan-kawan saya.

Setelah puas menemani Rizky bermain, kami lalu berjalan menuju ke arah kawasan Amerika di Dufan. Alya sempat berteriak riang saat menemukan Boom-Boom Car untuk anak kecil. Sayang sekali, meski antriannya tidak panjang, kedua anak saya tidak memenuhi syarat mengikuti permainan tersebut karena terlalu tinggi (batas maksimal 125 cm).

Akhirnya, untuk mengobati kekecewaan, kami menuju ke area bermain perahu-perahuan karet di danau kecil yang letaknya tak jauh dari wahana Tornado. Lagi-lagi Alya tidak berani naik perahu dan akhirnya saya bersama Rizky yang mencoba perahu-perahu-an karet yang ditenagai oleh motor penggerak kecil tersebut. Sempat deg-deg-an juga, takut perahunya tidak muat mengangkut tubuh saya yang montok menggemaskan ini :) . Seru juga, terutama ketika saling bertabrakan dengan perahu lainnya dan perahu yang kami tumpangi jadi bergoyang-goyang dibuatnya.

Seusai sholat Dhuhur di Mushola kawasan Kalila, kami bergegas menuju Balaikota Dufan. Disana, sejumlah teman-teman blogger sudah banyak menunggu seperti mbak Indah Juli, mbak Irma Susanti, mbak Mira Sahid, mbak Haya Aliya Zaki, mas Teddy, mbak Reni Marthauli, mas Irfan ZJ dan lain-lain. Kami sekeluarga juga langsung menyapa Pak Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol,Tbk serta  Corporate Secretary mbak Farida yang berkenan telah mengundang kami, rombongan blogger, datang ke Dufan hari itu.

Tak lama kemudian, acara dibuka dengan mendengarkan pemaparan dari Pak Budi mengenai berbagai “kejutan” akhir tahun yang dipersembahkan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.selaku perusahaan pengembang pengelola Ancol Taman Impian, dimana dua diantaranya adalah peresmian wahana “Crazy Slide” di Atlantis dan Treasure Land di Dufan.  “Kedua wahana baru ini sengaja kami hadirkan karena Ancol Taman Impian memang terus berupaya untuk memanjakan pengunjungnya dengan menghadirkan sarana hiburan yang inovatif dan menarik untuk dinikmati. Khususnya di Treasure Land, juga menjadi sarana edutainment buat anak-anak dalam soal pengetahuan arkeologi dan melatih keberanian ,” kata beliau.

Treasure Land Temple of Fire adalah wahana terbaru yang berada di Panggung Maksima Dunia Fantasi. Treasure Land merupakan tayangan langsung (live show) dari Hollywood berbentuk theatre yang menampilkan kisah petualangan Oklahoma Smith seorang arkeolog. Selain aksi dari para stuntman yang menegangkan, penonton bisa menikmati serunya penampilan TresureLand Temple of Fire yang juga didukung oleh setting suasana yang menarik, special sound effect canggih yang mengejutkan, serta berbagai sarana pendukung yang mampu menghibur penonton.

Sedangkan “Crazy” Highest Longest Slide merupakan 2 (dua) tabung seluncur air terbaru yang akan melengkapi fasilitas permainan air yang telah dimiliki Atlantis Water Adventures. Dengan masing-masing memiliki ketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter, serta panjang 122 meter dan 149 meter, menjadikan Crazy sebagai seluncur air terpanjang dan tertinggi di Jakarta, maupun di Indonesia. Tabung seluncur air ini akan makin menyemarakkan Atlantis Water Adventures karena makin banyak pilihan fasilitas rekreasi air yang bisa dinikmati pengunjung.

“Para Blogger menjadi sahabat kami di Ancol, sehingga kami memberikan kesempatan untuk ikut menikmati wahana-wahana baru yang disajikan sekaligus memberikan kontribusi informasi sekaligus promosi kepada khalayak masyarakat melalui postingan di blog masing-masing dengan pendekatan personal dan kolegial. Saya meyakini, apa yang disajikan tersebut menjadi refleksi obyektif para blogger dalam mengemukakan pendapat serta menyampaikan informasi atas apa yang dialaminya secara kritis dan aktual,” tambah Pak Budi yang disambut tepukan riuh hadirin.

Pada kesempatan itu juga dikemukakan oleh Pak Agus Sudarno, General Manager Marketing PT Pembangunan Jaya Ancol mengenai rencana Ancol Taman Impian dalam menyongsong Tahun Baru 2013. Selain inovasi-inovasi di berbagai unit rekreasi, pengunjung juga akan disuguhkan acara hiburan yang spektakuler dan inovatif lainnya, seperti Pesta Kembang Api di 3 (tiga) titik, seaside mini theatre, aksi wayang kontemporer dan 100 musisi jalanan yang digelar untuk memeriahkan malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian, serta panggung musik yang ditayangkan secara live oleh SCTV (Pantai Carnaval) dan RCTI (Ocean Ecopark).

Serangkaian program acara menarik dan spektakuler yang digelar pada tanggal 31 Desember 2012 akan bisa dinikmati pengunjung di sepanjang kawasan Pantai Ancol. Berbagai macam permainan pantai atraktif dan interaktif, pagelaran musik modern dan etnik, pemutaran film bertema seaside mini theatre, aksi wayang kontemporer, 100 musisi jalanan yang akan tersebar di 10 titik, serta pesta kembang api di 3 (tiga) titik pada malam pergantian tahun juga akan memeriahkan liburan akhir tahun para pengunjung Ancol Taman Impian.

Di area Taman Lumba-lumba akan digelar Acara “Tuesday Night Fever Special New Year” dengan konten yang berisikan pemutaran video konser Java Jazz, dan beberapa konser yang pernah ada di Taman Lumba-lumba seperti Glenn Fredly, Sandhy Sandoro, She, Dead Squad dan lainnya. Area Pantai Indah dan Beach Food akan dimeriahkan dengan musik-musik modern dan etnik. Tidak kalah menarik, pemutaran film bertema seaside mini theatre akan disuguhkan kepada pengunjung dengan memutar beberapa film terbaik dan terpilih di sekitaran Pantai Festival.

100 musisi jalanan pun disiapkan Ancol Taman Impian untuk menghibur pengunjung di penghujung tahun 2012 di 10 titik