LAGI, DEMO BURUH TERJADI KEMBALI DI CIKARANG HARI INI

Posted 20 Jan 2012 — by
Category Kisahku

Konvoi Sweeoing Buruh yang lewat melintasi depan kantor saya tadi pagi, Jum'at (20/1)

Pagi ini aksi demo buruh di Cikarang kembali terjadi. Menyusul demo yang terjadi kemarin (seperti yang saya tuliskan disini) tampaknya aksi buruh yang terjadi kali ini bergerak dengan lebih massif dan terkesan tak terkendali . Pukul 09.30 terlihat iring-iringan konvoi pendemo bersepeda motor (sekitar 200 buah) melintas di depan kantor saya (Jl.Jababeka XVII) . Mereka meminta karyawan-karyawan pabrik untuk keluar dan berdemo bersama.  Mungkin karena melihat pagar kantor tertutup rapat, konvoi tersebut hanya melintas saja didepan.

Saya memantau perkembangan situasi di mailing list Cikarang Baru lewat blackberry dan membaca sejumlah update terbaru tentang perkembangan demo yang kemungkinan besar dimulai pukul 10.00 pagi.

Kondisi kantor langsung siaga satu. Hari itu, pimpinan kantor memutuskan untuk menghentikan semua aktifitas dan meminta seluruh karyawan bersiap pulang setengah hari untuk mengantisipasi kemungkinan lebih buruk. Petugas keamanan diminta untuk memeriksa kondisi terakhir diluar dan mendapatkan informasi bahwa eskalasi massa pendemo kian meningkat dan dikhawatirkan makin membesar. Rekan-rekan saya yang berdomisili di Jakarta dan Bekasi nampak cemas terhambat pulang karena blokade dijalan, apalagi saat pulang kantor tadi malam banyak yang terjebak macet panjang hingga lebih dari 2 jam.


Sebenarnya, banyak pihak mempertanyakan mengapa aksi ini kembali terjadi, padahal pihak APINDO Bekasi–atas desakan demo kemarin–menyatakan sudah mengeluarkan surat pernyataan pencabutan gugatan mereka di PTUN Bandung.  Apakah informasi ini tidak sampai kebawah atau justru masih ada kesimpangsiuran atau keraguan tentang keseriusan APINDO memenuhi janji. Ini yang masih belum jelas.

Saya sempat mendapatkan terusan SMS dari kakak ipar saya yang bekerja di PT Showa Indonesia Jababeka bahwa demo yang terjadi saat ini –menurut pernyataan Buruh Bekasi Bergerak — adalah ilegal dan tidak dibawah koordinasi mereka. Apapun itu, demo telah terjadi. Eskalasi massa pendemo terus membesar dan meningkat sejak pukul 10.00 pagi. Bahkan , dari info milis Cikarang Baru, sempat terjadi bentrokan di kawasan PT Trimitra Jababeka antar massa konvoy “sweeping” demo buruh dengan pekerja setempat.

 

Kondisi di depan PT Showa Indonesia, Jum'at pagi (20/1) jam 11.00, Massa pendemo mulai berkumpul

Yang menarik adalah, rekan-rekan anggota milis Cikarang Baru berlomba-lomba memberikan reportase dan liputan terkini soal keadaan yang tengah terjadi. Informasi yang diberikan sungguh sangat bermanfaat untuk memantau kondisi terakhir yang sebenarnya. Bentrokan yang terjadi di Trimitra, Gerakan massa pendemo di kawasan Showa Indonesia Cikarang (lengkap dengan fotonya), aksi sweeping yang bernuansa kekerasan di beberapa tempat dikirimkan via online.

Salah seorang anggota milis yang bekerja di pabrik Mattel melaporkan, pada pukul 12.15 massa pendemo masuk ke kawasan pabrik Mattel 2 dan ketika sholat Jum’at sedang dilaksanakan.  Kedatangan massa ini mendapat perlawanan dari karyawan pabrik dan menyebabkan seorang pendemo luka parah dan langsung dirawat di klinik Mattel. Gerbang pabrik Mattel East Plant rubuh dan canopy dihancurkan. Sungguh ini sudah sebuah aksi yang kelewatan dan anarkis.

Sosok perusuh di pabrik Mattel 2 yang tertangkap. Kondisi babak belur & Tanpa identitas yg jelas

Inilah aksi rangkaian jurnalis warga melaporkan kondisi terakhir dalam demo di Cikarang dengan beragam gaya:

 

Dibawah ini adalah tayangan video eksklusif yang dibuat oleh salah seorang anggota milis Cikarang Baru yang meliput aksi demo dan sweeping buruh di PT Trimitra Jababeka I

Aksi-aksi demo anarkis ini sungguh sangat memprihatinkan. Kerugian tidak hanya diderita oleh perusahaan dan karyawan namun juga masyarakat sekitar. Perekonomian terganggu dan tentunya akan memberikan dampak sosial yang cukup signifikan. Saya yakin kita semua berharap agar demo yang dilaksanakan berlangsung secara tertib dan terkendali tidak menjadi aksi-aksi liar yang bisa jadi menyebabkan tindakan kekerasan fisik bahkan penjarahan. Jika memang aksi-aksi pengrusakan dan bernuansa kriminal terjadi, sudah saatnya aparat bertindak tegas.

Semoga semua bisa berakhir dan teratasi dengan baik sehingga tidak menimbulkan ekses yang lebih besar terutama pada gerak perekonomian di Cikarang pada khususnya dan pertumbuhan serta stabilitas ekonomi di Indonesia secara keseluruhan.

Sumber foto dan video : Mailing List Cikarang Baru (cikarangbaru@yahoogroups.com) 

10 Comments

  1. penutupan pintu tol cikarang barat dengan mengadakan shalat jumat bersama sangat mengganggu perjalanan kami sebagai provider jasa travel bandung- Bandara Soekarno Hatta sangat merugikan penumpang kami yang mengejar penerbangan untuk yang flight pk.14-15 wib. pengguna jasa tol cikampek bukan hanya buruh saja. Tolong dipikirkan kerugian kami!!! Demo ini sudah sangat mengganggu!!! demo yang elegan dong !!

    Reply
  2. BERDEMOLAH DENGAN DAMAI TANPA ANARKIS

    Reply
  3. mendukung sampaikan aspirasi, tapi jangan anargis..

    Reply