DEMO KOLOSAL BURUH BEKASI HARI INI !

Posted 27 Jan 2012 — by
Category Kisahku

Konvoi Pendemo melewati kawasan Jababeka XVII

Demo Buruh yang melanda kawasan Bekasi dan sekitarnya hari ini, Jum’at (27/1) tampaknya berskala lebih besar dari yang terjadi Jum’at lalu (seperti yang sudah saya ceritakan disini ). Seperti dikutip dari Harian Republika,   aksi buruh yang dilaksanakan hari ini adalah buntut dari kekecewaan ribuan buruh dari empat serikat pekerja setempat atas putusan hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung sehari sebelumnya yang memenangkan gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi atas pengesahan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2012 yang dinilai cacat administrasi.

Puncak kekecewaaan itu dimanifestasikan dalam aksi kolosal yang melibatkan sekitar 30.000 an buruh di berbagai kawasan Industri di Bekasi.  ”Buruh di tujuh kawasan industri akan stop produksi mematikan mesin-mesin produksi. Keluar dari pabrik jam 09.00 WIB hari ini, Jumat (27/1), dan berjalan kaki di kawasan industri,” demikian dikatakan Humas Aliansi Buruh Bekasi Bergerak (BBB) Nyumarno melalui pesan singkat yang diterima, di Bekasi, sebagaimana yang saya kutip lewat Republika Online.
Dalam aksinya, seluruh pengurus serikat pekerja akan mengumpulkan massa dengan cara menyisir setiap pabrik di kawasan industri MM2100, Jababeka I, Jababeka II, Ejip, Hyundai, Lippo Cikarang, dan Delta Silikon agar buruh yang bekerja bergabung dalam aksi solidaritas itu.

Antisipasi kemungkinan terjadinya demo pada hari ini, juga segera dilakukan oleh aparat keamanan. Kapolresta Bekasi Kota Kombespol Mahyu Hadiningrat mengatakan telah menyebar sekitar 2.817 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, dan pihaknya untuk mengamankan sekitar 22 titik kawasan setempat. Sementara itu dari tempat saya bekerja yang memang sudah menerapkan UMK 2012 juga melakukan antisipasi bila hal-hal buruk akan terjadi.

Demo Buruh di depan Kepsonic Indonesia

Staf perempuan dan tenaga kerja asing di kantor saya diminta bekerja dan memantau perkembangan dari rumah. Saya sendiri dengan beberapa staf serta teknisi kantor sesuai jam kerja biasa.  Saat berangkat dari rumah, sekitar pukul 07.15 pagi, saya menyaksikan sejumlah polisi dengan jumlah lebih banyak dari biasanya berjaga-jaga di beberapa titik perempatan. Massa buruh belum terlihat mencolok. Saya sedikit tenang.

Pukul 08.30 saat memantau mailing list Cikarang Baru dan linimasa akun twitter @urbancikarang saya terkejut mendapatkan informasi di beberapa pabrik massa buruh semakin banyak dengan eskalasi yang kian membesar. Ribuan buruh mulai memenuhi ruas-ruas jalan kawasan industri di Bekasi khususnya Cikarang dan Cibitung.  Bahkan seperti diberitakan disini, sejak pukul 09.00 pagi, perempatan lampu lalu lintas yang menghubungkan tiga kawasan industri Ejip, Hyundai, dan Delta Silicon, kendaraan roda empat dan lebih sudah tidak bisa melintas. Perempatan lampu merah tersebut merupakan jantung kawasan industri di Cikarang. Jalan tersebut juga menghubungkan Cikarang dengan Cibitung. Kendaraan dari arah pintu Tol Cikarang Barat juga macet tidak bergerak.

 

Buruh bersiap demo di Kawasan Industri Gobel, Cibitung

Orasi Buruh di Jababeka XI

 

Demo Buruh di depan kantor Kawan Lama, Jababeka II

Demo Buruh di depan Mulia Keramik

Konvoi buruh terlihat melintas melalui Jababake XVII tak jauh dari kantor saya. Suara deru motor memenuhi langit.  Beberapa orang yang duduk diboncengan membawa bendera Serikat Pekerja sembari meneriakkan yel-yel.  Dari jauh saya menyaksikannya sembari memendam harap agar demo yang dilaksanakan tidak anarkis dan berlangsung dengan tertib. Semakin siang, “tensi” demo semakin tinggi. Massa pendemo tidak hanya melakukan aksi-aksi orasi secara sporadis bahkan sudah masuk ke jalan tol dan tak ayal menutup akses jalan tol Jakarta-Cikampek.

Dibawah ini beberapa video demo kolosal tersebut yang saya ambil dari sini  :

Saya memantau lewat www.jasamargalive.com ratusan buruh terlihat bergerombol di jalan tol malah di tol Cibitung nampak sekali sepeda motor sudah melintas dengan leluasa disana. Dan praktis dari arus kendaraan dari dua arah tol di Cikarang Barat tersendat dengan “sukses”. Tidak hanya itu, rombongan demo buruh pun melakukan sholat Jum’at secara berjamaah di jalan tol. Sebuah kejadian yang sungguh sangat luar biasa.

Demo Buruh masuk ke tol Jakarta-Cikampek

Yang menonton demo buruh di Tol dari atas jembatan

Konvoi buruh di jalan tol dari arah Tambun ke Cikarang

Capture gambar www.jasamargalive.com ketika demo buruh masuk ke jalan tol

 

Peserta demo buruh Sholat Jum'at di jalan tol Cikarang Barat

Konvoi buruh yang melewati pagar depan kantor saya, siang, pukul 13.20

Hingga saat ini, saya masih memantau perkembangan demo buruh via berbagai jejaring sosial termasuk informasi bertubi-tubi yang saya peroleh dari anggota milis Cikarang Baru.  Tampaknya harapan saya agar demo ini berlangsung tertib dan tidak anarkis tidak terwujud. Dari informasi di milis Cikarang Baru, Pabrik Samsung di Jababeka pagarnya bobol diterobos massa pendemo yang kemudian masuk ke halaman pabrik tersebut, demikian pula di beberapa pabrik lainnya.  Pabrik LG Indonesia MM2100 Cibitung misalnya, menurut penuturan salah satu anggota milis, massa pendemo memaksa masuk bahkan sempat menjebol satu dari tiga pintu perusahaan. Karyawan pabrik menghalau pendemo yang masuk bahkan beberapa karyawan ada yang sempat berbaku hantam dengan mereka. Untunglah situasi bisa dikendalikan dan kondisi pabrik kembali kondusif. Sayang sekali memang bila perjuangan untuk mengangkat kesejahteraan buruh, tercederai oleh aksi-aksi anarkis seperti ini. Tentu harapan saya, juga harapan anggota masyarakat lainnya agar aksi anarkis bernuansa kekerasan hendaknya dijauhi dalam unjuk rasa dalam menuntut sesuatu.

Semoga semuanya bisa berakhir dengan baik.

 

Sumber Foto:  Mailing List Cikarang Baru (cikarangbaru@yahoogroups.com) dan akun twitter @urbancikarang 

2 Comments

  1. demo buruh sangat berpengaruh sekali dalam aktivitas masyarakat. semoga tidak anarkis.

    salam
    Omjay

    Reply
  2. HIDUUUUPPPPP PARA BURUHHHH,

    Reply

1 Trackbacks/Pingbacks

  1. Menelusuri Perjalanan Sebuah Award ala Narablog | Elsaelsi's Blog 28 01 12

Add Your Comment