SATU TAHUN KOMUNITAS BLOGGER BEKASI : SEBUAH MIMPI YANG MENJADI

Gelap Malam telah melingkupi kawasan pintu Tol Jatibening dan sekitarnya saat saya dan Mas Yulyanto yang mengendarai mobil Isuzu Panther melintasinya. Tak terlalu banyak kendaraan yang melewati pintu tol tersebut ketika itu. Saya melirik jam tangan. Sudah pukul 22.30 malam. Kami berdua baru saja kembali dari sebuah acara “kopdar” kecil-kecilan yang diselenggarakan oleh Asia Blogging Network (tempat saya dan Mas Yul menjadi Freelance Blogger), Kompasiana dan Taman Impian Jaya Ancol (saya memuat liputan acara tersebut disini).

Saya baru berkenalan dengan Mas Yul malam itu, dan sudah langsung akrab, layaknya sahabat lama karena kami berdua memiliki hobi yang sama : Ngeblog. Malam itu, selain kami berdua, ada dua rekan dari ABN yang lain yaitu Mas Koencoro dan Puty yang sudah turun lebih dulu di Pondok Gede. Dalam perjalanan pulang ke Bekasi, kami bercakap-cakap lama.

“Mas, sepertinya kita perlu membentuk Komunitas Blogger di Bekasi deh. Saya yakin blogger-blogger di Bekasi itu banyak dan kita bisa menggalang potensi itu untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” ujar Mas Yul memecah keheningan diantara kami. Saya mengangguk-angguk setuju, meski dalam hati sedikit pesimis karena belum begitu banyak tahu soal potensi blogger di Kawasan Bekasi.

“Mudah-mudahan mimpi saya dan Mas Amril ini bisa jadi kenyataan,”tegas lelaki yang bekerja sebagai Manager Marketing disebuah Perusahaan Swasta di Jakarta itu seraya tersenyum lebar. Matanya berbinar tanda ia optimis dan bersemangat.

Dan begitulah, waktu terus bergulir.

Ide pembentukan Komunitas Blogger Bekasi semakin mengkristal, terlebih ketika Social Blog Kompasiana hadir dengan sejumlah Blogger-Blogger asal Bekasi yang ikut meramaikannya tidak hanya kami berdua, tapi ada Mas Eko Eshape, Mas Aris Heru Utomo, Mas Rawi Wahyudiono, Om Jay (nama mesra Wijayakusumah), dll. Saat event pertemuan kopdar Kompasiana, kami mulai serius membicarakan soal pembentukan Komunitas ini.

Pada awal Agustus 2009, tonggak sejarah itu “ditancapkan”.  Lima orang blogger Bekasi yaitu Aris Heru Utomo, Yulyanto, Wijaya Kusumah, Rawi Wahdyudiono dan Irfan ZJ menggagas pembentukan komunitas Blogger Bekasi di sebuah Rumah Makan di tempat peristirahatan Km.19 Tol Jakarta – Cikampek. Tanpa tunggu waktu lama, Pengurusnya pun segera dibentuk. Saya dan Om Jay dapat posisi sebagai Penasehat sementara Mas Aris, Mas Eko Eshape, Mas Yulyanto, Mas Rawi dan Mas Irfan serta Puty, masing-masing mendapat tugas sebagai Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Humas, Admin Blog dan Desain Creative. Pada kesempatan itu pula ditetapkan untuk segera menyiapkan hosting www.bloggerbekasi.com sebagai langkah awal “gebrakan” ini.

Visi Komunitas ini, seperti dikutip dari halaman “Tentang Kami” adalah Menjadikan budaya “blog” sebagai salah satu media alternatif untuk menyampaikan informasi melalui jurnalisme warga (citizen journalism), agar bisa berperan aktif dan ikut serta untuk memajukan Kota Bekasi kearah yang lebih baik lagi.

Disebutkan pula, Komunitas blogger Kota Bekasi yang dibentuk ini ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat umum yang berdomisili, lahir, keturunan, sekolah, bekerja, ataupun hanya sekedar tertarik dengan Kota Bekasi dan sekitarnya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Melalui komunitas blogger Kota Bekasi ini, diharapkan akan tercipta sinergi antara penduduk (masyarakat) sebagai blogger dengan Pemerintah Kota Bekasi sebagai pengelola Kota Bekasi.

Selain itu, peran para blogger yang nantinya akan bergabung untuk membentuk sebuah komunitas blogger terbesar di Kota Bekasi ini, bisa menjadi sebuah langkah awal dan alternatif media untuk menampung saran dan masukan positif terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Corporate Gorvernment/GCG), yang pada akhirnya bisa ikut berperan serta dalam membangun dan memajukan Kota Bekasi.

fotolauncingbbc-2

Pengurus Blogger Bekasi dot com berfoto bersama seusai acara Pre-Launching di Bekasi Cyber Park, Senin malam, 17 Agustus 2009 (dari kiri ke kanan, saya bersama si kecil Alya, Yulyanto dan sang junior, Om Jay, Eko Eshape dan si junior Lilo, Aris Heru Utomo dan sang junior, Abi Hasantoso serta anak saya Rizky yang duduk di kursi) –Foto oleh Ibu Eko Eshape

Tanggal 17 Agustus 2009, bertempat di Food Court Bekasi Cyber Park dilaksanakan Pre-Launching Be-Blog, sekaligus pencanangan hari Kelahiran BeBlog dan slogannya : MENEMBUS TAPAL BATAS.

Dalam acara yang dihadiri oleh saya sekeluarga, Mas Eko Eshape sekeluarga, Mas Wijayakusuma, MasYulyanto dan Mas Abi Hasantoso ini selain menyantap makan malam bersama juga dilaksanakan rapat persiapan peluncuran blogger bekasi serta usulan-usulan penyempurnaan situs blogger Bekasi. Acara yang berakhir menjelang pukul 21.00 malam itu diakhiri dengan sesi foto bersama. Nuansa kekeluargaan dan keakraban terasa kental disana.

Setelah peluncuran lunak alias Soft Launching itu  :), disusul kemudian dengan rencana Grand Launching yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2009. Segala persiapan dilakukan termasuk melakukan “pendekatan” kepada Pemerintah Kota Bekasi. Tak disangka, sambutan Walikota Bekasi sungguh sangat membesarkan hati bahkan siap datang pada saat peluncuran Komunitas ini, tidak hanya itu Pak Walikota sempat mengajak silaturrahmi ke kediamannya dan dikesempatan itu, beliau memberikan tunjangan sewa sekretariat dari kantung pribadinya untuk Komunitas Blogger Bekasi sebesar Rp 10 juta. Pembenahan Blog Komunitas juga dilakukan, hasil kolaborasi apik antara Mas Irfan dan Mas Vavai.

Hari bersejarah itu tiba. Tanggal 17 Oktober 2009, bertempat di Gloria Jeans Cafe Bekasi Cyber Park dilaksanakan grand launching Komunitas BeBlog yang pencanangannya dilakukan langsung oleh Walikota Bekasi, Bapak Mochtar Muhammad.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 orang termasuk Taufik Mihardja, Direktur Kompas dot com (sponsor Blogger Bekasi),  Prayitno Ramelan (Blogger Senior Kompasiana), Budi Putra (Country Editor Yahoo Indonesia) serta perwakilan sejumlah komunitas blogger daerah berlangsung semarak dan meriah.

sambutanwalikotabksWalikota Bekasi menyatakan menyiapkan hadiah uang bagi lomba penulisan blog dan foto masing-masing untuk Juara pertama, kedua dan ketiga sebesar Rp 10 juta, Rp 7,5 juta dan Rp 5 juta.  ”Uang hadiah ini saya ambil dari kantung pribadi sendiri, jadi tidak akan menganggu APBD Bekasi,” tukas Mochtar Muhammad dengan mata berbinar yang langsung disambut tepuk tangan dan sorak sorai hadirin.  Lomba yang rencananya berlangsung hingga 17 November 2009 ini dipimpin oleh Pepih Nughaha (Jurnalis senior Kompas dan admin Kompasiana) sebagai Ketua Tim Juri. Penyerahan hadiah lomba bagi para pemenang akan diadakan pada sebuah upacara resmi di Balaikota Bekasi saat HUT Kota Bekasi 10 Maret 2010.

Aris Heru Utomo, Ketua Komunitas Blogger Bekasi, menyambut gembira dukungan spontan Walikota Bekasi bagi keberadaan komunitas ini bahkan siap memberikan hadiah bagi lomba blog dan foto. “Kami sangat bangga dan terharu karena pada awal pendeklarasian komunitas ini, Pemkot Bekasi melalui Bapak Walikota Mochtar Muhammad, memberikan sokongan penuh bahkan secara pribadi menyiapkan hadiah lomba blog dan foto. Ini sangat berarti bagi pengembangan komunitas ini kedepan dalam mendukung program-program pemerintah Bekasi dengan tentu saja tidak menghilangkan sikap kritis dan independensi blogger dalam mengungkapkan pendapatnya”, ujar Aris sumringah.

Selain sambutan dari Walikota Bekasi, para perwakilan sponsor kegiatan masing-masing dari Telkom Speedy Bekasi, XL dan Kompas dot com juga menyampaikan sambutan serta ucapan selamat atas kelahiran Komunitas Blogger Bekasi. Henry Wijayanto, perwakilan dari XL menyatakan salut dan ikut berkomitmen mendukung kegiatan blogger bekasi ditengah era “mobile internet” dan “mobile internet” dewasa ini.

talkshow-beblog-1Usai prosesi peresmian, dilanjutkan dengan Talkshow bertema “Menembus Tapal Batas Bekasi Melalui Blog” yang menghadirkan narasumber Marsekal (Purn) Chappy Hakim, mantan KSAU RI yang baru saja meluncurkan buku catatan blognya di Kompasiana berjudul “Cat Rambut Orang Yahudi”,Antyo”Paman Tyo”Rentjoko (tokoh blogger bekasi) dan Pepih Nugraha (jurnalis Kompas dan admin portal blog Kompasiana). Talkshow ini dipandu olehMasim”Vavai”Sugianto seorang praktisi internet dan open source asal Bekasi.

Usai prosesi Launching, kegiatan-kegiatan BeBlog kian deras bergulir. Diawali dengan Blogshop di STMIK Bani Saleh bekerjasama dengan Kompasiana, pada bulan November 2009. Pada kesempatan tersebut, Telkom Bekasi menjadi mitra kegiatan dengan menyiapkan piranti koneksi Internet bagi para peserta Blogshop. Sejumlah peserta yang mengikuti blogshop sangat antusias dan menyatakan bergabung menjadi anggota BeBlog.

Blogshop selanjutnya dilaksanakan di Unisma Bekasi, dibulan Desember 2009.

Hari Rabu, 17 Desember 2009 adalah hari bersejarah bagi Komunitas Blogger Bekasi karena bertempat di Aula Sultan Kuningan Graha Telkom Gatot Subroto, telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara Komunitas ini bersama pengelola jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom.

Saya dan Om Jay, sebagai Penasehat Komunitas Blogger Bekasi hadir dalam acara tersebut sebagai saksi penting ketika Mas Yulyanto, sekretaris Komunitas yang mewakili sang ketua Mas Aris Heru Utomo yang kebetulan sedang tugas ke luar negeri, menandatangani perjanjian kerjasama itu dengan Pak Teguh, GM Telkom Bekasi disaksikan oleh Direktur Konsumer Telkom Bapak I Nyoman G Wiryanata. Acara ini dirangkaikan dengan Grand Final Net Kuis Umroh yang diadakan Telkom sejak September lalu.

Isi Memorandum of Understanding (MoU) pada dasarnya adalah perjanjian kerjasama konstruktif untuk saling mendukung dalam setiap kegiatan Blogger Bekasi. Komitmen Telkom adalah memberikan dukungan penuh bagi segala aktifitas Komunitas Blogger Bekasi, dan demikian pula sebaliknya, komunitas Blogger Bekasi akan menjadi mitra strategis Telkom dalam sosialisasi program dan layanan Telkom yang baru saja memperkenalkan “new branding”-nya ini : The World in Your Hand. Dan MoU ini adalah nota kesepahaman kerjasama pertama antara Komunitas Blogger dan Telkom.

Kegiatan yang paling spektakuler digelar oleh BeBlog yakni pertemuan Blogger Nasional Amprokan Blogger. Kegiatan yang menghadirkan 300 blogger seluruh Indonesia dan diadakan pada tanggal 6-7 Maret 2010 dikaitkan dengan HUT Kota Bekasi, tanggal 10 Maret 2010.

Acara yang didukung penuh oleh Pemkot Bekasi ini, digelar dalam dua hari dengan acara yang padat. Dimulai dengan anjangsana ke monumen bersejarah, pusat kerajinan UKM Boneka, TPA Bantar Gebang dan Pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, President University dan Botanical Garden Kota Jababeka kemudian dilanjutkan dengan malam ramah tamah serta keesokan harinya diadakan Seminar Sehari bertempat di gedung pertemuan Diklat Mahkamah Konstitusi Bekasi. Liputan lengkapnya bisa baca disitus Amprokan Blogger.

Kegiatan-kegiatan BeBlog terus berlanjut, tidak hanya lomba-lomba bersifat online, juga ada kegiatan kopdar secara offline termasuk yang bersifat “fun” misalnya berkaraoke bersama, untuk saling mengakrabkan sesama anggota BeBlog.

Kegiatan Karaoke bareng ini dilaksanakan beberapa kali dan menjadi salah satu kegiatan favorit.

Kerjasama BeBlog juga dilakukan bersama SeBUAI atau Gerakan Sejuta Buku untuk Anak Indonesia yang digagas oleh mbak Adyanti dkk, sebagai wujud kepedulian BeBlog bagi penyediaan buku-buku untuk anak-anak Indonesia yang tak mampu.

Pada moment memperingati satu tahun BeBlog ini sejumlah rangkaian acara digelar, dimulai dengan senam aerobik bersama di area Car Free Day Bekasi hari Minggu 18 Juli 2010 dan terakhir pada minggu lalu, tanggal 6 Agustus 2010 diadakan Seminar Pengembangan Komunitas ASEAN kerjasama BeBlog dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Ya, hari ini, setahun sudah berlalu.

Begitu banyak jejak yang sudah ditorehkan Komunitas yang baru berusia setahun ini. Ibarat bayi, di usia setahun, BeBlog sudah melangkah begitu jauh. Membuat mimpi-mimpi Mas Yulyanto, mimpi saya, mimpi Mas Aris serta semua anggota dan pengelolanya melambung jauh, melampaui ekspektasi.  Inilah sebuah Mimpi yang “menjadi”.

Semoga komunitas BeBlog tetap eksis, hadir dan mengalir memberi manfaat tidak hanya bagi anggotanya, Kota Bekasi tapi juga buat Indonesia, yang juga berulangtahun hari ini.

Dirgahayu Komunitas Blogger Bekasi !

Dirgahayu Republik Indonesia! 

Related Posts
TIADA LAGI NASI KUNING LEZAT ALA MAMA KUNI
eusai menunaikan sholat Subuh tadi pagi, Jum'at (20/12), saya dikagetkan oleh dering suara telepon dari adik saya Budi di Balikpapan. "Mama Kuni meninggal dunia dini hari tadi jam 02.25", kata Budi ...
Posting Terkait
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM BENTENG VREDEBURG HINGGA KE KOMPLEKS MAKAM RAJA IMOGIRI
ekitar pukul 11.30 siang, Rabu (30/7), kami check-out dari hotel Malioboro Palace dan dengan menumpang taksi kami pulang ke Kuncen. Disana kami bertemu dengan kakak Ipar saya, mas Sukarjana yang ...
Posting Terkait
CATATAN TERCECER DARI BLOGSHOP DAN TEMU KOMUNITAS DI YOGYAKARTA
Pulang Ke Kotamu Ada Setangkup Haru, Dalam Rindu Masih Seperti Dulu, Tiap sudut menyapaku Bersahabat, Penuh Selaksa Makna (Kla Project, Yogyakarta) Entahlah, selalu ada sentilan rasa yang berdesir di hati ketika mendengar lagu fenomenal dan ...
Posting Terkait
JAKARTA NIGHT FESTIVAL 2013 YANG SENSASIONAL !!
eusai mengikuti One Day Blogger Tour di Bintaro Jaya, Sabtu (22/6) (baca reportasenya disini) saya bergegas menuju Hotel Ibis Tamarin, Jl.Wahid Hasyim dimana disana, istri dan kedua anak saya menanti ...
Posting Terkait
Pesona Parade Lampu yang memukau dalam Symphoni of Light (sumber : www.tourism.gov.hk)
ahabatku yang baik, Bagaimana kabarmu? Semoga tetap sehat ya. Hongkong tak banyak berubah sejak kepergianmu. Gedung-gedung tinggi menjulang bagaikan hutan beton menyelimuti seantero kota masih berdiri kokoh dan nuansa Tiongkok Moderen yang ...
Posting Terkait
JADI GURU DAN SISWA, SAMA SUSAHNYA!
Ketika tengah asyik "tidur-tidur ayam" diatas bis 132 jurusan Bekasi-Lebak Bulus yang adem tadi pagi, mendadak saya dikejutkan oleh gosip dua orang ibu separuh baya yang duduk persis di sebelah ...
Posting Terkait
TAHLILAN 40 HARI & PERKEMBANGAN KASUS TABRAK LARI ANANDA ZAHRA
asus Tabrak Lari yang menewaskan ananda Zahra Amelia Sanusi (seperti pernah saya tuliskan disini) tanggal 17 Agustus 2012 silam tampaknya sudah mendapatkan titik terang. Seusai acara Tahlilan 40 hari wafatnya ananda ...
Posting Terkait
PSF & IKHTIAR MEMBANGUN ANAK BANGSA BERKEUNGGULAN
amanya Raven. Lengkapnya Raven Dwipa Bangsa. Konon namanya merupakan inspirasi dari sang ayah yang begitu mengagumi tokoh film "Raven" di televisi pada era 80-an yang begitu digjaya membasmi penjahat. Anak ...
Posting Terkait
CEPAT & PRAKTIS, APLIKASI ALAT SEMBELIH HEWAN KURBAN BERTENAGA HIDROLIK DI CIKARANG
uasana pelataran timur masjid Al Madani di Perumahan Cikarang Baru Desa Jayamukti, Kamis (24/9) terlihat begitu ramai. Hari ini, tepat di perayaan Idul Adha 1436 H dilaksanakan prosesi penyembelihan hewan ...
Posting Terkait
PUISI : TESTAMEN CINTA
TESTAMEN CINTA (1) Jika telaga hati mampu menampung segenap makna dan menjabarkan kata-kata Maka biarkan kelopak mawar merekah diterpa fajar kelompok angsa menari disisi teratai serta binar mata kejoramu mencari artinya sendiri Sebab cinta itu, Dinda Adalah ...
Posting Terkait
TIADA LAGI NASI KUNING LEZAT ALA MAMA KUNI
MUDIK LEBARAN KE YOGYA (3) : DARI MUSEUM
CATATAN TERCECER DARI BLOGSHOP DAN TEMU KOMUNITAS DI
JAKARTA NIGHT FESTIVAL 2013 YANG SENSASIONAL !!
SURAT PANJANG DARI HONGKONG : KEMERIAHAN MUSIM PANAS
JADI GURU DAN SISWA, SAMA SUSAHNYA!
TAHLILAN 40 HARI & PERKEMBANGAN KASUS TABRAK LARI
PSF & IKHTIAR MEMBANGUN ANAK BANGSA BERKEUNGGULAN
CEPAT & PRAKTIS, APLIKASI ALAT SEMBELIH HEWAN KURBAN
PUISI : TESTAMEN CINTA

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *