PUISI : HUJAN MEMBAWA BAYANGMU PERGI…

Posted 02 Feb 2009 — by
Category Puisi

closeroad.jpg 

Sudah lama, aku menyulam khayalan pada tirai hujan
menata wajahmu disana serupa puzzle,
sekeping demi sekeping, dengan perekat kenangan di tiap sisinya
lalu saat semuanya menjelma sempurna
kubingkai lukisan parasmu itu dalam setiap leleh rindu
yang kupelihara di sudut hati dengan rasa masygul
dari musim ke musim

“Cinta selalu memendam rahasia dan misterinya sendiri,
pada langit, pada hujan,” katamu lirih terbata-bata.
Dan seketika, linangan air matamu menjelma
bagai deras aliran sungai yang menghanyutkanku jauh ke hulu
dimana setiap harapan kita karam disana

Sudah lama, aku memindai sosokmu pada derai gerimis
memastikan setiap serpih mimpiku untuk bersama
membangun surga di telapak kakimu dapat menjadi nyata
tapi selalu, semuanya segera berlalu
dan sirna bersama desir angin di beranda

“Percayalah, aku ada dinadimu seperti kamu ada didarahku,”bisikmu pelan
ketika bayangmu, perlahan memudar dibalik rinai hujan..

Sumber Gambar

Catatan:
Puisi diatas saya tulis sekitar awal Agustus 1994 (ketika sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan sidang skripsi) dan secara tak sengaja saya temukan pada arsip dokumen sertifikat yang dikirimkan ayah saya minggu lalu dari Makassar. Saya menuliskannya di secarik kertas lusuh (lalu menyelipkannya di tumpukan arsip sertifikat) ketika dilanda ketegangan dan stress menjelang detik-detik paling penting dalam perjalanan nasib saya sebagai mahasiswa. Sebuah puisi patah hati yang sebenarnya diperuntukkan untuk diri sendiri kala itu.

Sebenarnya puisinya belum selesai dan dengan sedikit “modifikasi” saya menyelesaikannya disela-sela rintik hujan yang melanda deras Cikarang tadi malam serta rasa kantuk yang mendera. 

35 Comments

  1. Hujan yang selalu membuatku menantikan perjumpaan dengan sang pembawa hujanku. :P

    *suitsuit*

    –suit-suiiittt….siapa gerangan yang membawa hujanmu itu, Ina? hehehe..

    Reply
  2. :P wakakakaka….ada dech, pak. *Siul siul genit*

    Reply
  3. rinai huja memang selalu memberikan sejuta insipirasi daeng… biasanya sy sering memutar lagu gerimis dari kla project saat merindukan juga suasana hujan..

    –Wah, sama dong dengan saya Syamsoe. Hujan memang kerapkali mengundang inspirasi tercurah. Setiap rntik yang jatuh bagai titik-titik ide yang membasahi kepala. Thanks udah mampir dan berkomentar ya

    Reply
  4. hmm… puisi melankolis

    Reply
  5. ciput

    daeng puisinya bagus2x semua………….. :)

    –Thanks ya Ciput

    Reply
  6. ah…rasanya “dia” masih berdiri dibawah hujan…
    mengharukan sekali..
    ijin copas ya *dicopas melulu ya :D
    thank U

    Reply
  7. alem poteh

    puisinya aq pake buat dinding fb aq ya .
    coz kren .
    pas bnget lg hujan ..

    tengkyu b4 .

    Reply
    • amriltg

      Boleh, silakan mas. Add saya juga di FB ya? :)

      Reply
  8. mukminin

    Assalamu alaikum salam kenal dari tanah Daeng

    Reply
  9. eli gheulise

    mantaaaaabh……………

    Reply
  10. wah… puisinya buat air mata ku jth, bolh ku minta ya??
    tuk mengenang seseorg yg pergi selama2nya.

    Reply
  11. saya suka hujan, dan saya suka puisi-nya ^^…ijin copas boleh? :)
    terimakasih

    Reply
  12. donna firdha

    hujan mengingatkan ku pada kenangan yang tlah terpendam :P

    Reply
  13. Pay

    Izin nge’share’ di FB ya Gan..
    Bagus puisinya..

    Reply
  14. Hanny

    I love rain much..!

    Rain always tough me the meaning of love and life..
    ^^,

    PS: puisinya kereeeeeeeennn…!!! b^^

    Reply
  15. wuiih gilleeee

    “tahun hujan adl thn ktika resah”

    Reply
  16. berli nesta id marley

    saya jg suka buat puisi..
    tp saya blom pernah menciptakan puisi mendalam seprti itu..

    makasi…

    Reply
  17. cintya luphna surya

    -hujan selalu membuat aku bahagia……..
    karna hujan membawa kenangan yg tak aku lpkan

    Reply
  18. cintya luphna surya

    _co cweeeeeeeeetttttttttttttttt

    Reply
  19. mai

    kereeennnnn… izin copas ya
    heheeee

    Reply
  20. neyaradhistha

    hmmmmmmm…puisinya bikin aq menitikkan air mata ….
    boleh aq bwt dinding d fb aq yaw………

    Reply
  21. marvel alvino

    ku suka puisi hujannya
    karna aku suka ma hujan
    di tungu ya puisi barunya
    yg bertemakan hujan
    ^^….

    Reply
  22. fandy

    hmm..
    puisi nya bagus bgt..
    untaian demi untaian sangat menyentuh hulu hati..

    di tunggu karya-karya nya yang lain..
    thanks..

    Reply
  23. hitam

    begitu menyentil perasaan..
    ijin kopas yya daeng,,
    saya suka hujan
    bersamanya mengalir reesahku

    Reply
  24. occ.

    Reply
  25. lind

    hujan..
    ada cerita di setiap rinainya…
    mengacuhkan kemarau di peradabannya…
    laike “hujannya” daeng…

    Reply
  26. bolehkan ane copy puisinya ke note FB, kebetulan ane juga orang makassar ^^

    Reply
  27. suka! suka! suka!

    saya selalu suka puisi cinta dengan tema hujan… ^^

    mauka juga kapan2 bikin yang kayak beginian deh, Daeng!

    Keep writing! Keep blogging!

    Reply
  28. menyenuh banget puisinya bro…
    gue salut ama elu….

    Reply
  29. erik

    aku selalu merindukan rinai hujan yang sering mengingatkanku
    seseorang yang bayangnya selalu pergi
    puisi yang indah pak…
    entah kapan kupunya keberanian untuk menulis seperti ini
    indah sekali puisinya…..
    semoga terus berkarya dan menginspirasi banyak orang
    paling tidak untuk aku yang saat ini berada di persimpangan jalan

    Reply
  30. Sip,puisiny?

    Reply
  31. kata2 menyen tuh hati sob

    Reply
  32. mantap mas puisi nya…
    izin copas yo mas.
    mksi sblmnya

    Reply
  33. Ario Chandri Favorits Girt

    keren abis dh puisnya……..

    Reply
  34. skrg dah dah waktuk'y hujan trus….

    Reply

1 Trackbacks/Pingbacks

  1. Puisi Hujan | Aineblume's Blog 24 10 11

Add Your Comment