MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2009

Kawan-kawan,

Dibawah ini, saya akan menyajikan semacam “kaleidoskop” atau napak tilas perjalanan saya sepanjang melaksanakan aktifitas blogging sepanjang tahun 2009. Sekedar sebuah dokumentasi yang mudah-mudahan tidak sekedar untuk dikenang-kenang tapi juga bisa menjadi inspirasi serta motivasi menapak jejak di tahun mendatang

JANUARI 2009

Pada tanggal 17-18 Januari 2009, saya berkesempatan menghadiri Wordcamp Indonesia sebuah ajang pertemuan para pengguna dan developer blog Engine WordPress di Indonesia (baca liputannya disini).

Saya berkesempatan bertemu dan berbincang dengan Matt Mullenweg, sang milyader muda dan penggagas wordpress blog engine terpopuler di dunia itu, yang sudah saya tulis pula di blog.

Tahun 2010, penyelenggaraan Wordcamp Indonesia akan dilaksanakan tanggal 30 Januari 2010 bertempat di auditorium Universitas Gunadarma Depok. Bila berminat ikut, Silahkan baca informasinya disini.

FEBRUARI 2009

Bersama kawan-kawan komunitas blogger Makassar,AngingMammiri, kami mulai mendiskusikan proyek buku “Sop Konro Bagi Jiwa”– kumpulan kisah-kisah inspiratif.

Pada Majalah Tempo edisi 16-22 Februari 2009, saya menjadi salah satu responden mengenai “demam” Facebook yang tengah melanda bangsa ini.

Saya menyajikannya disini

Tanggal 21 Februari 2009, saya mengikuti Kopdar Perdana Blog Kompasiana yang dilaksanakan di Bentara Budaya Jakarta.

Di Bulan ini juga saya mendapatkan hadiah door price peluncuran Dell bulan Desember 2008 berupa 1 unit Netbook Dell Inspiron Mini 9. “Senjata Blogging” Terbaru saya itu saya namakan sebagai Delliani yang mendampingi Laptop Kantor saya Dell Latitude D630 yang sudah lebih dulu saya namai sebagai Delliana. Reportase dan Reviewnya saya tulis disini.

Kopdar Pertama ini dihadiri oleh sejumlah penggiat Kompasiana yang baru 4 bulan didirikan. Sekitar 100-an orang menghadiri kegiatan ini. Saya menyajikan laporan soal kegiatan itu disini.

MARET 2009

Tanggal 19 Maret 2009, sebuah pengalaman berharga saya alami. Bertempat di Cafe Piazza di seberang Hotel Grand Mahakam saya dan sejumlah rekan blogger berkesempatan untuk kopdar bareng dengan Wapres RI Bapak HM.Jusuf Kalla.

Sekitar 60-an blogger diundang dan hadir dalam acara itu. Selain kawan-kawan blogger Makassar (Rara dan Piwing) juga hadir kawan-kawan blogger Kompasiana.

Di kesempatan tersebut saya menyampaikan buku saya “Warna-Warni Hidupku” dan buku pertama karya Komunitas Blogger Makassar “Ijo Anget-Anget”. Pak JK sangat antusias menerima Buku tersebut, termasuk pada akhirnya ikut mendukung dengan memberikan kata pengantar pada buku kedua Komunitas Blogger Makassar “Sop Konro Bagi Jiwa”. Laporan soal acara ini saya muat disini.

Di Bulan Maret ini, saya juga berhasil menggondol 3 hadiah sekaligus dalam lomba Gokil Dad yang diadakan oleh Penulis Buku Gokil Dad Iwok Abqary dan Penerbit Gradien Mediatama. Saya mendapatkan hadiah kaos Gokil Dad dan juga paket buku dari Gradien. Laporannya ada disini.

APRIL 2009

Awal April 2009, saya dihubungi oleh Mas Iman Brotoseno, sang chairman Pesta Blogger 2009 untuk diminta kesediaan sebagai salah satu steering comittee dalam kepanitian hajatan akbar para blogger Indonesia ini. Sebuah kehormatan tersendiri buat saya, karena pada Pesta Blogger tahun lalu, saya menjadi salah satu narasumber pada diskusi Paripurna. Dalam kepanitiaan saya bergabung bersama Yati Maulana, Ichanx, Chika, Enda Nasution, Wicaksono Ndoro Kakung, Nia Sadjarwo dan Hanny Kusumawati.

MEI 2009

Selasa,19 Mei 2009, saya menghadiri acara FRESH atau Freedom Of Sharing sebuah diskusi bulanan tentang online activity yang diadakan di restoran Es Teler 77 saya hadir, sebagai wakil Komunitas Blogfam yang pada malam itu, bersama Indopacific Edelman sebuah perusahaan kehumasan mempresentasikan hasil survey blogger yang diadakan pada tahun 2008 oleh Blogfam dan Indopacific Edelman. Sudah saya laporkan hasilnya disini.

Oya, ini dia presentasinya

Final Report Blogger Survey May09 Fresh!

View more presentations from Amril Taufik Gobel.

Oya, dan saya juga sempat menyampaikan tanggapan hasil presentasi tersebut bersama beberapa blogger. Ini dia videonya

JUNI 2009

Tanggal 5 Juni 2009, untuk pertama kalinya Kompasiana menggelar acara Roadshow Blogshop (Blogging Workshop). Kali ini bekerjasama dengan komunitas blogger Cikarang dan Cimart. Acara yang dibawakan oleh Admin Kompasiana Kang Pepih Nugraha dan Mas Iskandar Zulkarnaen itu dihadiri oleh sekitar 70 orang. Saya sempat menyampaikan testimoni sebagai blogger Kompasiana pada kesempatan tersebut pada peserta yang hadir. Beritanya bisa dibaca disini.

JULI 2009

Aktifitas kepanitiaan Pesta Blogger 2009 mulai meningkat. Pertemuan Panitia kian intens dilakukan. Panitia lalu menetapkan logo serta tema Pesta Blogger tahun 2009 yaitu “One Spirit, One Nation”. Tanggal 14 Juli 2009, dilaksanakan Press Confrence Pesta Blogger 2009 yang diadakan di gedung serba Depkominfo. Pada bulan ini Roadshow Blogshop Pesta B logger di 10 Kota di Indonesia mulai digelar.

AGUSTUS 2009

Pada Hari Sabtu, Tanggal 8 Agustus 2009, saya menjadi pembawa materi pada acara Blogshop Kompasiana yang dilaksanakan di Gedung Kompas Gramedia Lantai 5. Saya tampil membawakan materi “Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual” bersama-sama dengan admin Kompasiana Mas Iskandar Zulkarnaen. Ada pengalaman menarik yang saya dapatkan dalam acara tersebut. Penasaran? Baca saja disana ya? 😀

Pada Bulan Puasa saya dapat pulang mengunjungi orang tua tercinta di Makassar karena ditunjuk sebagai perwakilan panitia pada Blogshop Pesta Blogger 2009 di Makassar yang diadakan di American Corner UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar.

Sebuah kejadian bersejarah terjadi pada tanggal 17 Agustus 2009. Tepat di hari Kemerdekaan RI ke 56 itu, saya dan beberapa kawan blogger Kompasiana (antara lain Mas Aris Heru Utomo, Mas Yulyanto, Mas Eko Eshape, Om Jay alias Wijayakusuma, Mas Abi Hasantoso) mendeklarasikan lahirnya Komunitas Blogger Bekasi. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Bekasi Cyber Park (BCP) dan ditetapkan 2 bulan setelahnya diadakan launching resmi komunitas ini. Mas Aris ditetapkan sebagai Ketua, Mas Eko sebagai Wakil Ketua, Mas Yulyanto sebagai Sekretaris dan saya serta Om Jay menjadi penasehat Komunitas ini.

Tanggal 26-28 Agustus 2009 saya dan rombongan Pesta Blogger (Enda Nasution, Anindita Puspita Sari, Nia Sadjarwo) dan Tristram Perry serta Dian (dari Kedubes Amerika, sponsor utama Pesta Blogger 2009) berada di Makassar. Malam hari setelah acara Blogshop diadakan Tudang Sipulung alias “mini Pesta Blogger” yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri. Berita soal kegiatan ini bisa dibaca disini, disana dan disitu.

Yang menarik adalah, kami, tim pesta blogger yang ke Makassar, mendapatkan kesempatan eksklusif pertama kali mengunjungi Taman Hiburan Indoor Terbesar di Dunia Trans Studio Makassar sebelum diresmikan tanggal 9 September 2009.

SEPTEMBER 2009

Blog saya mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award kategori Gado Gado Blog sesuai informasi dilink ini.

Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 adalah sebentuk program apresiasi/penghargaan kepada pengelola/penulis blog (blogger) Indonesia yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikiran positifnya dalam bentuk tulisan di blog masing-masing. ISBA 2009 diinisiasi oleh ICT for Partnership (www.ictwatch.com), didukung oleh XL Care (www.xl.co.id), OpenNet Initiative (www.opennet.net) dan media online detikINET (www.detikinet.com).

OKTOBER 2009

Tanggal 17 Oktober 2009, Komunitas Blogger Bekasi resmi diluncurkan oleh Walikota Bekasi Bapak H.Muchtar Muhammad di Gloria Jean’s Cafe Bekasi Cyber Park. Momentum berharga ini kian bermakna ketika Pak Walikota secara spontan menyiapkan hadiah total Rp 45 Juta untuk Lomba Foto dan Blog bertema “Aku Cinta Bekasi”.

Ini sebuah dukungan nyata seorang pemimpin daerah bagi Komunitas Blogger Bekasi dan tentu akan memberikan tambahan semangat baru dalam mengembangkan komunitas ini lebih baik lagi.

Acara Puncak Pesta Blogger 2009 akhirnya dilaksanakan secara meriah di Gedung SMESCO Jakarta tanggal 24 Oktober 2009 dan dibuka secara resmi oleh Menkominfo yang baru saja dilantik Bapak Tifatul Sembiring. Acara yang dihadiri lebih dari 1300 blogger itu berlangsung lancar dan sukses. Hampir semua komunitas Blogger serta blogger asing datang pada kegiatan tersebut.

Saya sendiri ditugaskan untuk memandu acara Break Out Session mengenai “Citizen Journalism” yang menghadirkan admin Kompasiana Pepih Nugraha dan penggagas situs jurnalisme orang biasa berbasis Makassar, Panyingkul, Lily Yulianti Farid.

Break session yang dihadiri 30-an orang peserta itu membahas tentang problematika, dinamika serta perkembangan Jurnalisme Warga di Indonesia yang kian meningkat saat ini seiring meningkatnya penetrasi internet serta kesadaran berbagi tentang banyak hal. Peserta mendapatkan banyak hal positif dari Uraian Kang Pepih dan Lily, yang juga kawan saya yang pernah menjadi sesama redaksi di Penerbitan Kampus Identitas Unhas 20-an tahun silam.

NOVEMBER 2009

>Awal November 2009, Penerbit Gradien Mediatama Yogyakarta, yang juga menerbitkan buku pertama Komunitas Blogger AngingMammiri Makassar, mengkonfirmasikan kepada saya untuk menerbitkan buku kedua komunitas Blogger Makassar berjudul “Sop Konro Bagi Jiwa” dimana saya bersama 3 daeng yang lain (Daeng Rusle, Daeng Kulle dan Daeng Gassing) bertindak sebagai editor buku yang merupakan kompilasi kisah-kisah inspiratif Blogger Makassar. Buku ini akan terbit dan beredar di toko toko buku di Indonesia sekitar Januari 2010. Blogshop

Tanggal 14 November 2009, bertempat di STMIK Bani Saleh, saya tampil sebagai narasumber pada Roadshow Blogshop Kompasiana yang diselenggarakan bersama Komunitas Blogger Bekasi. Saya tampil membawakan materi pengantar motivasi Blogging berjudul “Menulis, Blogging dan Interaksi Virtual” didepan 70-an peserta Blogshop. Selain saya, ada Mas Iskandar Zulkarnaen (Kompasiana), Mas Yulyanto dan Mas Vavai dari Blogger Bekasi yang juga tampil membawakan membawakan materinya.

Pada Hari Minggu, Tanggal 23 November 2009 bertempat di Restorant Samikuring, saya ber”duel”. Sebuah duel yang berakhir bahagia. Ya, saya hadir membawakan materi tentang Blogging dalam kegiatan “Duel Maut Blogger vs Joomla” yang diselenggarakan oleh Cimart dan Komunitas Blogger Cikarang. Saya berduel dengan Mas Sandy yang menyajikan materi tentang Joomla.

Acara yang dihadiri oleh 70 orang peserta dari berbagai latar belakang ini berlangsung sukses dan peserta sangat puas apalagi area pelatihan dilengkapi internet hotspot kecepatan tinggi yang disiapkan oleh Comnett di Restoran tersebut.

DESEMBER 2009

Menutup tahun 2009 ini, saya menjadi saksi atas sebuah peristiwa penting yakni penandatangan kerjasama antara Komunitas Blogger Bekasi dan Telkom yang diadakan pada tanggal 17 Desember 2009 bertempat di Gedung Telkom Jl Jend.Gatot Subroto Jakarta . Saya dan Om Jay dalam kapasitas sebagai penasehat Komunitas Blogger yang baru diresmikan 2 bulan ini hadir disana sebagai bentuk apresiasi kami atas niat Telkom, sebagai penyedia jasa Telekomunikasi terbesar di Indonesia mendukung aktifitas Blogger Bekasi dalam setiap pelaksanaan kegiatannya.

Mudah-mudahan di tahun 2010 saya bisa mempersembahkan karya dan kiprah terbaik lagi untuk bangsa ini.. 

Related Posts
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
Pengantar: Seperti "tradisi" yang biasa saya lakukan di akhir tahun, saya biasanya membuat Blogging Kaleidoskop yang merekam sejumlah jejak langkah dan kiprah saya di dunia blogging sepanjang tahun sebelum pergantian kalender ke ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
Januari 2012 Sabtu (28/1) saya berkesempatan menghadiri peluncuran buku "Japan After Shock" sahabat blogger saya, mas Junanto Herdiawan dan Hani Yamashita. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang ini menghadirkan Pak Prayitno ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
Januari 2015 Mengawali tahun 2015, saya berpartisipasi mengisi blog film "Karbon Dalam Ransel" (KDR) yang digagas oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Pada blog tersebut saya menuliskan 14 artikel dalam kurun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
Seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya, setiap awal tahun saya senantiasa membuat Kaleidoskop yang merangkum segala aktifitas terkait dunia blog yang saya ikuti sepanjang tahun 2014. Tidak terlalu banyak memang dibanding tahun-tahun ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
Januari 2011 Sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan blogging saya dipancangkan di bulan ini. Tepat di Hari Kesepuluh Bulan Januari 2011, buku saya yang merupakan kumpulan cerita Narsis atau Narasi Romantis berjudul “Balada ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010
Januari 2010 Hari ini, Senin 25 Januari 2010, wajah saya yang imut, montok, menggemaskan dan bersahaja itu nongol di iklan Kompasiana di Harian Kompas. Ini adalah kali pertama saya bergaya — dengan ...
Posting Terkait
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2013
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2012
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2015
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2014
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2011
MY BLOGGING KALEIDOSKOP 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *