CATATAN DARI MAKASSAR : BLOGSHOP YANG RAMAI DAN HEBOH

Posted 28 Aug 2009 — by
Category Artikel, Kisahku

bspmks1Kamis (27/8) pagi, suasana ruang Digital Library gedung Perpustakaan Unhas Makassar Lantai 3 terlihat ramai.

Hari ini adalah pelaksanaan Blogshop Pesta Blogger 2009 yang merupakan rangkaian Roadshow 10 Kota untuk pagelaran akbar narablog Indonesia itu. Tercatat ada 97 peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan blog bagi pemula yang dipandu oleh Anandita Puspitasari atau Dita dari Dagdigdug dot com itu.

40 unit komputer yang disediakan komplit dengan akses internet terisi penuh, peserta lain yang tidak kebagian, ada yang memilih lesehan di karpet empuk dan ada pula yang duduk di kursi sembari membuka laptop. Ternyata tak cuma mahasiswa, diantara peserta ada 13 siswa SMA dan 5 pegawai Unhas yang juga mengikuti blogshop setengah hari tersebut.

Terdapat dua proyektor dan dua layar masing-masing disisi kiri dan kanan yang mendukung keperluan presentasi Dita. “Sebenarnya jumlah 97 itu bisa lebih karena ada diantara peserta yang tidak membawa laptop sendiri tapi memilih ikut dan “nebeng” belajar dengan laptop temannya,” kata Mbak Nia dari Maverick Event Organizer PB 2009 yang menerima pendaftaran peserta. Membludaknya peserta Blogshop ini memang sangat menggembirakan.

“Masih ada yang ingin mendaftar tapi kami sudah tutup karena kapasitas ruangan yang tidak memungkinkan,” tutur Pak Noer Jihad Saleh Kepala UPT Perpustakaan Unhas dan juga Kepala American Corner ini. “Padahal,”tambah beliau lagi,”Pengumuman soal acara ini tidak kita publikasikan secara luas, hanya menempel pemberitahuan di sekitar area Perpustakaan saja”.

Setelah saya, mewakili panitia pusat Pesta Blogger 2009 membuka acara, Dita pun menyampaikan materi presentasinya. Dibantu oleh sepuluh orang kawan-kawan Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri sebagai co-tutor Dita memberikan pengetahuan blogging bagi para peserta mulai dari tahap awal registrasi blog sampai mendaftarkan diri pada situs agregator blogshop Pesta Blogger 2009.

blogshopdimks-2

Suasana pelatihan berjalan dengan lancar dan interaktif, peserta dengan antusias menanyakan hal-hal yang menurut mereka masih kurang jelas dan segera dijawab oleh Dita atau co-Tutor dari Angingmammiri yang tersebar diruangan.

Dukungan koneksi internet di ruangan blogshop cukup memadai dan stabil walau di minggu pertama perkuliahan di Unhas ini sudah banyak mahasiswa yang masuk dan mengakses internet dimana-mana lewat wi-fi gratis di kampus namun tidak cukup menganggu aktifitas blogshop. “Kita telah menambah wireless modem dan kapasitasnya khusus di ruangan ini, Jadi tak perlu khawatir bila koneksi melambat atau putus” kata Pak Noer kepada saya dengan mata berbinar.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti materi yang disajikan. Usai membuat blog masing-masing melalui blog hosting gratisan Indonesia di www.dagdigdug.com, para peserta diminta untuk mendaftarkan diri pada blog aggregator khusus blogshop Pesta Blogger di www.blogshop.pestablogger.com. Blog-blog ini akan dilombakan dan bakal bersaing dengan sejumlah blog lain hasil blogshop di 10 kota di Indonesia.

blogshopdimks-5

Setelah Dita menyampaikan Materi, saya tampil menyajikan presentasi “Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual” sebuah materi pengantar bagi blogger pemula yang ingin belajar ngeblog.

blogshopdimks

Pada sesi review dan kuis, panitia menyediakan hadiah dari sponsor berupa mug dagdigdug.com, kaos Pesta Blogger 2009 dan buku-buku terbitan Ininnawa penerbit Makassar yang menjadi mitra dalam blogshop ini. Sejumlah pertanyaan terkait penyelenggaraan Pesta Blogger 2009 dilontarkan oleh Enda Nasution, sang bapak blogger Indonesia, dan beberapa diantaranya dijawab dengan tepat oleh para peserta, termasuk pertanyaan, siapa Ketua Pesta Blogger Pertama? :D

blogshopdimks-7

Pak Tristram Perry yang mewakili Kedutaan Besar Amerika Serikat–sponsor utama kegiatan blogshop–menyatakan kegembiraan dan kebanggaannya atas pelaksanaan Blogshop di Makassar yang mampu menyerap peserta yang demikian banyak. Ia menyatakan, aktifitas blogging sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi dan ekspresi, sangat didukung oleh Pemerintah Amerika Serikat, yang sudah 2 tahun berturut-turut menjadi sponsor bagi ajang temu akbar para blogger se Indonesia ini. “Iklim demokratis yang dibangun salah satunya lewat blogging sangat membantu untuk membawa kehidupan masyarakat menjadi lebih baik,”katanya dengan penuh semangat yang disambut tepuk tangan hadirin.

blogshopdimks-8

blogshopdimks-9

Pukul 15.00 sore, Acara ditutup secara resmi setelah sebelumnya seluruh peserta mengambil sertifikat serta berfoto bersama. Kami lalu berpamitan kepada Pak Noerjihad dan jajaran staf American Corner serta Perpustakaan Unhas yang telah membantu pelaksanaan Blogshop di Makassar yang berjalan sukses.

Kami semua segera meluncur ke “perhelatan” berikutnya : Tudang Sipulung Blogger Makassar yang dilaksanakan di Restoran Pualam Jalan Penghibur yang berhadapan langsung dengan Pantai Losari.

(tunggu liputan seputar pelaksanaan Tudang Sipulung di reportase saya berikutnya… :D

2 Comments

  1. Kunjungan pertama kali saya ke Makassar memang benar2 seru! :D

    Reply
  2. terlambatka bacaki postinganta daeng, kapan lagi ada acara pelatihan dimakassar?
    klo ada tlong kasih tong ka’ informasita daeng. karna baruka kodong di blogger n moka juga blajar.

    makasih daeng.

    Reply

4 Trackbacks/Pingbacks

  1. MENUJU PESTA BLOGGER DI TAHUN KEEMPAT /  Catatan Dari Hati 21 10 10
  2. Menuju Pesta Blogger di Tahun Keempat | Komunitas Blogger Bekasi 21 10 10
  3. Menuju Pesta Blogger di Tahun Keempat 23 10 10
  4. Menuju Pesta Blogger di Tahun Keempat | CikarangOnline.com | Website Berita, Bisnis dan Informasi Kabupaten Bekasi 23 10 10

Add Your Comment