DARI PESTA BLOGGER 2008 KE ACARA BLOGGER MAKASSAR (1)

Posted 25 Nov 2008 — by
Category Curhat, Informasi

talkshow-1.JPG

Suasana sesi Talkshow yang dipandu oleh Enda Nasution pada acara Pesta Bloger 2008, Sabtu (22/11). Saya (berkaos biru) duduk diantara Menristek Bapak Kusmayanto dan GM Information Technology PT Telkom Bapak Indra Utoyo. Selain kami ikut pula perwakilan dari Oxfam, Mas Yudhi dari Yayasan Tunas Cendekia dan Bapak Drs.H.Sofwan Manaf dari Pondok Pesantren Darun Najah (foto by Pak Eko).

Hari Sabtu (22/11), sekitar pukul 06.30 pagi sebuah mobil Opel Blazer tiba dihalaman gerbang depan rumah saya. Pak Eko–tetangga saya di Perumahan Cikarang Baru yang juga seorang blogger dan juga rekan saya sesama kontributor di Cityblogging Bekasi–datang menemui saya yang sudah siap dengan 2 tas untuk berangkat ke dua “Pesta Blogger” di dua tempat berbeda, dengan senyum khasnya yang mempesona.

Setelah berpamitan pada istri dan kedua anak saya, kami lalu berangkat menuju lokasi acara hajatan akbar tahunan Blogger Indonesia di Auditorium Menara BPPT Lantai 3 Jalan MH.Thamrin Jakarta Pusat.  Sebenarnya cukup berat beban batin saya meninggalkan keluarga di hari Sabtu dan Minggu dimana seharusnya di hari tersebut menjadi hak mereka untuk melewatkan hari libur bersama saya. Syukurlah, istri saya mendukung penuh aktifitas “sampingan” saya sebagai blogger ini. Bahkan malam sebelum berangkat ia masih sempat memeriksa apakah ada barang saya yang ketinggalan didalam tas.

Jalanan masih relatif sepi di Hari Sabtu. Pak Eko mengemudikan mobilnya dengan tangkas sembari bercerita tentang banyak hal mulai dari perkenalan pertamanya dengan blog hingga kondisi sekitar perumahan kami di Kota Jababeka yang rawan aksi perampokan. Meski saya dan Pak Eko sudah lama berkenalan lewat dunia maya, namun pertemuan kami secara fisik justru baru terjadi malam sebelumnya dirumah saya, ketika kami memutuskan untuk berangkat bareng ke acara Pesta Blogger 2008. Pak Eko dan putra bungsunya, Lilo, bertandang kerumah saya. Walau baru pertama kali jumpa fisik, namun perbincangan kami secara akrab layaknya sahabat lama.

Kurang lebih satu jam kemudian, kami sudah tiba di pelataran parkir gedung BPPT.  Masih sepi, namun sejumlah blogger sudah berada di teras depan gedung menunggu waktu registrasi. Setelah memarkir kendaraan kami langsung masuk ke area pendaftaran.

suasanapendaftaran.JPG

Suasana Registrasi Pesta Blogger 2008 di lantai 1 Gedung BPPT

Setelah mendaftar di meja khusus undangan dan pembicara, saya berkenalan dengan Bapak H.Sofwan Manaf dari Pesantren Darun Najah. Sangat menarik berdiskusi bersama beliau yang berharap agar kehadiran blog dapat disosialisasikan pula di wilayah pesantren yang selama ini terkesan tertutup dan eksklusif. Blog, kata Pak Sofwan, akan menjadi sarana yang tepat bagi santri untuk mengungkapkan pemikiran dan aspirasi serta berbagi informasi.

diskusi-sebelum-jadi-nara-sumber.JPG

Berdiskusi bersama Bapak H.Sofwan Manaf dari Pesantren Darun Najah tentang upaya sosialisasi blogging dikalangan pesantren (foto by Pak Eko)

Tak hanya bersama Pak Sofwan, saya juga turut berbincang bersama sejumlah kawan blogger yang sudah saya kenal sebelumnya seperti Mas Budi Putra, Rendy Maulana, Enda Nasution, Labibah”Maknyak Zain, Thomas Arie, Iman Brotoseno, Yulyanto, dll. Oleh Mas Budi Putra saya diperkenalkan oleh Pak Tsukasa Iga kandidat Doktor dari Kobe University yang sedang mengolah penelitian tentang fenomena blogging di Indonesia. Saya juga sempat berkenalan dan menemui Mas Agus Hery Prasetyo, partner saya sebagai narasumber di Makassar keesokan harinya.

bersama-atg-01.JPG

Ber-”narsis” ria bersama Pak Eko dengan latar belakang backdrop Pesta Blogger 2008 

Tak lama kemudian, rombongan komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri (AM) datang. Rombongan yang dipimpin oleh Bung Hasanuddin Tamir didampingi oleh Ketua Komunitas Angingmammiri Irayani Queencyputri terdiri atas 16 orang yang mayoritas adalah anggota AM chapter Jakarta. Menjelang pukul 09.30 WIB, suasana kian ramai. Hiruk pikuk blogger yang baru bertemu untuk pertama kali di dunia nyata ataupun yang sudah pernah berkopdar ria sebelumnya riuh rendah di lantai 1 Gedung BPPT. Saya turut merasakan euforia luar biasa dihari itu.

photoenda-fisbuk.jpg

Hiruk Pikuk suasana menjelang acara PB 2008 di lantai 1 Gedung BPPT (foto by Enda Nasution@Facebook)

Menjelang pukul 10.00, bersama kawan-kawan blogger Makassar serta Pak Eko kami menuju ke Auditorium lantai 3 digedung tersebut tempat pelaksanaan hajatan akbar para blogger Indonesia ini..

(bersambung..) 

7 Comments

  1. wah udah ada rekapannya juga ni mas ya!

    Reply
  2. wahhh ramenya daeng di

    Reply
  3. senang rasanya bisa bertemu muka dengan daeng battala :)

    Reply
  4. om DB memang top, blognya selalu up to date

    Reply
  5. Pak Amril nulis mengenai PB nya sampe berseri gini yah :mrgreen:
    Lengkap euy!

    Reply
  6. Pastinya iri :P hehehe… pengen ikutan ah tahun depan :D

    Reply
  7. Seru ya kalau yang nulis mbuatnya berseri [sampai 6 atau masih bisa sampa 10 ya?]

    Salam

    nice to know U
    nice tobe ur friend

    –Thanks Pak Eko, it would be nice for me also to be your friend and know you, pak. Thanks atas tumpangannya ke PB2008, tahun depan saya numpang lagi ya pak.. :D

    Reply

2 Trackbacks/Pingbacks

  1. Catatan Dari Hati » Blog Archive » SEHARI MENJELANG KOPDAR PERDANA KOMPASIANA 20 02 09
  2. MENUJU PESTA BLOGGER DI TAHUN KEEMPAT /  Catatan Dari Hati 21 10 10

Add Your Comment